Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix

Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix Tanpa SET

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix Tanpa SET. Bagi pengguna TV berlangganan, mungkin perlu mengetahui cara mengatur remote receiver parabola agar tidak mengalami masalah saat menonton televisi. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu cara melakukannya. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara mengatur remote receiver parabola beserta tips terkaitnya. Mari simak pembahasannya.

Mengenal Tombol Set Pada Remote Receiver

Tombol SET merupakan salah satu tombol pada beberapa remote receiver yang terletak di bagian atas dan berdekatan dengan tombol Power. Di atas tombol tersebut, biasanya terdapat lampu indikator yang akan menyala setelah tombol Set ditekan selama beberapa detik.

Fungsi tombol Set sangat penting dalam pengaturan kode remote receiver. Tanpa tombol tersebut, pengaturan kode tidak dapat dilakukan secara langsung sehingga penggunaan remote universal untuk mengatur tombol remote tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Tombol Set umumnya digunakan bersamaan dengan tombol Power, meskipun ada beberapa remote yang dapat menggunakan tombol Set secara langsung. Namun, pada remote yang membutuhkan pengaturan Set dan Power secara bersamaan, jika tombol Set ditekan dalam waktu yang lama, maka pengaturan remote akan ter-reset.

Cara Setting Remote Receiver Parabola

Harap diingat bahwa cara yang digunakan dapat berbeda tergantung pada merek atau tipe perangkat. Oleh karena itu, silakan perhatikan dan pahami terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Namun, pada dasarnya prinsip yang digunakan hampir sama. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Baca Juga :   Cara Setting Receiver Nusantara HD Cepat & Mudah

  1. Pastikan parabola, receiver, dan TV terhubung dengan baik.
  2. Pilih menu “Add Remote”.
  3. Pilih “Edit Satelit” untuk mengubah satelit tertentu.
  4. Tekan tombol hijau.
  5. Atur frekuensi yang dibutuhkan.
  6. Pilih menu “Instalasi”.
  7. Pilih “Ubah Satelit” untuk menambahkan satelit baru.
  8. Tekan tombol “Menu”.
  9. Tekan kursor kanan pada remote.
  10. Klik “OK”.
  11. Nyalakan receiver Nusantara HD.

Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix

Langkah-langkah di bawah ini dapat diikuti jika remote bawaan tidak dapat digunakan, baik karena rusak maupun hilang. Ini tidak hanya berlaku untuk parabola Matrix, tetapi juga bisa menjadi jawaban untuk cara mengatur remote receiver parabola Tanaka. Satu-satunya kekurangan dari remote universal adalah bahwa seringkali tidak mendukung semua fitur bawaan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini.

1. Menggunakan auto scan

Salah satu cara adalah menggunakan auto scan. Seperti namanya, cara ini berjalan secara otomatis sehingga tidak terlalu merepotkan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa remote mungkin tidak mendukung fitur auto scan. Pastikan terlebih dahulu apakah remote universal kalian mendukung fitur ini. Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan receiver sudah menyala.
  • Pastikan remote universal telah terpasang baterai.
  • Tekan tombol SET pada remote.
  • Perhatikan layar.
  • Jika terdapat perubahan volume atau channel, lepaskan tombol SET.
  • Uji coba remote untuk mengganti channel atau volume.
  • Selesai.

2. Menggunakan cara manual

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, kalian dapat mencoba cara manual untuk mengatur remote receiver parabola. Untuk melakukannya, kalian perlu mengetahui kode-kode tertentu. Namun, jika kalian masih tidak tahu kode tersebut, kalian dapat melihat daftar kode pada bagian selanjutnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan remote universal.
  • Tekan dan tahan tombol Power serta tombol SET.
  • Lampu indikator akan terus menyala.
  • Masukkan kode yang sesuai.
  • Setiap angka yang dimasukkan akan ditkaliani oleh kedipan lampu indikator.
  • Lampu akan mati ketika semua kode sudah dimasukkan.
  • Jika berhasil, remote dapat langsung digunakan.
  • Jika tidak berhasil, cobalah menggunakan kode lainnya.
  • Selesai.
Baca Juga :   Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal Paling Tepat

Cara Setting Remote Receiver Universal Tanpa Tombol SET

Semua cara di atas menggunakan tombol SET. Namun, dalam beberapa kasus, remote tidak dilengkapi dengan tombol SET. Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, kalian masih bisa melakukan pengaturan meskipun remote kalian tidak memiliki tombol SET. Namun, sebelum itu, kalian perlu mengetahui dua jenis remote yang tersedia.

1. Remote Universal

Remote universal, seperti namanya, dapat digunakan untuk semua merek perangkat. Keuntungan dari remote ini adalah dapat menggantikan remote bawaan yang rusak atau hilang. Selain itu, harga remote universal lebih terjangkau dibandingkan dengan remote asli. Namun, tidak semua remote universal dapat cocok dengan perangkat tertentu dan memerlukan pengaturan terlebih dahulu. Beberapa merek yang populer termasuk Chung He, Joker, dan Chung Hop.

2. Remote Non Universal

Jenis remote ini biasanya hanya digunakan untuk satu merek saja. Jadi, saat membeli, harus dipastikan cocok dengan merek TV yang digunakan. Jika tidak cocok, perangkat ini tidak akan dapat digunakan karena hanya dapat digunakan untuk satu merek saja dan biasanya tidak memiliki tombol SET. Oleh karena itu, meskipun sudah dilakukan pengaturan berulang kali, jenis remote ini tidak akan dapat digunakan pada merek lain.

Itulah beberapa cara untuk melakukan setting remote receiver parabola yang dapat dilakukan. Meskipun terdapat jenis remote universal, sebaiknya tetap menggunakan remote asli karena memiliki beberapa kelebihan seperti ketahanan yang lebih baik, fitur yang lengkap sesuai dengan fitur pada TV, dan masih banyak lagi. Tidak masalah jika harganya cenderung lebih mahal karena kualitasnya tetap terjamin.

Cara Merawat Remote Universal Agar Tetap Awet

Untuk menjaga umur barang agar panjang dan tidak cepat rusak, perlu dilakukan perawatan yang baik. Hal yang sama berlaku untuk remote universal.

Agar remote dapat awet, penting untuk merawatnya dengan baik. Umumnya, merawat remote cukup mudah, yaitu:

Baca Juga :   Frekuensi Net Tv Terbaru Di Parabola Paling Tepat

1. Mengganti Baterai Secara Berkala

Pada bagian tempat penyimpanan baterai pada remote seringkali terdapat karat pada besi. Hal ini disebabkan oleh reaksi antara besi pada baterai dengan udara yang dapat menyebabkan terbentuknya karat. Oleh karena itu, baterai pada remote perlu sering diganti atau diangkat untuk dibersihkan.

2. Bersihkan Secara Rutin

Jika TV dinyalakan setiap hari, maka remote juga akan digunakan secara rutin. Oleh karena itu, perlu membersihkan remote secara teratur agar kotoran tidak menumpuk pada tombol remote. Jika kotoran menumpuk, maka efisiensi listrik dapat menurun dan baterai akan semakin cepat habis.

3. Posisi Harus Tepat

Kesalahan umum yang sering dilakukan orang adalah kurang berhati-hati dan lupa saat meletakkan remote, terutama karena ukurannya yang kecil. Ada risiko besar bahwa remote akan tertekan atau terinjak.

Kerusakan pada bagian dalam remote sangat sulit untuk dihindari jika hal ini terjadi. Oleh karena itu, letakkan remote pada tempat yang aman dan mudah ditemukan untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam mengoperasikan parabola Matrix, setting remote receiver sangatlah penting. Dengan melakukan pengaturan yang tepat, kalian dapat menikmati tayangan televisi dengan kualitas yang lebih baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat melakukan setting remote receiver parabola Matrix dengan mudah dan cepat. Selamat menikmati tayangan televisi dengan kualitas yang lebih baik!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix Tanpa SET. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *