Cara Scan Printer Canon G2010

Cara Scan Printer Canon G2010 Mudah & Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Scan Printer Canon G2010 Mudah & Praktis. Produk All In One memang memiliki sejumlah fitur sekaligus yang sangat berguna. Selain kemampuan mencetak yang diunggulkan, produk ini juga mampu melakukan pindai dan salin dokumen dengan mudah.

Canon Indonesia telah merilis juara baru dalam keluarga printer G Series, yaitu Pixma G2010. Printer multifungsi ini dilengkapi dengan sensor pemindai dokumen resolusi tinggi, sehingga menjadi pilihan populer bagi pelajar dan perkantoran. Produk ini dapat membantu memudahkan tugas dan pekerjaan sehari-hari yang berkaitan dengan dokumen.

Kami telah menyusun panduan praktis mengenai cara pindai dokumen dengan printer Canon G2010 yang sangat mudah dipahami. Hal ini bertujuan untuk membantu para pemilik printer ini menguasai salah satu fitur unggulan pada produk tersebut. Dengan mengikuti panduan ini, kalian akan dapat memanfaatkan semua fitur yang tersedia pada printer Canon G2010 dengan maksimal.

Sekilas Tentang Printer Canon G2010

Jika kalian sedang mencari printer multifungsi dengan harga terjangkau, maka Canon G2010 adalah salah satu pilihan terbaik. Menurut informasi terbaru dari arenaprinter.com, harga printer Canon terbaru Pixma G2010 di awal September berkisar sekitar 2 jutaan, tidak lebih.

Keistimewaan dari printer Canon harga 1.5 juta ini terletak pada fitur integrated Ink Tank System-nya. Teknologi pencetakan ini menghubungkan kepala pencetak dengan tabung penyimpanan tinta (tabung original Canon bawaan printer) yang terletak di sisi kanan printer dengan sambungan berupa selang. Dengan begitu, tinta di kepala printer terus disuplai sehingga printer dapat terus melakukan pencetakan.

Baca Juga :   Cara Reset Epson L5190 Paling Mudah Dan Praktis

Keunggulan seperti ini membuat semua seri printer inktank semakin diminati dan dicari oleh para pengguna printer di seluruh dunia. kalian dapat mencetak sebanyak mungkin dengan tetap melakukan pengisian ulang tinta ke tabung. Selain itu, tinta printer Canon original ini juga tidak terlalu mahal, dengan harga sekitar 100.000 untuk 1 botolnya yang berisi tinta sebanyak 70 mili dengan kapasitas pencetakan hingga 6500 halaman hingga tinta habis.

Pengertian Scan dan Fungsinya

Scan merupakan tindakan untuk memindai objek dokumen dan mengubahnya menjadi data digital dalam bentuk file. Sedangkan scanner adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data yang dipindai berupa gambar dan diproses melalui sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Hasil scan tersebut dapat ditampilkan pada layar personal komputer dan dapat dipindahkan pada semua perangkat.

Scan biasanya digunakan untuk menggkaliankan atau menduplikat dokumen yang terdeteksi oleh sensor mesin scanner, sehingga menghasilkan data digital berupa file. File tersebut dapat berbentuk PDF atau JPEG yang dapat dikonversi. Dengan demikian, file dapat disimpan dengan lebih mudah. Bahkan jika dokumen fisiknya rusak atau hilang, kalian masih memiliki salinannya dalam bentuk digital.

Fitur Scan Printer Canon G2010

Scanning adalah proses pemindaian lembaran dokumen menjadi sebuah objek digital yang kemudian disimpan dalam bentuk softcopy pada folder komputer atau ponsel.

Bagi orang yang baru pertama kali memiliki printer Canon, mungkin akan merasa bingung dan memerlukan waktu untuk mempelajari dan menguasai fungsi printer tersebut.

Kualitas hasil scanning dokumen tergantung pada konfigurasi yang diterapkan. Kapasitas output file digital juga bergantung pada parameter resolusi optik printer.

Canon G2010 dilengkapi dengan pemindai flatbed yang menggunakan metode CIS (Contact Image Sensor) dengan resolusi optik sekitar 600 x 1200 dpi untuk ukuran kertas A4 dan letter.

Baca Juga :   Cara Cleaning Printer Canon G2010 Dengan Mudah

Performa scanning pada Canon G2010 cukup stkalianr, yaitu sekitar 3,5 ms per line untuk resolusi 300 dpi. Kamu dapat melakukan scanning pada satu lembar dokumen atau beberapa dokumen sekaligus.

Untuk dapat menggunakan fitur scan pada printer Canon G2010, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Memiliki satu unit printer Canon G2010.
  • Memasang file driver printer dengan benar.
  • Menginstal utility khusus, yaitu Canon IJ Scan Utility.
  • Memiliki komputer yang dapat mengoperasikan printer tersebut.

Cara Scan Printer Canon G2010

Untuk dapat melakukan scanning pada printer Canon G2010 dan menghasilkan berbagai format file digital, produsen telah mengembangkan software dasar yang mendukung proses tersebut dengan berbagai konfigurasi. Berikut ini adalah cara yang tepat untuk melakukan scanning pada printer Canon G2010:

1. Cara Scan Single Dokumen

Beberapa orang lebih memilih melakukan proses scanning single dokumen karena terbilang mudah. Fitur ini akan melakukan pemindaian pada sebuah halaman kertas atau foto sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah cara mudah untuk melakukan scanning single dokumen pada printer Canon G2010:

  • Nyalakan komputer dan printer Canon G2010.
  • Pastikan kedua perangkat sudah terhubung dengan baik.
  • Tempatkan kertas atau foto yang ingin dipindai pada area scanning.
  • Pastikan dokumen menghadap ke arah bawah.
  • Buka komputer dan jalankan IJ Scan Utility.
  • Akan muncul tampilan konfigurasi scanning.
  • Tekan setting untuk menerapkan parameter output yang diinginkan.
  • Tekan “document” atau “photo” untuk memulai proses scanning.
  • Biarkan proses scanning berlangsung hingga selesai.

2. Cara Scan Multiple Dokumen

Dalam kondisi tertentu, pengguna sering membutuhkan scan multiple dokumen untuk menghemat waktu dan pekerjaan, dengan output berupa file pdf. Berikut adalah cara mudah untuk melakukan scanning multiple dokumen pada printer Canon G2010:

Baca Juga :   Cara Cleaning Epson L220 Mudah & Praktis

  • Hidupkan komputer dan printer Canon G2010.
  • Pastikan kedua perangkat tersebut sudah terhubung dengan baik.
  • Tempatkan dokumen atau foto yang ingin dipindai pada area scanning.
  • Pastikan lembaran kertas menghadap ke arah bawah.
  • Buka komputer dan jalankan IJ Scan Utility.
  • Akan muncul tampilan pengaturan untuk scanning.
  • Tekan “setting” untuk menentukan output berupa file pdf.
  • Tekan “document” atau “photo” untuk memulai proses scanning.
  • Biarkan proses scanning pertama selesai dan tunggu tampilan konfirmasi pada layar.
  • Tempatkan dokumen kedua pada area scanning dan tekan “scan” untuk melanjutkan pemindaian.
  • Ulangi langkah nomor 9-10 sampai dokumen terakhir.
  • Tekan “exit” untuk mengakhiri proses pemindaian.

Baca Juga : 

Penutup

Demikianlah artikel kami yang membahas cara scan printer Canon G2010 yang dapat kami bagikan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat dengan mudah melakukan scan dokumen atau gambar menggunakan printer Canon G2010.

Pastikan kalian sudah menginstal driver printer dan memiliki koneksi yang stabil antara printer dan komputer sebelum melakukan scan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *