Penyebab & Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Macet

Penyebab & Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Macet

Posted on

Finoo.id – Penyebab & Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Macet. Berbagai faktor dapat menyebabkan kegagalan kompresor kulkas dalam memulai, mulai dari masalah yang sederhana hingga yang serius. Namun, tidak perlu khawatir, teknisi pasti dapat memperbaiki kerusakan kulkas apa pun penyebabnya.

Oleh karena itu, penting bagi para teknisi untuk memahami cara mengatasi masalah kompresor kulkas yang macet gagal start dan memperbaiki kompresor kulkas yang macet tanpa membongkar.

Selain itu, pemilik kulkas juga sebaiknya belajar cara mengatasi kompresor kulkas yang macet gagal start. Kulkas adalah barang yang umum dan sudah menjadi kebutuhan rumah tangga yang praktis. Hampir semua rumah memilikinya karena kulkas memiliki banyak manfaat.

Kulkas digunakan baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Komponen elektronik utama dalam kulkas adalah kompresor dan kondensor.

Kompresor adalah jantung dari kulkas dan berperan penting dalam memastikan kinerja kulkas optimal. Kompresor mulai bekerja dengan menarik cairan refrigeran dan mengubahnya menjadi gas.
Gas refrigeran tersebut kemudian dinaikkan tekanannya dengan cara menekannya sehingga gas tersebut dapat disalurkan ke seluruh bagian kulkas, mendinginkan lemari pendingin.

Mengenal Tentang Kompresor Kulkas

Kompresor merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada produk elektronik, terutama pada kulkas. Kompresor dapat diibaratkan sama pentingnya dengan organ jantung pada manusia. Fungsinya adalah untuk menunjang sistem kerja unit kulkas agar dapat berjalan secara optimal.

Kompresor berperan dalam memompa refrigerant atau freon ke seluruh sistem kulkas. Dalam singkatnya, cara kerja kompresor kulkas adalah dengan memompa gas freon bertekanan tinggi pada sisi tekanan tinggi dan menghisap gas freon bertekanan rendah pada sisi intake.

Kompresor kulkas umumnya berbentuk seperti tangki yang terbuat dari bahan logam atau besi dengan warna hitam. Ukurannya kecil dengan permukaan kerah yang rata. Casing kompresor tertutup dengan tabung yang mengarah ke sisi kulkas yang terletak di bagian belakang.

Baca Juga :   Berapa Psi Tekanan Kompresor Kulkas 1 & 2 Pintu

Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Macet Tanpa Bongkar

1. Periksa kabel listrik

Kompresor adalah komponen penting pada kulkas yang berfungsi untuk mengompres zat pendingin. Salah satu masalah yang sering terjadi pada komponen ini adalah macet atau gagal start. Cara yang mudah untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa kabel listriknya.

Jika terdapat kabel yang aus, kabel tersebut mungkin tidak dapat mengalirkan daya listrik dengan baik ke kompresor. Hal ini dapat menjadi penyebab sepele mengapa kompresor kulkas tidak dapat menyala atau gagal start.

Untuk mengatasi masalah kompresor kulkas yang macet gagal start dengan mudah, kalian hanya perlu memeriksa kabel dayanya dan menggantinya jika diperlukan. Namun, pastikan untuk mencabut kabel dari stop kontak terlebih dahulu agar lebih aman.

2. Menyetel thermostat dengan benar

Thermostat merupakan komponen penting lainnya pada kulkas yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke kompresor. Komponen ini bekerja berdasarkan suhu yang ada di dalam kulkas, dan menentukan kapan sinyal harus dikirim untuk menyalakan kompresor.

Thermostat dapat digunakan untuk mengecek apakah kompresor bermasalah atau tidak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengatur termostat ke penyetelan suhu yang lebih rendah, lalu amati apakah kompresor kulkas berfungsi atau tidak.

Cara mengatasi kompresor kulkas yang macet tanpa membongkar tentu sangat sederhana. Jika kompresor dapat menyala dan tidak mati, maka berarti komponen ini tidak mengalami masalah.

3. Membersihkan motor dan kompresor

Debu dapat menumpuk pada gulungan kondensor yang mempengaruhi kinerja kompresor pada kulkas. Jika gulungan kondensor kulkas kotor, maka kinerja kompresor akan terhambat dan menyebabkan gagal start.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup membersihkan kotoran debu yang menumpuk pada gulungan kondensor kulkas. kalian dapat menggunakan penyedot debu untuk membersihkan kotoran tersebut. Selain itu, geser kulkas agar lebih mudah membersihkan komponen yang kotor ini.

Penyebab gagal start pada kompresor kulkas dapat disebabkan oleh adanya kotoran dan debu pada kondensor. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas sirkulasi udara di sekitar kulkas agar debu tidak terlalu cepat menumpuk pada komponen ini.

4. Mencairkan es di kulkas

Jika freezer menyala terlalu lama, maka kompartemen kulkas mungkin akan memiliki es yang terlalu tebal. Penumpukan es ini dapat mempengaruhi kinerja kulkas. Oleh karena itu, cara mengatasinya adalah dengan mencairkan seluruh es yang ada.

Baca Juga :   Penyebab Kabel Bawah Freezer Kulkas Lepas dan Tidak Beku

5. Memberikan daya yang lebih tinggi pada kompresor

Salah satu cara lain untuk mengatasi kompresor yang bermasalah dan gagal start adalah dengan memberikan tegangan listrik yang lebih besar dari spesifikasi kompresor. Tegangan yang lebih besar dapat diberikan hanya selama beberapa detik saja untuk memancing kompresor agar bekerja.

Cara ini efektif dalam mengatasi kompresor yang mati, namun jangan terlalu lama memberikan tegangan tinggi karena dapat merusak bagian kumparan motor. Jika setelah menggunakan cara ini, kompresor tetap macet, maka perlu melakukan penggantian kompresor yang baru.

6. Menambah kapasitor

Salah satu cara untuk memancing kompresor kulkas yang macet agar dapat start adalah dengan memasang tambahan kapasitor. Cara ini dilakukan dengan mengalirkan daya listrik ke kapasitor untuk memancing kompresor yang bermasalah. Penggunaan cara ini dapat dilakukan hingga 4 kali untuk mengatasi kompresor yang bermasalah.

Jika cara tersebut tidak berhasil, maka solusinya adalah dengan mengganti kompresor yang baru. Saat menambahkan kapasitor, sebaiknya dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama, dan segera kembalikan ke rangkaian listrik seperti semula.

7. Menambah torsi pada motor

Jika kompresor kulkas mengalami macet dan tidak mau menyala, maka bisa diatasi dengan memberikan torsi lebih pada motor. Caranya dengan memasang kapasitor 100 mikrofarad pada bagian tengah antara pin C dan pin S. Lakukan hanya dalam beberapa detik agar kompresor dapat menyala.

Jika cara tersebut tidak berhasil, kemungkinan besar kompresor kulkas memang rusak dan perlu diganti. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak memberikan torsi yang terlalu besar agar tidak merusak motor.

Cara Merawat Kulkas agar Tidak Mudah Rusak

Berikut adalah beberapa tips agar kulkas di rumah dapat awet dan tidak mudah rusak:

1. Isi kulkas secukupnya

Jika kulkas diisi terlalu penuh atau melebihi kapasitasnya, hal ini dapat menyebabkan beban yang terlalu berat dan rentan terkontaminasi. Rak kulkas juga dapat patah jika terus menahan beban yang berlebihan. Selain itu, makanan dan minuman juga akan susah dingin karena isi kulkas yang padat. Oleh karena itu, perlu dihindari untuk mengisi kulkas terlalu penuh.

2. Hindari memasukkan benda panas ke dalam kulkas

Memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas dapat mengganggu suhu di dalamnya. Sebaiknya tunggu hingga makanan atau minuman dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat

Menutup pintu kulkas dengan rapat sangat penting untuk menjaga suhu dingin di dalam kulkas agar tetap terjaga dan menghindari kotoran dari luar yang masuk ke dalam kulkas.

Baca Juga :   Skema Kelistrikan Kulkas 2 Pintu Polytron Mudah Dimengerti

4. Bersihkan kulkas, freezer, dan kondensor

Merawat kebersihan kulkas secara rutin sangat penting. Untuk bagian dalamnya, bersihkan menggunakan air yang dicampur sabun antiseptik untuk menghilangkan noda dan bau yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk membersihkan area freezer, terutama jika ada es yang sudah mengeras. Selain itu, pastikan untuk membersihkan kondensor kulkas dari debu dan kotoran agar proses pembuangan panas dapat berjalan dengan lancar.

Artikel Terkait :

Penutup

Ketika kompresor kulkas macet, tentu saja ini bisa menyebabkan masalah besar dalam menjaga makanan dan minuman tetap segar dan terjaga suhunya. Penyebab kompresor kulkas macet bisa bermacam-macam, mulai dari filter yang kotor hingga masalah pada komponen elektronik. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Pertama, pastikan untuk mematikan kulkas dan mencabut kabel listriknya sebelum melakukan perbaikan. Kemudian, cek filter kulkas dan pastikan untuk membersihkannya secara berkala agar tidak terlalu kotor dan mengganggu kinerja kompresor. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan bagian belakang kulkas dari debu dan kotoran agar suhu di dalam kulkas dapat terjaga.

Jika setelah membersihkan filter dan bagian belakang kulkas tetap tidak ada perubahan, maka kemungkinan ada masalah pada komponen elektronik seperti relay atau kapasitor. Jangan mencoba memperbaiki sendiri jika kalian tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup. Sebaiknya, panggil teknisi yang ahli dalam bidang perbaikan kulkas untuk memeriksa dan memperbaiki komponen tersebut.

Dengan melakukan perawatan yang baik dan memperbaiki masalah dengan tepat, kalian dapat mencegah kompresor kulkas macet dan menjaga makanan dan minuman tetap terjaga kualitasnya. Jangan lupa untuk rutin memeriksa kulkas dan melakukan perawatan agar kulkas dapat bekerja secara optimal.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab & Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Macet Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *