Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung & Harganya

Posted on

Finoo.id – Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung & Harganya. Kapasitor merupakan salah satu komponen elektronik yang sangat penting dalam mesin cuci. Fungsinya adalah untuk menyalurkan arus listrik pada motor penggerak, seperti motor washing dan motor spin. Jika kapasitor mengalami kerusakan, mesin cuci tidak dapat berfungsi dan perlu diganti.

Untuk mesin cuci Sharp 2 tabung yang menggunakan dua motor, kapasitor yang digunakan harus memiliki ukuran yang tepat. Motor pertama digunakan untuk mengalirkan listrik pada tabung pencucian, sedangkan motor kedua digunakan untuk mesin pengering. Kapasitor yang digunakan harus dipilih secara manual agar sesuai dengan kebutuhan mesin cuci tersebut.

Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Penting untuk diingat bahwa sebelum mengganti kapasitor pada mesin cuci Sharp, kalian harus mengetahui ukuran kapasitor pengering pada mesin cuci Sharp 2 tabung terlebih dahulu. Untuk mesin cuci Sharp 2 tabung, berikut adalah uraian mengenai ukuran kapasitor yang penting untuk diketahui.

Meskipun mengganti kapasitor pada mesin cuci Sharp tergolong mudah karena kapasitor hanya terdiri dari dua kabel yang dapat disambungkan tanpa khawatir kabel tersambung terbalik, namun hal yang paling penting adalah mengetahui ukuran kapasitor yang diperlukan.

kalian perlu memperhatikan ukuran kapasitor yang dibutuhkan, terutama jika kalian memiliki mesin cuci Sharp 2 tabung dengan kapasitas 8 kilogram. Hal ini sangat berpengaruh pada ketahanan motor mesin cuci.

Satuan kapasitor diukur dalam mikro farad (MF). Umumnya, mesin cuci Sharp 2 tabung menggunakan kapasitor dengan ukuran 8 MF, 10 MF, atau 12 MF untuk pengering, sedangkan untuk tabung pencucian, menggunakan kapasitor dengan ukuran 4 MF, 5 MF, atau 6 MF.

Baca Juga :   Skema Mesin Cuci Otomatis Dirubah Menjadi Manual Bagini Caranya

Apa Fungsi dari Kapasitor Mesin Cuci?

Komponen yang disebut kapasitor terdapat pada setiap mesin cuci, baik mesin cuci satu tabung maupun mesin cuci dua tabung. Fungsi dari kapasitor tersebut sangatlah penting. Berikut adalah beberapa fungsi dari kapasitor pada mesin cuci.

1. Start kapasitor

Kapasitor dalam mesin cuci berfungsi sebagai kapasitor awal (start capacitor). Artinya, komponen ini hanya bekerja saat motor mesin cuci berputar.

2. Running Kapasitor

Kapasitor pada mesin cuci tidak hanya berfungsi sebagai kapasitor awal (start capacitor), tetapi juga berfungsi sebagai kapasitor kerja (running capacitor). Dalam hal ini, kapasitor pada mesin cuci bekerja terus-menerus selama motor mesin cuci berputar.

3. Penggerak Mesin Pencuci/Wash

Pada mesin cuci Sharp 2 tabung, kapasitor berfungsi sebagai komponen yang menggerakkan motor mesin pencuci. Dengan demikian, motor dapat berputar untuk mencuci dan menggiling pakaian hingga bersih.

4. Penggerak Mesin Pengering/Spin

Kapasitor pada mesin cuci Sharp 2 tabung tidak hanya berfungsi sebagai penggerak motor mesin pencuci, tetapi juga sebagai penggerak motor mesin pengering atau spin. Dengan adanya kapasitor tersebut, mesin pengering dapat berputar dan melakukan fungsi pengeringan pakaian dengan baik.

Mengenal Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Jika kapasitor pada mesin cuci Sharp mengalami kerusakan, mungkin masih bisa diperbaiki jika kerusakan bersifat sementara. Namun, jika kapasitor mengalami kerusakan total atau mati, maka harus diganti.

Untuk mengganti kapasitor pada mesin cuci, kalian perlu mengetahui ukuran kapasitor yang digunakan pada mesin cuci tersebut. Jika tidak menggunakan ukuran atau nilai kapasitor yang sesuai, kapasitor tersebut tidak akan berfungsi dengan baik atau justru dapat merusak komponen lainnya.

Setiap tipe mesin cuci memiliki ukuran dan nilai kapasitor yang berbeda. Secara umum, ukuran kapasitor diukur dalam satuan mikrofarad (Mf). Untuk mesin cuci Sharp 2 tabung, kapasitor pada motor pencucian biasanya memiliki nilai 8, 10, atau 12 Mf.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Mesin Cuci Sharp Yang Baik & Benar

Sedangkan untuk motor pada tabung pengering, umumnya menggunakan kapasitor dengan nilai 4, 5, atau 6 Mf. Namun, setiap tipe mesin cuci menggunakan nilai kapasitor yang berbeda.

Nilai kapasitor yang umum digunakan adalah 4, 5, 6, 8, 10, dan 12 Mf. Jika kapasitor mengalami kerusakan dan perlu diganti, pastikan untuk menggunakan kapasitor dengan nilai yang sama dengan kapasitor yang lama.

Harga Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Harga kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung terbilang cukup terjangkau. Berikut adalah kisaran harga kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung dengan berbagai ukuran kapasitor yang berbeda:

Daftar di atas adalah beberapa harga kapasitor mesin cuci 2 tabung dengan berbagai ukuran kapasitor yang berbeda. Kapasitor tersebut dapat langsung digunakan pada mesin cuci Sharp yang kalian miliki.

Ciri Ciri Kapasitor Mesin Cuci Rusak

Kerusakan pada kapasitor mesin cuci Sharp sering kali tidak terdeteksi oleh pemilik mesin cuci itu sendiri. Padahal, kerusakan pada kapasitor mesin cuci dapat dikenali dengan sangat mudah dan bahkan terlihat jelas pada mesin cuci tersebut.

Biasanya, kerusakan pada kapasitor mesin cuci Sharp ditkaliani dengan putaran mesin cuci yang bergerak lambat atau bahkan mesin cuci tidak dapat berputar sama sekali saat proses pencucian maupun pengeringan. Hal ini terlihat jelas dan dapat dengan mudah dikenali.

Jika putaran mesin cuci Sharp kalian bergerak lambat atau bahkan tidak berputar sama sekali, maka sebaiknya kalian segera memeriksa kapasitor mesin cuci tersebut. Jika terdapat kerusakan, segera ganti kapasitor yang rusak dengan kapasitor yang baru.

Penyebab Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung Rusak

Apa yang menyebabkan kapasitor pada mesin cuci Sharp mengalami kerusakan? Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan kapasitor mesin cuci. Penyebab paling umum dari kerusakan kapasitor adalah karena umur mesin cuci yang sudah cukup tua dan sering digunakan.

Baca Juga :   Daftar Kode Error Mesin Cuci Panasonic Semua Tipe

Selain itu, beban berlebih saat mencuci pakaian juga dapat menyebabkan kerusakan pada kapasitor mesin cuci Sharp. Tidak hanya itu, kerusakan pada kapasitor mesin cuci Sharp juga bisa disebabkan karena kapasitor yang konslet atau kering.

Jika kapasitor konslet, mungkin ada masalah pada sambungan listrik masuk, sedangkan jika kapasitor kering, berarti zat cair yang digunakan untuk menyimpan arus listrik habis. Jika kondisi ini terjadi, maka kapasitor harus segera diganti.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam menjaga performa mesin cuci Sharp 2 tabung agar tetap optimal, ukuran kapasitor sangatlah penting untuk diperhatikan. Pastikan kapasitor yang digunakan sesuai dengan spesifikasi mesin cuci tersebut agar tidak terjadi masalah pada mesin cuci kalian.

Dengan memperhatikan ukuran kapasitor mesin cuci Sharp 2 tabung, kalian dapat memastikan keberlangsungan penggunaan mesin cuci kalian dengan lebih aman dan nyaman. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli teknisi untuk mendapatkan saran yang lebih terperinci mengenai ukuran kapasitor yang tepat untuk mesin cuci Sharp 2 tabung kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung & Harganya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *