Berapa Tekanan Freon Kulkas

Berapa Tekanan Freon Kulkas 1 & 2 Pintu Dan Pemasanganya

Posted on

Finoo.id – Berapa Tekanan Freon Kulkas 1 & 2 Pintu Dan Pemasanganya. Apakah di dalam rumahmu terdapat kulkas? Tentu saja, perawatan yang penting harus selalu diperhatikan, seperti mengganti freon secara teratur. Hal ini bertujuan agar tekanan freon pada kulkas 1 pintu atau 2 pintu tetap terjaga sehingga performanya tetap optimal.

Mengenal Tekanan Freon R134a Pada Kulkas

Freon atau refrigeran adalah zat kimia yang berfungsi untuk menyerap panas udara dan menjadikan suhu ruangan lebih dingin. Freon biasanya berbentuk gas yang tidak berwarna dan tidak berbau, namun memiliki tekanan seperti gas pada umumnya.

Terdapat berbagai jenis freon yang digunakan, salah satunya adalah freon R134a yang digunakan pada kulkas dan AC. Freon jenis ini dianggap aman untuk digunakan pada sistem pendingin karena tidak merusak lapisan ozon. Oleh karena itu, freon jenis ini cukup banyak digunakan karena dianggap aman.

Berapa Tekanan Normal Freon R134a?

Tekanan yang dibutuhkan untuk freon R134a pada freezer adalah sebesar 10 psi. Saat melakukan pengisian freon pada kulkas, penting untuk memastikan bahwa tekanannya tepat dan tidak terlalu tinggi atau rendah. Setiap teknisi memiliki batas rendah dan batas tinggi yang digunakan saat mengisi freon.

Sebelum memulai proses pengisian freon pada kulkas, disarankan untuk memahami beberapa komponen penting pada AC. Komponen-komponen tersebut antara lain valve, kompresor, expansion, kondensor, dan fan blower. Sebelum melakukan pengisian, sebaiknya periksa aliran refrigerant pada sight glass untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Tekanan Freon R134a pada Kulkas 2 Pintu Maupun 1 Pintu

Freon R134a adalah jenis freon yang umumnya digunakan untuk mengisi kulkas. Freon ini memiliki sifat yang stabil, tidak beracun, dan tidak mudah terbakar, sehingga cocok untuk digunakan pada pengisian freon kulkas. Namun, tekanan freon R134a pada kulkas, terutama pada kulkas 2 pintu, tidak bisa digunakan sebagai pengganti Freon R12.

Baca Juga :   Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 & 2 Pintu Ternyata Mudah

Berapa Psi Untuk Pengisian Freon Kulkas 1 dan 2 Pintu?

Senyawa seperti freon sangat penting bagi kulkas untuk menghasilkan udara yang dingin. Setelah kulkas digunakan dalam jangka waktu yang lama, freon pada kulkas akan semakin berkurang sehingga kulkas tidak akan se-dingin saat pertama kali digunakan.

Pada kondisi normal, tekanan freon kulkas 1 pintu atau 2 pintu seharusnya berada pada 10 Psi. Namun, terkadang meskipun pengisian freon dilakukan dengan benar, freon tetap bocor. Salah satu tkalian bahwa freon bocor adalah tekanan freon yang berkurang setelah beberapa menit setelah diisi.

Berapa Tekanan Freon Kulkas Saat Mati

Jawaban sebenarnya tentang tekanan freon pada kulkas tergantung pada jenis dan tipe kulkas tersebut. Namun, secara umum tekanan normal freon pada kulkas adalah sebesar 10 Psi.

Namun, jika kulkas mati, maka tekanannya tidak akan sebesar itu. Jika freon pada kulkas berkurang karena usia, maka perlu dilakukan pengisian freon untuk menjaga tekanannya tetap stabil.

Cara Cek Tekanan Freon Kulkas dan Pengisiannya

Untuk mengetahui tekanan freon pada kulkas biasanya diperlukan alat khusus. Namun, kamu bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa apakah suhu kulkas saat digunakan masih normal atau tidak.

Jika suhu kulkas tidak se-dingin seperti saat awal pembelian, kemungkinan tekanan freon pada kulkas berkurang. Kamu perlu membawanya ke ahli servis untuk melakukan pengisian freon yang sesuai kebutuhan. Berikut adalah gambaran langkah-langkahnya:

  1. Pasang selang manifold gauge berwarna biru pada suction, dan selang kuning pada refrigeran.
  2. Buang angin pada selang kuning dengan membuka kran refrigeran. Jangan lupa untuk menutup kembali seperti semula.
  3. Isi refrigeran secara perlahan dengan membuka kran manifold biru sampai tekanan mencapai 2 Psi.
  4. Kemudian, tutup kembali kran biru dan nyalakan kulkas sampai mesin terasa hangat.
  5. Buka kembali tutup tabung refrigeran dan isi hingga tekanannya mencapai 10 Psi. Tutup kembali seperti semula.
  6. Tunggu sekitar 10 menit dan periksa apakah ada penurunan tekanan freon pada kulkas. Jika tekanan freon berkurang, kemungkinan terjadi kebocoran pada pipa dan perlu dilakukan servis yang lebih lanjut.
Baca Juga :   √ Kenali Ciri-ciri Freon AC Habis dan Cara Mengatasinya

Cara Memasang Freon di Kulkas

Freon pada kulkas berfungsi untuk membuat kulkas menjadi dingin, dan freon sendiri merupakan zat pendingin. Tekanan freon pada kulkas 1 pintu dapat berbeda-beda tergantung pada spesifikasi dan jenis kulkas yang digunakan. Umumnya, tekanan freon pada kulkas 1 pintu, baik itu freon atau kompresor, lebih rendah dibandingkan dengan kulkas 2 pintu.

Jika freon pada kulkas bermasalah, maka perlu dilakukan pengisian ulang. Selain itu, mengetahui tekanan kompresor kulkas juga akan membantu dalam proses pengisian ulang freon. Karena freon dan kompresor bekerja sama untuk membuat kulkas berfungsi. Berikut adalah panduan cara mengisikan freon pada kulkas yang bisa kamu ikuti.

1. Siapkan peralatan yang digunakan

Sebelum memasang freon pada kulkas, pastikan bahwa semua peralatan yang dibutuhkan telah disiapkan. Beberapa peralatan yang diperlukan antara lain freon kulkas yang sudah dibeli sesuai dengan tipe kulkas yang digunakan, serta tang, mesin vakum, filter, pentil karet, las tabung, dan peralatan tambahan lainnya yang diperlukan.

Penting untuk memastikan bahwa tekanan freon pada kulkas 1 pintu sesuai dengan tipe kulkas yang digunakan. Jika tidak berpengalaman dalam memasang freon dan tidak tahu berapa tekanan freon pada kulkas 2 pintu, disarankan untuk menggunakan jasa pengisian freon dari ahli servis yang terpercaya.

2. Proses pemasangan

Berikut ini adalah panduan langkah-langkah pemasangan freon pada kulkas:

  • Lepaskan karet pada pentil dan las pada kompresor kulkas.
  • Tuangkan metil ke dalam botol mineral atau wadah lainnya.
  • Hidupkan kompresor dan periksa apakah aliran freon berjalan dengan baik.
  • Lakukan las pada bagian pipa filter kondensor.
  • Lakukan las pada bagian pipa kapiler menuju filter.
  • Mengetahui berapa tekanan freon kulkas 1 pintu akan memudahkan proses pemasangan karena kamu tahu ukuran yang akan digunakan. Pasang selang manifold ke pentil freon.
  • Lakukan proses pengisian freon hingga selesai. Saat proses pengisian, pastikan kompresor dalam keadaan menyala.
  • Jika tekanan sudah tinggi, sekitar 30 psi, buka katup freon selama beberapa detik.
  • Setelah itu, tutup tabung dan biarkan freon keluar dari pipa kapiler yang ada di dalam kulkas.
  • Buka keran pada tabung manifold perlahan, usahakan tidak melewati angka 10.
  • Jika sudah mendekati angka 10, hawa hangat akan menyebar ke bagian bawah. Ini menkaliankan bahwa pengisian freon sudah selesai.
Baca Juga :   Biaya Ganti Freon Kulkas Dan Service Kulkas Lengkap

Kenapa Menggunakan Freon R134a?

Freon R134a merupakan jenis freon yang memiliki sifat-sifat baik, seperti tidak mudah terbakar, relatif stabil, dan tidak beracun. Meskipun demikian, tekanan freon R134a pada kulkas 2 pintu tidak bisa digunakan sebagai pengganti R12.

Untuk penggunaan freon R134a, tekanan freezer yang dibutuhkan adalah 10 psi. Namun, jika menggunakan tipe R12, kamu harus mencari freon yang memiliki karakteristik yang sama dengan R12 agar proses pengisian freon dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil yang diinginkan.

Selain itu, perhatikan nilai tekanan freon di dalam freezer lemari es kalian dan pastikan untuk tidak melakukan kesalahan saat melakukan pengisian freon. Ini adalah ikhtisar singkat tentang freon dan proses pengisian freon yang harus kamu ketahui.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas mengenai berapa tekanan freon yang dibutuhkan pada kulkas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tekanan freon yang dibutuhkan pada kulkas bergantung pada jenis kulkas dan tipe freon yang digunakan.

Namun demikian, sebagai aturan umum, tekanan freon kulkas biasanya berkisar antara 2 hingga 10 psi pada sisi suction dan 100 hingga 175 psi pada sisi discharge.

Tentunya, perlu diingat bahwa pengisian freon pada kulkas sebaiknya dilakukan oleh ahli teknisi yang terlatih dan memiliki sertifikasi resmi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam proses pengisian freon yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan pengguna.

Dengan memperhatikan tekanan freon yang tepat, maka kulkas dapat bekerja dengan optimal dan memberikan kinerja yang baik dalam menjaga makanan dan minuman tetap segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *