Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Sharp

Diagram Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Sharp

Posted on

Finoo.id – Diagram Cara Kerja Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Sharp. Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Skema kelistrikan hampir seluruh merek kulkas 2 pintu hampir sama, termasuk Sharp. Kulkas 2 pintu bekerja dengan cara serupa seperti kulkas 1 pintu, namun memiliki tambahan komponen seperti defrost dan heater untuk menghilangkan embun beku secara otomatis. Sebagai analogi, ketika keluar dari kolam renang, tubuh akan terasa dingin seperti halnya kulkas yang menjaga suhu dingin di dalamnya.

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Secara dasar, skema kelistrikan kulkas 2 pintu serupa dengan kulkas satu pintu. Namun, kulkas 2 pintu dilengkapi dengan komponen tambahan berupa defrost dan heater yang berfungsi untuk menghilangkan embun beku secara otomatis.

Berikut Ini Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu dan Fungsi dari tiap Komponennya

Contoh bentuk skema jalur kelistrikan kulkas 2 pintu diperlihatkan pada gambar berikut ini :

Gambar Skema kelisttrikan kulkas 2 pintu

1. Skema Kompresor Kelistrikan kulkas 2 pintu

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Kompresor pada lemari es terletak di bagian belakang dan berbentuk tabung tertutup rapat. Fungsinya sebagai pompa listrik yang berperan dalam menghisap dan mendorong gas freon atau refrigerant ke dalam pipa pendingin.

2. Skema PTC kelistrikan kulkas 2 pintu

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: PTC merupakan jenis resistor yang nilai resistansinya berubah seiring dengan perubahan suhu. Semakin panas suhu, nilai resistansi PTC akan semakin tinggi. Pada saat pertama kali lemari es dinyalakan dan kompresor mulai bekerja, PTC akan memberikan pasokan arus listrik ke kumparan bantu kompresor.

3. Skema Door Switch Freezer kelistrikan kulkas 2 pintu

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Saklar pintu freezer berfungsi untuk memasok listrik ke kipas evaporator. Jika pintu kotak freezer tidak ditutup dengan benar, saklar ini tidak akan terhubung dan listrik tidak akan terpasok. Oleh karena itu, setelah membuka kotak freezer, pastikan pintu freezer ditutup dengan benar agar pendinginan dapat berlangsung dengan tepat.

Bagian bagian kulkas 2 pintu

Penjelasan fungsi bagian bagian kulkas 2 pintu adalah sebagai berikut :

Baca Juga :   Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 2 Pintu & 1 Pintu

1. Kompresor

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Kompresor merupakan pompa listrik yang berfungsi mengalirkan gas freon atau refrigerant ke dalam pipa pendingin dengan cara menghisapnya. Biasanya, kompresor kulkas terletak di bagian belakang dan berbentuk tabung yang tertutup rapat.

Semua bagian kompresor terletak di dalam tabung dan direndam dalam minyak pendingin. Jika ingin melakukan perbaikan kompresor, kita harus membuka tabung terlebih dahulu menggunakan mesin pemotong.

2. PTC

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: PTC merupakan komponen yang memiliki nilai hambatan yang berubah sesuai dengan perubahan suhu. Semakin tinggi suhu, maka nilai hambatan PTC juga akan semakin tinggi.

Fungsi PTC di dalam kulkas adalah sebagai pengalir arus listrik ke kumparan bantu kompresor saat kompresor pertama kali menyala. Kumparan bantu diperlukan untuk membantu kumparan utama kompresor agar mampu memutar rotor saat pertama kali dihidupkan.

3. Door switch refrigerator

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Switch atau saklar berfungsi mengatur aliran arus listrik ke lampu kulkas dan kipas evaporator. Saat pintu lemari es tertutup, switch akan mengalirkan arus listrik ke kipas evaporator melalui saklar pintu freezer.

Namun jika pintu kulkas dibuka, switch akan mengalihkan aliran listrik ke lampu kulkas, sehingga lampu kulkas menyala dan kipas evaporator berhenti beroperasi. Hal ini memungkinkan penghematan energi listrik.

4. Door switch freezer

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Door switch freezer berfungsi memastikan pintu freezer box tertutup dengan rapat. Jika pintu freezer tidak tertutup dengan baik, maka switch tidak akan aktif dan aliran listrik tidak dapat menuju ke kipas evaporator.

Oleh karena itu, setelah membuka freezer box, pastikan pintu freezer tertutup dengan baik agar pendinginan dapat berlangsung dengan baik.

5. Overload protektor

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Komponen ini dikenal sebagai thermal overload protektor, yang bertugas melindungi kompresor dari panas berlebih. Jika kompresor menghasilkan panas berlebihan, maka protektor overload akan aktif dan memutuskan arus listrik ke kompresor. Dengan begitu, kerusakan kompresor akibat panas berlebih dapat dihindari.

Kompresor yang mengalami panas atau overheating umumnya disebabkan oleh kekurangan minyak pendingin atau minyak yang sudah habis. Terkadang, hal ini juga bisa disebabkan oleh beban kulkas yang berlebihan, sehingga proses pendinginan memakan waktu yang lebih lama.

6. Thermo fuse

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Thermo fuse berfungsi mencegah heater agar tidak menghasilkan panas berlebih. Fungsi ini sebagai pengaman jika termostat mengalami kerusakan dan menyebabkan arus listrik mengalir ke heater secara terus-menerus. Tanpa thermo fuse, panas berlebih dari heater dapat merusak komponen lain.

Baca Juga :   Biaya Listrik Kulkas per Bulan, Serta Cara Hitungannya

Batas maksimum thermo fuse biasanya sekitar 72°C. Jika suhu heater melebihi batas maksimum, fuse akan terputus sehingga arus listrik ke heater akan terhenti.

7. Kipas evaporator

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Kipas evaporator terletak di dekat evaporator di dalam kulkas. Fungsi kipas atau blower ini adalah untuk mengalirkan udara dingin dari evaporator ke dalam ruang di dalam kulkas, khususnya pada bagian freezer box.

Kipas evaporator hanya terdapat pada kulkas yang menggunakan sistem defrost untuk menghilangkan bunga es di dalam freezer. Daya kipas atau fan evaporator ini cukup kecil, sekitar 12 watt dengan arus maksimum 0,7A.

8. Lampu

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Lampu kulkas berfungsi menerangi bagian dalam kulkas ketika pintu dibuka. Nyala lampu kulkas dikontrol oleh door switch yang dipasang pada salah satu bagian pintu kulkas. Door switch akan memutus dan menghubungkan arus listrik ke lampu saat pintu kulkas dibuka atau ditutup.

9. Heater

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Heater atau elemen pemanas berguna memanaskan suhu freezer dan mencegah munculnya bunga es. Biasanya, kulkas 2 pintu dilengkapi dengan dua buah heater untuk sistem defrost dan pemanasan.

Komponen heater hanya terdapat pada jenis kulkas 2 pintu, sementara pada kulkas 1 pintu tidak terdapat heater untuk menghilangkan bunga es. Cara menghilangkan bunga es pada kulkas 1 pintu dilakukan secara manual dengan mematikan kulkas selama beberapa saat hingga bunga es mencair.

10. Thermo defrost

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Thermo defrost berfungsi mengaktifkan heater setiap 7 jam untuk mencegah pembentukan bunga es yang dapat menutupi evaporator. Ketika suhu freezer mencapai 13°C, sensor thermo defrost akan menghubungkan heater ke arus listrik dari timer defrost.

11. Timer defrost

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Timer defrost berfungsi mengatur kerja kompresor dan heater dengan memindahkan arus listrik antara keduanya. Sensor termostat mengendalikan perpindahan arus listrik oleh timer defrost dengan mendeteksi suhu di dalam kulkas.

Saat suhu kulkas mencapai tingkat dingin yang telah diatur, termostat akan memerintahkan timer defrost untuk memindahkan arus listrik dari kompresor ke sistem heater atau defrost.

12. Thermostat

Kalimat tersebut dapat diubah menjadi: Thermostat adalah sensor suhu yang berfungsi mendeteksi suhu di dalam kulkas. Komponen utama di dalam thermostat adalah logam bimetal yang berubah bentuk dengan mudah akibat perubahan suhu.

Thermostat terhubung langsung dengan timer defrost untuk mengendalikan kerja kompresor dan sistem heater atau defrost.

Cara kerja kulkas 2 pintu

Secara umum, prinsip kerja kulkas 2 pintu dapat dijelaskan sebagai berikut:

Baca Juga :   Cara Menghidupkan Kulkas Setelah Dibersihkan Yang Tepat

Proses pendinginan

Berikut penjelasannya:

  1. Ketika kulkas 2 pintu pertama kali dinyalakan, suhu di dalam kulkas masih hangat atau belum dingin. Sensor termostat akan memerintahkan timer defrost untuk menghubungkan arus listrik ke kompresor.
  2. Kompresor akan menyala dan menghisap gas freon di dalam evaporator untuk kemudian menghembuskannya dengan tekanan yang tinggi ke kondenser melalui filter.
  3. Proses kondensasi di dalam jaringan kondenser menyebabkan gas freon yang tadinya berbentuk gas berubah menjadi cair dengan suhu yang jauh lebih rendah.
  4. Cairan freon yang dingin selanjutnya akan dialirkan ke jaringan pipa evaporator. Pipa evaporator akan menghembuskan suhu dingin dari evaporator ke dalam ruangan kulkas, sehingga suhu di dalam kulkas semakin lama semakin dingin. Tingkat suhu di dalam kulkas dapat diatur melalui knob yang terdapat pada timer.
  5. Zat freon akan terus bersirkulasi di dalam sistem pendingin kulkas.

Proses defrost

Berikut penjelasannya:

  1. Ketika suhu di dalam kulkas telah mencapai tingkat dingin tertentu, thermostat kulkas akan memutuskan aliran listrik ke kompresor sehingga sirkulasi gas freon terhenti. Suhu di dalam kulkas akan tetap terjaga sesuai yang diinginkan karena mekanisme kerja kompresor diatur oleh thermostat ini.
  2. Sistem defrost pada kulkas 2 pintu dikendalikan oleh timer defrost yang pada dasarnya adalah sebuah relai. Tiap 7 atau 8 jam sekali relai di dalam timer defrost akan menghubungkan arus listrik ke heater atau pemanas selama beberapa saat. Akibat adanya pemanasan secara otomatis ini, pembentukan bunga es di dalam freezer box dapat dicegah.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas diagram cara kerja kelistrikan kulkas 2 pintu Sharp. Kelistrikan kulkas adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga kinerja kulkas agar tetap optimal.

Dari diagram tersebut, kita dapat memahami bagaimana aliran listrik berjalan dari komponen satu ke komponen lainnya. Dengan memahami diagram tersebut, kita juga dapat lebih mudah dalam melakukan perbaikan jika terjadi masalah pada kelistrikan kulkas.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan dan memahami diagram cara kerja kelistrikan kulkas 2 pintu Sharp. Dengan begitu, kita dapat menjaga kinerja kulkas agar tetap optimal dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *