Cara Reset Epson L4150

Cara Reset Epson L4150 Paling Mudah & Simple

Posted on

Finoo.id – Cara Reset Epson L4150 Paling Mudah & Simple. Mesin printer merupakan alat yang biasanya digunakan setiap hari oleh pelajar, karyawan, dan pebisnis untuk mencetak dokumen. Epson Indonesia adalah salah satu perusahaan yang sering merilis printer baru. Produk Epson memiliki spesifikasi dan fitur unggulan yang hkalianl dengan biaya operasional yang rendah.

Salah satu produk multifungsi dari Epson adalah L4150 yang dapat digunakan untuk mencetak, memindai, dan menyalin dokumen. Printer ini dirancang khusus untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan bisnis perkantoran.

Kami menyediakan panduan yang mudah untuk mereset printer Epson L4150 dengan menggunakan resetter. Panduan ini dapat membantu pemula mengatasi masalah ringan tanpa harus menghubungi teknisi.

Review Printer Epson L4150

Desain printer ini terlihat lebih ramping dengan inktank terintegrasi ke dalam body printer. Volume tinta pada printer Epson L4150 terlihat jelas dari sisi depan printer, sehingga kita tidak kesulitan lagi dalam melihat tinta masih ada atau sudah habis. Jika tinta habis, pengisian ulang cukup mudah.

Panel depan yang simpel memudahkan kita mengoperasikan printer. Terdapat notifikasi yang berupa lampu LED, tombol scan langsung ke komputer, copy black only, copy warna, tombol power dan tombol resume. Saat printer dinyalakan, lampu akan menyala di sekeliling tombol power. Namun sayangnya, panel kontrol belum dilengkapi layar.

Kualitas cetak Epson L4150 tergolong istimewa, dengan maksimal dpi hingga 5760 dpi. Dokumen hitam putih tercetak dengan tajam dan tahan terhadap percikan air serta anti-luntur. Hasil cetak foto glossy pun sebanding dengan kualitas fotolabs di kertas khusus foto.

Baca Juga :   Cara Mengisi Tinta Printer Canon MG2570s Paling Mudah

Nikmati koneksi tanpa kabel yang disematkan pada printer ini, dilengkapi dengan WiFi direct sehingga semua gadget yang kalian miliki dapat langsung terhubung ke printer tanpa tambahan alat lagi.

Kecepatan cetak printer ini lebih cepat dibandingkan printer Epson L series sekelas generasi sebelumnya. Printer Epson L4150 mencetak dengan kecepatan hingga 10.5ipm untuk stkalianrd print, dan up to 33ppm untuk draft.

Nikmati kenyamanan garansi Epson hingga 2 tahun atau 30.0000 lembar, tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Garansi Epson termasuk printhead, perangkat vital dari sebuah printer.

Peralatan Reset Epson L4150

Secara umum, printer Epson akan mengalami masalah seiring dengan penggunaan jangka panjang. Beberapa masalah ringan yang dapat diatasi langsung adalah paper jam dan hasil cetak putus-putus.

Namun, jika printer menolak melakukan proses cetak, biasanya akan muncul notifikasi waste ink pada layar. Kasus seperti ini membutuhkan penanganan serius, dimana kamu harus melakukan prosedur reset ulang.

Untuk melakukan reset printer Epson, kamu membutuhkan beberapa peralatan, di antaranya:

1. Unit Printer

Untuk melakukan reset, kamu membutuhkan peralatan utama berupa unit printer Epson seri L4150. Selain itu, kamu juga memerlukan resetter yang berfungsi untuk menghapus hitungan counter pada chip agar produk kembali normal seperti semula.

Perlu diingat, setiap tipe produk Epson memiliki metode reset yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan printer kamu termasuk seri L4150 agar bisa mengikuti panduan reset yang akan dijelaskan.

2. Komputer

Proses reset pada printer Epson terdiri dari dua opsi, yaitu menggunakan tombol manual atau melalui komputer. Namun, tombol pada papan kontrol Epson hanya mendukung metode reset biasa seperti proses reboot.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan komputer untuk mengakses software resetter dari Epson. Metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, mengingat berasal dari produsen printer sendiri.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Printer Epson Service Required Yang Tepat

3. Resetter Epson

Pihak produsen telah merancang perangkat lunak untuk kebutuhan diagnosa pada setiap produk mereka, yaitu Epson Adjustment Program. Software ini memiliki kemampuan utama untuk reset printer dengan mudah.

Aplikasi resetter Epson adalah sebuah tool yang digunakan untuk melakukan penyesuaian printer. Software ini memiliki beberapa fungsi penting untuk para teknisi dalam memperbaiki produk dari malfungsi.

Cara Reset Epson L4150

Dengan menggunakan resetter Epson L4150, pengguna dapat melakukan maintenance atau melihat informasi produk. Tersedia banyak fitur penting seperti Waste Ink Pad Counter, Shipping Setting, Head Cleaning, dan sebagainya.

Namun, fungsi yang paling sering digunakan pada Epson Adjustment Program adalah proses reset printer. Teknik ini sangat mudah dilakukan, cukup mengikuti informasi dari tampilan terpadu pada aplikasi tersebut.

Mereset Epson L4160 Dengan Aplikasi

Berikut ini adalah cara untuk mereset Printer Epson L4160 menggunakan aplikasi:

  • Download terlebih dahulu aplikasi resetter Epson L4160.
  • Setelah selesai di download, buka folder download dan cari file resetter tersebut.
  • Klik kanan pada file resetter dan pilih “Ekstrak File”.
  • Hidupkan printer dan sambungkan ke komputer.
  • Buka folder resetter yang sudah diekstrak.
  • Klik dua kali pada program Adjprog.exe.
  • Klik pada tombol “Select”.
  • Ubah kotak Model Name menjadi L4160, kemudian klik OK.
  • Klik pada kotak “Particular Adjustment Mode”.
  • Klik sekali pada “Waste ink pad counter” lalu klik OK.
  • Centang pada “Main pad counter”, kemudian klik “Check”.
  • Centang lagi “Main pad counter”, lalu klik “Initialize”.
  • Klik OK dan proses reset selesai.

Cara Mereset Epson L4160 Melalui Tombol

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan tombol yang tersedia pada printer. Berikut cara reset Epson L4150 melalui tombol:

  • Tekan tombol power untuk menyalakan printer dan komputer.
  • Pastikan kedua perangkat sudah terhubung dengan baik.
  • Login ke komputer dengan hak akses administrator.
  • Buka file manager dan jalankan Epson Adjustment Program.
  • Akan muncul tampilan parameter untuk reset Epson L4150.
  • Tekan opsi “Particular Adjustment Mode” dan akan muncul jendela baru.
  • Pilih “Waste Ink Pad Counter” dan centang opsi yang tersedia.
  • Tekan tombol “Check” kemudian tekan tombol “Initialize”.
  • Biarkan software resetter ini melakukan proses reset printer.
  • Tekan tombol “Finish” untuk keluar dari Epson Adjustment Program.
Baca Juga :   Cara Cleaning Epson L210 Paling Mudah Untuk Pemula

Setelah selesai menggunakan Epson Adjustment Program, matikan printer. Tunggu sebentar kemudian hidupkan kembali perangkat dengan menekan tombol power. Notifikasi error akan hilang.

Lakukan pengujian dengan mencetak dokumen berwarna untuk memastikan printer kembali beroperasi normal. Namun, perlu diingat bahwa kami tidak menyediakan software resetter Epson L4150 karena alasan legalisasi lisensi resmi.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yangmmebahas tentang beberapa langkah mudah tentang cara reset printer Epson L4150. Semoga panduan ini dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah yang terjadi pada printer kalian.

Namun, perlu diingat bahwa melakukan reset printer dapat memengaruhi performa dan umur printer kalian. Oleh karena itu, lakukanlah reset hanya jika memang benar-benar diperlukan.

Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk dengan hati-hati dan pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang tepat agar printer kalian tidak mengalami kerusakan. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *