Cara Menghidupkan Kulkas

Cara Menghidupkan Kulkas Yang Lama Tidak Dipakai

Posted on

Finoo.id – Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai. Bisakah kalian membagikan cara untuk menyalakan kembali kulkas yang sudah lama tidak dipakai? Jika iya, tolong jelaskan dengan seksama di bawah ini!

Ketika hendak pergi jauh, banyak orang yang khawatir kulkas mereka akan rusak jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk menghindari risiko konsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran, maka kulkas yang akan ditinggal lama sebaiknya dimatikan aliran listriknya.

Namun, jika kulkas sudah tidak dipakai dalam waktu yang lama, ada risiko kerusakan yang perlu diantisipasi sebelumnya, yaitu korosi. Korosi bisa terjadi ketika karat menggerogoti komponen kulkas, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut dan menyebabkan kulkas tidak berfungsi dengan baik.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Kulkas Ditinggal Lama

Secara umum, kulkas tidak akan mengalami kerusakan jika beberapa langkah dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya korosi yang menjadi musuh utama kulkas. Korosi menjadi penyebab banyaknya komponen yang rusak pada kulkas, oleh karena itu, berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya korosi pada kulkas yang ditinggalkan:

1. Atur ke Suhu Terendah

Ketika akan bepergian dan meninggalkan rumah, seringkali pemilik kulkas bertanya-tanya apakah kulkas akan rusak jika tidak digunakan dalam waktu yang lama? Namun, hal ini dapat diatasi dengan mudah oleh pemiliknya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan suhu kulkas berada pada titik 0 atau lebih rendah. Caranya adalah dengan memutar knob ke arah angka 0 derajat atau ke posisi off hingga terdengar bunyi klik sebagai tkalian bahwa suhu minimal telah tercapai.

2. Cabut Kabel Power

Langkah selanjutnya adalah mencabut kabel power kulkas yang terhubung ke stop kontak listrik untuk mencegah kemungkinan terjadinya konsleting listrik akibat percikan arus. Selain itu, pastikan kabel power kulkas diletakkan pada tempat yang tinggi dan tidak menjulur ke bawah, agar tidak dimakan atau dirusak oleh tikus.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan Yang Tepat

3. Lakukan Pembersihan Kulkas

Setelah suhu kulkas berhasil diatur ke level minimal dan kabel power dicabut, air yang membeku akan perlahan mencair dan perlu ditampung menggunakan wadah di bagian bawah kulkas. Tunggu hingga proses pencairan selesai dengan sempurna dan pastikan tidak ada bunga es yang masih membeku yang tertinggal di dalam kulkas.

Setelah itu, buang semua air yang mencair dan pastikan kulkas dalam keadaan kosong, baik dari sisa-sisa bunga es maupun bahan makanan apapun. Bersihkan sisa-sisa air yang tersisa dengan mengelap setiap bagian termasuk thermostat, freezer, dan kabel power hingga kering.

4. Keringkan Kulkas dengan Buka Pintu

Setelah kulkas kosong, es mencair dan air di dalam kulkas telah dikeringkan dengan lap, pintu kulkas sebaiknya dibuka untuk beberapa waktu agar kulkas benar-benar dalam keadaan kering dan aman ketika ditinggalkan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya korosi, karena bahkan sedikit kelembapan saja dapat memicu terjadinya korosi pada kulkas.

Kerusakan Akibat Kulkas Tidak Diganakan Dalam Waktu Lama

Jika kalian mengalami masalah pada kulkas yang tidak bisa dingin atau tidak menyala setelah kulkas dimatikan dalam jangka waktu yang cukup lama, mungkin terjadi kerusakan akibat kesalahan saat mematikan kulkas. Berikut adalah beberapa kerusakan yang sering terjadi akibat kesalahan saat mematikan kulkas:

1. Kerusakan Pada Thermostat

Pengatur suhu atau thermostat pada kulkas biasanya terletak di dalam ruang kulkas dan berfungsi untuk mengatur mesin compressor agar dapat hidup dan mati secara otomatis berdasarkan suhu yang diinginkan yang diatur melalui tombol pengatur suhu pada thermostat.

Thermostat terbuat dari bahan logam dengan cairan air raksa di dalam kawat sensor dan bulb yang berfungsi sebagai switch on/off saat suhu dingin terdeteksi oleh air raksa. Namun, bahan logam pada thermostat mudah berkarat dan rusak jika terkena kelembaban.

Pada gambar di atas, terlihat contoh thermostat yang rusak akibat karat setelah kulkas tidak digunakan selama sekitar 5 bulan. Gambar ini diambil saat melakukan servis di daerah Candi Gebang, Condongcatur, Yogyakarta.

Kerusakan pada thermostat yang sudah berkarat tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti thermostat yang rusak dengan yang baru agar kulkas dapat beroperasi dengan baik.

2. Gas Freon Bocor

Kerusakan pada kulkas akibat kebocoran gas freon pada pipa evaporator di rak freezer bisa disebabkan bukan hanya akibat kecongkel atau tertusuk benda tajam saat membersihkan bunga es atau mengambil sesuatu di rak freezer.

Kebocoran gas freon pada pipa evaporator juga bisa terjadi akibat korosi (karat) karena kulkas tidak dibersihkan dan dikeringkan sebelum dimatikan, sehingga meninggalkan kelembapan yang bisa menyebabkan korosi pada pipa.

Baca Juga :   Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron Agar Hemat Listrik

Kerusakan akibat kebocoran gas freon ini menyebabkan kulkas masih menyala namun tidak dapat dingin. Kebocoran dengan lubang yang agak besar bahkan bisa terdengar ada suara mendesis yang kencang.

Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai

Banyak orang memilih untuk mematikan atau mencabut colokan kulkas ketika akan bepergian dengan tujuan untuk menghindari kecelakaan listrik dan hemat energi.

Namun, masih banyak orang yang bertanya-tanya apakah kulkas akan rusak jika tidak digunakan dalam waktu yang lama? Jawabannya adalah tidak, selama kalian mematikannya dengan benar. Namun, jika kalian hanya mencabut colokan dan meninggalkannya dalam jangka waktu yang lama, ada beberapa kerusakan atau akibat yang mungkin terjadi pada kulkas.

Akibat pertama adalah kerusakan pada pengatur suhu atau thermostat. Bagian ini terbuat dari logam yang mudah berkarat dan mudah rusak jika terkena kelembapan. Jika bagian ini rusak, maka harus diganti dengan yang baru agar kulkas dapat berfungsi dengan baik.

Kemudian, akibat kedua adalah kebocoran gas freon pada pipa rak freezer. Hal ini tidak hanya terjadi ketika menggunakan benda tajam untuk membersihkan bunga es, tetapi juga bisa terjadi akibat korosi atau karat pada pipa tersebut.

Cara Mematikan Kulkas Untuk Jangka Waktu Lama

Bagaimana cara mematikan kulkas dengan benar jika tidak akan digunakan dalam waktu yang lama?

1. Atur Suhu

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur suhu kulkas ke posisi minimal atau off agar tidak terjadi pembekuan pada dalam kulkas.

2. Cabut Colokan

Langkah selanjutnya adalah mencabut colokan kulkas dari saklar atau sumber listrik.

3. Bersihkan Kulkas

Setelah mencabut colokan kulkas dari saklar atau sumber listrik, langkah selanjutnya adalah mengeluarkan semua isi kulkas dan membersihkan kotorannya hingga bersih atau tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Proses pembersihan ini penting dilakukan agar kulkas siap digunakan kembali tanpa harus menghadapi masalah busuk atau bau dalam kulkas.

Selain itu, kalian juga perlu membersihkan bunga es jika kulkas tidak dilengkapi dengan teknologi no frost. Hal ini bertujuan agar ketika kulkas dimatikan, tidak terjadi kebanjiran akibat pencairan bunga es.

4. Buka Pintu Kulkas

Setelah membersihkan kulkas, pastikan untuk membuka semua pintunya agar kulkas kering dan tidak lembap ketika ditinggalkan. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika kulkas ditinggalkan dalam kondisi lembap, bisa mengakibatkan beberapa kerusakan yang fatal dan memerlukan biaya besar untuk perbaikan. Oleh karena itu, tunggu hingga kulkas benar-benar kering atau berada pada suhu ruangan yang normal sebelum meninggalkannya.

5. Tutup Pintu Kulkas

Langkah terakhir adalah menutup semua pintu kulkas setelah membersihkannya dan memastikan kulkas sudah kering. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah masuknya hewan atau benda berbahaya ke dalam kulkas ketika ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Baca Juga :   Cara Setting Thermostat Kulkas 1 Pintu Paling Tepat

Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama

Bagaimana cara menghidupkan kulkas setelah ditinggalkan dalam waktu yang lama?

1. Pastikan Permukaan Kulkas Kering

Setelah kulkas ditinggalkan dalam waktu yang lama, hal pertama yang perlu diperhatikan ketika menghidupkannya kembali adalah memastikan bahwa permukaan kulkas sudah benar-benar kering sebelum dicolokkan ke saklar. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya konsleting listrik akibat kelembapan pada permukaan kulkas yang masih basah.

2. Colokkan ke Saklar

Setelah memastikan bahwa permukaan kulkas sudah benar-benar kering dan aman untuk dicolokkan, langkah selanjutnya adalah mencolokkan kulkas ke sumber listrik yang stabil agar kulkas dapat bekerja dengan baik. Sebelum itu, pastikan juga untuk memeriksa kondisi kabel-kabelnya apakah masih dalam keadaan baik atau tidak.

Kabel yang rusak bisa menjadi masalah serius, terutama jika rusak akibat digigit tikus atau hewan lain. Jika kabel dalam kondisi rusak, maka kulkas juga bisa mengalami kerusakan bahkan tidak bisa digunakan kembali. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi kabel secara teratur.

3. Atur Suhu yang Diinginkan

Setelah kulkas dihidupkan, pastikan untuk mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan. Disarankan untuk tidak mengatur suhu terlalu rendah terlebih dahulu, melainkan gunakan suhu yang biasa saja. kalian dapat mengatur suhu menjadi lebih rendah setelah beberapa saat.

Artikel Terkait :

Penutup

Jika kalian memiliki kulkas yang sudah lama tidak dipakai, jangan buru-buru membuangnya. kalian masih bisa menghidupkannya kembali dengan beberapa langkah sederhana. Pertama, bersihkan kulkas dari debu dan kotoran dengan kain lembut dan cairan pembersih.

Selanjutnya, pasang kulkas ke colokan listrik dan biarkan selama beberapa jam sebelum mengisinya dengan makanan dan minuman. Jangan lupa untuk mengecek suhu kulkas, pastikan suhu sudah sesuai dengan setting yang diinginkan sebelum menyimpan makanan dan minuman di dalamnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kulkas lama kalian bisa dihidupkan kembali dan siap digunakan. Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menghidupkan Kulkas yang Lama Tidak Dipakai. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *