Harga Mesin Cetak Banner

Daftar Harga Mesin Cetak Banner Paling Lengkap

Posted on

Finoo.id – Daftar Harga Mesin Cetak Banner Paling Lengkap. Di era yang semakin maju seperti sekarang ini, ada banyak profesi yang dapat kita pilih untuk mengumpulkan kekayaan yang menjanjikan, salah satunya adalah membuka jasa periklanan. Untuk menjalankan profesi tersebut, tentunya kita memerlukan mesin cetak yang terdiri dari printer, mesin fotokopi, mesin cetak banner, dan sebagainya. Saat ini, mesin-mesin tersebut dapat dengan mudah kita dapatkan di toko elektronik dan situs jual beli online.

Berbicara tentang mesin cetak, beberapa dari kalian mungkin masih belum familiar dengan mesin cetak banner atau bahkan belum pernah melihatnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas informasi tentang mesin ini, termasuk harga, spesifikasi, dan rekomendasi mesin cetak banner terbaik yang dapat kalian miliki. Kami berharap informasi yang akan kami berikan dapat menjadi referensi bagi kalian yang berencana membuka jasa periklanan.

Pada umumnya, mesin cetak banner memiliki fungsi yang hampir sama dengan printer yang kalian miliki di rumah atau tempat kerja, hanya saja mesin ini dapat mencetak gambar dalam ukuran yang lebih besar dan dapat diselesaikan dengan cepat. Selain itu, harga mesin cetak banner juga jauh lebih mahal daripada printer. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, harga satu unit mesin cetak banner berkisar antara 100 hingga 270 jutaan, tergantung jenis dan spesifikasinya.

Harga Mesin Cetak Banner Terbaik dan Terlengkap

Perlu diketahui bahwa saat ini ada banyak merek mesin cetak banner yang dapat ditemukan di toko elektronik atau toko online, seperti Infiniti, Roland, dan Mimaki. Harganya juga relatif mahal, mencapai ratusan juta rupiah. Mesin ini dapat menjadi terobosan baru dalam mendapatkan penghasilan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga mesin cetak banner yang lengkap, mari kita simak ulasan kami di bawah ini.

Harga Mesin Cetak Banner

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, jasa percetakan atau periklanan dapat menjadi bisnis yang menjanjikan mengingat adanya kebutuhan masyarakat akan pembuatan banner, spanduk, baliho, dan berbagai jenis lainnya. Jika kalian tertarik untuk menjalani profesi ini, berikut ini adalah tabel harga yang dapat kalian jadikan referensi:

NoMerk MesinHarga
1.Infiniti EcosolventRp. 89.000.000
2.Roland VersaSTUDIO BN20Rp. 95.000.000
3.Mimaki JV33Rp. 155.000.000
4.Roland VersaART RA 640Rp. 170.000.000
5.Roland VersaART RE 640Rp. 170.000.000
6.Mimaki CJV30Rp. 175.000.000
7.Reckon Konica 30PLRp. 200.000.000
8.Roland VersaCAMM VS 640Rp. 215.000.000
9.Infiniti Seiko L – 8 HeadRp. 215.000.000
10.Infiniti Konica YS – 4 HeadRp. 245.000.000
11.Infiniti Type NRp. 265.000.000
12.Infiniti Konica YS – 8 HeadRp. 319.000.000
13.Mimaki SWJ 320Rp. 450.000.000
Baca Juga :   Cara Instal Printer HP Deskjet 2135 Paling Simpel

Dalam penggunaan mesin cetak banner, terdapat tiga metode yang umum digunakan, yaitu metode inject, laser, dan offset. Namun, metode inject dan laser lebih banyak digunakan karena biayanya terjangkau dan waktu yang dibutuhkan relatif singkat untuk mencetak banner, spanduk, atau baliho. Sementara itu, metode offset membutuhkan perlengkapan tambahan seperti film dan plat, sehingga memakan biaya dan waktu yang lebih lama. Namun, hasil yang dihasilkan sangat detail dan memuaskan, sebanding dengan tarif yang ditawarkan.

Pada tabel harga di atas, kami telah mencantumkan harga satu unit mesin cetak banner mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Setiap merek mesin cetak banner tersebut memiliki spesifikasi masing-masing. Sebagai contoh, mesin cetak banner Infiniti Seiko L – 8 Head memiliki lebar area cetak hingga 320 cm dengan menggunakan tinta solvent dan resolusi 35/50. Kecepatan pengerjaan mesin ini mencapai 160 m2 per jam. Harga satu unit mesin cetak banner Infiniti Seiko L – 8 Head berkisar sekitar 215 juta rupiah.

Mengapa memilih mesin cetak yang tepat penting?

Pemilihan mesin cetak yang tepat sangat penting untuk menjamin hasil cetakan yang berkualitas. Saat mencetak banner, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti kualitas cetakan, kecepatan cetak, dan ukuran cetakan. Jika kalian menggunakan mesin cetak yang tidak sesuai, hasil cetakannya mungkin tidak memenuhi harapan dan bahkan dapat mempengaruhi kualitas banner kalian.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih mesin cetak

1. Jenis mesin cetak

Terdapat beberapa jenis mesin cetak yang dapat digunakan untuk mencetak banner, antara lain mesin cetak inkjet dan mesin cetak solvent. Mesin cetak inkjet menggunakan tinta berbasis air yang mengandung pigmen atau pewarna untuk mencetak pada media seperti kertas, kain, dan bahan lainnya. Sementara itu, mesin cetak solvent menggunakan tinta berbasis pelarut untuk mencetak pada media yang lebih keras seperti vinyl atau bahan plastik.

2. Resolusi cetak

Resolusi cetak merupakan ukuran kejelasan hasil cetakan yang dihasilkan oleh mesin cetak. Semakin tinggi resolusi cetak, semakin detail gambar yang tercetak. Resolusi cetak yang tepat sangat penting untuk mencetak banner yang jelas dan tajam. Idealnya, mesin cetak yang dipilih sebaiknya memiliki resolusi cetak yang tinggi, setidaknya 720 dpi (dots per inch).

3. Kecepatan cetak

Kecepatan cetak juga merupakan pertimbangan penting dalam memilih mesin cetak. Jika kalian memiliki batas waktu yang ketat, memilih mesin cetak yang cepat akan sangat membantu. Namun, kalian juga perlu memastikan bahwa kecepatan cetak yang dipilih tidak mengorbankan kualitas hasil cetakan.

Baca Juga :   Cara Scan Epson L5190 Paling Mudah dan Benar

4. Ukuran media cetak

Ukuran media cetak juga merupakan faktor penting dalam memilih mesin cetak untuk banner. Pastikan mesin cetak yang kalian pilih dapat menangani ukuran media cetak yang kalian perlukan. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan ruang di mana mesin cetak akan ditempatkan.

5. Fitur tambahan

Terdapat beberapa mesin cetak yang dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pemotongan otomatis atau opsi pengaturan warna. Fitur-fitur ini dapat membantu mempercepat proses cetak dan menghasilkan hasil cetakan yang lebih akurat.

Tips Merawat Mesin Cetak Banner

Apakah perlu membersihkan mesin setiap hari? Tentu saja, jawabannya adalah ya. Merawat mesin cetak banner dengan cara seperti ini dianggap sebagai langkah awal untuk menjaga mesin agar awet dan tahan lama. Tidak selalu menggunakan alat tambahan yang berat, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Tempatkan Di Lokasi Yang Tepat

Mesin digital printing kalian perlu dijaga kebersihannya dan ditempatkan di lingkungan yang bebas debu. Hal ini sangat penting agar hasil cetakan tetap bersih dan bebas dari garis-garis.

Lakukan pembersihan secara rutin menggunakan kain yang lembap. Bagian-bagian yang perlu dibersihkan termasuk permukaan datar pada mesin, termasuk kaki-kaki mesin digital printing. Selain itu, pastikan untuk menjauhkan gunting, cutter, dan benda tajam lainnya dari sekitar mesin. Gesekan dengan benda tajam dapat mengurangi kinerja mesin.

2. Menjaga Suhu Dan Kelembapan

Mesin digital printing harus dijauhkan dari ruangan yang memiliki suhu dan kelembapan ekstrem. Suhu yang terlalu tinggi dapat berdampak negatif, seperti membuat tinta cepat kering dan mengganggu aliran tinta yang baik. Di sisi lain, suhu yang terlalu rendah akan menyebabkan tinta sulit kering, lengket, dan sebagainya.

Pastikan suhu ruangan berada dalam kisaran 18-24°Celsius. Suhu ini harus dipertahankan selama proses pencetakan untuk mencegah kerusakan pada printhead. Lebih baik lagi jika ruangan dilengkapi dengan ventilasi agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.

3. Menggunakan Tinta Yang Tepat

kalian harus menggunakan tinta yang sesuai dengan karakteristik printhead pada mesin. Banyak orang yang menggunakan tinta yang berbeda hanya karena faktor harga yang lebih terjangkau, seperti menggunakan tinta 35 pl pada printer dengan nozzle 15 pl. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan dan kerusakan nozzle karena printhead harus bekerja lebih keras untuk menyemprotkan tinta tersebut.

4. Memasang Stabilizer Dan UPS

Salah satu cara perawatan mesin digital printing adalah memastikan tegangan mesin berada dalam kisaran yang aman, yaitu antara 215 hingga 225 V. Tegangan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan mesin. Sebaliknya, tegangan yang terlalu rendah akan membuat mesin menggunakan arus listrik yang berlebihan.

Untuk menjaga tegangan tetap stabil, disarankan menggunakan alat stabilizer. Selain itu, penggunaan UPS (Uninterruptible Power Supply) juga sangat berguna untuk mencegah mesin berhenti secara mendadak saat terjadi pemadaman listrik. UPS akan membantu menjaga mesin tetap menyala dan melakukan proses penutupan yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Baca Juga :   Cara Scan Di Printer Canon MG2570s Mudah & SImpel

5. Membersihkan Bagian Dalam Mesin

Penting untuk memberikan pelumas pada mesin agar berjalan dengan lancar. kalian juga dapat membersihkan kipas, seperti kipas vakum dan kipas pengering, agar berfungsi dengan baik.

Pastikan kalian membersihkan tinta yang telah mengering dengan menggunakan solusi flush berupa tisu yang dibasahi dengan pelarut atau cleaning stick. Selain itu, periksa nozzle agar tidak tersumbat sebelum memulai proses pencetakan selanjutnya.

6. Menggunakan Mesin Dengan Rutin

Jika mesin digital printing dibiarkan tidak digunakan dalam waktu yang lama, misalnya selama satu bulan, tinta akan mengering. Tinta yang mengering dapat mengakibatkan kegagalan cetak saat mesin digunakan kembali. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan mesin cetak secara teratur.

Namun, terkadang mesin juga perlu istirahat. Jika kalian menggunakan mesin secara terus-menerus selama 24 jam, berikan waktu istirahat selama 1-2 jam dan lakukan pembersihan. Disarankan juga untuk menggunakan printhead dengan resolusi 6 pass agar umur printhead menjadi lebih panjang.

7. Lakukan Perawatan Besar

Untuk menjaga keawetan mesin, perawatan yang komprehensif diperlukan untuk memeriksa dan memperbaiki komponen yang rusak. Perawatan rutin oleh teknisi yang berpengalaman sangat dianjurkan untuk mencegah kerusakan serius akibat penumpukan masalah yang tidak teratasi.

8. Mengetahui Bahwa Komponen Ada Masa Habis pakai

Jika mesin tetap mengalami masalah meskipun sudah dibersihkan, mungkin ada salah satu komponen yang sudah mencapai masa pakainya. Misalnya, printhead. Printhead adalah komponen yang termasuk dalam kategori consumable (terbatas masa pakainya) dan memiliki harga yang tinggi. Umur printhead dapat diperpanjang jika kalian mengetahui cara merawat printhead dengan benar dan melakukannya secara rutin.

9. Waspada Terhadap Tikus

Hewan pengerat, seperti tikus, dapat menyebabkan kerusakan pada mesin digital printing, seperti memutuskan kabel atau meninggalkan kotoran. Bahkan, tikus dapat menggigit mainboard sehingga mesin mati total. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah ruangan kalian rentan terhadap masuknya tikus atau tidak. Jika ada, disarankan untuk menutup lubang-lubang yang dapat menjadi jalan masuk tikus tersebut.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, harga mesin cetak banner adalah investasi yang penting untuk bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas dan daya tarik visual.

Meskipun harganya bervariasi, penting untuk meluangkan waktu untuk riset dan mempertimbangkan kebutuhan bisnis kalian.

Dengan memilih mesin cetak banner yang tepat, kalian dapat membuka peluang baru dan mencapai hasil yang maksimal dalam kampanye pemasaran kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Daftar Harga Mesin Cetak Banner Paling Lengkap. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *