Biaya Pasang Listrik Baru 900 Watt

Biaya Pasang Listrik Baru 900 Watt Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Biaya Pasang Listrik Baru 900 Watt Yang Tepat. Apakah Kalian berencana untuk memasang listrik baru dengan daya 900 watt? Ingin tahu berapa biayanya untuk tahun 2023 ini? Saya akan memberikan rincian biayanya di sini.

Apa kabar? Semoga kita semua dalam keadaan sehat. Pada artikel ini, saya akan berbagi informasi tentang biaya pemasangan listrik baru PLN dengan daya 900 watt untuk tahun 2023.

Penting untuk saya jelaskan sebelumnya bahwa pemasangan listrik baru dengan daya 900 watt yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah untuk kategori daya non-subsidi.

Terdapat juga listrik dengan daya 900 watt subsidi yang disediakan oleh pemerintah untuk golongan masyarakat kurang mampu. Pembahasan mengenai hal ini akan saya bahas dalam artikel terpisah.

Seperti yang kita ketahui, pemasangan listrik baru biasanya dilakukan di rumah-rumah yang baru saja selesai dibangun untuk memenuhi kebutuhan energi listrik.

Proses pemasangan dilakukan oleh PLN, yaitu Perusahaan Listrik Negara sebagai pihak yang berwenang dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat.

PLN menyediakan beberapa opsi daya yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, salah satunya adalah daya sebesar 900 VA yang sedang kita bahas saat ini.

Untuk dapat memperoleh layanan listrik baru dari PLN, masyarakat harus mengajukan permohonan terlebih dahulu dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan.

Prosedur tersebut tidak begitu sulit, Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen dan membawanya ke kantor PLN terdekat atau mengajukannya secara online.

Lalu, berapa biaya yang harus disiapkan untuk memasang listrik baru PLN dengan daya 900 watt?

Baiklah, untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan berikut ini…

Biaya Pasang Listrik Baru 900 Watt

Untuk informasinya, berdasarkan tarif terbaru PLN yang berlaku pada tahun 2023, biaya pemasangan listrik baru dengan daya 900 watt adalah sebesar Rp. 843.000.

Baca Juga :   Kode Menghemat Token Listrik 1300 VA, Apakah Benar Bisa?

Biaya tersebut mencakup biaya penyambungan yang berlaku untuk kedua jenis meteran listrik yang saat ini dikenal, yaitu pascabayar dan prabayar (token).

Selain itu, terdapat juga biaya-biaya lain seperti PPJ (Pembayaran untuk Jasa Penyediaan Listrik) + Rupiah token dikonversi ke kWh + SLO (StKalianr Lampiran Objek) untuk listrik prabayar, serta Uang Jaminan Langganan (UJL) + SLO untuk listrik pascabayar.

Berikut ini adalah rincian lengkap biaya pemasangan listrik baru dengan daya 900 watt yang mencakup semua item biaya yang telah disebutkan di atas.

Biaya pasang Meteran Listrik 900 Watt Pascabayar

Misalkan Kalian saat ini tinggal di Jakarta dan ingin memasang listrik baru dengan daya 900 watt dalam sistem pascabayar, berikut ini adalah rincian biayanya:

  • Biaya penyambungan = Rp. 843.000
  • Uang Jaminan Langganan (UJL) = Rp. 64.800
  • Biaya SLO 900 VA = Rp. 60.000
  • Total = Rp. 967.800

Biaya pasang Meteran Listrik 900 Watt Prabayar

Apabila Kalian memilih listrik 900 watt dengan jenis prabayar (token), berikut ini adalah rincian biayanya:

  • Biaya penyambungan = Rp. 843.000
  • PPJ = Rp. 2.344
  • Rupiah Token dikonversi kWh = Rp. 97.656
  • Biaya SLO 900 VA = Rp. 60.000
  • Total = Rp. 1.003.000

Informasi Tambahan:

  • PPJ adalah Pajak Penerangan Jalan yang besarnya tergantung pada peraturan daerah setempat, misalnya di Jakarta, PPJ = 2,4% x Rupiah Token dikonversi kWh.
  • Rupiah token dikonversi kWh adalah nilai uang dari Token Perdana (TP) setelah dihitung menggunakan rumus = TP/(1 + %PPJ + %PPN). Pada rincian di atas, nilai token yang digunakan adalah Rp. 100.000.
  • SLO adalah StKalianr Lampiran Objek yang berfungsi sebagai sertifikat untuk membuktikan bahwa instalasi listrik telah memenuhi persyaratan untuk beroperasi atau sudah memenuhi stKalianr yang diperlukan.

UJL merupakan singkatan dari Uang Jaminan Langganan yang hanya berlaku dalam pemasangan listrik dengan sistem pascabayar.

Semua rincian biaya yang telah disebutkan di atas didasarkan pada perhitungan menggunakan aplikasi resmi PLN, yaitu PLN Mobile.

Kalian dapat mengunduh aplikasi tersebut untuk melihat simulasi perhitungan secara langsung. Silakan dapatkan aplikasinya di sini: PLN Mobile.

Syarat Pasang Listrik Baru 900 Watt

Selain biaya, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelanggan agar permohonan mereka untuk memasang listrik baru dengan daya 900 watt dapat disetujui oleh PLN.

Baca Juga :   Saklar MCB Meteran Listrik Tidak Bisa ON, Apa Penyebabnya?

Persyaratan tersebut sebenarnya tidak terlalu banyak. Berdasarkan keterangan resmi dari PLN, berikut adalah beberapa dokumen yang diperlukan:

  1. Fotokopi kartu identitas pemohon yang masih berlaku (KTP/SIM).
  2. Gambar denah atau peta lokasi rumah pemohon.
  3. Surat kuasa jika permohonan diajukan oleh orang lain atas nama pemohon.

Cara Pasang Listrik Baru 900 Watt

Prosedur pemasangan listrik baru PLN dengan daya 900 watt dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu secara offline dan online. Berikut kami jelaskan caranya masing-masing:

1. Pasang Listrik Baru 900 Watt secara Offline

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemasangan listrik baru secara offline:

  • Kunjungi kantor PLN di kota Kalian dan langsung ke bagian pelayanan pelanggan.
  • Pastikan Kalian membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi KTP/SIM dan denah lokasi rumah/bangunan.
  • Sampaikan kepada petugas bahwa Kalian ingin memasang listrik baru dengan daya 900 watt.
  • Petugas akan memberikan formulir pemasangan listrik baru yang perlu Kalian isi dan tKaliantangani.
  • Setelah mengisi formulir, Kalian akan diarahkan ke loket pembayaran untuk melunasi biaya pemasangan listrik baru.
  • Setelah proses administrasi di kantor PLN selesai, Kalian hanya perlu menunggu petugas PLN datang ke rumah Kalian untuk melakukan pemasangan listrik baru.

2. Pasang Listrik Baru 900 Watt secara Online

Seperti yang dijelaskan oleh PLN, Kalian juga dapat melakukan pemasangan listrik baru dengan daya 900 watt secara online melalui aplikasi PLN Mobile.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh dan instal aplikasi PLN Mobile melalui Playstore.
  • Isi semua data yang diminta saat pertama kali membuka aplikasi.
  • Setelah aplikasi siap digunakan, pilih menu “Pasang Baru”.
  • Pilih lokasi pemasangan, lengkapi detail layanan, isi data SLO (StKalianr Lampiran Objek), pilih token (khusus untuk prabayar), dan isi data pelanggan.
  • Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, kirim permohonan dan segera lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  • Setelah pembayaran selesai, petugas penyambungan dari PLN akan datang ke rumah Kalian untuk melakukan pemasangan meteran.
Baca Juga :   Listrik 450 VA Berapa Watt? Beserta Cara Hitungnya

Untuk mengecek status permohonan pemasangan listrik baru, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi PLN Mobile dan pilih menu “Profil”.
  • Klik “Daftar Riwayat” dalam menu tersebut.
  • Pilih opsi “Permohonan” dan akan muncul daftar permohonan yang telah Kalian ajukan (pilih permohonan yang ingin Kalian cek statusnya).
  • Klik “Lihat” untuk melihat detail status permohonan tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Kalian dapat dengan mudah mengecek status permohonan pemasangan listrik baru Kalian melalui aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga :

Penutup

Secara keseluruhan, biaya untuk pasang listrik baru 900 Watt merupakan investasi awal yang perlu Kalian pertimbangkan. Meskipun biaya awalnya cukup tinggi, manfaat jangka panjang dari memiliki sumber listrik yang hKalianl di rumah Kalian tidak bisa dipKalianng sebelah mata. Listrik menjadi kebutuhan pokok dalam setiap aktivitas rumah tangga dan pekerjaan sehari-hari.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi biaya pemasangan listrik baru ini, termasuk biaya peralatan, instalasi, dan biaya administrasi. Setiap biaya ini penting untuk memastikan bahwa instalasi listrik di rumah Kalian dilakukan dengan aman dan efisien.

Harap diingat bahwa sementara artikel finoo.id ini memberikan gambaran umum tentang biaya yang mungkin terlibat, Kalian mungkin juga perlu berkonsultasi dengan profesional listrik lokal atau PLN untuk mendapatkan estimasi biaya yang lebih akurat.

Di era digital ini, menjaga keberlanjutan energi listrik di rumah tidak lagi menjadi pilihan, tetapi sebuah keharusan. Dengan pemahaman yang baik tentang biaya pasang listrik baru 900 Watt, kita semua dapat berpartisipasi dalam memanfaatkan sumber daya energi secara bijak dan bertanggung jawab. Investasikanlah pada kualitas energi yang baik untuk masa depan yang lebih cerah dan lebih berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *