Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp Yang Tepat. Hampir semua merek dan tipe kulkas satu pintu, termasuk Sharp, memiliki komponen penting yang disebut overload protection. Fungsinya adalah untuk melindungi kompresor.

Karena itu, ketika overload protection mengalami kerusakan, perlu segera diganti dengan yang baru. Namun, banyak orang bingung tentang ukuran overload yang cocok untuk kulkas satu pintu.

Ukuran adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan saat mengganti komponen tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui kode ukuran overload yang sesuai dengan kulkas satu pintu kalian.

Jangan khawatir jika kalian belum mengetahui ukuran overload yang tepat, karena artikel ini akan memberitahu kalian. Penting bagi kalian untuk terus membaca artikel kami hingga akhir untuk mendapatkan informasi yang kalian perlukan.

Pengertian Relay Overload Pada Kulkas

Relay Overload adalah komponen penting yang terdapat dalam sistem kulkas. Komponen ini juga digunakan dalam AC, Freezer, dan mesin pendingin lainnya. Jika kalian sering mengalami pemadaman listrik pada MCB (Miniature Circuit Breaker) di tempat kalian, padahal pasokan listrik rumah mencukupi, kemungkinan ampere pada MCB di tempat kalian terlalu kecil dibandingkan dengan ampere peralatan elektronik di rumah kalian.

Relay overload bekerja dengan cara yang mirip dengan MCB, namun fungsinya berbeda. Pada kulkas satu pintu, kulkas dua pintu, dan mesin pendingin lainnya, relay overload berfungsi sebagai pelindung kompresor dari beban listrik yang berlebihan.

Fungsi Overload Kulkas

Overload ditempatkan secara langsung pada kompresor. Ada yang modelnya dapat dilepas dan menggunakan soket, sementara ada juga yang model tanam, di mana overload langsung ditanam pada kompresor.

Untuk model yang hanya menempel, overload dapat diganti jika mengalami kerusakan. Namun, untuk model yang ditanam, overload biasanya jarang rusak dan tidak dapat diganti.

Baca Juga :   Panduan Penggunaan Kulkas Baru Yang Paling Tepat

Jenis Overload Kulkas 1 Pintu Sharp

Overload protector berperan sebagai pengaman kompresor pada kulkas. Prinsip kerja overload ini adalah membatasi arus yang melewati lilitan kompresor, baik pada kulkas satu pintu maupun dua pintu.

Jika arus yang melewati lilitan kompresor melebihi batas kemampuan hantar arus (KHA), overload akan secara otomatis memutus arus. Hal ini mencegah kompresor dari arus berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan.

Pada kulkas satu pintu merk Sharp, terdapat dua jenis overload yang umum digunakan. Berdasarkan bentuknya, overload kulkas Sharp dapat berupa bentuk bulat atau bentuk pipih (gepeng).

Meskipun memiliki bentuk yang berbeda, fungsi keduanya tetap sama, yaitu melindungi kompresor dari arus listrik yang berlebihan. Oleh karena itu, kalian tidak perlu khawatir jika mengganti overload dengan bentuk yang berbeda.

Letak Overload Pada Kulkas Sharp 1 Pintu

Ketika ingin mengganti overload pada kulkas satu pintu Sharp, penting bagi kalian untuk mengetahui letak overload tersebut. Berdasarkan fungsinya, overload umumnya terletak di dekat kompresor untuk melindungi kompresor dari arus yang berlebihan.

Beberapa tipe kulkas Sharp satu pintu mungkin menggunakan jenis overload protector yang berbeda. Ada yang menggunakan overload eksternal yang terpasang di bagian luar kompresor, dan ada juga overload internal yang terpasang di dalam bodi kompresor.

Dalam kasus suhu kompresor yang terlalu panas, overload akan memutus arus listrik dan akan menyala kembali setelah suhu kompresor mendingin. Jika overload eksternal mengalami kerusakan, umumnya dapat diperbaiki dengan mudah.

Namun, jika overload internal mengalami kerusakan, biasanya harus diganti secara keseluruhan bersama kompresor. Untungnya, overload internal jarang mengalami kerusakan dan memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan overload eksternal.

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp

Ukuran overload bervariasi tergantung pada jenisnya. Ukuran overload yang umum digunakan pada kulkas satu pintu Sharp sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan ukuran overload pada kulkas satu pintu Polytron, yaitu sekitar 1/8 HP dengan tegangan sekitar 95W.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kulkas satu pintu Sharp juga dapat menggunakan ukuran yang berbeda. Berbeda dengan kulkas dua pintu yang umumnya menggunakan overload dengan ukuran sekitar 1/6 HP karena membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan kulkas satu pintu.

Baca Juga :   Ciri Timer Kulkas Rusak Yang Mesti Diketahui

Ketika mengganti overload, kalian perlu mempertimbangkan tidak hanya kualitasnya, tetapi juga ukurannya agar sesuai dengan kulkas kalian.

Untuk menghindari kebingungan dalam memilih ukuran overload, penting bagi kalian untuk mengetahui ukuran-ukuran overload yang biasa digunakan pada kulkas satu pintu Sharp. Berikut adalah tabel ukuran overload yang umum digunakan pada kulkas satu pintu Sharp.

Jenis OverloadUkuran Overload
Overload Bulat1/4 HP = 190W
1/5 HP = 150W
1/6 HP = 125W
1/8 HP = 95W
1/10 HP = 75W
Overload Pipih (Gepeng)1/4 HP = 190W
1/5 HP = 150W
1/6 HP = 125W
1/8 HP = 95W
1/10 HP = 75W

Demikianlah ukuran-ukuran yang umum digunakan pada kulkas Sharp satu pintu. kalian dapat menyesuaikannya dengan ukuran overload yang dibutuhkan oleh kulkas kalian yang mengalami kerusakan, dan kemudian membeli komponen yang baru melalui toko online atau offline.

Harga Overload Kulkas Sharp

Harga overload untuk kulkas Sharp satu pintu memiliki variasi yang cukup, tetapi tetap terjangkau. Harga dapat bervariasi antara satu toko dengan toko lainnya. Namun, berikut ini kami sajikan perkiraan harga rata-rata overload untuk kulkas Sharp satu pintu.

Ukuran OverloadHarga
1/3 HPRp. 14.000 – Rp. 22.000
1/4 HPRp. 15.000 – Rp 20.000
1/5 HPRp. 14.000 – Rp. 18.500
1/6 HPRp. 12.250 – Rp. 15.000
1/8 HPRp. 10.000 – Rp. 15.000
1/10 HPRp. 10.000 – Rp. 15.000

Apa yang terjadi kalau tidak memakai overload ?

Tentu saja, tanpa adanya pelindung overload, kompresor akan mudah mengalami kerusakan jika terjadi arus listrik yang tidak stabil, misalnya akibat tegangan yang tinggi. Selain itu, kompresor juga dapat terus-menerus beroperasi meskipun suhu pada kompresor telah melebihi batas normal.

Overload adalah salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan pada kulkas.

1. Overload Keropos

Hal ini disebabkan oleh paparan panas yang berulang, yang akhirnya menyebabkan overload menjadi putus. Akibatnya, arus yang masuk ke kompresor terputus oleh overload yang rusak, sehingga mengakibatkan kompresor tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga :   Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 1 & 2 Pintu

2. Overload Kotor

Platina atau bimetal yang kotor dapat disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel padanya. Hal ini menghambat aliran arus listrik menuju kompresor, sehingga menyebabkan mesin tidak menyala dan kulkas tidak dapat mendinginkan.

3. Platina Overload Tidak Berfungsi

Biasanya, penyebab overload rusak adalah karena overload tersebut telah berusia lama. Mesin tetap beroperasi meskipun suhu kompresor sangat tinggi dan tidak memperhatikan kestabilan aliran listrik yang masuk. Dengan kata lain, meskipun menggunakan overload, namun seolah-olah tidak ada pengamanan yang efektif.

Harga relay overload bervariasi tergantung pada jenis dan ukurannya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kontak kami.

Baca Juga :

Penutup

Ringkasnya, ukuran overload pada kulkas 1 pintu Sharp bisa menjadi pilihan yang ideal untuk kebutuhan dapur kalian. Dengan desain yang kompak namun tetap memiliki kapasitas yang cukup besar, kulkas ini mampu memenuhi kebutuhan penyimpanan makanan sehari-hari kalian.

Tidak hanya itu, fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh kulkas ini, seperti sistem pendingin yang efisien dan teknologi pengatur suhu yang akurat, akan menjaga makanan kalian tetap segar lebih lama. Selain itu, kulkas 1 pintu Sharp juga didesain dengan material yang tahan lama dan mudah perawatannya.

Dengan begitu, kalian dapat memiliki kulkas yang tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga memberikan nilai tambah estetika pada dapur kalian. Dapatkan pengalaman penyimpanan makanan yang optimal dengan ukuran overload kulkas 1 pintu Sharp.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi kalian dan terimakasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *