Biaya Membuat Garasi Mobil

√ Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis: Material & Upah

Posted on

Finoo.id – √ Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis: Material & Upah. Mungkin bagi sebagian orang, garasi mobil dianggap sebagai bagian rumah yang kurang memiliki peran yang sangat penting. Terkadang, di kota-kota besar, banyak orang lebih memilih untuk memarkirkan kendaraan mereka di luar atau di tempat parkir bersama.

Hal tersebut tidak terjadi tanpa alasan, karena banyak yang menganggap biaya pembuatan garasi mobil cukup tinggi, menjadi salah satu faktor kendala dalam proses pembangunan. Namun, seiring berjalannya waktu, kehadiran garasi kendaraan menjadi semakin penting dalam sebuah hunian.

Jika kalian berkeinginan membangun garasi mobil namun terkendala oleh biaya, jangan khawatir karena saat ini kalian dapat membuatnya dalam gaya minimalis. Garasi mobil dengan konsep minimalis ini dapat membantu menghemat anggaran pembuatannya. Sesuai dengan namanya, proses pembangunan tersebut akan meminimalkan seluruh kebutuhan komponennya.

Meskipun begitu, sebagai pemilik rumah, tetaplah penting untuk membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembuatan garasi mobil dengan matang sejak awal. Untuk membantu kalian, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya pembuatan garasi mobil minimalis.

Struktur Membuat Garasi Mobil Minimalis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika kalian ingin membuat garasi mobil minimalis, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, termasuk anggaran biaya pembangunan. Selain itu, terdapat juga beberapa komponen kunci lainnya dalam pembuatan garasi mobil minimalis, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Desain Garasi Minimalis

Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang biaya pembuatan garasi mobil minimalis, penting untuk mengetahui konsep dan desain ruangannya terlebih dahulu. Pada era modern seperti sekarang, garasi mobil dengan tema minimalis dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yakni garasi terbuka dan tertutup.

Garasi terbuka sangat direkomendasikan untuk mereka yang memiliki luas bangunan yang terbatas, sehingga tidak akan memakan terlalu banyak tempat. Di sisi lain, garasi mobil tertutup dibangun di dalam rumah, sehingga akan membutuhkan lebih banyak ruang dan lebih cocok untuk bangunan yang lebih besar.

Baca Juga :   √ Jenis Struktur Bangunan Untuk Gedung Tinggi Paling Tepat

2. Ukuran Garasi Mobil

Selain memperhatikan desain atau konsep garasi mobil, penting juga untuk memperhatikan ukuran ruang saat menghitung biaya pembangunannya. Jika kalian memiliki mobil berukuran kecil atau sedang, disarankan untuk membangun garasi dengan ukuran 3 m x 4 m atau 3 m x 5 m. Namun, jika mobil kalian berukuran cukup besar, lebih baik membangun ruang garasi dengan ukuran 4 m x 5 m.

3. Kebutuhan Material

Elemen terakhir dalam perhitungan biaya pembuatan garasi mobil adalah mempertimbangkan kebutuhan material yang digunakan. Sebagai contoh, jika kalian ingin lebih menghemat anggaran, material lantai pada garasi mobil minimalis dapat berupa plester atau lapisan semen.

Selain itu, pilihlah penutup untuk garasi mobil minimalis, apakah menggunakan rangka atap baja ringan atau bahan lainnya. Dengan mempertimbangkan pemilihan material pembangunan, akan memengaruhi besaran anggaran biaya dalam proses pembuatan garasi mobil.

Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis

Setelah mengetahui beberapa aspek dan komponen penting dalam proses perhitungan biaya pembuatan garasi mobil, selanjutnya, kalian juga perlu memahami cara menghitungnya. Menurut pengalaman beberapa orang, biaya pembuatan garasi mobil minimalis biasanya tidak akan melebihi Rp 20 juta, bahkan bisa kurang dari angka tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa agar anggaran pembangunan garasi mobil minimalis tidak melonjak, kalian perlu memperhatikan semua aspek pembangunannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan dengan baik cara menghitung biaya pembuatan garasi mobil minimalis di bawah ini.

1. Luas Garasi Mobil Minimalis

Langkah awal dalam menghitung biaya pembuatan garasi mobil minimalis adalah menentukan luas atau volume area pekerjaan. Tahap ini sebenarnya mirip dengan saat menghitung biaya pembangunan rumah minimalis dengan 3 kamar. Misalnya, jika kalian ingin menggunakan ukuran garasi mobil 3 m x 5 m, maka total luas area pekerjaannya adalah 15 meter persegi.

2. Biaya Membuat Lantai Garasi

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pembuatan lantai garasi mobil di rumah. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, jika kalian ingin lebih menghemat anggaran pembangunan, disarankan untuk hanya menggunakan plester atau lapisan semen pada lantai garasi mobil.

Saat ini, harga borongan pelur lantai berada dalam kisaran Rp 400.000 per meter persegi. Jadi, untuk ruangan garasi mobil minimalis dengan luas 15 meter persegi, kalian perlu menyiapkan anggaran sebesar Rp 6.000.000 (15 m2 x Rp 400.000).

3. Biaya Membuat Atap Garasi

Selain lantai, atap juga merupakan salah satu material krusial dalam pembangunan garasi mobil minimalis. Agar lebih hemat biaya, disarankan untuk menggunakan atap kanopi. Sebagai contoh, harga borongan kanopi baja ringan dengan menggunakan material alderon saat ini adalah Rp 450.000 per meter persegi, sehingga kalian perlu menyiapkan anggaran sebesar Rp 6.750.000 (15 m2 x Rp 450.000).

Baca Juga :   Pengertian Scaffolding: Fungsi, Manfaat dan Jenis-Jenisnya

4. Ongkos Pekerja Bangunan

Langkah terakhir dalam menghitung biaya pembuatan garasi mobil minimalis berkaitan dengan upah atau ongkos pekerja bangunan. Saat ini, tarif ongkos jasa tukang bangunan umumnya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 250.000 per hari.

Pembuatan garasi mobil sederhana seperti ini biasanya memerlukan waktu sekitar 7 hingga 14 hari kerja. Jika kita asumsikan ongkos jasa bangunan per hari sebesar Rp 200.000, maka kalian perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp 1.400.000.

Untuk menghemat anggaran dalam proses pembangunan garasi di dalam rumah, disarankan untuk menggunakan pekerja sistem borongan. Meskipun harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan sistem harian, perlu diingat bahwa hasil pengerjaannya mungkin tidak sepresisi pekerja harian.

Berdasarkan perhitungan di atas, total biaya yang dibutuhkan untuk membangun garasi mobil minimalis berukuran 3 m x 5 m dengan rangka atap kanopi Alderon adalah sekitar Rp 14.150.000. Perlu diingat bahwa besaran anggaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi area pekerjaan, tingkat kerumitan, dan risiko pembangunan.

Pertimbangan Sebelum Membuat Garasi Mobil

Setelah mengetahui cara menghitung biaya pembuatan garasi mobil, langkah berikutnya adalah memahami pertimbangan sebelum membuat garasi mobil. Perhatikan poin-poin berikut ini:

1. Pastikan Lahannya Tersedia

Hal ini sering terjadi di daerah perkotaan yang padat penduduk. Banyak orang memiliki kendaraan, tetapi mereka tidak memiliki lahan untuk membangun garasi, sehingga mereka terpaksa harus menyewa. Tentu saja, hal ini adalah hal yang wajar. Berdasarkan kondisi ini, sebelum memulai pembangunan garasi, yang pertama kali harus dipertimbangkan adalah ketersediaan lahan.

2. Penghitungan Budget Secara Detil

Pada masa kini, melakukan proyek konstruksi apa pun bukanlah perkara yang ekonomis atau sederhana. Diperlukan pertimbangan yang matang, termasuk dalam pembangunan garasi.

Pastikan anggarannya sudah tersedia, sehingga tidak ada risiko proyek terhenti di tengah jalan akibat kendala keuangan. Hal ini sangat penting agar rumah tidak hanya terlihat indah namun juga tetap terorganisir tanpa kesan berantakan.

3. Sesuaikan dengan Desain Bangunan

Sebagian orang memilih untuk membangun garasi setelah seluruh struktur bangunan telah selesai dibangun. Oleh karena itu, disarankan untuk merencanakan konsep secara menyeluruh, sehingga tidak mengganggu estetika rumah yang telah dibangun sejak awal.

Baca Juga :   √ Apa Itu Pondasi Rollag? Fungsi, Kelebihan & Kekurangan

4. Pilih Pekerja Konstruksi Profesional

Meskipun bersifat komplementer, pembangunan garasi merupakan pekerjaan konstruksi yang serius. Lakukanlah ini dengan memanfaatkan jasa tenaga konstruksi atau tukang profesional. Oleh karena itu, pastikan bahwa anggaran sudah siap dan tersedia.

5. Pertimbangkan Perabot Tambahan

Sebagai bagian dari rumah, garasi juga membutuhkan penambahan beberapa perabot sederhana. Salah satunya adalah rak penyimpanan. Hal ini diperlukan agar barang-barang yang seharusnya menjadi perlengkapan kendaraan tidak berserakan ketika dikeluarkan dari dalam mobil.

6. Tentukan Pintu Garasi

Dari berbagai aspek, pintu merupakan salah satu pertimbangan utama dalam membangun garasi rumah. Selain berperan dalam aspek keamanan, bagian ini juga menjadi elemen vital yang akan melindungi kendaraan dari kontak dengan lingkungan luar saat terparkir.

Oleh karena itu, pertimbangkan dengan cermat bentuk dan model pintu garasi, termasuk pilihan material yang akan digunakan dalam pembangunannya.

7. Memilih Lantai Garasi

Lantai garasi adalah bagian yang tidak boleh diabaikan, karena selain memiliki fungsi estetika, juga memiliki peran penting dalam aspek keselamatan. Beberapa ahli konstruksi menyarankan penggunaan material lantai khusus untuk garasi. Penggunaan keramik khusus ini dapat meningkatkan faktor keamanan ketika memarkir kendaraan di dalam garasi.

Baca Juga :

Penutup

Dalam merencanakan dan membangun garasi mobil, satu aspek krusial yang perlu dipertimbangkan adalah biaya. Sebagai pemilik rumah, keputusan untuk menambahkan garasi mobil dapat memberikan manfaat signifikan, namun, penting untuk merencanakan dengan cermat agar tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Dengan merinci dan menghitung biaya dengan cermat, kalian dapat memastikan bahwa proyek pembangunan garasi mobil berjalan sesuai anggaran.

Ingatlah bahwa investasi ini bukan hanya untuk kenyamanan pribadi, tetapi juga dapat meningkatkan nilai properti kalian.

Oleh karena itu, rencanakan dengan bijaksana untuk mendapatkan garasi mobil yang berkualitas tanpa mengorbankan stabilitas keuangan kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Biaya Membuat Garasi Mobil Minimalis: Material & Upah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *