Cara Menguatkan Sinyal TV Digital

Cara Menguatkan Sinyal TV Digital Paling MUdah & Simpel

Posted on

Finoo.id – Cara Menguatkan Sinyal TV Digital Paling MUdah & Simpel. Beberapa bulan yang lalu, Pemerintah secara resmi menghentikan siaran TV Analog dan beralih ke siaran TV Digital. Namun, Pemerintah juga mendorong masyarakat untuk menggunakan Set Top Box (STB) agar televisi di rumah dapat menerima sinyal TV Digital.

Saat ini, harga STB di pasaran masih berkisar sekitar 200 ribuan untuk yang paling murah. Selain itu, Pemerintah juga membagikan STB secara gratis kepada masyarakat yang kurang mampu.

Namun, perlu diketahui bahwa beberapa pengguna TV Digital mengalami kesulitan mendapatkan saluran TV. Hal ini dapat disebabkan oleh sinyal TV Digital yang lemah, sehingga proses penangkapan saluran TV menjadi kurang optimal.

Oleh karena itu, melalui artikel ini kami akan menjelaskan cara memperkuat sinyal TV Digital. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi mengenai alasan mengapa sinyal TV Digital bisa melemah. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Sinyal TV Digital Lemah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebagian besar masyarakat sudah memiliki STB untuk menikmati siaran TV Digital. Namun, ada cara beralih ke TV Digital tanpa perlu menggunakan STB, namun metode ini hanya berlaku untuk pengguna SmartTV dan Android TV.

Baik menggunakan STB maupun tidak, pengguna TV Digital tetap harus melakukan penangkapan sinyal untuk mendapatkan saluran TV Digital seperti RCTI, NET TV, MNC TV, dan lainnya. Bagi pengguna STB, proses penangkapan sinyal seharusnya lebih akurat.

Namun, bagaimana dengan pengguna yang mengeluhkan bahwa TV Digital di rumah mereka memiliki sinyal yang lemah sehingga sulit mendapatkan saluran TV Digital? Masalah ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Posisi Antena Kurang Tepat

Pertama, sinyal TV Digital dapat melemah jika posisi antena menghadap ke arah yang tidak tepat. Oleh karena itu, antena tidak dapat menangkap sinyal TV Digital dengan baik.

2. Kabel Konektor STB Bermasalah

Kedua, masalah pada kabel konektor yang menghubungkan STB dengan perangkat TV seperti terlepas atau kurang kencang dapat menjadi penyebab TV Digital tidak dapat menangkap sinyal secara optimal.

Baca Juga :   Cara Pasang TV Tuner Gadmei Paling Mudah Dijamin Berhasil

3. Daerah Belum Menjangkau Area Coverage Channel

Ketiga, terkadang jumlah saluran TV Digital yang bisa ditangkap terbatas bukan karena kelemahan sinyal, melainkan karena beberapa saluran TV Digital belum menjangkau wilayah tersebut. Penting untuk diketahui bahwa beberapa saluran TV Digital baru tersedia di daerah perkotaan dan belum mencakup daerah terpencil.

Cara Menguatkan Sinyal TV Digital

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa TV Digital memiliki sinyal yang lemah atau tidak dapat menangkap banyak saluran TV Digital, selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara memperkuat sinyal TV Digital agar kalian dapat menikmati lebih banyak saluran. Tanpa perlu menunggu lebih lama, berikut ini adalah langkah-langkah lengkap untuk memperkuat sinyal TV Digital:

1. Gunakan Antena Jenis HDU

Cara pertama, kalian dapat mengganti antena yang digunakan dengan antena HDU. Antena jenis ini memiliki kekuatan yang lebih baik dalam menangkap sinyal Digital, sehingga televisi kalian dapat menampilkan lebih banyak saluran TV Digital.

2. Gunakan Kabel Antena Tipe RG6

Cara kedua, kalian juga dapat menggunakan kabel antena tipe RG6 untuk memperkuat sinyal TV Digital. Kabel ini dapat dibeli dengan harga sekitar 130 ribu rupiah dan tersedia di toko elektronik atau platform jual beli online seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

3. Gunakan Konektor F Press Jack

Cara ketiga, konektor antara STB dan TV juga merupakan faktor penting dalam memperkuat sinyal TV Digital. Untuk bagian ini, kami merekomendasikan penggunaan konektor tipe F Press Jack. Jika TV kalian menggunakan jenis konektor ini, baik STB maupun antena TV akan dapat menangkap sinyal Digital dengan lebih optimal.

4. Gunakan STB Sesuai Rekomendasi Pemerintah

Cara keempat, untuk memperkuat sinyal TV Digital, pastikan bahwa STB yang kalian gunakan sesuai dengan rekomendasi Pemerintah. Jika kalian telah mendapatkan STB secara gratis dari Kominfo, maka perangkat tersebut dapat dipercaya. Namun, jika kalian membeli STB sendiri dari toko peralatan elektronik, penting untuk memeriksa spesifikasinya dan memastikan bahwa STB tersebut mendukung fitur DVB T2. Jika belum, segera gantilah dengan STB yang menggunakan teknologi DVB T2 agar kekuatan sinyal dapat ditingkatkan.

5. Gunakan Booster Antena

Cara terakhir untuk memperkuat sinyal TV Digital adalah dengan menggunakan Booster Antena. Perangkat ini dapat meningkatkan kemampuan antena dalam menangkap sinyal Digital, bahkan jika sumber sinyal berada cukup jauh. Jadi, cara ini juga cocok bagi kalian yang berada di daerah terpencil dan belum mendapatkan banyak saluran TV Digital.

Cara memilih penguat sinyal TV

Umumnya, pemasangan penguat sinyal TV dilakukan dengan cara yang serupa. Perbedaannya terletak pada area instalasinya dan spesifikasi produknya. Mari kita pahami setiap poinnya satu per satu agar kalian dapat memperoleh penguat sinyal TV terbaik.

1. Pilih tipenya berdasarkan status penerimaan sinyal di lingkungan tempat tinggal kalian

Penguat sinyal TV terbagi menjadi dua tipe, yaitu penguat dalam ruangan (indoor) dan penguat luar ruangan (outdoor). Berikut ini akan kami jelaskan kegunaan masing-masing tipe penguat tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan kondisi sinyal TV di lingkungan rumah kalian.

Baca Juga :   Cara Paralel TV Kabel Cukup Gunakan Splitter & LNB Dual Out

  1. Penguat luar ruangan (Outdoor): Digunakan dalam lingkungan yang sulit menerima sinyal TV. Penguat sinyal outdoor ini biasanya dipasang di luar rumah atau di atap, dan berfungsi untuk meningkatkan sinyal yang masuk ke antena TV. Dengan menggunakan penguat sinyal outdoor, kalian dapat memperkuat sinyal TV Digital yang lemah atau sulit ditangkap.
  2. Penguat dalam ruangan (Indoor): Meningkatkan kinerja splitter dan menstabilkan gambar. Penguat sinyal indoor ini dirancang untuk digunakan di dalam rumah. Pemasangannya biasanya dilakukan di dekat televisi atau antena dalam ruangan. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kualitas sinyal yang diterima oleh televisi kalian, mengoptimalkan pemisahan sinyal melalui splitter, dan memastikan gambar TV tetap stabil dan jernih.

kalian dapat memilih jenis penguat sinyal TV yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan kalian.

2. Ketahui spesifikasi yang dimiliki penguat sinyal TV pilihan kalian

Saat memilih penguat sinyal TV, penting bagi kalian untuk memahami beberapa istilah teknis yang terkait. Berikut ini adalah beberapa fitur penting yang akan kami jelaskan secara rinci. Mengetahui spesifikasinya akan membantu kalian untuk menikmati gambar yang jernih di layar TV kalian.

  • Noise figure (angka kebisingan): Merupakan parameter yang menunjukkan tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh penguat sinyal. Semakin rendah angka kebisingan, semakin baik kinerja penguat dalam menekan kebisingan pada sinyal.
  • Gain (penguatan): Merupakan rentang gelombang yang dapat diperkuat oleh penguat sinyal. Semakin tinggi angka gain, semakin besar penguatan sinyal yang dapat dilakukan oleh penguat tersebut.
  • Output (keluaran): Merupakan batas sinyal yang dihasilkan oleh penguat untuk mendapatkan gambar yang stabil di TV kalian. Perhatikan batas sinyal output yang sesuai dengan kebutuhan TV kalian agar dapat menampilkan gambar yang jernih.
  • Input (masukan): Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengatur tingkat masukan sinyal sesuai dengan kebutuhan. kalian dapat menyesuaikan tingkat input pada penguat sinyal agar sesuai dengan sinyal yang diterima.

3. Periksa kompatibilitasnya dengan sinyal TV yang ingin kalian dapatkan

Untuk dapat menikmati gambar berkualitas tinggi, penting untuk memeriksa apakah produk penguat sinyal TV yang kalian pilih mendukung hal tersebut. Saat ini, siaran televisi digital video broadcasting (DVB) telah tersedia dan dapat dinikmati. Oleh karena itu, disarankan untuk mempertimbangkan produk penguat sinyal yang kompatibel dengan frekuensi siaran tersebut.

Jika kalian menggunakan layanan TV kabel (CATV), kalian perlu menggunakan produk penguat sinyal yang dirancang khusus untuk itu. Harap dicatat bahwa meskipun penguat sinyal TV mendukung siaran digital terestrial, produk tersebut tidak kompatibel dengan jaringan TV kabel.

4. Pertimbangkan penguat sinyal TV dari merek tepercaya di bidangnya

Apabila kalian ingin membeli produk penguat sinyal TV berdasarkan produsennya, ada beberapa merek yang memiliki reputasi baik dan banyak diminati di e-commerce Indonesia. kalian dapat mempertimbangkan produk dari Toyosaki, Tanaka, Falcom, dan merek lainnya. Masing-masing pabrikan tersebut menyediakan beragam model penguat sinyal TV untuk memenuhi kebutuhan kalian.

Baca Juga :   Berikut Tower Pemancar TV Digital Terdekat Seluruh Indonesia

Selain itu, kalian juga dapat memilih produk dari Televes. Televes adalah merek yang terkenal secara internasional dalam hal perangkat terkait sinyal TV. Merek ini berasal dari Spanyol dan memproduksi penguat sinyal TV, antena, serta perangkat parabola. Produk Televes telah diakui kualitasnya dan dapat menjadi pilihan yang baik untuk memperkuat sinyal TV kalian.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam era digital ini, menikmati siaran televisi dengan kualitas yang baik menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi banyak orang. Namun, seringkali sinyal TV digital kita mengalami gangguan dan mengakibatkan gambar yang buram atau bahkan hilang sama sekali. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperkuat sinyal TV digital kalian.

Pertama, pastikan kalian memiliki antena yang tepat dan terpasang dengan baik. Pilih antena yang sesuai dengan kebutuhan dan letak geografis kalian. Periksa juga kondisi fisik antena, pastikan tidak ada kerusakan atau korosi yang dapat mengganggu penerimaan sinyal.

Selanjutnya, tempatkan antena dengan strategis. Coba posisikan antena di tempat yang tinggi dan bebas dari hambatan seperti gedung atau pepohonan. Jika mungkin, arahkan antena ke pemancar TV terdekat untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat.

Selain itu, gunakan kabel koaksial yang berkualitas baik untuk menghubungkan antena dengan televisi kalian. Kabel yang buruk kualitasnya dapat menyebabkan kehilangan sinyal yang signifikan. Pastikan kabel tersebut tidak terlalu panjang, karena semakin panjang kabel, semakin banyak sinyal yang hilang.

Jika masih mengalami masalah dengan sinyal, kalian juga dapat menggunakan penguat sinyal TV. Penguat sinyal ini dapat meningkatkan daya tangkap antena dan menguatkan sinyal yang lemah. Pasang penguat sinyal di antara antena dan televisi kalian untuk hasil yang optimal.

Terakhir, lakukan pemindaian kanal secara berkala pada televisi kalian. Sinyal TV digital dapat berubah dan saluran baru mungkin telah ditambahkan. Dengan memindai kanal, kalian dapat mengoptimalkan penerimaan sinyal dan menikmati saluran yang lebih banyak.

Dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel finoo.id ini, kalian dapat memperkuat sinyal TV digital kalian dan menikmati pengalaman menonton yang lebih baik. Jangan biarkan sinyal yang lemah menghalangi hiburan kalian. Selamat menikmati acara TV favorit kalian dengan gambar yang jernih dan tanpa gangguan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *