Mengganti Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung

Letak, Cara Reset & Mengganti Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung

Posted on

Finoo.id – Letak, Cara Reset & Mengganti Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung. Mengenai pemasangan kapasitor pada mesin cuci LG, sebenarnya hal tersebut cukup sulit-sulit mudah. Pertama-tama, kalian perlu mengetahui di mana kapasitor tersebut terletak. Pada dasarnya, kapasitor pada mesin cuci LG satu tabung biasanya terletak di dekat dinamo mesin cuci.

Selain mengetahui cara memasang kapasitor, penting juga untuk mengetahui cara mereset mesin cuci LG satu tabung. Jika terjadi kerusakan pada kapasitor, biasanya kapasitor harus diganti. Oleh karena itu, perlu diketahui cara mengganti kapasitor mesin cuci LG satu tabung yang mudah. Ukuran kapasitor pada mesin cuci LG juga dapat bervariasi, karena ukuran kapasitor pada mesin cuci LG satu tabung berbeda dengan ukuran kapasitor pada mesin cuci dengan beberapa tabung.

Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai cara mereset mesin cuci LG serta cara memasang kapasitor.

Cara Ganti Kapasitor Mesin Cuci dengan 1 Tabung

Fungsi kapasitor pada mesin cuci adalah memberikan daya listrik tambahan untuk memutar motor dinamo. Kapasitor berperan sebagai perantara pada mesin cuci yang digunakan untuk menggerakkan dinamo pada mesin pencuci (wash) dan mesin pengering (spin).

Dengan fungsinya yang penting, kapasitor menjadi salah satu komponen krusial pada mesin cuci. Kerusakan pada komponen ini dapat membuat mesin cuci tidak dapat berfungsi dengan baik bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Jika kapasitor mengalami kerusakan, penggantian dengan kapasitor baru adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Namun perlu diingat bahwa mesin cuci tersedia dalam dua jenis, yaitu satu tabung dan dua tabung. Proses penggantian kapasitor pada mesin cuci satu tabung akan berbeda dengan penggantian pada mesin cuci dua tabung yang memiliki empat kabel.

Untuk itu, ikuti panduan penggantian kapasitor yang sesuai dengan jenis mesin cuci kalian.

Baca Juga :   √ Efek Ganti Kapasitor Kipas Angin Yang Ukuranya Lebih Besar

1.Membuka Cover Belakang Mesin Cuci

Untuk mengganti kapasitor pada mesin cuci satu tabung, cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuka penutup belakang mesin cuci. Caranya adalah dengan melepas semua baut yang mengunci penutup belakang mesin cuci.

2.Lepaskan Kapasitor yang Menempel pada Mesin Cuci

Setelah membuka penutup belakang mesin cuci, kalian akan melihat sebuah tabung kecil yang umumnya berwarna putih atau hitam dan memiliki 2 kabel pada mesin cuci satu tabung. Berbeda dengan mesin cuci dua tabung yang memiliki 4 kabel. Setelah menemukan kapasitor tersebut, langkah selanjutnya untuk mengganti kapasitor pada mesin cuci adalah dengan melepaskannya dari body mesin cuci.

3.Lihat Jumlah Micro pada Kapasitor

Umumnya, setiap mesin cuci memiliki kapasitor dengan jumlah mikro yang berbeda-beda. Untuk memastikan kalian membeli kapasitor yang tepat, kalian dapat melihat jumlah mikro pada kapasitor mesin cuci kalian. Pastikan untuk menggantinya dengan kapasitor yang memiliki jumlah mikro yang sama, karena jika tidak, misalnya kapasitor terlalu besar dari yang seharusnya, maka dapat menyebabkan dinamo pada mesin cuci cepat panas bahkan bisa terbakar.

4.Menyambungkan Kapasitor Baru dengan Dinamo

Karena hanya terdiri dari 2 kabel, cara mengganti kapasitor pada mesin cuci satu tabung sebenarnya cukup mudah. kalian dapat memasangnya pada posisi manapun, bahkan jika terbalik sekalipun. Namun, saat memasangnya pada dinamo, perlu memperhatikan beberapa langkah berikut:

  • Dinamo memiliki 3 kabel dengan warna yang berbeda, yaitu merah, hitam, dan biru.
  • kalian dapat menggunakan kabel merah dan hitam dari dinamo, lalu menyambungkannya pada kapasitor yang baru.
  • Kabel dinamo dengan warna biru harus dipasang pada sumber listrik, karena kabel ini berfungsi sebagai daya untuk dinamo tersebut.

Cara Riset Mesin Cuci LG 1 Tabung

Untuk mengatasi kesalahan pada mesin cuci, cobalah melakukan reset. Hal ini dapat membantu mengatasi kesalahan perangkat dan memastikan apakah semua unit pada mesin cuci memerlukan perbaikan lebih lanjut atau tidak. Berikut ini adalah cara melakukan reset pada mesin cuci.

1. Membaca Buku Petunjuk

Buku petunjuk menyediakan panduan lengkap mengenai cara reset mesin cuci dan bantuan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca buku petunjuk agar mengetahui garis besar langkah yang harus dilakukan.

Baca Juga :   Kode Error Mesin Cuci Aqua Japan Paling Lengkap

Selain itu, operasional mesin cuci LG biasanya berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Bahkan jumlah tombol dan tata letak pada setiap tipe mesin cuci juga berbeda-beda tergantung pada fitur dan spesifikasi yang dimilikinya.

Namun, umumnya cara reset mesin cuci LG pada setiap tipe mesin cuci sama. kalian perlu mengenal tombol-tombolnya, kemudian tekan tombol power untuk mematikan unit. Pastikan bahwa unit benar-benar dalam keadaan mati.

2. Mencabut Kabel Power

Setelah mematikan tombol power pada mesin cuci, langkah selanjutnya adalah mencabut kabel mesin cuci dari sumber listrik dengan hati-hati saat terjadi kesalahan pada mesin cuci. Dengan melakukan hal ini, kalian dapat memulai metode reset modul agar mesin cuci kembali ke pengaturan pabrik awal.

Biarkan mesin cuci selama 5 menit tanpa terhubung dengan sumber listrik. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan listrik statis yang mungkin masih tersisa di unit.

3. Menekan Tombol Khusus

Setelah memastikan tombol power terputus dari sumber listrik, langkah selanjutnya adalah menekan tombol “start” atau “pause” selama sekitar 5 detik. Dengan menekan tombol tersebut, modul akan melakukan reset ke pengaturan pabrik secara otomatis.

4. Nyalakan Mesin Cuci

Langkah terakhir adalah menyambungkan kembali kabel power mesin cuci ke sumber listrik. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah proses reset berhasil atau tidak. Nyalakan unit kembali dengan menekan tombol power dan tunggu beberapa saat hingga mesin cuci aktif atau menyala.

Untuk memastikan mesin cuci sudah berfungsi dengan normal, cobalah menggunakan fungsi “rinse” dan “spin”. Jika berhasil, maka proses reset sudah selesai.

Tanda – Tanda Mesin Cuci LG Error

Mesin cuci merupakan alat elektronik yang sangat membantu kegiatan rumah tangga terutama dalam mencuci pakaian. Namun, mesin cuci tidak selalu berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang panjang. Terkadang mesin cuci juga mengalami kesalahan yang penyebabnya tidak diketahui. Jika kalian sering mengalami hal serupa, berikut adalah beberapa tanda-tanda error pada mesin cuci LG.

1. Tombol Pada Mesin Cuci Tidak Berfungsi

Salah satu tkalian bahwa mesin cuci LG mengalami kesalahan adalah jika tombol pada mesin cuci tidak berfungsi. Hal ini dapat membuat mesin cuci tidak berfungsi sama sekali atau terlihat rusak. Namun, hal ini sering terjadi dan bisa diperbaiki dengan mudah. kalian bahkan tidak perlu memanggil jasa servis mesin cuci untuk masalah ini. kalian bisa mengatasinya hanya dengan menyetel ulang mesin cuci.

Baca Juga :   Rekomendasi Merk Kapasitor AC Terbaik dan Layak Digunakan

2. Salah Menekan Tombol

Masalah ini sering terjadi di rumah dan bisa membuat mesin cuci berhenti bekerja secara tiba-tiba. Namun, kalian tidak perlu panik karena masalah kesalahan ini dapat diatasi dengan mudah hanya dengan mereset mesin cuci LG. Dengan melakukan reset, mesin cuci dapat kembali berfungsi seperti semula.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam menjaga kinerja mesin cuci LG 1 tabung, terkadang perlu dilakukan reset atau penggantian kapasitor yang rusak. Untuk melakukan hal tersebut, kalian perlu mengetahui letak kapasitor dan cara melakukan reset atau penggantian.

Letak kapasitor pada mesin cuci LG 1 tabung terdapat di bagian belakang mesin, dekat dengan pompa air. Untuk melakukan reset, matikan mesin cuci dan lepaskan kabel power dari stopkontak selama 5-10 menit. Setelah itu, hubungkan kembali kabel power dan nyalakan mesin cuci. Apabila mesin cuci masih mengalami masalah, mungkin perlu dilakukan penggantian kapasitor.

Untuk mengganti kapasitor mesin cuci LG 1 tabung, langkah pertama adalah mematikan mesin cuci dan melepaskan kabel power dari stopkontak. Selanjutnya, buka penutup belakang mesin cuci dan cari kapasitor yang rusak. Lepaskan kabel yang terhubung ke kapasitor dan pasang kapasitor yang baru. Setelah itu, tutup kembali penutup belakang mesin cuci dan sambungkan kabel power ke stopkontak.

Dengan mengetahui letak kapasitor dan cara melakukan reset atau penggantian, kalian dapat menjaga kinerja mesin cuci LG 1 tabung dengan lebih baik. Penting untuk selalu memastikan bahwa mesin cuci selalu dalam kondisi yang baik agar dapat digunakan dengan maksimal.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Letak, Cara Reset & Mengganti Kapasitor Mesin Cuci LG 1 Tabung. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *