Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung Paling Tepat. Pernahkah kalian mengalami masalah pada kipas angin? Masalah pada kipas angin sering disebabkan oleh rusaknya kapasitor. Artikel ini akan membahas cara memasang kapasitor pada kipas angin gantung yang memiliki 2 dan 5 kabel.

Kipas angin yang bermasalah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun kapasitor adalah salah satu komponen yang paling mempengaruhi. Komponen ini sangat penting dalam mesin kipas angin dan sering mengalami kerusakan.

Kapasitor biasanya berbentuk balok hitam dan ditempatkan di dalam housing mesin kipas angin. Untuk memasang kapasitor, kalian harus membuka penutup mesin kipas angin terlebih dahulu.

Cara Kerja Kapasitor Kipas Angin

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengganti kapasitor pada kipas angin, penting untuk memahami bagaimana kapasitor kipas angin bekerja. Fungsi utama dari kapasitor adalah untuk menyimpan muatan listrik.

Kapasitor biasanya digunakan dalam komponen elektronik untuk menyimpan muatan listrik. Kapasitor ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya lonjakan tegangan pada kipas angin saat dinyalakan atau dimatikan.

Berikut adalah cara kerja kapasitor pada kipas angin:

  1. Ketika baling-baling kipas berhenti, muatan listrik di dalam kapasitor menyimpan energi untuk memicu gerakan pada rotor penggerak. Setelah rotor mulai bergerak, baling-baling akan berputar dan mengikuti kecepatan yang ditentukan.
  2. Jika aliran listrik diputus saat kipas angin dimatikan, kapasitor masih menyimpan sisa muatan listrik yang membuat putaran baling-baling melambat dan akhirnya berhenti secara total.

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 5 dan 3

Cara menghubungkan kapasitor pada kipas angin 5 kabel sama dengan cara pada kipas angin jenis lainnya. Kipas angin ini memiliki beberapa jenis kabel yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Baca Juga :   Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel 1 & 2 Tabung

Kabel berwarna kuning mengalir ke kapasitor, kabel berwarna hitam mengalir ke input PLN+, kabel berwarna biru untuk kecepatan rendah, kabel berwarna putih untuk kecepatan sedang, dan kabel berwarna merah untuk kecepatan tinggi. Kapasitor kipas angin 5 kabel biasanya digunakan untuk kipas angin box.

Sementara itu, skema cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel memiliki fungsi kabel yang berbeda. Kabel berwarna hitam untuk menghubungkan langsung pada sumber listrik (kabel netral), kabel berwarna putih untuk sambungan pada listrik langsung, dan kabel berwarna merah untuk sambungan pada kapasitor saja. Namun, banyak jenis kipas angin yang menggunakan kapasitor kipas angin 6 kabel.

Kipas angin dengan kapasitor 6 kabel memiliki tiga kabel untuk mengontrol kecepatan dan satu kabel langsung terhubung ke listrik, serta dua kabel untuk kapasitor. Untuk mengukur kapasitor, dapat digunakan alat yang disebut dengan multitester analog atau digital.

Berikut perbedaan cara mengukur menggunakan multitaster analaog dan multitaster digital.

Multitaster analog

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengukur kapasitor:

  1. Atur skala multitester pada posisi X1K.
  2. Hubungkan probe merah dan hitam ke kedua kabel kapasitor.
  3. Saat mulai diukur, jarum akan bergerak ke sebelah kanan atau mencapai angka 55 Ohm, dan kembali lagi ke angka 0. Hal ini menkaliankan kapasitor dalam keadaan normal.
  4. Namun, jika jarum tidak bergerak sama sekali, itu menunjukkan adanya kerusakan pada kapasitor.

Multitaster digital

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengukur kapasitor:

  1. Atur skala multitester pada posisi 200k.
  2. Hubungkan probe merah dan hitam ke setiap kabel kapasitor.
  3. Pastikan probe tidak menyentuh kulit. Jika layar menunjukkan angka 1.300 atau lebih, dan kembali ke angka 1, itu menkaliankan bahwa kapasitor dalam keadaan normal.
  4. Namun, jika layar tidak menunjukkan angka tersebut, itu menunjukkan adanya kerusakan pada kapasitor.
Baca Juga :   Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci & Cara Menggantinya

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung

Salah satu tkalian bahwa kapasitor pada kipas angin rusak adalah ketika butuh waktu yang cukup lama untuk membuat baling-baling berputar saat kipas dinyalakan. Bahkan, dalam kondisi yang lebih parah, baling-baling baru mau berputar jika digerakkan secara manual menggunakan tangan.

Jika kamu mengalami kondisi ini, itu menunjukkan bahwa kapasitor kipas angin kamu mulai rusak. Kapasitor kipas angin terdiri dari beberapa jenis kabel, seperti 2 kabel, 3 kabel, dan 5 kabel.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 Kabel

Berikut adalah cara memasang kapasitor pada kipas angin 2 kabel:

  1. Buka penutup kipas angin (housing/cover) dengan obeng yang sesuai dengan sekrup yang ada di sekeliling penutupnya.
  2. Temukan posisi kapasitor kipas angin terlebih dahulu.
  3. Kemudian, cari kabel yang terhubung pada kedua terminal kapasitor dan potong kabelnya. Angkat kapasitor yang rusak.
  4. Siapkan kapasitor baru dan sambungkan ke kabel yang sudah dipotong tadi. Kamu tidak perlu mengurutkan posisi atau warna kabel karena kapasitor menggunakan arus bolak-balik.
  5. Setelah disambungkan, gunakan isolasi untuk memastikan kabel tersambung dengan baik dan tidak ada korsleting.
  6. Jika sudah dipastikan terpasang dengan benar, rakit kembali penutup kipas angin dan coba nyalakan kipas angin terlebih dahulu. Jika baling-baling sudah berputar dengan normal, maka kapasitor sudah terpasang dengan benar.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Seperti yang telah diketahui, terdapat beberapa jenis kapasitor yang harus disesuaikan dengan jenis kipas angin yang digunakan. Perbedaan antar jenis kapasitor hanya terletak pada jumlah kabel yang digunakan. Jika pada bagian sebelumnya telah dijelaskan cara memasang kapasitor 2 kabel, cara memasang kapasitor 5 kabel pun tidak jauh berbeda.

Kuncinya adalah hanya dengan menghubungkan kabel yang dipotong dengan kabel pada kapasitor baru yang akan dipasang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka penutup kipas angin menggunakan obeng.
  2. Temukan posisi kapasitor dan potong kabel dari terminal baterai.
  3. Kemudian, hubungkan kabel yang dipotong dengan kabel pada konektor baru. Kabel pada kapasitor ini menggunakan arus bolak-balik.
  4. Setelah kabel terhubung dengan benar, gunakan isolasi pada sambungan tersebut untuk menghindari korsleting.
  5. Rakit kembali mesin kipas angin dan penutupnya.
Baca Juga :   Skema Gulungan Kipas Angin Maspion Yang Paling Tepat

Cara memasang kapasitor pada kipas angin gantung sama seperti cara pada kipas angin lainnya, karena dasar kerja mesinnya sama. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan untuk memasang kapasitor juga mudah ditemukan.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam mengganti atau memasang kapasitor pada kipas angin gantung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, pastikan kalian memahami cara kerja kapasitor dalam kipas angin gantung dan jenis kapasitor yang sesuai dengan kipas kalian.

Setelah itu, siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng, tang, dan kapasitor baru. Pastikan juga untuk memutuskan arus listrik sebelum memulai proses pemasangan agar terhindar dari bahaya listrik.

Langkah selanjutnya adalah membuka tutup kipas gantung dan melepas kapasitor lama dengan hati-hati. Kemudian, pasang kapasitor baru dengan benar sesuai dengan instruksi yang ada pada kemasan.

Setelah kapasitor baru terpasang, tutup kembali kipas gantung dan pastikan semuanya terpasang dengan baik dan aman. Terakhir, sambungkan kembali arus listrik dan periksa apakah kipas angin gantung sudah berfungsi dengan normal.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, kalian dapat memasang kapasitor pada kipas angin gantung dengan mudah dan aman.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin Gantung Paling Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *