Cara Membersihkan Mesin Cuci LG

Cara Membersihkan Mesin Cuci LG Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Membersihkan Mesin Cuci LG Paling Mudah. Banyak yang salah kaprah mengenai peralatan elektronik rumah tangga. Mereka menganggap tidak perlu melakukan perawatan sama sekali. Padahal, meskipun terlihat bersih, debu dan kotoran lain masih saja menempel.

Mesin cuci, sebagai salah satu produk elektronik, seringkali dikesampingkan dalam hal perawatan rutin. Pengguna jarang memperhatikan kebersihan dan memperlakukan sesuai buku petunjuk dari pabrik.

Mesin cuci LG mungkin terlihat bersih pada pkalianngan pertama, namun seiring penggunaan dalam jangka waktu lama, endapan residu akan menumpuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Aroma ini dapat mempengaruhi hasil cucian kalian.

Bagi para pemula, belum tentu mengetahui cara membersihkan mesin cuci LG yang benar. Oleh karena itu, kami ingin memberikan informasi mengenai panduan mudah merawat produk tersebut agar kinerjanya selalu optimal.

Karakteristik dan Keunggulan mesin cuci LG

LG adalah produsen barang elektronik asal Korea Selatan yang telah memproduksi berbagai jenis produk. Salah satunya adalah mesin cuci LG yang merupakan merek yang paling banyak dicari. Mesin cuci LG memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya lebih unggul dibanding merek lainnya.

Setiap seri mesin cuci LG dilengkapi dengan teknologi terkini yang canggih. Salah satunya adalah LG AI DD™ yang memungkinkan kalian untuk memilih siklus pencucian ideal untuk setiap jenis kain. Dengan demikian, mesin cuci LG akan memberikan perlindungan terbaik untuk kain cucian.

LG menawarkan empat jenis mesin cuci dengan banyak varian yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Jenis mesin cuci tersebut meliputi dua tabung, front load, top load, dan twin wash.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Cuci Aqua Japan Lengkap

Setiap tipe mesin cuci LG dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan yang canggih. Misalnya saja, mesin cuci twin tub memiliki teknologi Punch +3 dan tipe front loading berteknologi AI DD™ plus Steam™. Mesin cuci top loading dilengkapi dengan teknologi Smart Motion, sedangkan mesin cuci twin wash memiliki dua tabung terpisah yang dapat digunakan secara bersamaan.

Beberapa tipe mesin cuci LG juga dilengkapi dengan teknologi Smart Inverter yang efektif mengontrol kebutuhan energi. Hal ini dapat membantu kalian menghemat penggunaan listrik.

Alasan Membersihkan Mesin Cuci

Mesin cuci LG terdiri dari beberapa tipe, termasuk 1 dan 2 tabung, dengan bukaan depan maupun atas. Setiap jenis memiliki metode operasional yang hampir sama, hanya perbedaan pada teknologi yang digunakan oleh masing-masing unit sesuai spesifikasi.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir mengenai aspek perawatan karena cara membersihkan mesin cuci LG untuk semua tipe hampir sama. Selain itu, produsen telah menyertakan panduan lengkap dalam buku manual.

Ada beberapa alasan penting mengapa perlu membersihkan mesin cuci LG:

  • Sisa deterjen dan noda dapat menempel pada permukaan drum mesin cuci dan membuat unit semakin kotor.
  • Ketidakbersihan mesin cuci dapat mempengaruhi pertumbuhan bakteri akibat kelembapan yang ada.
  • Bau tak sedap dapat muncul dan cukup mengganggu bagi pengguna mesin cuci.

Secara prinsip, membersihkan mesin cuci LG adalah bagian dari perawatan berkala untuk memastikan unit bekerja secara optimal. Interval waktu yang dianjurkan sesuai kondisi masing-masing, namun disarankan minimal 2 bulan sekali..

Alat Yang Dibutuhkan

Jika ingin membersihkan mesin cuci, kamu hanya memerlukan beberapa alat dan cairan yang mudah ditemukan di lingkungan rumah, yaitu sebagai berikut.

1. Sikat Gigi Bekas

Sikat gigi bekas dapat digunakan untuk menyikat noda yang membandel di sela-sela pintu tabung mesin cuci, tempat deterjen, dan di dalam tabung.

2. Kain Lap

Kain lap berguna untuk membersihkan bagian dalam dan luar tabung mesin cuci yang kotor.  Lap memiliki bahan yang fleksibel sehingga dapat menjangkau setiap sudut mesin cuci.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Cuci LG Paling Lengkap

3. Karbol atau Cairan Pemutih

Karbol atau cairan pemutih dapat digunakan sebagai pembersih isi tabung mesin cuci dan juga untuk membersihkan tempat deterjen. Cairan ini juga efektif untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam tabung mesin cuci.

4. Cuka Putih

Sebagai opsi, jika tidak memiliki karbol, kamu dapat menggunakan bahan alami seperti cuka putih untuk membersihkan isi tabung mesin cuci.

5. Air Panas Secukupnya

Air panas sangat diperlukan saat melakukan program pencucian untuk membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci.

Cara Membersihkan Mesin Cuci LG

Pemeliharaan kebersihan mesin cuci LG terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian luar dan dalam. Saat melakukan proses pembersihan, pastikan untuk memperhatikan prosedur keselamatan yang tepat. Selain itu, penting untuk selalu memeriksa buku petunjuk resmi agar memudahkan pemahaman kamu.

1. Bersihkan Bagian Luar

Pastikan untuk mencabut kabel power sebelum membersihkan mesin cuci guna menghindari risiko sengatan listrik yang dapat membahayakan. Mengabaikan prosedur ini bisa menyebabkan cedera yang fatal. Selain itu, jangan pernah menggunakan bahan kimia atau larutan yang bersifat korosif atau dapat mengikis permukaan mesin cuci.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan bagian luar mesin cuci LG:

  • Siapkan deterjen yang bersifat lembut dan larutkan dalam sebuah wadah.
  • Sediakan kain atau spons dan bersihkan permukaan luar mesin cuci.
  • Usap dan bersihkan semua noda yang menempel pada dinding luar dari unit mesin cuci.
  • Jika mesin cuci menggunakan laci dispenser (tipe 1 tabung), lepaskan bagian tersebut dan bersihkan dari sisa deterjen yang menumpuk.
  • Lepas saluran filter air dan cuci hingga bersih.

Lakukan pembersihan terhadap seluruh permukaan luar pada mesin cuci LG hingga selesai.

2. Bersihkan Bagian Dalam Drum

Membersihkan bagian dalam mesin cuci LG sangatlah mudah dan tidak perlu membongkar unit. Kamu hanya perlu menyiapkan cairan pembersih khusus yang mampu menghilangkan residu dan kotoran yang menempel di dalam mesin cuci.

Baca Juga :   Cara Menggunakan Mesin Cuci Panasonic Terbaru

Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan bagian dalam drum mesin cuci LG:

  • Beli pembersih mesin cuci berupa konsentrat atau gunakan bahan alternatif seperti cairan pemutih, soda kue, dan sebagainya.
  • Kosongkan tabung dan pastikan tidak ada pakaian yang tertinggal di dalamnya.
  • Sambungkan kabel power ke sumber listrik agar proses pembersihan bisa dimulai.
  • Tuangkan air panas ke dalam tabung mesin cuci secukupnya dan tambahkan zat pembersih mesin cuci.
  • Jalankan siklus pencucian selama 10 menit dan biarkan selama 1 jam.
  • Buang air hasil pembersihan dan ulangi proses satu kali lagi.

Setelah menjalankan siklus pembersihan pada tabung mesin cuci sebanyak dua kali, bilas hingga bersih. Selanjutnya, biarkan tutup mesin cuci terbuka agar bagian dalam dapat kering secara sempurna.

Baca Juga : 

Penutup

Dalam menjaga performa optimal mesin cuci LG, membersihkan bagian dalam dan luar secara teratur merupakan hal yang sangat penting. Dengan langkah-langkah yang tepat dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, kamu dapat melakukan perawatan sendiri pada mesin cuci LG tanpa harus memanggil teknisi.

Pastikan untuk selalu memperhatikan prosedur keselamatan dan membaca buku petunjuk resmi sebelum melakukan pembersihan.

Dengan demikian, kamu dapat memastikan bahwa mesin cuci LG tetap berfungsi dengan baik dan memberikan hasil cucian yang bersih dan wangi setiap kali digunakan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Membersihkan Mesin Cuci LG Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat, Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *