Cara Scan Epson L5190

Cara Scan Epson L5190 Paling Mudah dan Benar

Posted on

Finoo.id – Cara Scan Epson L5190 Paling MUdah dan Benar. Saat ini, mesin printer sudah banyak yang memiliki fitur pemindai atau scan untuk dokumen. Dengan menggunakan fitur scan atau ADF (Automatic Document Feeder), kamu tidak perlu lagi membuat atau menuliskan dokumen secara manual, cukup dengan memindai dokumen untuk dilakukan pencetakan menggunakan mesin printer tersebut.

Proses scan dokumen untuk mencetak dapat dilakukan dengan menggunakan printer, contohnya Epson L5190. Namun, bagaimana cara melakukan scan dengan Epson L5190?

Sebelum masuk ke tutorial cara scan Epson L5190, terdapat beberapa langkah yang perlu kamu ketahui untuk menggunakan fitur ADF di printer Epson L5190. Artikel ini akan memberikan panduan cara scan Epson L5190 sehingga kamu bisa melakukan pemindaian dokumen menggunakan printer Epson L5190 dengan mudah dan akurat seperti dokumen aslinya.

Sebelumnya, pastikan kamu memenuhi syarat yang diperlukan untuk melakukan scan di printer Epson. Dengan artikel ini, admin EPrinter.id akan memberikan penjelasan mengenai syarat yang diperlukan untuk melakukan scan di printer Epson.

Sekilas Tentang Scan ADF (Automatic Document Feeder)

ADF atau Automatic Document Feeder adalah perangkat yang umumnya terdapat pada mesin cetak untuk mempermudah proses scan, copy, dan fax multiple dokumen secara otomatis. Dengan menggunakan ADF, Sobat Aslam Printer dapat dengan mudah memindai, copy, atau mengirim fax dengan jumlah dokumen yang cukup banyak tanpa perlu memasukkan dokumen satu per satu ke printer.

Pada perkembangannya, ADF merupakan salah satu bagian dari pengembangan perangkat pemindai atau scanner pada printer. Pemindai terdiri dari 2 jenis berdasarkan cara memasukkan kertas, yaitu scanner/pemindai tipe flatbed dan ADF. Pemindai flatbed biasa ditemukan pada printer multifungsi yang memiliki sensor dan lempengan kaca di dalam printer. Pada pemindai gambar tipe Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

Baca Juga :   Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 Paling Lengkap

Sementara pada pemindai/scanner gambar dengan Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Ketika kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. ADF sangat membantu dalam mempermudah proses scan, copy, dan fax pada printer dengan jumlah dokumen yang cukup banyak.

Kelebihan Fitur Scan ADF Pada Printer Epson L3190

Printer Epson L5190 telah dilengkapi dengan fitur scan ADF (Automatic Document Feeder) yang memungkinkan kamu untuk melakukan scan dokumen dengan jumlah yang banyak sekaligus, sehingga lebih praktis dan menghemat waktu.

ADF pada Epson L5190 ini berbeda dengan scanner pada printer konvensional yang lambat dan harus memasukkan dokumen satu per satu. Fitur scanner ADF pada Epson L5190 dan tipe printer lainnya telah mampu memindai dokumen secara otomatis dengan lebih banyak dan lebih cepat.

Selain itu, Epson L5190 juga mendukung berbagai ukuran kertas yang dapat dimasukkan ke dalam ADF, seperti kertas A4 (210 × 297 mm), Letter (216 × 279 mm), dan Legal (216 × 356 mm), serta ukuran kertas F4 (210 x 330) yang banyak digunakan di Indonesia.

Syarat Scan Di Epson L5190

Sebelum melakukan scan dengan printer Epson L5190, ada beberapa syarat yang perlu kamu ketahui terkait sensor scanner dan driver pemindai pada printer tersebut. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk melakukan scanning dengan printer Epson L5190:

1. Sensor Scanner Epson L5190

Salah satu syarat penggunaan ADF pada printer Epson L5190 adalah terkait sensor scanner. Pastikan bahwa sensor scanner pada printer Epson L5190 masih berfungsi dengan baik, sehingga dapat digunakan untuk memindai dokumen asli yang akan di-scan.

Baca Juga :   Daftar Harga Printer A3 Semua Merk Paling Lengkap

2. Driver Scan Epson L5190

Driver adalah perangkat lunak yang secara resmi dirancang oleh produsen printer, seperti Epson. File driver ini berguna untuk mendeskripsikan komponen hardware printer agar dapat dikenali oleh sistem operasi komputer.

Saat kamu melakukan pembelian printer Epson, biasanya kamu akan mendapatkan file driver secara gratis dalam bentuk hardcopy berupa CD (Compact Disc) beserta kartu garansi dalam satu paket.

Namun, untuk menggunakan fitur scanning pada printer ini, kamu harus menginstal driver terlebih dahulu. Beberapa orang memilih untuk mengunduh file driver versi terbaru yang tersedia di website resmi Epson Indonesia.

Berikut ini adalah file driver scanner versi terbaru untuk printer Epson L5190: Scan Di Epson L5190

Epson Indonesia menyediakan file driver scanner untuk printer Epson L5190 untuk semua sistem operasi, baik itu Windows, Linux, maupun Mac OS. Kamu hanya perlu mendownload file yang sesuai dengan kebutuhan tergantung pada sistem operasi yang terpasang pada komputer.

Berikut ini adalah cara mendownload file driver scanner Epson L5190:

  • Nyalakan komputer dengan menekan tombol power.
  • Buka salah satu browser favorit kamu, seperti Chrome.
  • Kunjungi website resmi Epson yang tercantum pada tabel.
  • Pilih sistem operasi Windows dan opsi file driver scanner untuk Epson L5190.
  • Tekan tombol download dan simpan file tersebut pada folder tertentu.
  • Tunggu hingga proses download mencapai 100 persen.

Cara Scan Epson L5190

Dengan menggunakan ADF, kamu dapat menempatkan dokumen asli dengan jumlah satu halaman atau banyak halaman sekaligus. Hal ini memungkinkan kamu untuk memindai banyak dokumen sekaligus dengan menggunakan printer Epson L5190.

Kamu dapat melakukan proses scan pada printer ini dengan menggunakan control panel atau melalui smartphone. Untuk mengetahui cara melakukan proses scan pada printer Epson L5190, simak ulasannya berikut ini.

1. Scan Di ADF Epson L5190 Lewat Control Panel

Berikut adalah cara pertama untuk melakukan pemindaian dokumen menggunakan printer Epson L5190 melalui tombol atau control panel:

Pastikan driver scanner Epson L5190 sudah terpasang di komputer.

  • Hidupkan komputer dan printer Epson L5190.
  • Tunggu hingga lampu indikator printer Epson L5190 menunjukkan Ready atau siap digunakan.
  • Siapkan dokumen yang akan discan menggunakan mesin printer ini.
  • Pilih perintah scan dengan menggerakkan tombol navigasi, lalu tekan tombol OK.
  • Pilih jenis file hasil scan, seperti JPEG, PDF, atau lainnya, sesuai dengan kebutuhan.
  • Tekan tombol Start untuk memulai dan mengkonfirmasi proses scan.
  • Tunggu hingga printer Epson L5190 selesai melakukan proses scan.
Baca Juga :   Cara Cleaning Printer Canon G1010 Mudah & Simpel

Selain menggunakan tombol manual pada printer, kamu juga dapat melakukan proses scan pada printer Epson L5190 melalui komputer. Berikut adalah ulasannya.

2. Scan Di ADF Epson L5190 Lewat Komputer

Berikut adalah cara kedua untuk melakukan pemindaian dokumen menggunakan printer Epson L5190 melalui komputer:

  • Pastikan driver scanner Epson L5190 sudah terpasang di komputer.
  • Hidupkan printer dan komputer.
  • Masukkan lembaran dokumen asli yang akan discan ke dalam sensor scanner printer.
  • Buka aplikasi atau software bernama Epson Scan 2 pada komputer.
  • Pilih Document Mode pada jendela pengaturan konfigurasi yang muncul.
  • Tekan tombol Scan dan tunggu hingga printer Epson L5190 berhasil melakukan proses pemindaian dokumen tersebut.

Selain Epson, jika kamu ingin mengetahui cara melakukan proses scan pada printer Canon, kamu dapat membaca artikel sebelumnya yang telah admin tulis mengenai cara scan pada printer Canon MG2570s.

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara yang dapat kalian ikuti untuk melakukan scan dengan printer Epson L5190. Meskipun terdapat beberapa tahap yang harus kalian lakukan, namun dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, seharusnya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan.

Ingatlah untuk selalu mengikuti instruksi yang diberikan pada panduan pengguna atau manual printer, agar kalian dapat menggunakan printer Epson L5190 dengan benar dan efektif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai cara scan dengan printer Epson L5190. Terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *