Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci

Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Yang Rusak

Posted on

Finoo.id – Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Yang Rusak. Salah satu tkalian kerusakan pada mesin cuci yang sudah tua akibat pemakaian yang terlalu lama adalah mesin cuci yang mati total. Jika tidak segera diganti atau diperbaiki, maka komponen lainnya juga bisa mengalami kerusakan yang lebih serius. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas dengan detail cara memperbaiki modul mesin cuci Sharp 1 tabung.

Mengenal Modul Mesin Cuci Sharp

Sharp merupakan salah satu produsen elektronik yang terkenal di Indonesia, dan mesin cuci adalah produk kalianlannya yang banyak digunakan oleh masyarakat. Meskipun dari segi harga, mesin cuci Sharp tergolong mahal karena buatan Jepang, seperti halnya merek LG.

Namun, dari segi kualitas, mesin cuci Sharp justru lebih unggul dibanding merek lain seperti LG, Samsung, AQUA, Panasonic, dan lainnya. Sayangnya, spare part untuk mesin cuci Sharp jarang tersedia di pasaran, bahkan di service center pun seringkali kosong sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan stok baru.

Selain itu, modul mesin cuci Sharp biasanya dijual dengan harga mahal di service center resmi, sehingga teknisi sering kesulitan untuk membelinya. Padahal, penggantian modul seperti ini sangat sulit dilakukan jika tidak diganti dengan yang baru.

Fungsi Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Modul mesin cuci Sharp berfungsi sebagai sistem pengaturan elektronik yang mengatur seluruh fungsi mesin cuci. Jika modul ini rusak, beberapa komponen akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan mesin cuci akan mati total.

Baca Juga :   Daftar Kode Error Mesin Cuci Toshiba Terlengkap

Modul ini, yang juga dikenal sebagai Printed Circuit Board (PCB) atau kontrol sirkuit, merupakan papan pendukung untuk komponen elektronik. Papan PCB ini memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga, yang masing-masing memiliki peran penting.

Dalam sebuah mesin cuci, modul ini berfungsi sebagai otak pengendali berbagai sensor yang terdapat di dalam mesin cuci, seperti sensor ketinggian air, sensor jenis cucian, sensor proses pencucian, sensor proses pembilasan, sensor proses pengeringan, sensor pintu, sensor inlet valve, drain valve, dan sensor keluar/masuknya air.

Karena terbatasnya ketersediaan modul mesin cuci Sharp di pasaran, banyak produsen China yang menjual modul tiruan yang hampir sama fungsinya. Namun, ada juga modul mesin cuci buatan China yang memiliki lisensi resmi dari Sharp, sehingga kualitas dan fungsinya terjamin.

Cara Memperbaiki Modul Mesin Cuci Sharp 1 Tabung

Berikut ini adalah cara memperbaiki mesin cuci Sharp 1 tabung yang pengeringnya tidak berputar akibat kerusakan pada modul mesin:

1. Buka Semua Penutup Pelindung Silikon

Sama seperti saat mereset modul mesin cuci Sharp, langkah pertama adalah membuka semua penutup pelindung silikon yang ada pada modul mesin cuci.

Untuk membukanya, kalian dapat menggunakan obeng atau cutter untuk membersihkan silikon agar bagian dalamnya terlihat dengan jelas.

2. Cek Kondisi Sekering dan Kaki Elco

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memeriksa sekering yang berfungsi sebagai jalur pemutus arus listrik. Jika sekering putus, mesin cuci tidak akan menyala karena tidak ada arus listrik yang masuk.

Apabila sekering dalam kondisi baik, langkah selanjutnya adalah memeriksa kaki elco untuk memastikan apakah tegangan keluar dari setiap outputnya sama dengan di setiap kaki. Jika tegangan tidak sama, maka bagian elco perlu diganti.

3. Periksa Kondisi Trafo

Kerusakan trafo sering terjadi pada mesin cuci otomatis Sharp. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi trafo secara menyeluruh untuk memastikan apakah ada kerusakan di dalamnya atau tidak.

Baca Juga :   Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp dengan Mudah

Caranya adalah dengan melepaskan trafo dan mengukurnya menggunakan alat pengukur multimeter. Perhatikan juga lilitan primer dan sekunder apakah ada yang putus atau tidak. Jika terjadi kerusakan, kalian dapat menggunakan resistor dengan ukuran 4,7 ohm – 47 ohm sebagai bantuan.

Cegah Kerusakan Mesin Cuci

Biasanya, mesin cuci cepat rusak karena kesalahan dalam penggunaannya atau kurangnya perawatan, yang dapat mengakibatkan hasil cucian tidak bersih.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam merawat mesin cuci agar tetap awet:

1. Membersihkan Laci Mesin

Bersihkan laci atau tempat deterjen pada mesin cuci, termasuk tempat pelembut atau pemutih yang digunakan. Jika perlu, lepaskan laci deterjen dan bersihkan dengan sikat gigi bekas.

Tempat-tempat ini berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur, sehingga harus selalu dibersihkan secara teratur.

2. Cek Filter

Filter atau saringan kotoran juga merupakan tempat bagi bakteri berkumpul. Oleh karena itu, pastikan untuk mengosongkannya secara berkala dan membuang kotoran yang terkumpul di dalamnya. Jika ada noda atau kotoran yang menempel, sikat dengan menggunakan sikat gigi bekas.

3. Bersihkan Sisa Sabun

Setelah proses mencuci selesai, selalu bersihkan mesin cuci dari sisa-sisa deterjen, pelembut, dan pemutih dengan menggunakan kain lembut.

Lakukan pencucian mesin cuci setidaknya sekali seminggu pada suhu 40°C atau lebih tinggi dengan menggunakan pemutih untuk memastikan bakteri tidak dapat berkembang di dalam mesin cuci dan menyebabkan bau tidak sedap.

Penampilan tabung yang terlihat bersih bisa menipu karena kotoran dan bakteri bisa bersembunyi di celah-celah kecil pada tabung.

Cara terbaik untuk membersihkan tabung mesin cuci adalah dengan membiarkan mesin cuci bekerja tanpa ada cucian apapun di dalamnya dan menggunakan air panas.

4. Berikan Ventilasi

Untuk mencegah terjadinya bau tidak sedap pada mesin cuci, biarkan pintu mesin cuci sedikit terbuka untuk membiarkan udara bersirkulasi di dalam tabung. Cara ini juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Baca Juga :   Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel 1 & 2 Tabung

Selain itu, seperti yang dilansir oleh Mr. Right Ideas, gunakan deterjen berkualitas baik. Residu dari deterjen atau pelembut kualitas rendah bisa menjadi sumber jamur dan bau tidak sedap pada mesin cuci.

5. Ikuti Sesuai Petunjuk

Perhatikan cara yang baik dalam menggunakan mesin cuci. Sesuaikan dengan petunjuk penggunaan dan hindari memasukkan cucian melebihi kapasitas mesin cuci.

Pastikan bahwa kalian telah memasukkan semua cucian dan deterjen sebelum menekan tombol on.

Selama proses mencuci, jangan membuka pintu atau memasukkan benda ke dalam mesin ketika mesin sedang beroperasi.

Hindari menyemprotkan air ke panel kontrol. Jika ingin membersihkan panel kontrol, gunakan kain yang lembap dan usap dengan perlahan.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki modul mesin cuci Sharp 1 tabung yang mengalami masalah.

Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari solusi untuk memperbaiki mesin cuci Sharp 1 tabung yang bermasalah.

Namun, jika setelah melakukan semua langkah di atas masalah masih tetap ada, sebaiknya segera hubungi ahli teknisi untuk mendapatkan penanganan yang lebih profesional dan tepat.

Jangan mencoba memperbaiki mesin cuci sendiri jika kalian tidak memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup, karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatan dan memperparah masalah. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *