Cara Membersihkan Mesin Cuci Electrolux

Cara Membersihkan Mesin Cuci Electrolux: Dengan Mudah

Posted on

Finoo.idCara Membersihkan Mesin Cuci Electrolux: Dengan Mudah. Semakin majunya perkembangan teknologi, harga barang elektronik semakin terjangkau, bahkan untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Dan Electrolux, merek peralatan elektronik rumah tangga ternama, telah berhasil menarik hati pelanggan dengan berbagai produk modern, terutama mesin cuci yang telah terbukti tangguh dan andal.

Untuk menjamin kepuasan pelanggan, perusahaan memberikan perlindungan yang cukup dalam bentuk garansi, yakni 1 tahun untuk tipe top loading dan 10 tahun untuk garansi motor. Namun, meski terbukti awet dan tahan lama, beberapa permasalahan sering muncul akibat kurangnya perawatan dan kepedulian dari pengguna.

Jangan khawatir, kamu tidak perlu menjadi ahli dalam perawatan mesin cuci untuk menjaga agar mesin cuci Electrolux tetap berfungsi dengan baik. Ada beberapa cara mudah untuk membersihkan mesin cuci dengan benar dan menjaga performanya tetap optimal.

Dengan perawatan yang tepat, mesin cuci Electrolux kamu akan tetap terjaga keandalannya dan melayani kebutuhan rumah tanggamu dengan lebih baik lagi.

Manfaat Memelihara Mesin Cuci

Bagi sebagian orang, membersihkan mesin cuci Electrolux mungkin terdengar seperti hal yang tidak perlu dilakukan. Namun, meskipun mesin cuci terlihat baik-baik saja, sebenarnya masih terdapat endapan kotoran dan residu yang menempel pada dinding tabung.

Namun, masih ada pengguna yang memperhatikan kondisi perangkat mereka dengan sering melakukan pemeliharaan rutin. Jadi, kamu mungkin bertanya-tanya, berapa sering sebenarnya mesin cuci perlu dibersihkan?

Meskipun belum ada aturan baku yang ditetapkan, produsen merekomendasikan agar kamu membersihkan unit minimal satu kali dalam sebulan. Namun, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dan kondisi penggunaan mesin cuci kamu.

Dengan membersihkan mesin cuci Electrolux secara rutin, kamu dapat memastikan bahwa perangkat ini tetap dalam kondisi baik dan andal untuk memenuhi kebutuhan rumah tanggamu. Jadi, jangan lupa untuk memberikan perawatan yang tepat pada mesin cuci kamu agar tetap berfungsi dengan optimal.

Membersihkan mesin cuci memiliki beberapa manfaat yang penting, diantaranya:

  • Pertama, mesin cuci akan terlihat lebih bersih dan nyaman dipandang dengan membersihkan permukaannya secara rutin.
  • Kedua, membersihkan mesin cuci juga dapat mengurangi risiko timbulnya bau apek dari dalam tabung yang dapat mempengaruhi pakaian yang dicuci.
  • Ketiga, membersihkan mesin cuci juga membantu menjaga kondisi mesin agar selalu prima meskipun digunakan secara rutin setiap harinya. Dengan melakukan perawatan rutin dan pembersihan, kamu dapat memperpanjang masa pakai mesin cuci dan menjaga agar performanya tetap optimal.
Baca Juga :   Cara Menggunakan Mesin Cuci Electrolux Yang Tepat

Merawat mesin cuci dengan rajin tidak hanya memberikan beberapa manfaat penting yang telah disebutkan sebelumnya, tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pada komponen mesin cuci.

Dengan melakukan pembersihan secara rutin, kamu dapat menghindari terjadinya penumpukan kotoran yang dapat merusak komponen mesin cuci. Hal ini dapat membantu menghemat biaya perbaikan mesin cuci dan menjaga agar perangkat tersebut tetap berfungsi dengan baik selama jangka waktu yang lebih lama.

Jadi, pastikan kamu merawat mesin cuci Electrolux dengan rajin agar tetap terjaga keandalannya dan kamu dapat merasakan berbagai keuntungan yang lebih banyak lagi. Dengan begitu, mesin cuci kamu dapat bertahan lama dan membantu memenuhi kebutuhan rumah tanggamu dengan optimal.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Electrolux

Membersihkan mesin cuci dapat terasa lebih mudah dan menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga, misalnya sang ayah. Pastikan untuk selalu mengikuti prosedur yang tertera pada buku petunjuk untuk menjaga keamanan dan kinerja mesin cuci.

Dengan meminta bantuan anggota keluarga, kamu tidak hanya dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan mudah, tetapi juga dapat menjalin hubungan yang lebih erat dalam keluarga. Selain itu, cara ini juga dapat menjadi kesempatan untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya merawat peralatan rumah tangga.

Jadi, jangan ragu untuk melibatkan anggota keluarga dalam menjaga kebersihan dan kondisi mesin cuci Electrolux kamu. Dengan begitu, tugas akan terasa lebih mudah dan terjaga kebersihannya sehingga tetap dapat memberikan kinerja yang optimal.

Persiapan sebelum membersihkan mesin cuci Anda

Biasanya, proses pembersihan mesin cuci memakan waktu sekitar tiga jam, namun sebagian besar waktu dihabiskan hanya menunggu siklus pembersihan selesai. Untuk melakukan pembersihan, Anda membutuhkan beberapa bahan, di antaranya:

  • Kain serat mikro
  • Air sabun hangat
  • Kuas kecil
  • Botol semprotan
  • Pembersih mesin cuci
  • Disarankan untuk menggunakan pembersih mesin cuci yang diformulasikan khusus agar dapat membersihkan mesin cuci tanpa merusak komponen peralatan Anda. Selain itu, Anda juga memerlukan kain serat mikro, air sabun hangat, kuas kecil, dan botol semprotan untuk membersihkan bagian-bagian mesin cuci yang sulit dijangkau.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Electrolux bukaan depan

Untuk setiap langkah, fokuslah pada satu area.

1. Jalankan siklus normal dengan air panas untuk membersihkan drum

Pastikan bahwa tidak ada pakaian yang tertinggal di dalam sebelum memulai proses pembersihan mesin cuci. Ikuti petunjuk pembersih mesin cuci yang Anda miliki, baik itu berbentuk tablet, bubuk, atau cairan yang harus dimasukkan langsung ke dalam tabung atau dispenser deterjen mesin cuci.

Setelah itu, jalankan mesin cuci bukaan depan pada siklus normal dengan menggunakan air panas. Beberapa mesin cuci Electrolux juga memiliki program pembersihan khusus seperti Tub Clean atau Clean Washer yang dapat Anda gunakan. Setelah siklus selesai, pastikan untuk membersihkan tabung agar tidak ada residu yang tersisa.

2. Cabut mesin cuci Anda & biarkan air mengalir keluar dari saluran pembuangan dan filter Anda

Saat Anda selesai melakukan siklus pembersihan pada mesin cuci, ada kemungkinan masih ada air yang terkumpul di dalam saluran pembuangan dan filter. Air yang tergenang di dalam mesin cuci dapat menyimpan kuman dan bakteri yang tidak diinginkan. Agar lebih bersih dan higienis, cabut steker mesin cuci terlebih dahulu sebelum membersihkan bagian ini.

Cari panel kecil yang terletak di bagian depan bawah mesin cuci Anda. Siapkan handuk atau nampan di bawahnya untuk menampung air. Kemudian buka panel dengan hati-hati dan putar dial secara perlahan untuk mengontrol aliran air yang keluar dari mesin cuci. Dengan begitu, Anda dapat membersihkan saluran pembuangan dan filter dengan lebih mudah dan aman.

Baca Juga :   Daftar Kode Error Mesin Cuci Electrolux Semua Tipe

3. Gosok filter pompa dengan sikat kecil

Buka tutup mesin cuci secara penuh dan periksa filter serta saluran pembuangan. Singkirkan benda asing seperti serat kain atau benda yang terlupakan dari saku agar tidak menyumbat filter.

Jangan biarkan benda tersebut terabaikan, sebab dapat menyebabkan getaran yang berlebihan dan memperpanjang waktu siklus. Selanjutnya, bersihkan filter dengan menggunakan air hangat dan gosok dengan sikat kecil untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

4. Semprotkan air sabun panas untuk membersihkan gasket dan pintu mesin cuci

Jangan lupa, bagi pemilik mesin cuci front load, perhatikan juga bagaimana cara membersihkan karet pintu mesin cuci bukaan depan dengan benar. Residu sabun dan air di dalam karet pintu dapat menjadi tempat berkembang biak jamur dan menyebabkan bau tak sedap.

Meskipun Anda sudah menggunakan pembersih khusus mesin cuci, sebaiknya lakukan pengecekan ulang. Untuk membersihkannya secara menyeluruh, semprotkan air sabun panas pada karet pintu, perlahan tarik lipatan agar benar-benar terjangkau, dan lap dengan kain bersih. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam pintu juga.

5. Keluarkan dispenser detergen & gosok semua residu dengan air sabun hangat

Seiring waktu berjalan, deterjen dapat menumpuk di celah dispenser mesin cuci Anda, menyebabkan penyumbatan yang tidak diinginkan. Untuk membersihkannya, lepaskan laci secara perlahan. Satu baki panjang harus mudah dikeluarkan. Pisahkan semua sisipan yang dapat dilepas, dan rendam dalam air sabun hangat.

Gosok semua residu untuk memastikannya bersih, lalu lap hingga kering. Sebelum mengembalikannya, pastikan rongga laci bebas dari residu bedak dengan menggunakan sikat atau kain. Dengan melakukan hal ini secara teratur, Anda dapat memastikan dispenser tetap bersih dan bebas dari penyumbatan.

6. Akhiri dengan membersihkan bagian luar mesin cuci

Terakhir, selesaikan proses pembersihan dengan menyeka bagian luar mesin cuci dan kontrolnya menggunakan kain lembab. Dengan demikian, mesin cuci Anda akan bersih tidak hanya dari bagian dalam, tetapi juga dari bagian luar.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Electrolux bukaan atas

Untuk setiap langkah, fokuslah pada satu area.

1. Bersihkan tabung mesin cuci dengan menjalankan siklus normal dengan air panas

Cara membersihkan tabung mesin cuci dengan benar menjadi perhatian umum bagi pengguna mesin cuci top loading. Pastikan tidak ada barang yang tertinggal di dalam sebelum memulai. Ikuti instruksi dari pembersih mesin cuci. Biasanya, Anda harus memasukkan produk pembersih langsung ke dalam tabung. Kemudian, atur mesin pada siklus normal dengan air panas.

Bagi pemilik mesin cuci top loading Electrolux, gunakan program Tub Clean khusus sebagai gantinya. Ini tersedia pada mesin cuci Top Load EliteCare 700. Program ini memutar drum dengan jet air bertekanan tinggi untuk menghilangkan semua residu.

Setelah siklus selesai, Anda mungkin melihat air menjadi kotor karena penumpukan kotoran di bawah drum bagian dalam. Biarkan air mengalir dan bersihkan bak mandi untuk memastikan tidak ada residu yang tersisa. Akhiri dengan membersihkan bagian luar mesin dan kontrol menggunakan kain lembab. Dengan demikian, mesin cuci Anda bersih luar dan dalam.

2. Lepaskan dispenser detergen & rendam dalam air sabun hangat

Ambil kompartemen laci dan keluarkan dari mesin cuci. Rendam perlahan dalam air sabun hangat, lalu sikat perlahan hingga bersih dan tidak ada residu yang tersisa.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam kompartemen laci dengan sikat atau kain bersih agar terbebas dari sisa-sisa deterjen yang menempel.

Baca Juga :   Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci Paling Mudah Untuk Pemula

Dengan membersihkan kompartemen laci ini secara teratur, mesin cuci Anda dapat bekerja dengan lebih efektif dan tahan lama.

3. Bersihkan tepi dan bagian dalam pintu mesin cuci Anda

Dengan percikan air sabun hangat, bersihkan sekeliling tepi dan bagian dalam pintu mesin cuci Anda.

Jika mesin Anda menggunakan agitator, jangan lupa untuk membersihkan bagian atasnya. Kotoran biasanya menumpuk di sana karena air seringkali menetes ke bawah.

Pastikan untuk membilasnya dengan air bersih setelah selesai.

4. Lap bagian luar mesin cuci Anda dengan kain mikrofiber lembap

Jangan lupa untuk membersihkan bagian luar mesin cuci Anda. Gunakan kain mikrofiber basah untuk menyeka kontrol dan bagian lainnya, agar terbebas dari debu, kotoran, dan sisa deterjen.

Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan bahan kimia atau bahan abrasif yang bisa merusak lapisan mesin cuci.

5. Mesin bersih = pakaian bersih

Anda sekarang telah menguasai cara membersihkan mesin cuci otomatis dengan benar. Namun, memilih mesin cuci yang memiliki fitur self-cleaning sangat penting. Seperti mesin cuci Electrolux top load EWT2H88M1SB 12,5kg dari seri UltimateCare 300 kami dengan fitur Tub Clean yang memungkinkan Anda membersihkan tabung dengan mudah.

Selain itu, mesin cuci front load lainnya, seperti mesin cuci Electrolux front load EWF1142Q7WB 11kg dari seri UltimateCare 700, menambahkan lapisan kebersihan ekstra dengan fitur HygienicCare yang mampu menghilangkan 99,9% kuman pada pakaian Anda. Jadi, jangan ragu untuk memilih mesin cuci yang tepat untuk memastikan kebersihan optimal dan kesehatan keluarga Anda.

Tips tambahan agar mesin cuci Anda tetap wangi lebih lama

Berikut adalah 5 tips mudah agar pakaian kesayangan Anda tetap wangi dan segar:

  1. Sebelum mencuci, pastikan untuk memeriksa pakaian Anda dengan teliti dan keluarkan koin, tisu, atau kertas yang terlepas dari saku. Singkirkan kotoran berlebih dari pakaian yang sangat kotor.
  2. Setelah siklus mencuci selesai, keluarkan pakaian dengan segera agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.
  3. Bersihkan karet pintu dengan segera setelah selesai mencuci, dan biarkan pintu serta laci terbuka untuk mengeringkan bagian dalam dan mencegah jamur dan bau yang tidak diinginkan.
  4. Sesekali gunakan bubuk pelunak air untuk memperlambat pembentukan kerak kapur yang dapat merusak mesin cuci.
  5. Gunakan deterjen dan pelembut hanya dalam jumlah yang tepat untuk cucian Anda. Gunakan fitur Dosis Otomatis yang tersedia pada mesin cuci Electrolux untuk mengukur dosis yang tepat sesuai dengan beban cucian Anda, sehingga tidak merusak pakaian dan tidak meninggalkan residu di dalam tabung mesin cuci Anda.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah cara membersihkan mesin cuci Electrolux yang dapat kamu lakukan secara mudah dan efektif. Dengan rutin membersihkan mesin cuci, kamu dapat memperpanjang umur mesin cuci dan menjaga kebersihan pakaianmu.

Ingatlah untuk selalu membaca petunjuk penggunaan dan perawatan dari produsen mesin cuci sebelum melakukan pembersihan. Dengan melakukan perawatan yang tepat, mesin cuci Electrolux kamu akan tetap awet dan dapat digunakan dengan baik selama bertahun-tahun.

Jangan lupa untuk selalu mencuci pakaian dengan hati-hati dan memilih deterjen yang tepat untuk hasil yang terbaik. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *