Cara Reset Printer Canon MG2570s

Cara Reset Printer Canon MG2570s Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Reset Printer Canon MG2570s Paling Mudah. Meskipun mesin cetak yang kamu miliki sebagus apapun, namun tetap membutuhkan perawatan rutin agar tetap berfungsi optimal. Saat bantalan tinta mencapai batas maksimum, mesin akan memasuki mode maintenance yang memerlukan perawatan lebih lanjut.

Jika kamu menggunakan printer seri lama seperti Canon MG2570s yang masih menggunakan sistem cartridge tinta, sangat penting untuk memeriksa volume ketinggian melalui layanan notifikasi pada layar komputer. Hal ini karena kemungkinan printer kamu akan mengalami error apabila counter pad dan bantalan tinta sudah penuh.

Jika hal tersebut terjadi, maka kamu perlu melakukan penggantian bagian atau menjalankan proses reset sistem secara manual. Namun, jangan khawatir karena kami telah merangkum panduan terkait cara reset printer Canon MG2570s yang paling mudah untuk kamu lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat service.

Dengan melakukan perawatan secara rutin dan mengetahui cara melakukan reset printer, kamu dapat memperpanjang umur mesin cetak kamu dan menghemat biaya perbaikan yang mahal di masa depan. Jangan ragu untuk mencoba panduan kami dan jangan lupa untuk tetap merawat printer kamu dengan baik!

Sekilas Tentang Printer Canon MG2570s

Printer Canon PIXMA MG2570S merupakan mesin printer multifungsi yang sangat ideal untuk para pebisnis, UKM, atau mahasiswa karena harganya yang sangat terjangkau dan memiliki 3 fungsi utama yaitu mencetak, memindai, dan fotokopi dalam 1 mesin. Selain itu, terdapat fitur unggulan lainnya yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli printer ini.

Salah satu fitur unggulan dari printer ini adalah kecepatan cetak Stkalianr ISO (A4) yang mencapai hingga 8.0ipm (mono) / 4.0ipm (warna). Selain itu, printer ini juga mendukung penggunaan kertas glossy photo untuk mencetak gambar yang lebih berkualitas.

Sebelum kamu mendownload driver printer Canon MG2570S yang terbaru untuk Windows 8 / Windows 7 / Window Vista / Windows XP, ada baiknya untuk mengetahui fitur-fitur lainnya yang bisa kamu jadikan referensi saat ingin membeli printer.

Teknobgt.com telah merangkum beberapa fitur yang perlu kamu perhatikan, sehingga kamu bisa memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan mempertimbangkan semua fitur dan kebutuhan kamu, kamu dapat memilih printer yang tepat untuk membantu kegiatan sehari-hari kamu.

Jangan ragu untuk mencoba printer Canon PIXMA MG2570S dan mendownload driver terbaru untuk memastikan printer kamu selalu up-to-date dan berfungsi dengan baik. Dengan harga yang terjangkau dan fitur yang lengkap, printer ini menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang membutuhkan printer multifungsi dengan kualitas terbaik.

Kenapa Printer Harus di Reset

Ketika printer yang digunakan mogok dan LED-nya menyala bergantian atau sering disebut blinking, hal ini biasanya disebabkan oleh jumlah pencetakan yang telah mencapai batas yang ditentukan oleh produsen printer, atau disebut dengan istilah overload.

Jika kondisi ini terjadi pada printer kalian, maka printer harus diservis. Masalah ini telah menjadi rahasia umum bahwa printer memiliki batasan usia pemakaian yang ditentukan oleh perhitungan print out yang terekam dan diatur dalam sebuah chip EEPROM pada mainboard printer.

Pembatasan ini dilakukan oleh vendor printer dengan alasan untuk menjaga agar tinta tidak meluap keluar dari daya tampung bak tinta dan tidak menyebabkan kerusakan pada komponen di dalam printer. Biasanya, printer saat ini menggunakan bahan busa khusus pada bagian bawah printer untuk menampung tinta yang berlebihan.

Jadi, jika LED pada printer kalian menyala bergantian atau blinking, itu menkaliankan bahwa jumlah pencetakan sudah mencapai batas maksimum yang ditentukan oleh produsen printer. Agar printer tetap awet dan berfungsi dengan baik, disarankan untuk melakukan perawatan secara rutin dan mengganti bagian yang rusak jika diperlukan.

Tujuan Mereset Printer

Tujuan dari melakukan resetter pada printer sebenarnya adalah untuk melindungi printer dari kerusakan yang disebabkan oleh meluapnya tampungan tinta yang ada di dalam printer. Namun, sebelum melakukan resetter, ada satu hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu mengganti busa resapan atau tampungan tinta yang ada di dalam printer.

Hal ini dikarenakan setiap kali printer bekerja, baik saat mencetak maupun membersihkan head, tinta akan dikeluarkan dan akhirnya dialirkan ke dalam busa penampungan. Sebaiknya, dianjurkan untuk menggunakan tabung penampungan eksternal agar tinta buangan tidak dialirkan ke dalam busa resapan, melainkan langsung dibuang ke dalam tabung penampungan.

Reset Catridge Printer Canon MG2570s

Canon MG2570s dilengkapi dengan sebuah chip yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai level tinta pada printer. Ketika tinta mencapai batas minimum, maka akan muncul notifikasi peringatan pada layar komputer.

Hal ini mewajibkan pemilik printer untuk membeli unit cartridge baru yang asli dan diproduksi oleh Canon Indonesia. Namun, jika counter pad mencapai batas maksimal, maka akan terjadi error permanen pada printer.

Dalam kondisi ini, printer akan masuk ke dalam mode perawatan dan pemilik perlu menghubungi layanan service center. Namun, pemilik juga dapat melakukan proses reset secara manual untuk mengatasi kondisi tersebut.

Berikut adalah cara yang benar untuk mereset cartridge printer Canon MG2570s:

  • Matikan printer Canon MG2570s dengan menekan tombol power.
  • Pastikan printer sudah mati.
  • Tekan tombol power dan tahan tombol stop/reset pada printer.
  • Lepaskan tombol stop/reset dan tetap tahan tombol power.
  • Setelah beberapa detik, printer akan menampilkan huruf “o”.
  • Kemudian, tekan tombol stop beberapa kali dan lepaskan.
  • Tekan tombol power untuk mematikan printer Canon MG2570s.
  • Cabut kabel daya dan kabel USB sambil menekan tombol power.
  • Biarkan selama beberapa saat dan hidupkan printer seperti biasa.

Ketika kamu melakukan pengisian ulang tinta pada printer, terkadang notifikasi level tinta pada printer tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, proses reset cartridge sangatlah penting untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Reset Printer Canon MG2570s

Printer Canon model MG2570s sering mengalami kode kesalahan 5B00 yang membutuhkan proses reset. Kamu dapat memperbaiki masalah tersebut sendiri atau menghubungi pihak teknisi resmi terdekat.

Namun, sebelum melakukan proses reset, kamu perlu memiliki tool resetter yang sesuai untuk perbaikan printer Canon tersebut. Piranti lunak ini dapat membuka fitur dasar termasuk mengakses komponen EEPROM.

Berikut adalah cara mudah untuk mereset printer Canon MG2570s:

1. Akses Service Mode

Untuk meningkatkan persentase keberhasilan proses reset pada printer Canon MG2570s, kamu perlu mengaktifkan service mode terlebih dahulu. Jika langkah ini diabaikan, maka tool resetter yang digunakan akan terlihat tidak berguna sama sekali.

Berikut adalah cara mengaktifkan service mode pada printer Canon:

  • Matikan printer Canon terlebih dahulu melalui tombol power.
  • Tahan tombol power dan reset sampai lampu indikator menyala.
  • Lepaskan tombol reset dan tetap tahan tombol power tersebut.
  • Tekan tombol reset sebanyak 5 kali secara berturut-turut.
  • Setelah menekan yang kelima, lepaskan semua tombol bersamaan.
  • Service mode akan aktif dan komputer akan mendeteksi sebuah device baru.

2. Aktifkan Reset Printer

Pastikan kamu sudah mendownload tool resetter Canon MG2570s yang berlisensi resmi dari produsen agar proses reset dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Berikut adalah cara mengaktifkan tool resetter pada printer Canon MG2570s:

  • Masukkan beberapa lembar kertas ke dalam baki printer.
  • Jalankan software service tool khusus Canon MG2570s yang telah kamu download.
  • Muncul tampilan terpadu dan pilih tab “Main” pada layar.
  • Pilih “Main” pada opsi “Clear Ink Counter” dan tekan “Set”.
  • Pilih “Main” pada opsi “Ink Absorber Counter” dan tekan “Set”.
  • Terakhir, tekan tombol “EEPROM” dan unit akan mencetak dokumen.
  • Proses reset selesai tanpa kendala dan matikan printer tersebut.
  • Hidupkan kembali printer Canon MG2570s, maka unit siap beroperasi kembali.

Baca Juga :

Penutup

Jika kalian memiliki printer Canon MG2570s dan mengalami masalah seperti error atau kerusakan, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan reset printer.

Jika cara di atas tidak berhasil, kalian dapat mencoba cara reset yang lain atau menghubungi layanan pelanggan Canon untuk bantuan lebih lanjut.

Pastikan juga kalian selalu merawat dan membersihkan printer secara teratur agar tidak terjadi masalah yang serius di kemudian hari.

Demikianlah artikel dari finoo.id yang membahas tentang Cara Reset Printer Canon MG2570s Paling Mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *