Skema Kulkas Inverter

Skema Kulkas Inverter dan Cara Merubah Ke Manual

Posted on

Finoo.id – Skema Kulkas Inverter dan Cara Merubah Ke Manual. Setiap peranti elektronik seperti televisi, komputer, radio, dan bahkan lemari es memiliki rangkaian listrik inverter. Tujuan dari rangkaian ini adalah untuk memahami cara aliran listrik mengikuti jalur yang tersedia menuju komponen-komponen di dalamnya. Dengan demikian, komponen-komponen yang memerlukan tenaga listrik dapat beroperasi dengan baik.

Rangkaian listrik pada lemari es relatif lebih sederhana dibandingkan dengan perangkat lain yang memerlukan tenaga listrik. Lemari es satu pintu dan dua pintu memiliki rangkaian yang sama, namun pada lemari es dua pintu terdapat komponen tambahan seperti defrost dan pemanas.

Apa Itu Kulkas Inverter ?

Kulkas inverter merupakan tipe kulkas yang memanfaatkan teknologi inverter pada kompresornya. Teknologi inverter ini membuat kompresor kulkas dapat beroperasi secara fleksibel, menyesuaikan beban kerja yang dibutuhkan untuk mempertahankan suhu di dalam kulkas tetap stabil.

Pada kulkas inverter, modul inverter ditempatkan pada sistem pendinginan kulkas guna mengatur operasional kompresor. Berkat keberadaan modul inverter ini, daya listrik yang diperlukan oleh kompresor bisa disesuaikan dengan suhu di dalam kulkas.

Singkatnya, kulkas inverter mampu mengatur daya listrik yang diperlukan sesuai kebutuhan, sehingga lebih efisien dalam konsumsi energi dan lebih hemat dalam penggunaan listrik.

Cara Kerja Kulkas Inverter

Prinsip kerja kulkas inverter serupa dengan sistem akselerasi kecepatan pada mobil. Sistem akselerasi mobil akan menambah kecepatan sesuai kebutuhan, lalu menurunkannya kembali bila kecepatan yang lebih rendah sudah cukup.

Demikian juga dengan kulkas inverter, kecepatan putaran kompresor dikendalikan oleh sensor suhu dan modul sistem inverter. Ketika terjadi perubahan suhu di dalam kulkas, sensor suhu akan mengirim sinyal ke sistem inverter untuk mengaktifkan kompresor dengan kecepatan yang tepat agar suhu kulkas kembali ke kondisi awal.

Baca Juga :   Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Polytron Terbaru

Kemudian, sistem akan mengurangi kecepatan putaran kompresor saat suhu kulkas telah mencapai suhu yang ditetapkan. Kompresor kulkas akan terus berputar, tetapi dengan daya yang sangat minim untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap konstan.

Dengan metode ini, kulkas inverter dapat bekerja lebih efisien dan hemat energi, sebab hanya menggunakan daya sesuai kebutuhan pendinginan di dalam kulkas.

Skema Kompresor Kulkas Inverter

Kulkas merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang sangat sering digunakan karena fitur-fitur menarik yang dimilikinya. Selain mampu membuat es, kulkas juga berfungsi untuk menjaga agar makanan tetap segar dan awet.

Akan tetapi, kulkas juga menjadi perabotan yang banyak mengonsumsi energi listrik karena beroperasi selama 24 jam nonstop. Oleh sebab itu, inovasi kulkas inverter hadir.

Tipe kulkas atau teknologi ini memungkinkan kompresor beroperasi secara fluktuatif dan menyesuaikan beban muatan yang ada di dalamnya. Tegangan pada kompresor kulkas inverter lebih rendah dibandingkan dengan kulkas non-inverter, yakni berkisar antara 95 volt hingga 220 volt. Berikut ini adalah skema kompresor kulkas inverter:

Dengan pengaturan tegangan yang lebih fleksibel, kulkas inverter mampu mengurangi konsumsi energi listrik dan beroperasi lebih efisien.

Hal ini menjadikan kulkas inverter sebagai pilihan yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan untuk kebutuhan pendinginan di rumah.

Praktekan Cara Merubah Kulkas Inverter ke Manual

Jika kulkas yang kalian beli sudah dilengkapi dengan inverter, tetapi kalian tidak ingin menggunakannya, maka kalian perlu mengubah inverter menjadi skema manual. Sebelum mengubah skema menjadi manual, kalian memerlukan komponen pengganti berikut:

  • Kompresor standar, gunakan kompresor non-inverter atau yang memang menggunakan arus AC.
  • Timer kulkas, karena inverter diganti maka timer standar harus dipasang untuk menggantikan yang sebelumnya.
  • Kipas evaporator AC, jika kipas menggunakan arus DC maka perlu diganti menjadi kipas arus AC.
  • Defrost, perlu diganti juga agar arus dapat berjalan dengan serasi, maka diubah juga dengan yang standar.
Baca Juga :   Pengertian Inverter, Fungsi dan Prinsip Kerjanya

Setelah menyiapkan komponen pengganti yang diperlukan untuk melepas inverter, berikut ini adalah cara untuk mengubah kulkas inverter menjadi manual:

1. Ganti kipas

Untuk mengganti kipas, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah membuka penutup evaporator, lalu mengganti kipas dengan jenis yang menggunakan arus AC. Pastikan angin keluar dengan kuat setelah penggantian kipas dilakukan.

2. Ganti sambungan

Karena komponen thermistor tidak digunakan, maka sambungan ini dipasang ke defrost.

3. Siapkan timer

Karena inverter akan dibuang, maka timer dipasang untuk jalur ke heater.

4. Pasang kompresor standar

Setelah semua jalur terpasang, kalian juga harus memasang kompresor dengan tipe stkalianr. Biasanya terdapat banyak panduan cara untuk menguji kompresor kulkas inverter tanpa modul yang tersedia secara online dan dapat dipelajari.

5. Pastikan tegangan

Pastikan skala timer menunjukkan 200 Ampere.

Jika rangkaian sudah sesuai, coba matikan kulkas terlebih dahulu. Kemudian, sambungkan kabel ke kipas di ruang freezer, lalu nyalakan kulkas kembali. Jangan lupa untuk melakukan pengisian gas freon pada kulkas.

Tegangan Kompresor Kulkas Inverter

Ketika menggunakan kulkas dengan skema inverter, biasanya memerlukan tegangan yang tinggi sehingga konsumsi listrik kompresor kulkas inverter menjadi tinggi. Bahkan, ketika mengalami kerusakan, biaya penggantian komponennya relatif lebih mahal. Oleh karena itu, banyak yang memilih untuk menggunakan kulkas dengan skema manual.

Bagi kalian yang ingin mengubah kulkas inverter menjadi skema manual, perlu memperhatikan langkah-langkah cara mengubahnya yang dapat ditemukan secara online.

Setelah proses pengubahan selesai, penting untuk memastikan kualitas freon di dalam kulkas agar kulkas dapat berfungsi dengan baik dan memberikan suhu dingin di dalamnya. Terkadang kita lupa untuk memeriksa kondisi freon pada kulkas.

Perbedaan Inverter dan Non Inverter

Beberapa perbedaan antara kompresor kulkas inverter dan non-inverter yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Cara kerja kompresor pada kulkas non-inverter adalah dengan kecepatan perputaran yang konstan atau tetap, berkisar antara 1.100 hingga 3.600 rpm. Perputaran ini mengikuti pola hidup dan mati. Sementara pada teknologi inverter, kompresornya tidak bekerja secara maksimal dan tidak memiliki pola hidup dan mati. Perputarannya disesuaikan dengan kebutuhan agar suhu kulkas tetap stabil.
  2. Kulkas inverter lebih hemat daya listrik hingga 46% dibandingkan kulkas non-inverter.
  3. Suhu kulkas inverter lebih stabil dan konstan, sehingga bahan makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya tidak mudah rusak. Sedangkan suhu kulkas non-inverter tidak stabil dan cenderung boros listrik. Bahan makanan juga lebih cepat basi atau rusak.
  4. Harga kulkas inverter lebih mahal dibandingkan kulkas non-inverter.
  5. Suara kulkas inverter lebih senyap bahkan cenderung tidak terdengar dibandingkan kulkas non-inverter yang cukup bising.
  6. Biaya perawatan kulkas inverter lebih mahal dibandingkan kulkas non-inverter.
  7. Desain atau bentuk kulkas inverter lebih modern dan minimalis, sedangkan kulkas non-inverter terkesan kaku dan klasik.
Baca Juga :   Skema Inverter DC To AC Lengkap Dengan Penjelasanya

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam dunia teknologi kulkas, skema inverter telah menjadi solusi yang semakin populer untuk menghemat energi. Kulkas inverter menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan kulkas konvensional, sehingga mampu menghasilkan suhu yang lebih stabil dan hemat listrik.

Dengan memilih skema kulkas inverter, kita tidak hanya memberikan manfaat bagi diri sendiri, tetapi juga membantu menjaga lingkungan hidup dengan mengurangi emisi karbon dan penggunaan energi fosil yang berlebihan. Mari kita bergabung untuk mewujudkan dunia yang lebih baik dengan teknologi yang ramah lingkungan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Skema Kulkas Inverter dan Cara Merubah Ke Manual. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *