Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu

Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu dan Lama Kerjanya

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu dan Lama Kerjanya. Tidak semua kulkas di zaman modern saat ini dilengkapi dengan fitur pengatur waktu. Timer pada kulkas berfungsi untuk mengendalikan kapan kulkas mulai mendinginkan makanan dan minuman. Kita dapat mengaturnya sesuai keinginan kita kapan saja. Namun, banyak orang belum tahu cara mengatur timer pada kulkas.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengatur timer kulkas 2 pintu, berapa lama proses timer beroperasi pada kulkas, cara memeriksa timer kulkas 2 pintu, serta tkalian-tkalian timer yang sudah rusak.

Penjelasan Timer Kulkas

Timer kulkas adalah perangkat yang digunakan untuk mengendalikan kapan mesin kompresor akan bekerja dan kapan mesin kompresor akan berhenti atau berada dalam mode siaga. Fungsi timer kulkas adalah mengatur waktu secara otomatis untuk kapan kompresor, fuse panas, dan fuse dingin akan beroperasi, serta mengatur kapan semua perangkat bekerja secara bergiliran.

Untuk mengatur timer kulkas 2 pintu, kalian harus memahami cara kerjanya terlebih dahulu. Ketika kulkas pertama kali dihubungkan ke sumber listrik, timer akan mengatur aliran listrik ke mesin kompresor sehingga bekerja untuk mendinginkan ruang dalam kulkas.

Fungsi timer kulkas

Fungsi timer kulkas adalah untuk mengendalikan pemberian arus listrik pada kompresor dan sistem defrost. Berkat timer ini, kompresor dan pemanas atau sistem defrost tidak akan beroperasi secara bersamaan, sehingga proses pencairan es menjadi lebih cepat.

Pada dasarnya, timer kulkas adalah saklar atau switch yang dikelola oleh relay solenoid. Sistem pneumatik pada timer akan mengatur durasi waktu pemanas beroperasi.

Baca Juga :   Cara Mengatur Suhu Kulkas Sharp Yang Paling Tepat

Setiap 6 atau 8 jam sekali, timer akan mengalihkan arus listrik dari kompresor ke sistem defrost. Akibatnya, kompresor akan berhenti bekerja, sementara sistem defrost mulai beroperasi.

Cara kerja timer kulkas

Tidak hanya timer, sistem defrost pada kulkas 2 pintu juga didukung oleh sensor defrost yang berfungsi untuk mendeteksi suhu di wilayah evaporator. Ketika suhu di evaporator sangat dingin, bimetal di dalam sensor defrost akan menghubungkan kedua pelat terminal, sehingga arus listrik dapat mengalir dari timer ke pemanas atau heater.

Berikut ini adalah cara kerja timer kulkas 2 pintu secara lebih lengkap:

  1. Pada posisi normal, relay di dalam timer akan menghubungkan arus listrik ke kompresor.
  2. Kompresor akan bekerja untuk mendinginkan kulkas.
  3. Setiap 6 atau 8 jam sekali, sistem pneumatik pada timer akan memindahkan saklar dari kompresor ke sistem defrost.
  4. Arus listrik akan mengalir ke pemanas atau heater melalui sensor defrost.
  5. Saat sensor defrost dalam keadaan tertutup (close) karena suhu sangat dingin, maka arus listrik dapat mengalir ke heater.
  6. Sistem pemanas pun bekerja untuk mencairkan es yang terbentuk di area evaporator.
  7. Proses pencairan es akan berhenti ketika timer kulkas memutus aliran arus listrik ke sistem defrost atau ketika sensor defrost terbuka (open) karena suhu tidak lagi dingin.

Demikianlah, timer akan terus mengendalikan kapan sistem defrost bekerja.

Setiap kulkas memiliki waktu defrost yang berbeda-beda saat mulai beroperasi, namun pada umumnya berkisar antara setiap 6 hingga 9 jam sekali.

Berapa Lamakah Timer Kulkas Bekerja?

Timer kulkas dapat diatur sesuai dengan pengaturan yang kita inginkan, kita bisa mengatur durasi timer sesuai kebutuhan kita. Kemampuan pengaturan timer berbeda-beda pada tiap tipe kulkas. Jenis timer kulkas dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Timer 1-3
  • Timer 1-4

Kedua jenis timer ini memiliki kesamaan, sementara perbedaannya hanya terletak pada sumber listrik utamanya.

Baca Juga :   Cara Cek Heater Kulkas Polytron Multitester Paling Mudah

Sedangkan untuk rentang waktu yang tersedia pada pengaturan timer adalah 6 jam, 8 jam, 10 jam hingga 12 jam.

Berapa Lama Proses Defrost Kulkas 2 Pintu?

Proses defrost merupakan proses pemanasan yang biasanya digunakan untuk mempercepat pencairan es. Untuk kulkas 2 pintu, proses defrost biasanya memerlukan waktu yang cukup lama hingga seluruh gumpalan es di dalam kulkas mencair. Lamanya waktu untuk melakukan proses defrost berkisar sekitar 20 menit, di mana setiap tipe kulkas memiliki durasi defrost yang berbeda-beda satu sama lain.

Ciri Timer Kulkas Rusak

Timer kulkas juga bisa mengalami kerusakan, berikut adalah ciri-ciri yang menkaliankan timer kulkas rusak:

1. Kulkas tidak bisa hidup

Kulkas yang tidak menyala dapat menjadi tkalian kerusakan pada timer. Hal ini disebabkan karena timer kulkas terhubung langsung ke sumber arus listrik, sehingga apabila timer mengalami masalah, kulkas juga tidak akan menyala karena aliran listrik yang digunakan untuk kulkas tidak akan aktif.

2. Kulkas tidak dingin

Keadaan dimana kulkas tidak dingin dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kerusakan pada timer kulkas. Jika terjadi kerusakan pada timer kulkas, tidak hanya kulkas yang mati, namun komponen yang ada di dalam timer juga tidak akan berfungsi dengan normal sehingga kulkas tidak bisa dingin dengan baik.

3. Kompresor terus menyala

Tkalian lain dari kerusakan pada timer kulkas adalah kompresor yang terus menyala. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah pada kulkas karena seharusnya timer yang berfungsi dengan normal dapat memberikan waktu istirahat bagi kompresor agar tidak bekerja terus-menerus. Oleh karena itu, jika terjadi kerusakan pada timer kulkas dan kompresor terus menyala, dapat mengakibatkan kerusakan pada kulkas secara keseluruhan.

Cara Mengecek Timer Kulkas 2 Pintu

Untuk memeriksa kondisi timer pada kulkas 2 pintu, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan. Pertama, keluarkan timer dari tempatnya. Selanjutnya, perhatikan apakah kompresor dalam keadaan mati atau hidup. Jika kondisi kompresor hidup, maka gunakan obeng untuk dimasukkan ke dalam lubang kecil pada timer. Putar timer berlawanan arah jarum jam hingga terdengar bunyi klik. Kemudian, perhatikan kondisi kulkas dalam keadaan standby atau defrost. Jika kulkas dalam keadaan hidup, maka artinya timer kulkas masih berfungsi dengan baik dan normal.

Baca Juga :   Ciri Timer Kulkas Rusak Yang Mesti Diketahui

Apakah Kulkas 2 Pintu Memiliki Timer yang Otomatis?

Tidak semua kulkas 2 pintu dilengkapi dengan timer otomatis, meskipun sebagian besar kulkas dengan 2 pintu memiliki timer yang dapat digunakan untuk mengatur suhu menjadi lebih tinggi atau lebih rendah secara otomatis.

Cara Setting Timer Kulkas 2 Pintu

  1. Berikut adalah cara untuk mengatur timer pada kulkas 2 pintu:
  2. Tentukan durasi waktu yang diinginkan untuk mengatur timer.
  3. Putar pengatur timer searah jarum jam sesuai dengan durasi waktu yang diinginkan.
  4. Timer kini sudah diatur dengan baik dan berfungsi secara maksimal.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara setting timer kulkas 2 pintu dan lama kerjanya.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan kulkas kalian dapat bekerja secara optimal sesuai dengan kebutuhan.

Penting untuk diingat bahwa lama kerja kulkas dapat bervariasi tergantung pada merek dan modelnya.

Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan yang disertakan dalam kulkas kalian untuk mengetahui lama kerja yang direkomendasikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *