Biaya Tambah Daya Listrik

Biaya Tambah Daya Listrik 2200 ke 3500 VA Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Biaya Tambah Daya Listrik 2200 ke 3500 VA Yang Tepat. Apakah Kalian memiliki rencana untuk meningkatkan daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA? Apakah Kalian sudah mengetahui perkiraan biayanya untuk tahun 2023 ini? Nah, berikut ini Mimin akan memberikan rincian mengenai biaya migrasi daya listrik tersebut. Yuk, simak!

Apa kabar semuanya? Semoga kita semua dalam keadaan sehat. Pada artikel kali ini, Mimin akan memberikan informasi terbaru mengenai biaya migrasi daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA.

Seperti yang kita tahu, peningkatan daya listrik merupakan opsi yang disediakan oleh PLN bagi pelanggan yang merasa bahwa daya listrik yang dimiliki saat ini tidak mencukupi untuk mencakup kebutuhan semua peralatan listrik di rumah.

Apabila listrik di rumah sering kali mati atau terputus, padahal kondisi MCB (Mini Circuit Breaker) terlihat normal, maka mungkin sudah saatnya untuk melakukan peningkatan daya listrik. Jika MCB sering terpicu, itu menKaliankan bahwa batas daya saat ini telah tercapai.

Salah satu alasan umum untuk menambah daya listrik adalah penambahan peralatan listrik baru. Misalnya, jika sebelumnya rumah Kalian menggunakan daya 2200 VA dan Kalian ingin menambahkan satu unit AC baru, maka Kalian harus meningkatkan daya listrik minimal satu level menjadi 3500 VA.

PLN sebagai penyedia tenaga listrik dengan senang hati melayani pelanggan yang ingin meningkatkan daya listrik. Bahkan, terkadang PLN juga mengadakan promosi khusus untuk penambahan daya listrik.

Prosesnya cukup mudah, Kalian hanya perlu melengkapi beberapa dokumen dan mengajukan permohonan kepada PLN. Setelah itu, PLN akan segera memproses pemasangan daya baru.

Permohonan dapat diajukan secara offline dengan datang langsung ke kantor PLN atau melalui aplikasi secara online.

Berdasarkan pengalaman, waktu yang dibutuhkan untuk proses permohonan tidak lebih dari 3 hari. Setelah daya baru terpasang, listrik di rumah Kalian akan tetap stabil dan tidak sering mati, sehingga Kalian bisa lebih leluasa menambahkan peralatan listrik baru.

Lalu, berapa biaya yang harus disiapkan untuk melakukan peningkatan daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA?

Untuk mengetahuinya, mari kita simak penjelasan berikut ini…

Biaya Tambah Daya Listrik 2200 VA ke 3500 VA 2023

Untuk informasi Kalian, berdasarkan tarif yang berlaku pada tahun 2023, biaya untuk menambah (upgrade) daya listrik PLN dari 2200 VA menjadi 3500 VA adalah sebesar Rp. 1.259.700 (Satu juta dua ratus lima puluh sembilan ribu tujuh ratus rupiah).

Biaya tersebut mencakup biaya penyambungan untuk daya baru 3500 VA. Namun, terdapat beberapa biaya tambahan yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Pajak Penerangan Jalan (PJJ): Besaran pajak ini bergantung pada daerah tempat tinggal Kalian.
  2. Uang Jaminan Langganan (UJL): Biaya ini berlaku bagi pelanggan dengan sistem pembayaran pascabayar.
  3. Biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO): Biaya ini diperlukan untuk mendapatkan sertifikat yang menjamin bahwa instalasi listrik rumah Kalian sesuai dengan stKalianr yang ditetapkan.
Baca Juga :   Perhitungan Rumus Daya Listrik Rumah Paling Lengkap dan Tepat

Jika Kalian masih merupakan pelanggan pascabayar pada daya listrik yang lama, Mimin merekomendasikan untuk beralih ke pelanggan prabayar saat melakukan pemasangan daya listrik baru. Hal ini akan membebaskan Kalian dari biaya Uang Jaminan Langganan (UJL).

Sebagai contoh, jika Kalian adalah pengguna listrik prabayar (token), tinggal di Jakarta, dan ingin menambah daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA, berikut adalah rincian dan total estimasi biayanya:

  • Biaya penyambungan: Rp. 1.259.700
  • Pajak Penerangan Jalan (2,4% x rupiah token dikonversi ke kWh): Rp. 2.344
  • Konversi rupiah token menjadi kWh: Rp. 97.656
  • Biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO): Rp. 105.000
  • Total estimasi biaya: Rp. 1.464.700

Bagi Kalian yang merupakan pengguna listrik dengan sistem pascabayar, berikut adalah rincian dan total estimasi biaya untuk penambahan daya listrik:

  • Biaya Penyambungan: Rp. 1.259.700
  • Uang Jaminan Langganan (UJL): Rp. 176.750
  • Biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO): Rp. 105.000
  • Total Estimasi: Rp. 1.541.450

Perlu diperhatikan:

  • Perhitungan di atas didasarkan pada penggunaan aplikasi resmi PLN bernama PLN Mobile.
  • Konversi rupiah token ke kWh mengacu pada penggunaan token listrik perdana yang akan diisikan ke daya listrik baru. Pilihan ini bebas, dan dalam perhitungan di atas, Mimin menggunakan token senilai 100 ribu rupiah.
  • Biaya Sertifikat Laik Operasi (SLO) bersifat opsional dan tidak wajib. Keberadaan biaya ini tergantung pada keputusan pelanggan.

Namun, jika Kalian tidak memiliki kebutuhan mendesak untuk meningkatkan daya listrik, ada baiknya untuk menunggu program promo tambah daya listrik yang ditawarkan oleh PLN.

PLN seringkali memberikan voucher promo tambah daya listrik kepada pelanggan pada hari-hari tertentu. Hal ini memberikan kesempatan bagi pelanggan yang ingin meningkatkan daya listrik dengan potongan harga.

Misalnya, dalam promo “Nyalakan Kemerdekaan” yang diadakan pada bulan Agustus lalu, pelanggan hanya dikenakan biaya penyambungan sebesar Rp. 170.845 untuk menambah daya listrik.

Tidak jarang pula, promo tambah daya dari PLN ini diberikan secara gratis, tanpa ada biaya tambahan yang harus dibayarkan.

Oleh karena itu, jika tidak ada kebutuhan mendesak, menunggu promo tambah daya listrik dari PLN dapat membantu Kalian menghemat uang hingga ratusan ribu rupiah.

Pastikan untuk memantau informasi promo yang ditawarkan oleh PLN agar Kalian dapat memanfaatkannya ketika memutuskan untuk meningkatkan daya listrik.

Syarat Tambah Daya Listrik 2200 ke 3500 VA

Untuk melakukan penambahan daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar permohonan Kalian dapat disetujui oleh PLN.

Syaratnya sebenarnya cukup sederhana, Kalian hanya perlu menyediakan beberapa dokumen, antara lain:

  • Fotokopi lembaran rekening listrik terakhir.
  • Fotokopi Kartu TKalian Penduduk (KTP) pemohon.
  • Lembar denah lokasi rumah atau bangunan.

Selain itu, pastikan Kalian menyiapkan biaya tambah daya listrik sesuai dengan besaran yang telah disebutkan sebelumnya.

Setelah semua dokumen persyaratan siap, Kalian dapat langsung mengajukan permohonan penambahan daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA kepada PLN.

Prosedur Tambah Daya Listrik 2200 ke 3500 VA

Langkah-langkah atau prosedur untuk melakukan penambahan daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu secara offline dan online.

Berikut ini penjelasan mengenai kedua cara tersebut:

1. Tambah Daya Listrik secara Offline

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan penambahan daya listrik secara offline:

Baca Juga :   Sikap Hidup Hemat Listrik, Mengapa Harus Diterapkan?

  • Kunjungi kantor PLN di kota Kalian dan langsung menuju ke bagian pelayanan pelanggan.
  • Pastikan Kalian membawa dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi rekening listrik terakhir, fotokopi KTP, dan denah lokasi rumah atau bangunan.
  • Sampaikan niat Kalian untuk menambah daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA.
  • Petugas akan memberikan formulir permohonan penambahan daya yang harus Kalian isi dan tKaliantangani.
  • Setelah itu, Kalian akan diarahkan ke loket pembayaran untuk melunasi biaya penambahan daya listrik.
  • Setelah selesai urusan di kantor PLN, Kalian hanya perlu menunggu petugas PLN datang ke rumah Kalian untuk melakukan pemasangan daya listrik baru.

2. Tambah Daya Listrik secara Online

Tidak hanya secara offline, Kalian juga dapat melakukan prosedur penambahan daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA secara online melalui aplikasi PLN Mobile. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh dan instal aplikasi PLN Mobile dari Playstore.
  • Isi semua data pendaftaran yang diminta dalam aplikasi.
  • Klik menu “Ubah Daya dan Migrasi”.
  • Scroll ke bawah dan klik “Mulai”.
  • Masukkan ID Pelanggan dan klik “Cari”.
  • ID Pelanggan akan ditampilkan di bagian bawah, klik “Lanjutkan”.
  • Pilih titik lokasi dengan mencari lokasi yang akan ditambah daya, lalu klik “Lanjutkan”.
  • Pilih layanan yang diinginkan, misalnya 3500 VA, lalu klik “Lanjutkan”.
  • Pilih koneksi untuk, lalu pilih “Rumah Pribadi”, dan klik “Lanjutkan”.
  • Pilih token yang diinginkan, misalnya Rp. 100.000, dan klik “Lanjutkan”.
  • Isi semua data pelanggan yang diminta dengan lengkap pada menu “Isi Data Pelanggan”.
  • Klik tulisan “Dengan ini Saya menyatakan bahwa permohonan pengajuan ini telah disetujui oleh pemilik persil/bangunan”, lalu klik “Lanjutkan”.
  • Pada menu “Ringkasan”, periksa kembali data yang telah dimasukkan, lalu klik “Kirim Permohonan”.
  • Permohonan akan dikirimkan ke PLN, dan kemudian muncul menu “Syarat dan Ketentuan”, klik “Setuju”.
  • Setelah itu, akan muncul pemberitahuan “Permohonan Berhasil”, klik “Ok”.
  • Selanjutnya, masukkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh PLN melalui email atau nomor telepon Kalian pada menu “Verifikasi”, lalu klik “Kirim”.
  • Pada menu “Detail Permohonan”, perhatikan nomor registrasi yang digunakan untuk pembayaran.
    Scroll ke bawah, klik “Lanjutkan Pembayaran”.
  • Selesai.

Setelah semua proses selesai, termasuk pembayaran, Kalian hanya perlu menunggu petugas PLN menghubungi Kalian melalui telepon untuk mengatur jadwal pemasangan daya baru dengan kapasitas 3500 VA.

Konsekuensi setelah Tambah Daya Listrik

Penting bagi pelanggan untuk mengetahui bahwa terdapat beberapa konsekuensi yang mungkin timbul setelah melakukan penambahan daya listrik dari 2200 VA menjadi 3500 VA. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Meteran Diganti ke Prabayar

Jika Kalian telah menggunakan meteran jenis pascabayar pada daya 2200 VA sebelumnya, ada kemungkinan bahwa petugas PLN akan mengganti meteran Kalian dengan meteran jenis prabayar (token) pada sambungan daya baru.

Hal ini merupakan bagian dari kebijakan PLN untuk memperbarui semua kWh meter pelanggan dengan meteran pintar yang lebih canggih dan akurat dalam pengukurannya.

Namun, perlu diingat bahwa kebijakan ini tergantung pada ketersediaan meteran prabayar di kota Kalian. Terkadang, jika meteran baru belum tersedia, penggantian meteran mungkin tidak dilakukan.

Menurut pendapat Mimin, lebih baik melakukan penggantian meteran dengan meteran prabayar yang baru. Selain tidak dikenakan biaya tambahan alias gratis, Kalian juga akan terbebas dari biaya beban listrik.

Dengan adanya meteran prabayar, Kalian dapat lebih mudah mengontrol penggunaan listrik dan mengatur pengisian token sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Baca Juga :   √ Syarat Tambah Daya Listrik UMKM Terbaru dan Paling Tepat

2. Biaya Beban Listrik Bertambah

Jika Kalian mempertahankan meteran lama (pascabayar) saat melakukan penyambungan daya baru, maka biaya beban listrik di rumah Kalian akan meningkat.

Dalam kasus daya sebelumnya 2200 VA, biaya beban listriknya sebesar Rp. 127.134. Namun, dengan penambahan daya menjadi 3500 VA, biaya beban listrik akan meningkat menjadi Rp. 237.934.

Biaya ini akan dikenakan ketika pemakaian listrik Kalian berada di bawah nilai Rekening Minimum (RM) yang ditetapkan oleh PLN. Sebagai contoh, jika rumah Kalian kosong selama satu bulan penuh dan tidak ada pemakaian listrik, Kalian masih harus membayar tagihan listrik sebesar biaya beban yang telah disebutkan di atas.

Perlu diperhatikan bahwa biaya beban listrik ini berlaku meskipun tidak ada pemakaian listrik yang tercatat pada periode tersebut.

3. Pembayaran atau Pembelian Listrik Meningkat

Setelah meningkatkan daya listrik menjadi 3500 VA, pembayaran atau pembelian listrik mungkin akan meningkat karena adanya perbedaan tarif dan perubahan pola penggunaan, seperti penambahan alat listrik baru.

Untuk informasi lebih lanjut, tarif listrik per kilowatt jam (kWh) pada daya 2200 VA adalah sebesar Rp. 1.444,70, sementara pada daya 3500 VA adalah sebesar Rp. 1.699,53 per kWh.

Kalian dapat memeriksa tarif yang berlaku dan penyesuaian lebih lanjut melalui informasi yang terdapat di Tarif Adjustment.

Selain itu, perubahan pola penggunaan juga dapat berdampak pada peningkatan konsumsi listrik. Sebagai contoh, jika sebelumnya Kalian hanya menggunakan 2 unit AC sebelum melakukan peningkatan daya, namun setelah migrasi Kalian membeli unit AC baru, secara otomatis pemakaian listrik Kalian akan meningkat.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hal ini sejak awal agar Kalian tidak terkejut setelah beralih ke sambungan daya baru. Perhatikan pola penggunaan listrik Kalian dan pertimbangkan dampak perubahan ini pada tagihan listrik bulanan Kalian.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup artikel finoo.id ini, perlu diingat bahwa setiap peningkatan kapasitas daya listrik dari 2200 VA ke 3500 VA memerlukan penambahan biaya. Meskipun mungkin tampak sebagai investasi yang besar pada awalnya, biaya tersebut sangat berarti bagi peningkatan kenyamanan dan efisiensi rumah tangga atau usaha Kalian.

Harga yang harus dibayar bukanlah halangan, tetapi sebaiknya dipKalianng sebagai investasi jangka panjang. Dengan peningkatan daya listrik, Kalian akan mendapatkan ruang lebih besar untuk menambah atau meningkatkan perangkat elektronik, menjamin kestabilan listrik, serta mencegah kerusakan pada peralatan Kalian.

Namun demikian, penting untuk melakukan penelitian yang mendalam dan mempertimbangkan semua faktor sebelum membuat keputusan. Konsultasikan rencana Kalian dengan pihak PLN atau vendor listrik terpercaya untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang berdasarkan pengetahuan dan pengalaman profesional mereka.

Dengan demikian, biaya tambah daya listrik 2200 ke 3500 VA sejatinya adalah langkah maju menuju kenyamanan dan efisiensi hidup yang lebih baik. Jadi, apakah Kalian siap untuk melakukan peningkatan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *