Cara Cleaning Epson L220

Cara Cleaning Epson L220 Mudah & Praktis

Posted on

Finoo.id – Cara Cleaning Epson L220 Mudah & Praktis. Sudahkah kamu membeli dan memasang printer merek tertentu? Ada banyak orang yang membutuhkan alat ini untuk menunjang tugas atau pekerjaan sehari-hari.

Meskipun kita sudah masuk ke era digital, printer masih sangat penting dalam mendukung perekonomian. Epson Indonesia menawarkan berbagai jenis produk berkualitas.

Salah satu tipe printer canggih dari Epson adalah Epson L220, yang memiliki banyak fitur unggulan dan spesifikasi tinggi. Mungkin saja kamu telah membuktikan sendiri kehandalan produk ini dalam mencetak dokumen.

Kami telah merangkum panduan tentang cara membersihkan printer Epson L220 menggunakan dua metode yang mudah. Dengan begitu, kamu dapat memecahkan masalah kecil pada printer sendiri tanpa memerlukan bantuan teknisi.

Alasan Kenapa Printer Epson L220 Harus Dibersihkan?

Dalam panduan membersihkan printer Epson L220 di atas, terdapat identifikasi masalah pada printer yang menjadi dasar untuk dilakukannya pembersihan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa printer Epson L220 perlu dibersihkan.

Namun, dalam prakteknya, pengguna printer mungkin masih bingung mengenai bagian mana yang harus dibersihkan jika printer mengalami masalah seperti lemot atau kesulitan mencetak. Pada dasarnya, cara membersihkan printer Epson L220 adalah dengan membersihkan sisa tinta yang mengendap di bagian print head printer.

Alasan mengapa bagian tersebut perlu dibersihkan adalah karena fungsinya yang sangat penting dalam kerja mesin printer saat proses mencetak. Berikut ini adalah beberapa alasan lengkap mengapa membersihkan head printer sangat diperlukan:

1. Tinta Printer Macet

Saat menggunakan printer, ada kemungkinan bahwa tinta pada printer akan mengalami macet. Tinta pada printer ini terdiri dari beberapa warna utama yang digunakan untuk mencetak dokumen. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya hindari posisi tabung Eco Tang terbuka dan gunakan printer secara teratur.

Hal ini dikarenakan tinta pada printer cenderung mudah mengering jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika dibiarkan, masalah ini akan mengganggu proses kerja printer saat digunakan kembali. Oleh karena itu, fitur cleaning pada printer sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti ini.

Baca Juga :   Cara Scan Di Printer HP Ink Tank 315 Plaing Mudah

2. Membersihkan Roller Printer

Selain masalah tinta, ada juga bagian pada printer yang harus dibersihkan secara berkala, yaitu roller. Roller pada printer berfungsi sebagai penggulung kertas dan juga menarik kertas untuk mencetak tinta. Penggunaan roller yang sering dapat membuatnya aus dan terkontaminasi oleh residu tinta.

Jika roller kotor atau terkontaminasi oleh residu tinta, maka hasil cetak dokumen bisa menjadi terganggu, seperti buram atau bahkan terdapat noda pada hasil cetakan. Bahkan, jika roller bermasalah, maka printer bisa memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencetak dokumen. Oleh karena itu, fitur cleaning dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi masalah printer Epson L220 yang lambat.

3. Memperbaiki Kualitas Hasil Cetak Printer

Masalah pada head printer yang kotor jelas akan berdampak pada hasil cetakan printer. Terutama jika printer sering digunakan untuk waktu yang lama dan mencetak jumlah yang banyak, maka printer berpotensi mengalami masalah.

Paper jam, head printer kotor, atau tinta kering bisa menyebabkan printer mengalami penurunan kinerja. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera melakukan head cleaning pada printer Epson L220 agar printer dapat digunakan kembali dengan kualitas cetakan yang baik.

Berdasarkan alasan mengapa perlu membersihkan printer yang telah dijelaskan di atas, jelas bahwa cara cleaning printer Epson L220 perlu dilakukan secara rutin. Selain itu, cara membersihkan printer Epson L220 juga sangat mudah dilakukan, sehingga tidak ada salahnya untuk melakukannya secara teratur.

Cara Cleaning Epson L220

Meskipun fitur cleaning pada printer Epson L220 cukup berguna, pastikan untuk tidak mematikan printer saat proses sedang berlangsung. Selain itu, pastikan juga bahwa volume tinta yang tersedia dalam tabung printer masih cukup, minimal setengah kapasitas atau lebih baik lagi jika penuh.

Berikut ini adalah dua cara cleaning Epson L220 yang paling mudah dilakukan:

1. Cleaning Print Head

Pastikan bahwa kamu telah menginstal driver printer Epson L220 sebelum melakukan cleaning, agar opsi cleaning printer dapat muncul pada utilitas komputer.

Berikut ini adalah cara cleaning print head pada printer Epson L220:

  • Hidupkan komputer dan printer Epson L220.
  • Masukkan beberapa lembar kertas ke dalam printer.
  • Tekan tombol start pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.
  • Cari dan sorot bagian “Devices and Printers” lalu tekan enter.
  • Cari dan klik kanan pada ikon printer Epson L220.
  • Pilih “Printing Preferences” lalu sorot bagian “Maintenance”.
  • Sorot bagian “Head Cleaning” dan tekan “Cleaning”.
  • Tekan “Start” untuk memulai proses cleaning secara otomatis.
  • Biarkan printer melakukan proses cleaning hingga selesai.
Baca Juga :   5 Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP Ink Tank 315

Pastikan printer tidak dimatikan saat proses cleaning sedang berlangsung dan jangan lupa untuk memeriksa hasil cetakan setelah selesai melakukan cleaning.

2. Cleaning Epson L220 Otomatis

Selain melakukan cleaning pada printer Epson L220, kamu juga perlu memperbaiki posisi aligment untuk komponen print head agar hasil cetak kembali normal.

Berikut ini adalah cara melakukan cleaning otomatis pada printer Epson L220:

  • Hidupkan komputer dan printer Epson L220.
  • Masukkan beberapa lembar kertas ke dalam printer.
  • Tekan tombol start pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.
  • Cari dan sorot bagian “Devices and Printers” lalu tekan enter.
  • Cari dan klik kanan pada ikon printer Epson L220.
  • Pilih “Printing Preferences” lalu sorot bagian “Maintenance”.
  • Sorot bagian “Print Head Alignment” dan tekan “Start”.
  • Biarkan printer melakukan cleaning otomatis hingga selesai.

Pastikan printer tidak dimatikan saat proses cleaning sedang berlangsung dan periksa hasil cetakan setelah proses selesai untuk memastikan bahwa posisi alignment print head sudah benar dan hasil cetakan normal kembali.

Spesifikasi Printer Epson L220

Printer Epson L220 memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat dibandingkan dengan tipe sebelumnya, yaitu L210 yang hanya mampu mencetak dengan kecepatan 6.0 ipm untuk warna hitam-putih (monochrome) dan 3.0 ipm untuk warna. Kini, kecepatan cetaknya telah meningkat menjadi 7.0 ipm untuk monochrome dan 4.5 ipm untuk warna.

Selain itu, printer ini dilengkapi dengan tombol One touch Scan and Copy yang terletak di bagian depan sebagai panel shortcut untuk memudahkan pengguna printer dalam melakukan penyalinan (copy) dan pemindaian (scan) dokumen dengan cepat dan mudah. Desain dan model printer yang kecil dan minimalis juga dikhususkan untuk menghemat ruang, terutama di perkantoran yang tidak memiliki ruang yang besar.

Berikut Spesifikasi Epson L220 :

Model Printer Epson L220
Fitur Printer Print, Copy, Scan
Jenis Printer Inkjet Printer 
Technology PrecisionCore™
Metode Printer On Demand Inkjet
Resolusi Printer 5760 (horizontal) x 1440 (Vertical)
Minumum tetesan tinta 3 pl
Duplex Mode Ya ( Manual )
asuasu
Kecepatan cetak
Kecepatan cetak printer Draft (A4) 27 ppm (black) / 15 ppm (colour)
Kecepatan cetak printer ISO 7 ipm (black) / 4.5 ipm (colour)
Kecepatan cetak Foto 4×6 69 sec per photo (border)
Salin/Fotocopy
Kecepatan Salin Up to 5 detik / 10 detik (hitam/warna)
Ukuran Kertas Maksimal A4, letter
Jumlah Maks Salin (standalone) 20 copies
Mode Copy Standart Mode Copy
Scan / memindai
Teknologi scan Flatbed colour image scanner
Resolusi scan 600 x 1200 dpi
Kecepatan scan 7.2 msec/line (hitam), 14.3 msec/line (warna)
Format hasil Scan BMP, JPEG, TIFF, PDF
Scanner type Contact image sensor (CIS)
Maksimum scan area 216 x 297 mm
Penanganan kertas
Jumlah Paper Tray (tempat kertas )  1 Tempat masuk kertas
Kertas yang didukung A4,A5,A6,B5,C4,C6, DL,Letter, Legal
Maksimal ukuran kertas 215.9 x 1117.6mm
Print Margon 3 mm (permanent)
Maks kertas Masuk 50 lembar (A4), 10 lembar (Kertas Foto)
Maks kertas keluar 30 lembar (A4) , 20 lembar (kertas foto)
Power Consumption
Energy efficiency ENERGY STAR® certified
Oemakaian Fotocopy saja 12 watt
Printer Aktif 3.8 watt
Sleep 0.8 watt
saat printer off 0.3 watt
Informasi Umum
SoftwareEpson Easy Photo Print
Epson Event Manager
Epson Scan
EpsonNet Print
EpsonNet setup
Konektifitas PrinterUSB
Ukuran printer 482? x 300 x 145 mm (panjang x lebar x tinggi)
Berat Printer 4.4 kg ( 4.6 kg pada kardus)
Garansi Resmi Printer 2 Tahun / 30.000 lembar
Baca Juga :   Cara Cleaning Epson L3110 Paling Mudah dan Tepat

Baca Juga :

Penutup

Itulah tadi artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan printer Epson L220. Membersihkan printer secara berkala adalah hal yang penting untuk menjaga kualitas cetakan dan memperpanjang masa pakai printer.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan tinta yang berkualitas dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar. Dengan melakukan perawatan yang tepat, printer Anda akan terus berfungsi dengan baik dan memberikan hasil cetakan yang optimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *