Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken Terbaru

Posted on

Finoo,id – Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken Terbaru. Meskipun tergolong mudah, masih ada orang yang belum menguasai cara menggunakan mesin cuci Sanken dengan benar. Dibutuhkan waktu untuk mempelajari bagian-bagian dan fungsi dari papan kontrol produk tersebut.

Terutama bagi pemula yang baru pertama kali memiliki mesin cuci, mereka mungkin merasa kaku dan takut salah mengoperasikan perangkat. Namun, dengan membaca buku panduan resmi, mereka akan terbiasa dengan mesin cuci Sanken.

Sanken adalah perusahaan elektronik dalam negeri yang menjual peralatan rumah tangga dengan harga terjangkau. Mesin cuci Sanken merupakan salah satu produk unggulan yang populer dan tetap eksis hingga saat ini.

Keawetan sebuah produk bergantung pada cara pemilik merawat perangkat tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menggunakan mesin cuci Sanken agar tetap berfungsi dengan baik sepanjang waktu.

Mengenal Sekilas Tentang Sanken

Sanken merupakan perusahaan elektronik dan peralatan rumah tangga lokal yang didirikan pada tahun 1995 dan berbasis di Jakarta, Republik Indonesia. Sanken menawarkan produk-produk peralatan rumah tangga modern, inovatif, dan berteknologi terbaru yang banyak dinanti-nantikan.

Produk-produk Sanken mencakup mesin cuci, dispenser air, lemari es, pendingin minuman dan kotak pendingin, televisi LED dan tabung, pendingin ruangan (AC) dan penyejuk udara, pembersih udara, pemanas air tenaga surya, filter air dan reverse osmosis (RO), penanak nasi, kompor gas, kipas angin, setrika listrik, DVD player, dan juga speaker aktif.

Semua produk Sanken diproduksi sendiri di pabrik seluas 12 hektar di Curug-Banten, Jawa Barat. Produk-produk Sanken telah didistribusikan ke seluruh nusantara melalui 24 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sanken memiliki tim yang didedikasikan untuk menjadi kepala di setiap cabang dan memastikan misi Sanken untuk memberikan produk terbaik dan layanan terhkalianl untuk semua konsumen, retailer, distributor, dan institusi negara tercapai. Sanken fokus untuk menjadi pemimpin dalam bidang teknologi dan menyediakan produk yang mampu memberikan kepuasan kepada semua penggunanya, mulai dari mesin cuci yang kokoh dan tahan lama hingga pemanas air tenaga surya yang berefesiensi tinggi.

Baca Juga :   Cara Reset Mesin Cuci Polytron Semua Tipe Lengkap

Mengenal Tombol Mesin Cuci

Produsen Sanken memang menyediakan beragam varian mesin cuci dengan desain dan peletakan papan kontrol yang berbeda-beda. Namun, kamu dapat menguasai semuanya dengan memahami prinsip kerja produk ini.

1. Tombol Unit 1 Tabung

Mesin cuci satu tabung adalah perangkat otomatis yang terbagi menjadi dua tipe, yaitu top loading dan front loading. Mesin cuci ini dilengkapi dengan papan kontrol canggih dan panel display, sehingga memberikan pengalaman menggunakan produk yang modern.

Berikut adalah fungsi tombol pada mesin cuci Sanken tipe satu tabung:

TombolFungsi
PowerTombol untuk menghidupkan dan mematikan unit mesin cuci
Start/PausePerintah untuk memulai proses atau menunda siklus sementara
ProgramMengatur proses pencucian sesuai dengan jenis – jenis kain
Watel LevelMengatur ketinggian air baik secara otomatis maupun manual
DelayBerfungsi untuk mengatur perendaman pakaian
FunctionTombol untuk memilih siklus seperti mencuci, membilas atau mengeringkan

2. Tombol Unit 2 Tabung

Mesin cuci Sanken tipe dua tabung merupakan produk manual yang dilengkapi dengan tombol-tombol sederhana. Meskipun begitu, operasional perangkat ini relatif mudah dipahami bahkan bagi pemula sekalipun. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi tombol pada mesin cuci Sanken tipe dua tabung:

TombolFungsi
WaktuTombol untuk mengatur durasi pencucian sesuai kebutuhan
ProgramMemilih fungsi pencucian normal, berat atau menguras air
PengeringMengatur lamanya proses pengeringan pakaian
InputSaluran khusus untuk mengisi air secara manual

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken

Cara Menggunakan Mesin Cuci Sanken 1 Tabung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan mesin cuci 1 tabung otomatis Sanken sebenarnya tidak sulit dilakukan. Selain itu, mesin ini dilengkapi dengan sejumlah fitur yang dapat memudahkan proses pencucian menjadi lebih cepat dan efisien.

Jika kalian masih bingung mengenai cara menggunakan mesin cuci 1 tabung Sanken tipe SFL-6600e, berikut ini kami berikan panduan penggunaannya:

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Sanken Terbaru

1. Pasangkan Colokan Ke Dalam Stop Kontak

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasang colokan mesin cuci dengan baik. Setelah itu, hubungkan mesin cuci ke kran air untuk memasukkan air yang akan digunakan selama proses pencucian.

2. Masukkan Pakaian

Langkah selanjutnya dalam menggunakan mesin cuci Sanken SFL-6600e adalah dengan memasukkan pakaian ke dalamnya. Pastikan bahwa pakaian yang dimasukkan tidak melebihi kapasitas mesin agar tidak menghambat proses pencucian.

3. Setting Waktu Pencucian

Setelah itu, atur waktu pencucian selama 30 menit dengan menggunakan tombol yang tersedia pada mesin cuci. Pastikan bahwa pintu mesin cuci tertutup rapat agar proses pencucian dapat berjalan dengan maksimal.

4. Masukkan Detergen

Sebelum memulai proses pencucian, jangan lupa untuk memasukkan deterjen ke dalam wadah yang sudah ditentukan, yaitu di sebelah kiri atas mesin cuci. Setelah itu, tutup kembali wadah deterjen tersebut. Klik tombol start untuk memulai proses pencucian.

Proses Pengeringan Pakaian di Sanken 1 Tabung

Mesin cuci 1 tabung dengan pintu bukaan di depan tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan pencucian, tetapi juga dalam proses pengeringannya. Proses pengeringan pakaian pada mesin cuci Sanken 1 tabung dapat dilakukan secara otomatis, sehingga tidak perlu dilakukan secara manual.

Fitur otomatis pada mesin cuci ini membuat pengguna tidak perlu memindahkan pakaian secara manual. Selain itu, fitur eco wash pada mesin cuci Sanken membuat proses pencucian semakin menyenangkan. Fitur ini dapat diaktifkan jika hanya mencuci pakaian dalam jumlah sedikit.

Selain itu, mesin cuci Sanken tipe SFL-6600E dilengkapi dengan sensor pintar yang mampu mendeteksi jika beban pencucian tidak seimbang. Dengan begitu, mesin akan menyesuaikan keseimbangannya secara otomatis. Namun, perlu diingat bahwa kapasitas mesin cuci Sanken hanya sekitar 6 kg.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Dua Tabung

Menurut buku “Merawat dan Membersihkan Mesin Cuci” karya M. Hidayat (2008), mengetahui cara menggunakan mesin cuci dapat membuat cucian lebih bersih dan mencegah mesin cepat rusak. Mesin cuci dua tabung atau mesin cuci manual adalah jenis mesin cuci yang paling banyak digunakan.

Baca Juga :   Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung dan Cara Mengatasinya

Seperti namanya, mesin cuci ini memiliki dua tabung dengan fungsi yang berbeda. Satu tabung digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian, sedangkan tabung lainnya digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci.

Berikut ini adalah cara menggunakan mesin cuci dua tabung:

  • Isi tabung pencucian dengan pakaian secukupnya.
  • Tentukan volume air yang diperlukan berdasarkan jumlah pakaian yang akan dicuci. Air dapat diisi secara manual dengan menggunakan ember atau gayung, atau dapat diisi secara langsung dengan selang ke dalam tabung.
  • Masukkan deterjen secukupnya ke dalam air dan biarkan tercampur dengan baik.
  • Masukkan pakaian yang sudah dipisahkan jenisnya sebelumnya ke dalam tabung pencucian.
  • Atur waktu pencucian dengan memutar panel timer pada mesin cuci. Sesuaikan waktu pencucian dengan jumlah dan jenis pakaian yang akan dicuci.
  • Setelah selesai, buang air dengan memutar panel pembuangan air yang tersedia.
  • Isi kembali tabung dengan air bersih dan ulangi proses pencucian sebanyak dua kali untuk menghilangkan residu deterjen yang tersisa.
  • Setelah selesai, buang air dan pindahkan cucian ke tabung pengeringan.
  • Pindahkan pakaian ke dalam tabung pengeringan secara manual dan padatkan. Tutup tabung dan atur waktu pengeringan dengan memutar panel pengering.
  • Setelah waktu pengeringan selesai, buka tabung dan ambil cucian yang telah kering.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara menggunakan mesin cuci Sanken yang dapat kalian terapkan saat mencuci pakaian di rumah.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kalian dapat mengoptimalkan kinerja mesin cuci Sanken dan memastikan pakaian kalian bersih dan segar setiap saat.

Pastikan untuk selalu membaca petunjuk penggunaan sebelum menggunakan mesin cuci Sanken untuk menghindari kerusakan pada mesin dan memperpanjang umur mesin cuci kalian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *