Cara Mengecek Daya Listrik

Cara Mengecek Daya Listrik Rumah Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Mengecek Daya Listrik Rumah Paling Mudah. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui nilai tegangan listrik rumah guna memastikan semua peralatan listrik mendapatkan tegangan yang diperlukan. Ayo, mari kita pelajari cara mengeceknya di sini.

Bagaimana kabarnya? Semoga kita semua selalu sehat. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan pengetahuan tentang cara mengecek nilai tegangan listrik rumah.

Tegangan listrik PLN yang masuk ke rumah, pada umumnya berada dalam rentang nilai 220 hingga 230 volt, dan sebagian besar peralatan listrik bekerja pada tegangan tersebut.

Namun, terkadang tegangan listrik rumah dapat menjadi tidak stabil karena beberapa alasan, di mana nilainya bisa berada di bawah atau di atas nilai tegangan listrik PLN yang normal.

Rumah dianggap mengalami “low voltage” saat tegangan listriknya berada di bawah nilai yang diketahui, dan dianggap “over voltage” saat melebihi nilai tersebut.

Hal ini tentu tidak baik bagi semua peralatan listrik di dalam rumah, karena kinerjanya dapat terganggu bahkan rusak karena tidak mendapatkan tegangan listrik yang dibutuhkan.

Kondisi tegangan listrik yang tidak stabil ini seringkali terjadi tanpa disadari, meskipun semuanya terlihat normal, namun sebenarnya mengancam kelangsungan peralatan listrik kita.

Kalian mungkin pernah mengalami peralatan listrik yang tiba-tiba rusak padahal penggunaannya normal. Nah, kemungkinan penyebabnya adalah listrik yang tidak stabil.

Oleh karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa tegangan listrik rumah agar dapat segera mendeteksi keadaan “low voltage” atau “over voltage”.

Lalu, bagaimana cara mengecek tegangan listrik rumah? Jangan khawatir, saya akan menjelaskannya dengan lengkap di sini.

Mari langsung kita simak penjelasannya…

Cara Mengecek Kapasitas Daya Listrik di Meteran Rumah

PLN telah menyediakan daya listrik stKalianr dengan kapasitas mulai dari 450, 900, 1300, hingga 2200 KVA.

Tidak semua orang dapat memahami kode-kode yang tertera pada meteran. Jika kamu penasaran tentang cara untuk mengecek kapasitas daya kWh meter listrik di rumah, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Baca Juga :   Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli Terbaru Paling Tepat

1. Mengecek Daya Listrik Melalui Meteran

Setiap meteran listrik di rumah memiliki kode-kode tertentu, seperti kode CL.

Perhatikanlah kode CL yang tertera pada meteran. Kode tersebut mengandung informasi tentang daya listrik yang digunakan.

Berikut ini adalah arti dari kode CL pada meteran listrik:

  • CL 2 = 450 kVA
  • CL 4 = 900 kVA
  • CL 6 = 1300 kVA
  • CL 10 = 2200 kVA
  • CL 16 = 3500 kVA

kVA atau Kilo Volt Ampere adalah satuan yang mengindikasikan daya nyata yang ditambah dengan daya aktif.

Daya listrik juga dapat dihitung secara manual dengan menggunakan kode CL yang tertera pada meteran.

Caranya cukup sederhana. Kalian perlu mengalikan angka pada kode CL dengan nilai daya dasar (220 kVA).

Misalnya, untuk kode CL 2, kita dapat mengalikan angka 2 dengan 220 kVA. Hasil perhitungan tersebut kemudian dibulatkan menjadi angka yang paling mendekati. Sehingga, kita mendapatkan 450 kVA.

Cara Membaca Kode-Kode pada Meteran Listrik

Saat melihat meteran, seringkali kita menemukan berbagai kode atau kombinasi huruf dan angka yang khusus.

Ternyata, kode-kode tersebut tidaklah tanpa makna. Terdapat arti tersembunyi di balik kode-kode pada meteran listrik, seperti contohnya berikut:

  • Kode CL6 = 6 A (Ampere)
  • Angka 230/400V 50Hz = 220 V (Volt)

Untuk menghitung daya listrik (Watt) di rumah, kita perlu mengalikan arus listrik dengan tegangan. Mari kalikan 6 Ampere dengan 220 Volt.

  • Daya listrik: 6 A x 220 V = 1320 VA

Dari perhitungan tersebut, dapat diketahui bahwa daya listrik yang digunakan di rumah tersebut adalah 1300 VA. Hasil perhitungan tersebut dibulatkan agar lebih mudah dalam penyebutannya.

Namun, setiap rumah memiliki kondisi yang berbeda, sehingga memerlukan metode perhitungan yang berbeda pula.

Misalnya, jika pada meteran rumahmu tertera kode CL10, itu berarti arus yang digunakan adalah 10 Ampere. Jika tertera kode CL4, maka arusnya adalah 4 Ampere.

Langkah untuk mengetahui kapasitas daya listrik tetap sama, yaitu dengan mengalikan dengan 220/230 V. Dengan metode ini, kamu dapat mengetahui besarnya daya listrik yang ada di rumah.

Angka 6000 menunjukkan rated breaking capacity MCB (Miniature Circuit Breaker). Angka tersebut menunjukkan bahwa kemampuan kerja MCB adalah baik hingga arus maksimal 6000 A. Kasus ini sering terjadi ketika terjadi hubung singkat arus listrik. Jika angkanya melebihi 6000, MCB akan mengalami kerusakan.

Angka “3” menunjukkan klasifikasi I2t. Angka tersebut menggambarkan karakteristik energi maksimal arus listrik yang dapat melalui MCB.

Angka 1 dan 2 di sebelah kiri merupakan simbol fungsi MCB untuk proteksi beban penuh dan hubung singkat. Jika kamu melihat dua simbol berdampingan, itu menKaliankan MCB dengan 2 pole. Umumnya, di lingkungan perumahan digunakan tipe MCB 1 pole (hanya kabel fase yang dilindungi).

Baca Juga :   √ Biaya Abodemen Listrik Pascabayar 450 Sampai 3500 VA

2. Mengecek Daya Listrik Melalui Website PLN

Kamu dapat memanfaatkan kemudahan yang disediakan oleh PLN dalam melakukan pengecekan daya listrik. Kunjungi laman layanan online PLN dan lengkapi data yang diminta.

Pada bagian “identitas pelanggan”, gunakan nomor meteran atau IDPEL (Id Pelanggan) sesuai dengan jenis listrik yang digunakan di rumah, apakah itu listrik meteran atau listrik token (pulsa).

Setelah memasukkan nomor meteran atau IDPEL, klik “cari” dan tunggu website menampilkan data secara lengkap.

Laman website PLN tidak hanya memberikan informasi tentang daya listrik, tetapi juga memungkinkan untuk mengetahui riwayat pembelian token dan tarif listrik.

3. Mengecek Daya Listrik Melalui Aplikasi Pengisi Listrik

Kamu dapat mengetahui kapasitas daya listrik melalui pembayaran listrik secara online. Saat ini, terdapat banyak aplikasi online yang membantu dalam proses pembayaran tersebut.

Contohnya adalah OVO, GoPay, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan aplikasi serupa. Bahkan, pembayaran listrik juga dapat dilakukan melalui internet banking dan SMS banking.

Cara mengetahui daya listrik melalui aplikasi ini dapat dilakukan dengan memasukkan kode pelanggan.

Selanjutnya, pilih jenis tagihan listrik, apakah itu melalui pulsa (prabayar) atau tagihan (pascabayar). Ikuti langkah-langkah pada aplikasi tersebut sebelum melakukan pembayaran.

Nantinya, aplikasi akan menampilkan tagihan beserta rincian informasi daya listrik. Dari situ, kamu dapat mengetahui kapasitas daya listrik yang tertera pada meteran.

Fungsi Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Setelah mengetahui cara mengecek kapasitas daya pada meteran listrik seperti yang telah dijelaskan di atas, apakah kamu sudah mencobanya?

Dengan mengetahui informasi kapasitas meteran dan cara mengetahui kapasitas daya listrik, kamu dapat memperoleh beberapa manfaat yang menguntungkan, antara lain:

1. Bisa Menentukan Penambahan Daya atau Tidak

Sebelum kamu mengetahui kapasitas daya pada meteran listrik rumah, mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengapa meteran listrik sering mati, terutama saat kamu menggunakan banyak peralatan elektronik secara bersamaan.

Setelah mengetahui cara untuk mengecek daya listrik, kamu dapat menganalisis penyebab masalah yang terjadi. Jika daya listrik di rumah terlalu kecil untuk memenuhi kebutuhanmu, kamu dapat mempertimbangkan untuk menambah daya dan menghubungi PLN.

Sebaliknya, jika kamu ingin mengurangi daya listrik yang digunakan di rumah, kamu juga dapat melakukannya.

2. Dapat Mengatur Penggunaan Alat Elektronik

Kapasitas daya listrik yang besar seringkali menjadi alasan bagi penghuni rumah untuk bebas menyalakan berbagai perangkat elektronik.

Baca Juga :   Genset 20 kVA Berapa Watt dan Cara Menghitungnya

Bahkan, terkadang perangkat-perangkat elektronik yang membutuhkan daya listrik besar dibiarkan tetap menyala meskipun tidak sedang digunakan.

Dengan mengetahui kapasitas daya listrik yang tertera pada meteran, penggunaan perangkat elektronik dapat dikendalikan. Misalnya, kamu tidak dapat menyalakan AC, oven, dan pemanas air secara bersamaan.

Contoh lainnya adalah adanya larangan untuk menggunakan perangkat listrik berdaya besar secara bersamaan.

3. Belajar Menghemat Listrik

Perbedaan kapasitas daya listrik memiliki dampak yang signifikan pada biaya beban dasar yang harus dibayar.

Semakin tinggi kapasitas daya listrik yang tertera pada meteran rumah, semakin besar pula biaya tagihan yang harus ditanggung oleh pemilik rumah. Setelah mengetahui kapasitas daya listrik di rumahmu, tentunya kamu ingin menghindari peningkatan biaya tagihan yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, kamu dapat mulai menghemat penggunaan listrik dengan cara mengurangi penggunaan alat elektronik yang tidak sedang digunakan. Selain itu, alternatif lain adalah memanfaatkan peralatan yang tidak memerlukan daya listrik.

Dengan mengambil langkah-langkah tersebut, kamu dapat mengontrol penggunaan listrik dan mengurangi biaya tagihan secara efektif.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, perlu diingat bahwa mengecek daya listrik di rumah atau tempat kerja bukanlah tugas yang rumit.

Hanya dengan beberapa langkah sederhana, Kalian dapat menentukan besarnya daya listrik dan apakah kapasitas tersebut cukup untuk kebutuhan sehari-hari Kalian.

Selalu perhatikan bahwa pemakaian listrik yang melebihi kapasitas daya listrik Kalian bisa berpotensi menimbulkan berbagai masalah, seperti sering mati listrik, terbakar, bahkan kebakaran.

Dengan pengetahuan ini, semoga Kalian dapat lebih bijak dalam penggunaan listrik dan mampu menghindari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Selalu cek dan pastikan daya listrik Kalian mencukupi untuk memenuhi kebutuhan perangkat listrik di rumah Kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Mengecek Daya Listrik Rumah Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *