Kode Error Mesin Cuci LG

Arti Kode Error Mesin Cuci LG Paling Lengkap & Tepat

Posted on

Finoo.id – Arti Kode Error Mesin Cuci LG Paling Lengkap & Tepat. Meskipun mesin cuci LG terkenal karena kualitasnya, tetapi juga bisa mengalami masalah error. Kesalahan ini pasti akan terjadi pada produk mesin cuci LG, karena tidak ada ciptaan manusia yang sempurna.

Keberadaan fitur smart diagnosis pada mesin cuci LG membantu dalam mendiagnosis dan memecahkan masalah mekanis, sehingga mengurangi kebutuhan untuk kunjungan layanan dan perbaikan. Fitur ini akan menampilkan indikasi kesalahan dalam bentuk kode.

Jadi, ketika terjadi kesalahan, monitor mesin cuci akan menampilkan kode sebagai indikasi adanya masalah. Setiap kode yang ditampilkan memiliki arti sendiri sebagai petunjuk tentang penyebab kesalahan dan cara memperbaikinya.

Namun, masih banyak pengguna mesin cuci LG yang belum familiar dengan kode-kode yang ditampilkan. Jika kalian masih belum mengetahui tentang kode error tersebut, berikut adalah penyebab umum dan cara mengatasi kode error pada mesin cuci LG.

Fitur Self Diagnosis System

Kehadiran mesin cuci telah membuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih mudah dan cepat. Namun, terkadang kita menghadapi masalah ketika mesin cuci yang kita kalianlkan tiba-tiba bermasalah, seperti tidak mau berputar (spin) dan menampilkan kode error. Kondisi seperti ini seringkali membuat kita bingung dan panik karena elektronik rumah tangga tersebut tidak berfungsi dengan normal.

Untungnya, sebagian besar mesin cuci telah dilengkapi dengan fitur Sistem Diagnosis Mandiri (Self Diagnosis System). Fitur ini memungkinkan kita untuk mengetahui kesalahan atau masalah apa yang terjadi pada mesin cuci.

Jika kalian memiliki mesin cuci merek LG, kalian dapat melihat berbagai arti kode error yang ditampilkan oleh mesin cuci tersebut, serta cara mengatasinya di bawah ini.

Kode Error Mesin Cuci LG

Selain memiliki kualitas yang baik, mesin cuci LG juga memiliki harga yang terjangkau, sehingga tidak mengherankan jika banyak orang memilih menggunakan mesin cuci merek LG. Namun, seiring berjalannya waktu, mesin cuci LG cenderung mengalami kesalahan secara lebih sering.

Kesalahan pada mesin cuci LG umumnya ditkaliani dengan kode error sebagai indikasi kesalahan tertentu. Dengan kata lain, setiap kode error memiliki arti sendiri dan memberikan petunjuk tentang penyebab kesalahan, sehingga pengguna dapat mengetahui cara mengatasinya.

Jika kalian masih bingung dengan kode error pada mesin cuci LG, jangan khawatir, karena kami akan memberikan penjelasan lengkap kepada kalian. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi setiap kode error yang muncul pada mesin cuci LG.

1. Cara Mengatasi Kode Error AE atau AOE

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna mesin cuci LG adalah error AE atau AOE. Biasanya, mesin cuci LG mengalami error AE atau AOE karena masalah pada kopling (clutch) yang tidak berfungsi dengan baik atau putus.

Kondisi ini menyebabkan kopling tidak dapat memutar tabung mesin cuci LG saat proses pencucian atau pengeringan pakaian. Akibatnya, mesin cuci LG tidak dapat melakukan putaran (spin) seperti yang seharusnya, yang sering disebabkan oleh kekotoran atau penyumbatan pada mesin cuci.

Kode AE atau AOE juga dapat muncul jika terjadi kerusakan pada sumber daya listrik. Jika penyebab kode ini adalah masalah pada sumber daya listrik, sebaiknya menghubungi teknisi servis mesin cuci terdekat atau menghubungi pusat layanan pelanggan LG.

2. Cara Mengatasi Error LE, LE1, E6 (Lock Error)

Kode error ini menunjukkan adanya kerusakan pada pelindung sirkuit motor karena overheating (terlalu panas) atau tidak berfungsi. Jika motor terlalu panas karena penggunaan yang terus-menerus, disarankan untuk memberikan jeda pengoperasian agar motor dapat mendingin.

Motor mesin cuci LG juga dapat macet karena benda asing yang terjebak atau tersangkut di antara pulsator atau tabung mesin cuci. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatasi masalah error kunci dengan kode LE, LE1, E6:

  • Matikan mesin cuci LG kalian.
  • Cabut kabel dari stop kontak.
  • Keluarkan semua cucian dari mesin cuci.
  • Periksa dan hilangkan semua benda asing yang menghalangi motor mesin cuci LG.
  • Hidupkan kembali mesin cuci LG.
  • Jika kalian masih mengalami kesulitan menemukan penyebab motor yang macet, tekan tombol Power untuk mematikan mesin cuci.
  • Kemudian, tekan tombol Power lagi untuk menghidupkan mesin cuci.
  • Setelah itu, tekan tombol Spin untuk memulai proses pengeringan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat mencoba mengatasi masalah error kunci dengan kode LE, LE1, E6 pada mesin cuci LG kalian.

Arti Kode Error Mesin Cuci LG

Selain kode error yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat banyak kode lain yang sering muncul pada mesin cuci LG saat mengalami kendala. Penting bagi kalian untuk mengetahui kode error lainnya agar kalian dapat mengetahui penyebab dan cara mengatasinya ketika kode error muncul.

Dengan mengetahui kode error yang ditampilkan, kalian dapat segera melakukan perbaikan pada mesin cuci. Berikut adalah arti dan penyebab dari setiap kode error yang muncul pada mesin cuci LG:

1. Kode PE (Pressure / Switch Error)

Pada mesin cuci otomatis LG, terdapat fitur sensor tekanan (pressure sensor). Kode error PE akan muncul jika sensor tekanan tidak berfungsi dengan baik.

2. Kode UN (Unbalance Error)

Kode error ini menunjukkan bahwa mesin cuci tidak seimbang atau miring. Hal ini bisa terjadi karena lantai tidak rata atau muatan cucian tidak terdistribusi secara merata. Kode ini biasanya muncul jika muatan cucian terlalu banyak (melebihi kapasitas mesin).

3. Kode IE (Inlet Error)

Kode IE muncul jika keran air tidak terbuka atau aliran air yang masuk terlalu lemah sehingga tekanan air tidak mencukupi.

4. Kode FE (Flooding Error)

Kode error FE muncul ketika terdapat masalah pada bagian inlet air atau suplai air yang masuk ke mesin cuci LG terlalu banyak, melebihi batas yang diizinkan.

5. Kode DE atau de1 (Door Error)

Kode ini muncul jika pintu mesin cuci belum tertutup dengan benar. Hal ini bisa disebabkan oleh pintu yang tidak rapat atau sistem penguncian yang tidak berfungsi. Jika pintu tidak dapat dikunci, lakukan reset pada mesin cuci LG.

6. Kode DE (Drain Error)

Kode DE muncul jika filter pembuangan tersumbat, menghambat aliran air yang keluar dari mesin cuci.

7. Kode CL (Child Lock Error)

Kode ini menunjukkan bahwa fitur pengunci anak (child lock) sedang aktif. Matikan fitur ini dengan menekan dan menahan tombol child lock hingga fitur tersebut nonaktif.

8. Kode OE (Drain Error)

Kode OE muncul jika air tidak dapat mengalir melalui selang pembuangan karena tersumbat atau selang terlipat.

9. Kode T CL (Tube Clean Cycle Error)

Kode ini muncul karena tabung mesin cuci yang kotor. Lakukan siklus pembersihan tabung untuk menghilangkan kode T CL.

10. Kode PF (Power Failure)

Kode PF muncul ketika terjadi gangguan pada pasokan listrik, seperti tegangan yang rendah atau tidak stabil. Gunakan stabilizer untuk menjaga stabilitas tegangan listrik di rumah.

11. Kode CE (Current Error)

Kode CE muncul jika motor terbebani terlalu berat, menyebabkan tabung tidak dapat berputar dengan kecepatan 20 RPM dalam waktu 3 hingga 6 menit.

12. Kode TE, TE1, TE2, TE3, TE4 (Heating Error)

Kode error ini menunjukkan adanya masalah pada termistor atau sensor suhu air. Hubungi teknisi mesin cuci atau call center LG untuk perbaikan.

13. Kode DHE, EHE, ELE (Heater Error)

Kode ini muncul jika terdapat masalah pada elemen pemanas (heater) pada mesin cuci LG.

14. Kode Error D3 atau E6

Munculnya kode E6 dapat disebabkan oleh kerusakan atau ketidakberfungsian kopling (clutch).

15. Kode DR (Drain)

Kode DR sebenarnya bukan sebuah kesalahan, tetapi petunjuk bahwa mesin cuci LG akan menjalankan proses pembuangan air secara otomatis.

16. Kode Error E1

Kode E1 muncul karena adanya kebocoran pada unit atau karena penggunaan busa deterjen yang berlebihan. Kode E1 juga dapat menunjukkan kesalahan dalam penggunaan jenis deterjen (cair atau bubuk).

Biaya Service Mesin Cuci LG

Jika mesin cuci LG kalian mengalami error dan kalian tidak dapat memperbaikinya sendiri, maka sebaiknya lakukan panggilan ke layanan call center LG dengan nomor 14010. Sedangkan untuk melakukan service mesin cuci LG, baik ke tim LG maupun tukang service mesin cuci lainnya, berikut biaya yang harus kalian bayar.

Biaya Service Mesin Cuci LG
JasaHarga
Kunjungan dan PengecekanRp. 95.000
Service Minor(Kotor, Kerusakan Pada Setting Pintu dan Lainnya)Rp. 160.000
Sevice Major (Ganti Spare Part, Kabel Putus)Rp. 250.000
Service Special (Pembongkaran Besar, Modifikasi)Rp. 350.000
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait

Baca Juga :

Penutup

Dalam penutup artikel finoo.id ini, kami telah membahas tentang kode error mesin cuci LG. Seperti yang telah kita pelajari, mesin cuci LG memiliki berbagai kode error yang dapat muncul sebagai indikator adanya masalah. Dari kode error OE yang mengindikasikan masalah pembuangan air hingga kode error UE yang mengacu pada ketidakseimbangan beban, setiap kode error memiliki arti dan tindakan perbaikan yang berbeda.

Dengan memahami arti kode error dan langkah-langkah perbaikan yang tepat, kita dapat mengatasi masalah pada mesin cuci LG dengan lebih efektif. Penting untuk diingat bahwa jika kalian tidak yakin atau merasa tidak nyaman untuk melakukan perbaikan sendiri, sebaiknya memanggil teknisi profesional agar dapat menangani masalah dengan aman.

Mesin cuci LG adalah investasi yang berharga dalam menjaga kebersihan pakaian dan kenyamanan rumah tangga. Dengan pemahaman tentang kode error dan kemampuan perbaikan yang tepat, kalian dapat memaksimalkan kinerja mesin cuci LG kalian dan memperpanjang masa pakainya.

Jadi, jika kalian mengalami kode error pada mesin cuci LG kalian, jangan panik. Gunakan panduan ini sebagai referensi untuk memecahkan masalah dan melanjutkan proses pencucian kalian dengan lancar. Dengan perawatan yang tepat dan pemahaman tentang kode error, kalian dapat menghemat waktu, uang, dan frustrasi dalam menghadapi masalah pada mesin cuci LG kalian.

Semoga informasi yang kami sajikan dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah membaca dan selamat mencuci!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *