Pengering Mesin Cuci Berdengung

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung dan Cara Mengatasinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung dan Cara Mengatasinya. Mesin cuci kalian mengalami masalah ketika pengeringnya berdengung tetapi tidak dapat berputar. Hal ini menunjukkan adanya gangguan atau kerusakan pada bagian dalam mesin. Ada beberapa kemungkinan penyebab masalah ini.

Salah satu kemungkinan adalah kerusakan pada komponen tertentu. Untuk memperbaikinya, perlu dilakukan langkah-langkah sesuai dengan penyebabnya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendeteksi kerusakan pada mesin cuci dan solusi perbaikannya:

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar

kalian tidak perlu khawatir jika menghadapi kondisi seperti itu. Tidak perlu terburu-buru membawa mesin cuci ke layanan reparasi. Mungkin kalian bisa memperbaikinya sendiri jika mengetahui penyebabnya.

Contohnya, ketika pengering mesin cuci berdengung namun tidak berputar seperti biasanya.

1. Terdapat Kabel Mesin yang Putus

Apabila pengering mesin cuci berdengung, kemungkinan penyebabnya adalah putusnya kabel. Sebelum panik dan memanggil tukang servis, ada baiknya kalian memeriksa bagian kabel terlebih dahulu. Salah satu penyebab umum putusnya kabel adalah gigitan tikus.

Tikus bisa masuk ke dalam mesin cuci melalui pipa saluran pembuangan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan area tempat mesin cuci berada agar terhindar dari tikus. Pastikan selalu membersihkan area sekitarnya agar hewan pengerat tidak membuat sarang di dalam mesin cuci atau merusaknya.

2. Pintu Pengering Mesin Cuci Tidak Tertutup Sempurna

Pada beberapa jenis pengering mesin cuci, fungsi pengeringannya mungkin terganggu jika penutupnya tidak tertutup dengan rapat. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk memastikan penutupnya ditutup dengan rapat saat menggunakan fungsi pengering.

Selain itu, kotoran yang menempel pada penutup juga dapat menghambat penutupan yang sempurna. Oleh karena itu, kalian perlu membersihkannya agar berfungsi dengan baik lagi. Pastikan tidak ada kotoran yang menghalangi penutup agar kalian dapat menutupnya dengan sempurna.

3. Elemen Pemanas Rusak

Selanjutnya, jika pengering mesin cuci mengeluarkan suara berdengung dan tidak berputar, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada elemen pemanas. Hal ini merupakan gejala kerusakan umum yang terjadi pada mesin cuci.

Baca Juga :   Daftar Kode Error Mesin Cuci Modena Beserta Solusinya

Jika kalian memiliki pengetahuan yang cukup, kalian dapat mencoba memperbaikinya sendiri. Namun, jika kalian tidak yakin, lebih baik segera memanggil teknisi yang lebih berpengalaman agar perbaikan dilakukan dengan aman dan tepat.

4. Kapasitor Rusak atau Terbakar

Kemungkinan keempat adalah adanya kerusakan atau kebakaran pada komponen mesin, seperti kapasitor. Hal ini menyebabkan mesin cuci kehilangan tenaga untuk berputar.

Apabila hal ini terjadi, perbaikan komponen tersebut perlu dilakukan. Biasanya, kerusakan atau kebakaran kapasitor disebabkan oleh penggunaan yang intensif. Akibatnya, kapasitor bekerja secara terus-menerus dan mengalami kebocoran atau penurunan kapasitas.

Jika memungkinkan, lakukan perbaikan pada kapasitor. Namun, jika kerusakan sudah parah, kalian perlu membeli kapasitor baru untuk menggantinya. Dengan melakukan ini, mesin cuci akan kembali berfungsi normal seperti sebelumnya.

5. Tali pada Rem Pengering Putus

Tali rem memiliki peran penting dalam menghentikan putaran drum saat penutup mesin cuci dibuka. Jika tali rem putus, pengering mesin cuci tidak akan berfungsi dengan baik. Ketika mekanisme rem pada komponen dinamo tidak berfungsi, pengering tidak dapat berputar.

Umumnya, mesin pengering hanya akan mengeluarkan suara dengungan tanpa melakukan putaran yang seharusnya. Oleh karena itu, solusi perbaikan yang diperlukan adalah mengganti tali rem yang rusak dengan yang baru.

Dengan mengganti tali rem tersebut, pengering mesin cuci akan kembali berfungsi normal.

6. Dinamo Rusak atau Terbakar

Dinamo pada mesin cuci berfungsi untuk menghasilkan putaran. Jika dinamo mengalami kerusakan, maka pengering tidak akan dapat berputar. Kerusakan tersebut umumnya disebabkan oleh putusnya lilitan pada dinamo atau terjadinya korsleting.

Jika kalian mengalami masalah dimana dinamo pengering mesin cuci hanya mengeluarkan suara berdengung, sebaiknya segera menggantinya. Namun, perlu diketahui bahwa komponen ini memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, jika mesin cuci kalian adalah model lama, mungkin lebih baik mempertimbangkan untuk membeli mesin cuci baru secara keseluruhan.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Namun Berputar Pelan

Gejala pengering mesin cuci yang berdengung sering kali disertai dengan putaran yang lambat. Hal ini tidak terjadi tanpa penyebab yang jelas.

Kemungkinan penyebab mesin cuci berputar lambat sangat beragam. Salah satu penyebabnya adalah mesin tidak mampu menahan beban yang terlalu berat atau adanya kelemahan pada motor dinamo.

Beberapa kasus kerusakan juga dapat disebabkan oleh penurunan nilai kapasitor. Untuk mengenali gejala kerusakan yang disebabkan oleh tiga faktor ini, mari kita lihat pembahasan lengkapnya berikut ini:

Baca Juga :   Penyebab Dinamo Mesin Cuci Cepat Panas dan Kurang Bertenaga

1. Beban Terlalu Banyak

Apabila terlalu banyak pakaian dimasukkan ke dalam pengering, hal ini dapat menyebabkan putarannya menjadi lambat.

Cobalah mengurangi beberapa pakaian dan periksa apakah putarannya kembali normal. Jika setelah pengurangan pakaian putarannya tetap sama lambat, kemungkinan kendalanya terletak pada motor dinamo atau kapasitor pengering mesin cuci.

2. Motor Dinamo Lemah

Dinamo merupakan salah satu komponen penting dalam mesin cuci yang bertanggung jawab untuk menghasilkan putaran pada pengering. Jika motor dinamo mengalami kelemahan, maka putaran pengering akan menjadi lambat.

Penyebab umum terjadinya gejala berdengung pada dinamo pengering mesin cuci dan putarannya yang lambat adalah faktor usia. Semakin lama mesin cuci digunakan, kinerja dinamo akan semakin menurun.

3. Nilai Kapasitor Bekurang

Selain motor dinamo, penyebab lain mengapa mesin cuci berputar dengan lambat adalah penurunan nilai kapasitor.

Kapasitor merupakan komponen yang menyediakan daya bagi motor dinamo. Jika nilai kapasitor berkurang, maka secara otomatis putaran dinamo akan menjadi lebih lambat.

Bagaimana Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung?

Memperbaiki mesin cuci dengan 2 tabung yang tidak berputar relatif lebih mudah daripada mesin cuci otomatis. kalian tidak perlu mengotak-atik bagian PCB (Printed Circuit Board) mesin cuci. Apakah penyebabnya sudah terlihat jelas?

Mari kita pahami melalui panduan berikut tentang cara memperbaiki pengering mesin cuci yang berdengung. kalian dapat melakukan beberapa langkah untuk mendeteksi kemungkinan kerusakan yang mungkin terjadi.

1. Cara Memperbaiki Putus Kabel

Putusnya kabel seringkali disebabkan oleh tikus yang menggigit bagian kabel tersebut. Hewan pengerat ini dapat masuk melalui saluran pembuangan atau celah lainnya. Untuk mengembalikan pengering ke kondisi normal, kalian perlu memperbaiki kabel yang terputus.

Pastikan kalian menggunakan kabel pengganti yang sesuai. Pertama-tama, buka bagian tutup atas mesin cuci. Selanjutnya, cari sambungan yang terputus pada kabel tersebut. Segera sambungkan kembali atau gantilah kabel yang rusak agar fungsi pengering dapat kembali seperti sediakala.

2. Cara Memperbaiki Putus pada Tali Rem

Komponen ini dapat menjadi sumber masalah pada pengering mesin cuci kalian. Tali rem terhubung dengan kampas rem pada dinamo, sehingga jika tali rem terputus, dinamo tidak dapat berputar.

Untuk memperbaikinya, cobalah menarik bagian tali rem untuk memeriksa mekanisme pengeremannya. Dengan melakukan ini, kalian dapat menemukan lokasi masalahnya. Jika ada gangguan pada kawat sling, segera gantilah dengan yang baru.

3. Cara Memperbaiki Motor Dinamo

Selanjutnya, cara memperbaiki pengering mesin cuci yang berdengung dan tidak berputar terletak pada bagian motor dinamo. Bagian ini merupakan komponen yang sangat penting karena sebagian besar putaran mesin bergantung pada kinerjanya.

Baca Juga :   Gambar Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung Polytron

Selain itu, harga komponen ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan komponen lainnya. Sebelum memeriksa motor dinamo, pastikan bahwa bagian lainnya dalam kondisi normal.

Motor dinamo terletak di bawah pengering. Komponen ini memiliki dua lilitan atau spul yang terhubung dengan kabel. kalian dapat mengukur spul dengan menggunakan ohm meter dengan rentang ×10 Ohm. Jika spul terukur normal, maka tidak ada masalah dengan lilitannya.

Namun, jika hasil pengukuran menunjukkan sebaliknya, yaitu ada sambungan lilitan yang terputus, maka kalian perlu menggantinya dengan motor dinamo yang baru. Solusi lainnya adalah dengan mengganti gulungan lilitan motor tersebut.

4. Cara Memperbaiki Kapasitor

Jika motor dinamo dalam kondisi normal, kemungkinan masalah selanjutnya terletak pada kapasitor. Kapasitor berperan dalam menyediakan daya agar motor dinamo bergerak dengan baik. Jika terdapat masalah pada kapasitor, maka kinerja motor dinamo juga akan terganggu.

Kapasitor yang rusak biasanya memiliki bentuk yang tidak normal, seperti mengembang. Jika kalian menemukan kondisi tersebut, segera gantilah dengan kapasitor baru. Pastikan nilai kapasitor pengganti sama dengan kapasitor yang diganti sebelumnya.

Namun, jika kapasitor memiliki bentuk yang normal, kalian dapat melakukan pengukuran menggunakan tes short pin. Namun, metode ini sebaiknya tidak dilakukan oleh pemula.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai simpulan, pengering mesin cuci berdengung bisa menjadi tkalian adanya masalah. Ini bukanlah sesuatu yang harus diabaikan.

Masalah kecil bisa berkembang menjadi kerusakan yang lebih serius jika tidak ditangani segera. Kita perlu menjaga dan merawat mesin cuci kita untuk menjaga efisiensinya dan memperpanjang umur penggunaannya.

Pengering mesin cuci berdengung bukanlah halangan, melainkan sebuah tantangan yang bisa kita atasi. Melalui pemahaman dan penanganan yang tepat, kita bisa kembali menikmati manfaat dari mesin cuci kita tanpa gangguan suara berdengung.

Selalu ingatlah, sebuah perawatan yang baik adalah kunci dari performa mesin cuci yang optimal.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *