Penyebab Kipas AC Tidak Berputar

Penyebab Kipas AC Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Finoo.id – Penyebab Kipas AC Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya. Jika kipas indoor AC tidak berputar, itu akan merugikan pengguna. Selain itu, jika kipas outdoor AC juga tidak berputar, pengguna tidak akan dapat menikmati udara dingin di dalam ruangan. Kerusakan pada kedua kipas tersebut akan menyebabkan AC kehilangan fungsinya sebagai pendingin ruangan. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara memperbaiki kipas indoor AC yang tidak berputar.

Ada berbagai cara untuk memperbaiki kipas AC yang tidak berputar. Salah satunya adalah dengan melakukan tes pada motor fan indoor AC untuk mengembalikan udara dingin ke dalam ruangan.

Namun, sebelum memperbaikinya, perlu dilakukan tes pada motor fan indoor AC terlebih dahulu. Peran spesifik dari kipas atau blower indoor AC adalah untuk mengambil udara dari dalam ruangan dan mengembalikannya dalam kondisi bersih dan dingin, sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan terjaga. Sedangkan, kipas outdoor AC berperan penting dalam menjaga kondensor agar tetap dingin dan mengurangi tekanan pada refrigeran.

Setelah dilakukan tes pada fan, pengguna perlu memperbaiki kipas indoor AC yang tidak berputar dan kipas outdoor. Namun, sebelum memperbaikinya, pengguna perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Penyebabnya antara lain motor yang kotor, kabel yang putus, arus listrik yang bermasalah, baut yang longgar, kompresor yang terlalu panas, kerusakan pada thermistor, atau malfungsi kapasitor. Jika tidak diperbaiki, AC tidak akan berfungsi secara maksimal dan tagihan listrik akan terus bertambah.

Penyebab Kipas AC Tidak Berputar

Ini adalah beberapa penyebab mengapa kipas AC tidak berputar yang perlu diketahui:

1. Kapasitor Buruk

Salah satu alasan kipas AC tidak berfungsi atau tidak mau berputar adalah karena kapasitor yang rusak. Kapasitor adalah sebuah perangkat silinder kecil yang memberikan energi untuk unit motor di AC. Biasanya, kapasitor bertanggung jawab atas pengoperasian unit AC dan memberikan daya tambahan yang dibutuhkan pada setiap unit yang berjalan. Berikut ini adalah beberapa tkalian kapasitor yang rusak:

Baca Juga :   √ Penyebab AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin & Cara Atasinya!

  • Sulit menyalakan AC.
  • AC mati secara tiba-tiba.
  • Tidak ada udara dingin yang keluar dari AC.
  • AC mengeluarkan suara berdengung.

2. Motor Kipas Rusak

Motor kipas kondensor terletak di dalam unit AC dan berfungsi untuk memutar bilah kipas yang meniupkan udara dari luar dan melintasi kumparan kondensor AC. Proses ini bertanggung jawab dalam mengubah gas pendingin panas menjadi cairan dingin dan memberikan udara sejuk untuk di dalam rumah. Kerusakan pada motor kipas dapat menyebabkan AC berhenti berputar, sehingga perlu diperbaiki agar tidak mempengaruhi kinerja sistem lainnya.

3. Masalah Kontraktor AC

Kontraktor AC adalah perangkat kecil yang berfungsi untuk mengontrol aliran listrik pada seluruh unit AC. Saat suhu pada thermostat diatur, beberapa bagian dari kontraktor ini akan mengalirkan dan membatasi arus listrik yang memberi sinyal pada AC apakah harus beroperasi atau tidak.

Namun, kontraktor AC juga dapat terbakar karena keausan normal atau terdapat sistem yang panas. Ketika kontraktor terbakar, maka aliran listrik pada sistem akan terhambat dan komponen AC yang berdekatan juga akan terpengaruh dan tidak berfungsi.

4. Sabuk AC yang Rusak

Sebagian besar unit AC model baru tidak mengkalianlkan sistem sabuk AC, namun beberapa masih menggunakan motor AC. Namun, beberapa unit AC yang lebih tua atau lama masih menggunakan sabuk AC yang dapat rusak dan membuat kipas tidak berfungsi dengan baik. Seiring penggunaan AC yang terlalu lama, sabuk AC dapat menjadi lebih rentan terhadap keretakan, robek, dan kerusakan lainnya.

5. Bilah Kipas Rusak

Kipas AC yang tidak berputar atau berfungsi mungkin disebabkan oleh bilah kipas yang rusak. Bilah kipas biasanya terlihat melalui ventilasi pada unit luar ruangan. Jika salah satu bilah kipas terlihat bengkok, retak, atau rusak, sebaiknya bilah kipas tersebut diganti.

Cara Memperbaiki Kipas Indoor AC Tidak Berputar

1. Periksa kondisi motor kipas dalam ruangan.

Untuk memeriksa apakah motor kipas normal atau tidak, kita dapat menggunakan metode bypass. Kita bisa melewatkan kaki 1 dan 2 triac/scr agar motor kipas di dalam ruangan berputar dengan kecepatan maksimum atau kecepatan penuh. Namun, jika putarannya masih lambat, maka kemungkinan belitan motor atau kapasitor telah rusak.

Baca Juga :   √ Alat Untuk Membersihkan AC, Apa Saja Yang Dibutuhkan?

2. Periksa bagian driver motor.

Caranya adalah dengan melakukan jumper dari optotriac ke rangkaian IC uln2003 dan memantau hasilnya.

Jika motor berputar, maka tidak ada masalah pada pengemudi. Namun, jika motor tidak berputar, kemungkinan ada masalah pada pengemudi tersebut.

3. Periksa sensor tegangan/arus.

Bagian ini terdiri dari resistor yang terhubung ke 5V dan ground, kapasitor, optocoupler, transistor, dan dioda pada bagian tegangan tinggi.

Jika tegangan input (pin 1 dan 2 dari optocoupler/photocoupler) adalah arus searah, jenis photocoupler (pc) adalah directional, seperti PC817.

Saat menggunakan arus bolak-balik (AC), photocoupler adalah dua arah jika resistor dihubungkan langsung ke tegangan listrik. Namun, jenis pc814 masih sulit ditemukan di pasaran.

Output dari bagian ini adalah rute kolektor transistor, dan besarnya tegangan yang mengalir ke mikrokontroler ditentukan oleh desain program mikrokontroler.

Tegangan kolektor dapat diukur pada 4.5V, 2.3V, atau 0V tergantung pada pembacaan mikrokontroler, misalnya saja (setiap modul berbeda).

Dengan asumsi tegangan kolektor transistor adalah 4.5V (yang diturunkan dari 5V melalui resistor pull-up), tegangan basis transistor akan diukur pada 0V karena photocoupler akan memperpendek tegangan pull-up basis ke ground.

Jika photocoupler dilepas, tegangan basis menjadi 4.5V dan tegangan kolektor menjadi 0V karena kolektor-emitor terhubung dimana emitor terhubung ke ground, menyebabkan mikrokontroler membaca bahwa kondisi kelistrikan tidak normal dan akan menekan sinyal pengapian motor kipas dalam ruangan (dilindungi).

Demikian juga, jika diasumsikan tegangan kolektor adalah 2.3V, maka sinyal akan dilindungi jika tegangan kolektor tidak tercapai. Akhirnya, kita harus bereksperimen dengan tegangan kolektor yang benar-benar diinginkan dan memeriksa input dan output photocoupler.

4. Periksa modul PCB IC ULN2003

Output dari kaki leg 16 uln2003 terhubung ke driver motor, sedangkan input micom terhubung ke kaki nomor 1.

Jika langkah di atas memindahkan tegangan kolektor dari rendah (0V) ke tinggi (4,5V), ditemukan bahwa mikrokontroler tidak memberikan sinyal pada rentang tegangan 2-4V pada kaki nomor 1 uln2003.

Akibatnya, kita mungkin berasumsi bahwa mikrokontroler mengalami masalah dengan pembacaan sensor listrik.

Jika motor bisa berputar, maka ic uln2003 masih berfungsi dengan baik. Namun, jika motor tidak bisa berputar, maka uln2003 rusak.

Rahasianya adalah memutuskan sambungan line dari micom ke kaki nomor 1 uln2003, lalu menghubungkan kabel jumper dari kaki 1 ke tampilan kontrol kabel pada leg 1 uln2003.

Baca Juga :   Penyebab AC Tidak Bisa Dimatikan Dengan Remote Paling Mudah

Daya led on-off dikendalikan oleh kaki nomor 1 uln2003 pada layar, sehingga kipas dalam ruangan akan dimatikan ketika daya led dimatikan.

Cara Memperbaiki Kipas Outdoor AC Tidak Berputar

Kerusakan pada kipas outdoor AC yang tidak berputar biasanya disebabkan oleh kerusakan pada kompresornya. Jika mengalami hal tersebut, maka beberapa langkah berikut perlu dilakukan:

  1. Mengecek kinerja kabel dengan menggunakan tespen. Bila tidak terdapat tegangan, maka dipastikan ada kabel yang putus sehingga perlu disambung.
  2. Memastikan seluruh baut pada mesin terpasang dengan sempurna sehingga tidak ada kelonggaran yang menyebabkan mesin tidak berjalan.
  3. Mengecek kapasitor dalam unit outdoor dan kompresor. Jika kapasitor tidak berfungsi, maka harus dilakukan penggantian kapasitor.
  4. Memastikan pipa-pipa kondensor dan juga kisi-kisinya bersih agar kompresor tidak bekerja terlalu berat dan kemudian mati.
  5. Menggunakan stabilizer untuk mengecek daya listrik di rumah atau bangunan tempat AC terinstal. Hal ini dilakukan untuk memastikan adanya stabilisasi arus atau arus tidak fluktuatif.
  6. Mengecek thermistor apabila suhu yang disetel pada pendingin tidak sesuai dengan kondisi suhu ruangan. Jika thermistor rusak, maka harus segera diganti.
  7. Pengguna perlu memahami cara melakukan test motor fan pada kipas indoor AC. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan penggunaan perangkat dan menghindari tagihan listrik yang tinggi akibat kerusakan pada perangkat pendingin ruangan.

Artikel Terkait :

Penutup

Kipas AC yang tidak berputar dapat menyebabkan ruangan menjadi tidak nyaman dan tidak sejuk. Beberapa penyebab umum kipas AC tidak berputar antara lain terkait dengan masalah listrik seperti kabel yang putus atau konsleting, kerusakan pada motor kipas, dan masalah pada remote kontrol atau pengatur suhu.

Jika kalian mengalami masalah kipas AC yang tidak berputar, sebaiknya segera periksa dan perbaiki dengan bantuan teknisi ahli agar AC kalian dapat berfungsi dengan baik dan nyaman digunakan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Penyebab Kipas AC Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimkasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *