Fungsi Tombol Pada Remote AC Aqua

Fungsi Tombol Pada Remote AC Aqua & Cara Settingnya

Posted on

Finoo.id – Fungsi Tombol Pada Remote AC Aqua & Cara Settingnya. Ketidakpahaman terhadap makna simbol pada remote AC Aqua Japan dapat membuat pengguna pemula merasa bingung. Mereka sering ragu untuk menekan tombol tertentu karena khawatir membuat kesalahan.

Banyak orang beralih dari kipas angin biasa ke AC untuk merasakan kesejukan udara, dan Aqua Japan adalah salah satu merek populer dengan banyak pelanggan.

Jika kamu adalah konsumen yang baru saja membeli AC merek Aqua untuk pertama kali, maka wajar jika kamu belum tahu cara mengoperasikannya.

Namun, kamu hanya perlu sedikit waktu untuk mempelajari makna simbol pada remote AC Aqua dengan baik dan benar agar bisa mengoperasikan unit tersebut sesuai dengan buku panduan resmi dari pabrik di masa depan.

Fungsi Remote AC Aqua

Pada dasarnya, ada banyak model AC yang tersedia di pasaran dan jenis split menjadi yang paling populer. AC ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit indoor dan outdoor, yang terhubung melalui sistem pemipaan.

AC Aqua Japan single split tidak dapat diakses secara manual karena terpasang di dinding. Semua fitur dan fungsi telah dialihkan ke dalam remote kontrol yang kecil.

Fungsi dari remote AC Aqua adalah untuk membantu pemilik dalam mengoperasikan unit indoor dengan mudah dan sederhana dari jarak jauh. Cukup dengan menekan tombol dengan simbol tertentu untuk mengaktifkan suatu fitur.

Remote kontrol terdiri dari beberapa komponen sebagai berikut:

  1. Transmitter – Bagian yang mengirimkan sinyal inframerah ke unit indoor.
  2. Panel – Berisi tombol dengan simbol-simbol tertentu yang mewakili fungsi yang tersedia.
  3. Sirkuit – Berupa papan PCB yang menjadi inti dari remote kontrol.
  4. Casing – Casing luar yang melindungi semua komponen yang terdapat di dalamnya.
Baca Juga :   Cara Reset Remote AC Electrolux Mudah & Simpel

Ketika menggunakan remote AC Aqua, kalian perlu mengarahkannya secara langsung ke unit indoor tanpa ada halangan apapun. Hal ini bertujuan agar sinyal inframerah dapat terkirim dengan lancar dan jangkauan maksimal hingga delapan meter.

Arti Simbol Remote AC Aqua

Remote kontrol AC Aqua terdiri dari 12 tombol utama yang masing-masing memiliki simbol yang mewakili fitur tertentu. Disarankan untuk mempelajari dengan seksama fungsi dari setiap tombol agar dapat mengoperasikan produk secara lebih profesional.

1. Power ON / OFF

Pada setiap remote AC, terdapat tombol Power ON/OFF yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan perangkat AC. Tombol ini mudah ditemukan karena terletak di sisi atas remote dengan warna button berwarna merah.

2. Temperature

Untuk menaikkan atau menurunkan suhu udara pada AC, cukup tekan tombol dengan gambar panah ke atas atau ke bawah pada remote. Untuk menaikkan suhu, tekan tombol dengan panah ke atas. Sedangkan, untuk menurunkan suhu, tekan tombol dengan panah ke bawah.

3. Dry

Tombol ini memungkinkan perangkat AC untuk beroperasi seperti kipas angin biasa. Dengan menekan tombol ini, unit hanya akan mengeluarkan aliran udara tanpa dapat mengatur suhu.

4. Heat

Fitur Heat pada AC bertujuan untuk menghilangkan kelembapan udara, sehingga dapat mencegah pertumbuhan jamur di dalam ruangan.

5. Cool

Tombol Cool pada remote kontrol berfungsi untuk mengaktifkan mode pendingin udara dan mengatur suhu sesuai dengan keadaan ruangan. Kecepatan penurunan suhu tergantung pada pengaturan kipas, suhu, dan mode turbo pada AC.

6. Turbo

Untuk mendapatkan udara dingin dalam waktu singkat, tekan tombol Turbo pada remote kontrol. Dengan menekan tombol ini, unit AC akan beroperasi pada kecepatan maksimum, sehingga proses pendinginan dapat tercapai lebih cepat.

7. Auto

Tombol ini memungkinkan perangkat AC untuk mendeteksi kondisi ruangan dan mengatur suhu secara otomatis. Dengan menekan tombol ini, unit AC akan memilih preferensi ideal secara otomatis, sehingga pengguna lebih mudah dalam menggunakannya.

8. Low Watt

Tombol Low Watt pada remote AC Aqua berfungsi untuk mengaktifkan mode hemat energi, sehingga AC dapat bekerja dengan lebih efisien dan hemat daya listrik.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan AC LG Yang Wajib Diketahui

9. Timer

Jika ingin menghentikan operasi AC pada waktu tertentu, tekan tombol Timer pada remote kontrol. Dengan menekan tombol ini, unit AC akan dimatikan secara otomatis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

10. Swing

Tombol Swing pada remote kontrol memungkinkan pengguna untuk mengatur arah hembusan udara. Pada beberapa tipe AC, terdapat pengaturan gkalian yaitu horizontal dan vertikal, sehingga pengguna dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan.

11. Sleep

Jika terganggu dengan suara bising dari AC, pengguna dapat mengurangi suara hembusan udara dengan menekan tombol yang sesuai pada remote kontrol.

12. Light

Tombol ini digunakan untuk menyalakan lampu latar pada display remote control AC. Dengan menekan tombol ini, ikon-ikon pada remote control akan terlihat lebih jelas terutama ketika pencahayaan ruangan minim.

13. Nano Aqua

Ketika diaktifkan, fitur Nano Aqua pada AC Aqua Japan dapat membersihkan virus, debu, kotoran, dan bakteri yang menempel di bagian evaporator. Hal ini akan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, sehingga lebih bersih dan sehat bagi tubuh.

14. Health Airflow

Fungsi Health Airflow pada AC Aqua adalah untuk mengatur hembusan udara di dalam ruangan agar terasa lebih sejuk dan sehat.

15. Lock

Untuk mengunci pengaturan pada remote kontrol AC, tekan tombol Lock.

16. Reset

Jika ingin mengembalikan pengaturan AC ke setelan pabrik, pilih tombol Reset pada remote kontrol.

Cara Setting Remote AC Aqua Biar Dingin

Cara setting remote AC Aqua biar dingin maksimal:

Berikut adalah cara mengatur remote AC Aqua agar dapat memberikan dingin maksimal:

  1. Tekan tombol Power (On/Off) pada remote control AC Aqua.
  2. Tunggu hingga indikator suhu muncul pada display remote.
  3. Atur suhu kamar antara 22 derajat hingga 24 derajat Celsius.
  4. Biarkan AC menyala pada suhu tersebut selama kurang lebih 1 menit agar terjadi penyesuaian pada kompresor AC.
  5. Pilih mode Cool pada remote kontrol. Maka unit AC akan bekerja secara efektif dan efisien untuk pendinginan.

Untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih nyaman, atur kecepatan kipas dengan menekan tombol Fan pada remote control AC Aqua. Turunkan suhu udara secara bertahap setiap 1 menit dengan 1 derajat Celsius hingga kalian merasa nyaman dengan suhu ruangan tersebut.

Baca Juga :   √ Perbedaan Air Cooler dan Air Conditioner, Berikut Ulasanya

Untuk mengatur arah aliran udara AC, tekan tombol Swing pada remote control. Hal ini bertujuan agar arah angin tidak langsung mengenai tubuh pengguna.

Hal yang perlu dihindari saat setting AC

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengoperasikan AC agar tetap awet antara lain:

  1. Jangan langsung menurunkan suhu AC secara drastis ke posisi yang diinginkan. Hal ini dapat membuat kompresor AC bekerja dengan maksimal terus-menerus, yang pada jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada AC.
  2. Tutup semua ventilasi dan lubang roaster pada ruangan agar AC dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien dalam mendinginkan ruangan. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi penggunaan daya listrik AC dan membuatnya lebih irit serta tidak memberatkan kinerja AC.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah membahas tentang fungsi tombol pada remote AC Aqua. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, remote AC Aqua dilengkapi dengan berbagai tombol yang dapat digunakan untuk mengontrol suhu dan mode operasi AC. Dengan menggunakan remote AC Aqua, kita dapat mengatur suhu ruangan secara tepat dan menghemat energi.

Tombol-tombol pada remote AC Aqua memiliki fungsi yang berbeda-beda, mulai dari tombol power untuk menyalakan atau mematikan AC hingga tombol mode untuk mengubah mode operasi AC. Selain itu, terdapat juga tombol fan untuk mengatur kecepatan kipas dan tombol swing untuk mengarahkan arah udara yang keluar dari AC.

Dalam menggunakan remote AC Aqua, pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan seluruh fungsi tombol dengan maksimal. Dengan memahami fungsi tombol pada remote AC Aqua, kita dapat mengatur suhu ruangan dengan mudah dan nyaman sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *