Saklar MCB Meteran Listrik Tidak Bisa ON

Saklar MCB Meteran Listrik Tidak Bisa ON, Apa Penyebabnya?

Posted on

Finoo.id – Saklar MCB Meteran Listrik Tidak Bisa ON, Apa Penyebabnya?. Saklar MCB meteran listrik adalah komponen penting dalam sistem listrik rumah Kalian. MCB (Miniature Circuit Breaker) bertugas sebagai pengaman utama untuk melindungi peralatan elektronik dari kenaikan arus yang berlebihan. Namun, terkadang saklar MCB meteran listrik dapat mengalami masalah, seperti tidak bisa diaktifkan atau ON.

Jika Kalian mengalami masalah dengan saklar MCB meteran listrik yang tidak bisa ON, jangan panik. Artikel ini akan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Kami akan menjelaskan penyebab umum dari masalah ini dan memberikan langkah-langkah praktis untuk memperbaiki saklar MCB meteran listrik yang tidak bisa ON.

Apa Itu MCB Meteran Listrik?

Sebelum kita membahas ciri-ciri dan penyebab MCB meteran listrik di rumah yang rusak, penting untuk memahami pengertiannya secara singkat.

MCB merupakan singkatan dari Miniature Circuit Breaker, yang merupakan saklar otomatis dalam sistem kelistrikan yang dirancang untuk melindungi komponen-komponen, instalasi kabel, dan penghantar dari kerusakan.

Umumnya, dalam instalasi listrik rumah, komponen MCB dipasang di dalam meteran listrik PLN dan kotak MCB di dalam bangunan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika MCB meteran listrik mengalami kegagalan fungsi, hal ini dapat menyebabkan risiko korsleting atau hubungan pendek arus, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kebakaran.

Tanda ON OFF Meteran Listrik

Sebelum kita melanjutkan, penting untuk menjelaskan kepada pembaca tentang tanda ON dan OFF pada meteran listrik.

Tanda ON dan OFF pada meteran listrik terletak pada tuas MCB, yang masing-masing ditandai dengan simbol “I” untuk ON dan “O” untuk OFF.

Jadi, ketika Kalian melihat simbol “I” pada tuas MCB, itu berarti meteran listrik Kalian dalam keadaan ON.

Baca Juga :   Token Listrik 200 Ribu Berapa kWh? Berikut Uraianya

Namun, jika Kalian melihat simbol “O”, itu berarti meteran tersebut dalam keadaan OFF.

Posisi Saklar Meteran Listrik ON OFF

Selain mengetahui tKalian-tKalian tersebut, penting juga untuk mengetahui posisi saklar MCB meteran listrik ketika berada dalam kondisi ON dan OFF.

Pengetahuan ini bisa sangat berguna, terutama ketika simbol ON dan OFF pada MCB sudah pudar atau tidak terlihat dengan jelas.

Untuk mengetahui posisi saklar MCB meteran listrik, perhatikan cara pemasangannya:

  • Jika MCB dipasang secara vertikal (berdiri), maka saat tuas mengarah ke atas berarti dalam posisi ON, dan saat tuas mengarah ke bawah berarti dalam posisi OFF.
  • Jika MCB dipasang secara horisontal (mendatar), maka saat tuas mengarah ke kanan berarti dalam posisi ON, dan saat tuas mengarah ke kiri berarti dalam posisi OFF.

Penyebab Saklar Meteran Listrik Tidak Bisa ON

Dalam banyak kasus, saklar pada meteran listrik yang tidak bisa dihidupkan (ON) sering disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain beban listrik yang terlalu tinggi, kerusakan pada instalasi listrik, atau MCB yang telah rusak.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas, berikut akan saya bahas lebih detail mengenai penyebab-penyebab tersebut:

1. Beban Listrik yang Terlalu Tinggi

Apabila beban listrik yang digunakan melebihi daya yang tersedia, maka saklar MCB pada meteran listrik dapat trip atau jeglek.

Contohnya, jika daya listrik yang tersedia di rumah adalah 900 VA (720 – 810 watt), namun penggunaan beban listrik melebihi daya tersebut, maka saklar MCB akan langsung mati.

Hal ini terjadi karena MCB berfungsi sebagai pembatas daya, dan akan aktif saat mendeteksi adanya beban listrik yang terlalu tinggi.

Selama beban listrik yang digunakan tidak dikurangi, maka saklar pada meteran listrik akan sulit untuk dihidupkan kembali (ON).

2. Kerusakan Instalasi Listrik

Jika saklar listrik tidak dapat dihidupkan kembali (ON), hal ini dapat mengindikasikan adanya kerusakan pada instalasi listrik di dalam rumah.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah korsleting atau hubung singkat, yang umumnya terjadi pada kabel namun kadang-kadang juga dapat terjadi pada komponen internal peralatan listrik.

Baca Juga :   √ Syarat Pasang Listrik Subsidi Terbaru Paling Tepat

Korsleting akan menyebabkan lonjakan arus yang tidak diinginkan dan akan terdeteksi oleh MCB, yang secara otomatis akan memutus aliran listrik rumah (saklar OFF).

Selama kerusakan ini belum diperbaiki, saklar pada meteran listrik tidak akan dapat dihidupkan kembali (ON).

3. MCB Rusak

Selain dua penyebab yang telah disebutkan sebelumnya, saklar pada meteran listrik yang tidak dapat dihidupkan (ON) juga bisa disebabkan oleh kondisi MCB yang aus atau rusak.

Akibatnya, tuas kecil pada MCB sering kali berada dalam posisi OFF meskipun beban listrik di dalam rumah masih dalam batas normal dan tidak ada kerusakan pada instalasi listrik.

Apabila kerusakan pada MCB sudah cukup parah, saklar tidak dapat berpindah ke posisi ON.

Cara Mengatasi Saklar Meteran Listrik Tidak Bisa ON

Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah proses identifikasi penyebabnya. Berikut langkah-langkah yang dapat diambil:

  1. Matikan beberapa peralatan listrik di dalam rumah dan lepaskan colokannya dari stop kontak.
  2. Pindahkan saklar meteran listrik ke posisi ON. Jika saklar dapat dihidupkan (ON), itu menunjukkan bahwa beban listrik di dalam rumah terlalu tinggi.
  3. Jika saklar masih tidak dapat dihidupkan (ON), maka ada kemungkinan terjadi korsleting, baik pada kabel atau salah satu peralatan listrik.
  4. Untuk mencari titik korsleting, matikan semua peralatan listrik di dalam rumah dan lepaskan colokannya dari stop kontak. Pastikan saklar lampu berada dalam posisi OFF.
  5. Cobalah menghidupkan saklar meteran listrik ke posisi ON. Jika saklar dapat dihidupkan (ON), itu menunjukkan bahwa penyebabnya adalah korsleting.
  6. Sekarang, hidupkan satu per satu peralatan listrik di dalam rumah dan perhatikan peralatan mana yang menyebabkan saklar meteran listrik kembali mati (OFF).
  7. Misalnya, jika saklar MCB mati saat kulkas dihubungkan, itu menunjukkan bahwa kulkas tersebut menjadi penyebab korsleting.
  8. Segera perbaiki masalah korsleting pada kulkas dengan mengikuti panduan yang disediakan, seperti “Listrik Mati saat Menyalakan Kulkas”.
  9. Biasanya, setelah mengikuti semua langkah-langkah di atas, saklar pada meteran listrik rumah seharusnya dapat dihidupkan kembali (ON).
  10. Namun, jika Kalian sudah memastikan bahwa tidak ada penggunaan beban listrik yang tinggi dan tidak ada kerusakan pada instalasi atau peralatan, namun saklar tetap tidak dapat dihidupkan (ON), kemungkinan besar MCB pada meteran listrik telah rusak.
  11. Segera laporkan kepada pihak PLN bahwa MCB pada rumah Kalian rusak atau tidak dapat dihidupkan kembali. Petugas PLN akan datang ke rumah Kalian untuk mengganti MCB yang rusak.
Baca Juga :   √ Biaya Pasang Listrik 1300 Watt Terbaru: Prabayar & Pascabayar

Ingatlah untuk tidak mencoba menggantinya sendiri, karena hal tersebut bukanlah kewenangan Kalian dan dapat berbahaya. Percayakan tugas penggantian MCB kepada petugas PLN yang berkompeten.

Baca Juga :

Penutup

Dalam merangkum, permasalahan saklar MCB meteran listrik yang tidak bisa ON bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari beban listrik yang terlalu berat, korsleting, hingga kerusakan pada MCB itu sendiri. Diperlukan pemahaman yang benar tentang bagaimana sistem listrik rumah bekerja dan tindakan pencegahan yang harus diambil untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Penting untuk kita selalu memastikan kondisi perangkat listrik kita dalam kondisi baik dan melakukan pengecekan secara berkala. Jika mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi tenaga profesional. Ingat, keselamatan adalah hal utama dalam penggunaan listrik di rumah. Ketidaknyamanan sementara karena saklar MCB mati jauh lebih baik daripada menghadapi risiko kecelakaan listrik yang mungkin terjadi.

Demikian penutupan artikel finoo.id ini, semoga dapat memberikan pemahaman yang baik mengenai masalah saklar MCB meteran listrik yang tidak bisa ON dan bagaimana cara menanganinya. Selalu utamakan keselamatan dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan tenaga ahli jika mengalami permasalahan yang berkaitan dengan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *