Biaya Listrik Kulkas per Bulan

Biaya Listrik Kulkas per Bulan, Serta Cara Hitungannya

Posted on

Finoo.id – Biaya Listrik Kulkas per Bulan, Serta Cara Hitungannya. Pemakaian listrik kulkas. Bagi mereka yang baru pertama kali membeli kulkas terbaik, mungkin akan sedikit kebingungan tentang bagaimana cara menghitung tagihan listrik harian dan bulanan untuk lemari es.

Biasanya, spesifikasi kulkas hanya mencantumkan daya yang dibutuhkan dalam voltase dan watt. Namun, sebenarnya dari daya kulkas tersebut kita bisa menghitung seberapa banyak listrik yang dibutuhkan oleh sebuah kulkas.

Dengan mengetahui hal ini, kita dapat menentukan kulkas mana yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan kita, mengalokasikan anggaran listrik bulanan yang harus disisihkan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kita dapat mengatur keuangan dengan lebih baik.

Bagi mereka yang belum mengetahuinya, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan cara yang benar untuk menghitung tagihan listrik untuk lemari es berdasarkan jumlah watt. Berikut ini ulasannya untuk Kalian.

Mengenal Istilah Watt Listrik Kulkas

Apabila Kalian mendengar istilah “watt”, apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Kalian? Tentunya, ketika mendengar kata “watt”, hal yang terkait adalah konsumsi listrik dari penggunaan perangkat elektronik.

Dalam konteks ini, satuan watt digunakan untuk mengukur jumlah konsumsi listrik yang digunakan. Oleh karena itu, besaran watt tersebut juga mempengaruhi seberapa besar daya yang dikonsumsi.

Dengan kata lain, semakin tinggi konsumsi daya listrik, semakin besar pula tagihan biaya listrik rumah. Umumnya, informasi mengenai besaran watt alat elektronik seperti kulkas dapat ditemukan pada spesifikasi atau brosurnya.

Listrik Kulkas Berapa Watt?

Pada dasarnya, saat membahas tentang kulkas, terdapat tiga jenis yang perlu diketahui, yaitu showcase series, fridge series, dan freezer series.

Dalam jenis kulkas fridge series, yang umumnya tersedia di pasaran adalah kulkas satu pintu dan dua pintu. Setiap jenis kulkas tersebut memiliki perbedaan fungsi mendasar.

Perbedaan fungsi tersebut juga berdampak pada konsumsi daya kulkas. Untuk memahaminya dengan lebih mudah, Kalian dapat melihat besaran watt dari berbagai jenis kulkas tersebut.

1. Kulkas 1 Pintu

Kulkas pertama yang akan dibahas adalah kulkas 1 pintu. Sesuai dengan namanya, kulkas 1 pintu ini hanya memiliki satu pintu utama.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kulkas Polytron Tidak Dingin Paling Tepat

Pada kulkas 1 pintu, ruang utama kulkas, freezer, dan bagian kotak sayur digabungkan menjadi satu. Dengan konsep ini, kulkas jenis ini umumnya memiliki ukuran yang paling kecil di antara jenis kulkas lainnya.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya tentang watt kulkas, kita dapat melihat konsumsi daya kulkas 1 pintu. Perlu diketahui bahwa jenis ini menggunakan teknologi inverter yang membantu mengurangi konsumsi daya, sehingga hemat energi.

Berikut ini adalah beberapa contoh kulkas 1 pintu beserta watt-nya di Indonesia:

  • Panasonic NR-199AN SS = 80 watt
  • Polytron Belleza Pra 17 HORF = 80 watt
  • Aqua AQR-D191 = 36 watt
  • Sharp Kireii II SJN-166F = 84 watt
  • LG GN-201CK = 60 watt
  • Sanken SK-V161A-SB = 72 watt
  • Samsung RR18T1001SA = 113 watt

Berdasarkan data di atas, dapat dilihat bahwa konsumsi daya kulkas 1 pintu ini berkisar antara 30 watt hingga 90 watt. Jarang ditemukan kulkas dengan kapasitas daya lebih dari 100 watt.

Lalu, berapa watt pada kulkas 220V 50Hz? Untuk tegangan dan frekuensi tersebut, umumnya kulkas memiliki daya sekitar 80 hingga 90 watt, tergantung pada merek dan komponen yang ada pada kulkas tersebut.

2. Kulkas 2 Pintu

Untuk kulkas 2 pintu, daya yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan dengan kulkas 1 pintu. Perbedaan daya ini disebabkan oleh fitur-fitur dan kapasitas yang lebih canggih pada kulkas 2 pintu. Berikut beberapa contoh kulkas 2 pintu beserta dayanya:

  • Sharp SJ-246GC-SR = 100 watt
  • Samsung RT38 = 100 watt
  • Sanken SK-V231A-CB = 116 watt
  • Polytron Belleza 3 = 114 watt
  • LG GN-B215SQMT = 70 watt
  • Panasonic NR-B229S = 97 watt

Dari contoh-contoh tersebut, dapat dilihat bahwa konsumsi daya kulkas 2 pintu umumnya lebih besar daripada kulkas 1 pintu. Dalam kisaran daya 70 hingga 116 watt, jenis kulkas ini memerlukan daya listrik yang tinggi.

3. Kulkas Showcase

Selanjutnya, kita akan membahas tentang daya kulkas jenis showcase. Dilihat dari fungsinya, konsumsi daya pada jenis kulkas ini umumnya lebih besar dibandingkan dengan kulkas satu pintu atau dua pintu.

Hal ini disebabkan oleh penggunaan lampu LED pada kulkas yang harus tetap menyala secara terus-menerus. Oleh karena itu, jenis kulkas ini biasanya digunakan untuk memamerkan makanan agar dapat terlihat oleh pembeli.

Besaran daya kulkas showcase ini bervariasi tergantung pada mereknya. Berikut beberapa contoh kulkas showcase beserta dayanya:

  • Sharp SCH-170PS = 185 watt
  • Aqua AQB-345AB = 270 watt
  • Sanken SRS-279 = 170 watt
  • Polytron SCN230L = 180 watt
  • Moderna Finestra SC 2691 L = 450 watt
  • GEA EXPO 26FC = 180 watt
  • Maspion USG218 Uchida = 155 watt
Baca Juga :   Biaya Ganti Freon Kulkas Dan Service Kulkas Lengkap

Dari beberapa contoh merek di atas, terlihat perbedaan konsumsi dayanya dengan jelas dibandingkan dengan dua jenis kulkas sebelumnya. Umumnya, daya kulkas showcase berkisar antara 150 watt hingga 270 watt.

Rumus Biaya Listrik Kulkas per Bulan

Untuk menghitung biaya listrik kulkas per bulan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu daya kulkas dalam watt. Berikut ini adalah rumus yang dapat digunakan:

Hitung konsumsi listrik kulkas per hari:

  • Listrik kulkas per hari = Daya kulkas x 24 jam

Hitung biaya listrik kulkas per hari:

  • Biaya listrik kulkas per hari = Listrik kulkas per hari x tarif PLN

Hitung biaya listrik kulkas per bulan:

  • Biaya listrik kulkas per bulan = Biaya listrik kulkas per hari x 30

Menghitung Biaya Listrik Kulkas per Bulan

Sekarang, mari kita gunakan rumus di atas untuk menghitung perkiraan biaya listrik kulkas di rumah setiap bulan.

Misalnya, rumah Kalian memiliki daya listrik 900 watt (non-subsidi) dan menggunakan kulkas 1 pintu dengan daya rata-rata 80 watt. Berikut adalah perhitungan perkiraan biaya listriknya per bulan:

  • Listrik Kulkas per Hari = 80 watt x 24 jam = 1920 watt-jam = 1,92 kWh
  • Biaya Listrik Kulkas per Hari = 1,92 kWh x Rp. 1352 = Rp. 2.595,84 atau Rp. 2.596 (pembulatan)
  • Biaya Listrik Kulkas per Bulan = Rp. 2.596 x 30 = Rp. 77.880

Jadi, perkiraan biaya listrik kulkas 1 pintu per bulan adalah Rp. 77.880.

Bagaimana dengan kulkas 2 pintu, Min? Perhitungannya sama seperti sebelumnya, tetapi biayanya pasti lebih tinggi karena daya listriknya yang juga lebih besar.

Rata-rata konsumsi listrik kulkas 2 pintu adalah sekitar 120 watt, sehingga perkiraan biaya listriknya per bulan adalah:

  • Listrik Kulkas per Hari = 120 watt x 24 jam = 2880 watt-jam = 2,88 kWh
  • Biaya Listrik Kulkas per Hari = 2,88 kWh x Rp. 1352 = Rp. 3.893,76 atau Rp. 3.894 (pembulatan)
  • Biaya Listrik Kulkas per Bulan = Rp. 3.894 x 30 = Rp. 116.820

Jadi, perkiraan biaya listrik kulkas 2 pintu per bulan adalah Rp. 116.820.

Dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa semakin besar daya yang digunakan oleh kulkas, maka semakin tinggi biaya listriknya per bulan.

Cara Mengurangi Biaya Listrik Kulkas per Bulan

Perlu diketahui bahwa pola penggunaan kulkas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap biaya listrik yang harus dikeluarkan.

Baca Juga :   Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp Yang Tepat

Oleh karena itu, dengan menerapkan pola penggunaan yang tepat, kita dapat mengurangi biaya listrik yang diperlukan oleh kulkas.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Menjaga kulkas dalam keadaan tertutup saat tidak digunakan. Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat untuk menghindari kebocoran udara dingin dan meminimalisir beban kerja kulkas untuk mendinginkan ulang.
  2. Menghindari membuka kulkas terlalu sering. Pikirkan terlebih dahulu apa yang akan diambil sebelum membuka pintu kulkas. Semakin sering pintu kulkas dibuka, semakin banyak udara hangat yang masuk, sehingga kulkas perlu bekerja lebih keras untuk mendinginkan kembali suhu di dalamnya.
  3. Mengatur suhu kulkas sesuai kebutuhan. Pastikan suhu kulkas diatur secara optimal sesuai dengan petunjuk pabrik atau rekomendasi produsen. Menjaga suhu kulkas tidak terlalu dingin dapat membantu mengurangi beban kerja kulkas dan menghemat energi.
  4. Menggunakan kulkas dengan fitur hemat energi. Saat membeli kulkas baru, perhatikan label energi dan pilih kulkas yang memiliki fitur hemat energi. Kulkas dengan teknologi inverter atau fitur pengaturan suhu yang lebih presisi dapat membantu mengoptimalkan penggunaan energi.

Selain itu, pastikan kulkas selalu dalam kondisi yang bersih dan bebas dari kotoran.

Kotoran yang menempel pada kulkas dapat menyebabkan kinerja kulkas menjadi lebih berat dan meningkatkan penggunaan listrik.

Dengan menjaga kebersihan kulkas, kita dapat mengurangi biaya listrik yang diperlukan oleh kulkas, sekaligus memperpanjang umur kulkas tersebut.

Baca Juga :

Penutup

Sekian ulasan kita mengenai “Biaya Listrik Kulkas per Bulan”. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran dan pemahaman yang lebih baik kepada Kalian tentang bagaimana kulkas dapat mempengaruhi biaya listrik Kalian setiap bulannya.

Ingatlah bahwa pemilihan kulkas yang tepat dan penggunaan yang bijaksana tidak hanya dapat menghemat biaya listrik, tetapi juga dapat memberikan kontribusi pada upaya kita bersama dalam melestarikan lingkungan.

Terima kasih telah meluangkan waktu Kalian untuk membaca artikel finoo.id ini. Mari kita mulai bertindak lebih hemat energi mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *