Ukuran Kabel Instalasi Listrik Standar PLN

Ukuran Kabel Instalasi Listrik Standar PLN Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Ukuran Kabel Instalasi Listrik Standar PLN Yang Paling Tepat. Saat melakukan pemasangan instalasi listrik rumah, kabel menjadi komponen utama yang harus diperhatikan secara seksama.

Pemilihan kabel tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena kabel akan bertanggung jawab mengalirkan arus listrik secara terus-menerus.

Penggunaan kabel yang tepat menjadi faktor penting dalam menilai keandalan dan keamanan instalasi listrik.

Untuk alasan ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menetapkan standar jenis dan ukuran kabel yang harus digunakan dalam instalasi listrik rumah.

Ukuran standar kabel dapat bervariasi tergantung pada besaran daya yang akan digunakan.

Secara umum, rumah-rumah di Indonesia menggunakan listrik 1 fasa dengan tegangan rendah (TR) sebesar 220 volt, dengan besaran daya yang berbeda-beda, seperti 450 VA, 900 VA, 1300 VA, 2200 VA, dan seterusnya.

Jadi, seberapa besar ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN?

Berikut adalah penjelasannya secara lengkap…

Berapa Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN?

Memilih ukuran kabel instalasi listrik rumah yang sesuai dengan standar PLN dan memiliki kualitas bagus akan membantu mencegah kemungkinan masalah yang terkait dengan kelistrikan.

Listrik adalah kebutuhan pokok yang tak terpisahkan dari setiap rumah dan sangat penting untuk mendukung berbagai kegiatan.

Oleh karena itu, penting untuk menghabiskan waktu yang cukup dalam memilih kabel instalasi listrik rumah dengan hati-hati dan teliti. Ada cara untuk menentukan ukuran kabel listrik yang tepat.

Baca Juga :   Jika Tidak Ada Listrik Kesulitan Apa Yang Dialami Manusia

Berikut adalah cara untuk mengetahui ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN:

Anda akan menemui berbagai warna dan ukuran kabel listrik yang berbeda di pasaran. Anda mungkin merasa bingung memilih ukuran yang paling tepat untuk instalasi listrik di rumah.

Ada beberapa kode atau rumus yang perlu Anda pahami untuk menentukan kabel listrik terbaik yang dapat digunakan di rumah. Berikut adalah beberapa kode listrik tersebut:

  • 1 x 1,5 mm
  • 1 x 2,5 mm
  • 2 x 1,5 mm
  • 2 x 2,5 mm
  • 3 x 2,5 mm

Kode yang terdapat pada kemasan pembungkus kabel listrik memiliki arti tertentu. Angka yang berada di depan dan di belakang tanda ‘x’ memiliki makna yang berbeda.

Angka di depan tanda ‘x’ menunjukkan jumlah kabel yang terdapat dalam pembungkus tersebut. Angka 1 mengindikasikan satu kabel dengan jenis NGA.

Sementara itu, angka 2 dan 3 biasanya digunakan untuk menunjukkan jenis kabel NYY, NYA, atau NYM. Angka di belakang tanda ‘x’ menunjukkan luas penampang kabel tersebut.

Misalnya, angka 2,5 mm menunjukkan bahwa dalam pembungkus kabel terdapat kabel-kabel dengan luas penampang masing-masing sebesar 2,5 mm.

Tips Memilih Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

Setelah memahami arti dari kode atau rumus kabel listrik di atas, ada beberapa tips yang dapat mempermudah Anda dalam memilih kabel listrik yang sesuai.

1. Perhatikan kWh atau kapasitas listrik

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan beberapa kapasitas listrik yang umumnya digunakan dalam rumah tangga dengan tegangan sebesar 220 Vac.

Berikut ini adalah empat kapasitas listrik yang sering digunakan dalam berbagai rumah tangga:

  • 450 VA: Arus listrik sebesar 2 A
  • 900 VA: Arus listrik sebesar 4 A
  • 1300 VA: Arus listrik sebesar 6 A
  • 2200 VA: Arus listrik sebesar 10 A

Ukuran kabel instalasi listrik yang semakin besar akan mampu menampung ampere yang lebih besar, dan rumus ini berlaku baik untuk tegangan 380 V maupun 220 V.

Baca Juga :   Penyebab Listrik Boros Dan Cara Menghematnya Yang Tepat

2. Ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN untuk 450 VA

Jika rumah Anda memiliki kapasitas listrik sebesar 450 VA atau setara dengan 2 Ampere, kabel yang dibutuhkan untuk instalasi listrik adalah kabel berukuran 1,5 mm2.

Ukuran kabel tersebut sudah memadai untuk kapasitas listrik yang Anda miliki. Kapasitas kabel listrik dengan ukuran 1,5 mm2 adalah sebesar 17 Ampere.

3. Ukuran kabel untuk listrik berkapasitas 900 VA

Karena kapasitas listrik 900 VA setara dengan 4 Ampere, ukuran kabel listrik yang dibutuhkan tetap sama dengan rumah berkapasitas listrik 450 VA, yaitu kabel berukuran 1,5 mm2.

Kabel berukuran 1,5 mm2 memiliki kapasitas listrik hingga 17 Ampere, sehingga cocok digunakan baik di rumah dengan kapasitas listrik 450 VA maupun 900 VA.

4. Ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN untuk 1300 VA

Sebenarnya, kabel listrik berukuran 1,5 mm2 masih dapat digunakan untuk rumah dengan kapasitas listrik 1300 VA atau setara dengan 6 Ampere.

Namun, Anda juga dapat menggunakan kabel listrik berukuran 2,5 mm2 untuk mendapatkan kabel yang lebih tahan lama dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Ukuran kabel untuk listrik berkapasitas 2200 VA

Rumah dengan kapasitas listrik 2200 VA atau setara dengan 10 Ampere memerlukan kabel listrik yang lebih tahan lama.

Gunakan kabel listrik berukuran 2,5 mm2 untuk rumah dengan kapasitas listrik yang sangat tinggi ini. Penggunaan kabel berukuran yang lebih besar dapat mencegah terjadinya panas berlebih pada kabel.

Setelah mengetahui ukuran kabel instalasi listrik rumah standar PLN yang tepat, penting untuk menyesuaikan budget atau dana yang tersedia agar dapat memperoleh kabel listrik dengan ukuran yang sesuai.

Selain itu, perhatikan juga jenis atau tipe kabel yang paling cocok dengan kondisi lingkungan di sekitar Anda.

Tipe Kabel untuk Instalasi Listrik Rumah

Ada beberapa tipe kabel yang tersedia untuk digunakan dalam instalasi listrik rumah. Berikut adalah beberapa tipe kabel yang umum digunakan:

Baca Juga :   Pengertian Time Delay Relay (TDR) Beserta Fungsi & Prinsip Kerjanya

Kabel NYA:

  • N: Menggunakan penghantar tembaga
  • Y: Memiliki isolasi PVC
  • A: Dilengkapi dengan kawat berisolasi

Kabel NYM:

  • N: Menggunakan penghantar tembaga
  • Y: Memiliki isolasi PVC
  • M: Menggunakan selubung PVC

Kabel NYAF:

  • Memiliki inti kabel yang terbuat dari tembaga yang berserabut
  • Memiliki lapisan isolasi dari bahan PVC
  • Harus digunakan dengan pipa karena isolasi tunggalnya

Pemilihan tipe kabel yang sesuai harus disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi instalasi listrik yang akan dilakukan.

Baca Juga : 

Penutup

Sebagai penutup, penting untuk kita pahami bahwa pemilihan ukuran kabel instalasi listrik standar PLN tidak boleh sembarangan. Ukuran yang tepat akan meminimalisir risiko kebakaran dan kerusakan perangkat listrik lainnya.

Walaupun begitu, kita juga harus ingat bahwa pemilihan ukuran kabel tidak semata-mata berdasarkan aturan standar saja, tetapi juga perlu mempertimbangkan kebutuhan dan kapasitas listrik di rumah atau gedung kita.

Jadi, sebaiknya konsultasikan dengan ahli atau teknisi listrik profesional sebelum melakukan instalasi, agar dapat memilih ukuran kabel yang paling sesuai dan aman. Selalu utamakan keselamatan dan keamanan dalam segala aspek, termasuk dalam hal instalasi listrik.

Demikian penutup dari artikel finoo.id ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam memahami pentingnya pemilihan ukuran kabel instalasi listrik standar PLN. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel-artikel kami berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *