Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

Posted on

Finoo.id – Penyebab Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin. Masalah yang sering terjadi pada kulkas dua pintu adalah ketidakmampuan untuk mendinginkan bagian tertentu, sehingga menyebabkan produk yang disimpan menjadi cepat rusak. Kulkas LG 2 pintu juga mengalami hal serupa, di mana bagian bawah tidak dingin.

Namun, masalah ini masih bisa diperbaiki dengan mengetahui penyebab utamanya. Apabila kulkas kalian mengalami masalah yang sama, simak informasi lengkapnya berikut ini agar dapat memperbaiki kulkas kalian dan kembali dapat digunakan untuk mendinginkan makanan.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin Bagian Bawah

Tidak hanya kulkas LG inverter 2 pintu, hampir semua produk sejenis dari merek yang berbeda pernah mengalami masalah tidak dingin pada bagian bawah. Hal ini dapat terjadi terutama jika pemilik tidak merawatnya dengan baik. Apakah kalian penasaran?

1. Karet Pintu Tidak Erat

Penyebab dari ketidakmampuan kulkas 2 pintu bagian bawah untuk mendinginkan bisa disebabkan oleh karet pintu kulkas yang sudah longgar. Karet ini memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk menjaga suhu dingin di dalam kulkas tidak bocor atau keluar dari kulkas.

Jika karet ini sudah longgar, suhu udara dingin di dalam kulkas akan terbuang keluar dan menyebabkan kulkas menjadi kurang atau bahkan tidak dingin sama sekali. Karet pintu kulkas bisa rusak atau longgar karena beberapa faktor, tetapi yang paling sering terjadi adalah karena penggunaan kulkas yang sudah terlalu lama.

Biasanya, karet tersebut sudah tidak melekat dengan sempurna pada body kulkas, sobek, atau terkena jamur karena kurangnya perhatian pada kebersihan kulkas.

Baca Juga :   √ Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Hemat Listrik Paling Lengkap

2. Sirkulasi Udara di Bagian Bawah Ditutupi Spon

Sebagaimana kita tahu, bagian bawah kulkas yang dapat mendingin sebenarnya terjadi karena adanya sirkulasi suhu dingin yang berasal dari bagian atas kulkas (freezer). Oleh karena itu, pusat pendinginan berada di bagian atas kulkas.

Kita dapat mengatur seberapa besar angin yang keluar dari bagian bawah kulkas dengan menggunakan pengaturan suhu yang telah disebutkan pada poin sebelumnya. Konsep pengaturan ini biasanya hanya menggunakan spon yang dapat dibuka dan ditutup.

Jika kita memutar knob ke arah jarum jam (kanan), maka sirkulasi angin akan terbuka lebih lebar, dan sebaliknya, jika kita memutar ke arah sebaliknya, maka sirkulasi angin akan menyempit.

Jika bagian ini rusak, artinya spon tersebut tidak dapat membuka dan menutup. Misalnya, jika spon tersebut selalu tertutup, maka suhu dingin dari bagian freezer tidak akan sampai ke kulkas bagian bawah. Sebaliknya, jika spon tersebut selalu terbuka, maka kulkas bagian bawah akan menjadi terlalu dingin dan dapat membeku.

3. Penumpukan Bunga Es Pada Bagian Evaporator

Kulkas bagian bawah yang kurang dingin biasanya disebabkan oleh penumpukan bunga es di evaporator atau bagian freezer. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, antara lain:

  • Fuse defrost atau heater rusak. Alat ini berfungsi untuk mencairkan bunga es jika terjadi penumpukan di evaporator. Jika alat ini tidak berfungsi, maka evaporator akan terisi dengan bunga es, yang akhirnya menyebabkan kulkas tidak dingin di bagian bawah.
  • Saluran pembuangan buntu. Selain sebagai jalur pembuangan air, saluran ini juga berfungsi sebagai sirkulasi udara dari luar. Jika saluran ini buntu atau mampet, maka bunga es tidak dapat cair dengan sempurna sehingga sirkulasi suhu dingin ke bagian bawah kulkas tertutup oleh es.
  • Kipas fan mati. Kipas fan berfungsi untuk menyebarkan suhu dingin ke sudut-sudut kulkas. Jika alat ini mati, maka suhu tidak stabil dan kulkas akan terlalu dingin pada bagian tertentu saja, yaitu bagian evaporator yang akhirnya menyebabkan penumpukan bunga es yang sangat banyak.
Baca Juga :   Cara Membersihkan Kulkas Polytron: Tips Mudah dan Efektif

4. Terlalu Sering Membuka Pintu Kulkas

Untuk mencapai pendinginan maksimal, kulkas biasanya perlu bekerja selama 6-9 jam, tetapi itu pun jika kita tidak sering membuka atau menutup pintu kulkas.

Jika kita sering membuka atau menutup pintu kulkas, suhu dingin di dalamnya akan terbuang keluar, sehingga kulkas membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu yang optimal.

Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan lemari es dengan tidak terlalu sering membuka dan menutup pintu, terutama pada bagian bawah kulkas kalian. Dengan demikian, suhu di dalam kulkas dapat dipertahankan dan pendinginan dapat berjalan secara maksimal.

5. Pengaturan Suhu yang Tidak Tepat

Jika kalian menemukan masalah pada kulkas 2 pintu yang bagian bawahnya tidak dingin, pertama-tama periksa pengaturan suhu kulkas. Pastikan bahwa pengaturan suhu sudah sesuai.

Jika pengaturan suhu belum sesuai, disarankan untuk mengatur ke suhu yang paling rendah agar bagian bawah kulkas dapat dingin secara merata. Jika nanti kalian merasa terlalu dingin, kalian dapat mencoba menaikkan pengaturan suhu kembali.

Pengaturan suhu ini biasanya dalam bentuk knob yang dapat diputar. Umumnya, jika knob diputar ke arah kanan, artinya untuk meningkatkan suhu dan sebaliknya jika diputar ke arah sebaliknya, suhu akan menurun.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin?

Terdapat berbagai cara untuk mengembalikan suhu dingin maksimal pada bagian bawah lemari pendingin LG dua pintu, tergantung pada penyebabnya. Penting untuk menyesuaikan tindakan perbaikan dengan penyebab masalah agar upaya perbaikan tidak sia-sia.

Untuk kondisi biasa, seperti karet pintu yang longgar atau fuse defrost atau heater yang rusak, cara memperbaiki kulkas LG 2 pintu yang bagian bawahnya tidak dingin adalah dengan mengganti komponen yang rusak dengan komponen baru.

Baca Juga :   Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua Yang Paling Tepat

Jika kalian mampu menggantinya sendiri, cukup beli alat yang dibutuhkan. Namun, jika kalian tidak dapat melakukannya tanpa bantuan orang lain, memanggil teknisi kulkas adalah solusi yang paling tepat.

Selain itu, jika kalian memiliki kebiasaan yang buruk dan dapat menyebabkan kenaikan suhu di dalam lemari es, kalian harus mengurangi kebiasaan tersebut. Dengan demikian, pertanyaan seputar kenapa kulkas LG 2 pintu bagian bawah tidak dingin dapat teratasi.

Berapa Lama Freon Kulkas Dapat Bertahan?

Freon pada kulkas seharusnya dapat bertahan selama lebih dari 5 tahun penggunaan. Bahkan, freon dapat bertahan dalam mesin pendingin kulkas freezer selama puluhan tahun. Lamanya umur freon dalam kulkas tidak hanya ditentukan oleh waktu penggunaan, tetapi juga oleh perawatan komponen di dalamnya.

Freon pada kulkas bekerja dengan bersirkulasi pada komponen mesin pendingin dan mengalami perubahan suhu, bentuk, dan tekanan. Selama proses sirkulasi tersebut, jumlah freon tidak akan berkurang, hanya terjadi perubahan bentuk.

Artikel Terkait :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa penyebab umum mengapa kulkas LG 2 pintu bagian bawah tidak dingin. Jangan ragu untuk memanggil teknisi profesional jika kalian mengalami masalah yang sama di rumah kalian.

Sebagai pemilik kulkas, selalu periksa dan perawatan rutin untuk menjaga agar kulkas tetap berfungsi dengan baik dan menjaga makanan dan minuman kalian tetap segar dan sehat. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *