Biaya Bangun Ruko 2 Lantai

√ Biaya Bangun Ruko 2 Lantai Per Meter: Harian & Borongan

Posted on

Finoo.id – √ Biaya Bangun Ruko 2 Lantai Per Meter: Harian & Borongan. Salah satu bentuk pembangunan yang signifikan dalam mendukung aktivitas ekonomi di Indonesia adalah konstruksi rumah toko atau ruko. Tidak hanya terbatas di kota-kota besar, tetapi pembangunan ruko juga telah merambah ke wilayah pedesaan.

Pembangunan ruko dapat dijadikan pilihan alternatif sebagai lokasi usaha sekaligus tempat tinggal. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak individu yang tertarik untuk membeli atau membangun ruko, baik yang berskala sederhana maupun minimalis, sebagai bentuk investasi bisnis.

Ruko umumnya memiliki berbagai tipe, mulai dari satu lantai, dua lantai, tiga lantai, dan seterusnya. Secara umum, ruko dua lantai dan tiga lantai menjadi pilihan yang paling populer karena dianggap lebih fungsional, dan ruang yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan usaha.

Oleh karena itu, bagi mereka yang berencana membangun ruko dua lantai, sangat penting untuk menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) secara detail sejak awal. Tanpa menunggu lebih lama, mari kita telaah perhitungan biaya untuk membangun ruko dua lantai berikut ini.

Keuntungan Bangun Ruko 2 Lantai

Sebelum kita menggali lebih dalam, penting untuk memahami terlebih dahulu mengenai manfaat atau keuntungan dari pembangunan ruko dua lantai. Beberapa keuntungan tersebut antara lain seperti yang tercantum di bawah ini.

1. Serbaguna

Ruko 2 lantai memiliki keunggulan sebagai bangunan serbaguna, yang berfungsi sebagai tempat usaha dan tempat tinggal. Hal ini membuatnya lebih terorganisir karena ruko secara khusus dibangun untuk memenuhi kebutuhan kedua fungsi tersebut. Keberadaannya memberikan tampilan yang lebih teratur dan terpadu.

2. Lebih Ekonomis

Membangun ruko 2 lantai dinilai lebih ekonomis jika dibandingkan dengan konstruksi rumah tinggal. Desainnya yang mengutamakan pemanfaatan ruang secara vertikal membuatnya menjadi pilihan yang hemat ruang. Dengan demikian, cukup dengan satu atau dua kavling tanah strategis, sudah memungkinkan untuk membangun ruko minimalis yang nyaman dan layak huni.

3. Nilai Investasi Tinggi

Ruko 2 lantai juga memiliki nilai investasi yang tinggi, baik untuk dijual kembali maupun disewakan. Banyak orang mengakui bahwa rumah toko memiliki nilai jual dan nilai sewa yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah tinggal biasa. Ini menjadikan pembangunan ruko sebagai pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan investasi dengan potensi pengembalian yang baik.

Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Hebel Per Meter Semua Ukuran Terbaru

Biaya Bangun Ruko 2 Lantai

Pastinya sebelum melangkah membangun ruko 2 lantai, penting bagi kalian untuk menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) terlebih dahulu guna mengetahui sejauh mana total dana yang harus disiapkan. Sebenarnya, biaya pembangunan ruko 2 lantai tidak terlalu berbeda dengan membangun kontrakan sederhana. Berikut adalah beberapa detail perhitungannya.

1. Biaya Pembelian Lahan

Langkah pertama dalam menyiapkan biaya untuk membangun rumah toko 2 lantai adalah menghitung biaya pembelian lahan. Secara umum, rumah toko 2 lantai dengan ukuran 6 x 10 meter biasanya dibangun di atas lahan seluas 72 meter persegi. Jika harga tanah dengan lokasi strategis adalah Rp 2.000.000 per meter persegi, maka perhitungannya dapat dijabarkan sebagai berikut.

Luas tanah x Harga tanah per meter persegi = 72 m2 x Rp 2.000.000 = Rp 144.000.000.

Dengan demikian, biaya yang perlu disiapkan untuk membeli lahan strategis adalah sebesar Rp 144.000.000.

2. Total Luas Bangunan

Langkah berikutnya adalah menghitung luas bangunan untuk ruko 2 lantai. Jika rumah toko tersebut memiliki ukuran 6 x 10 meter, maka luas bangunannya adalah 6 x 10 = 60 meter persegi. Dengan demikian, total luas bangunan untuk ruko 2 lantai adalah 2 (6 x 10) = 120 meter persegi.

3. Biaya Bangun Ruko 2 Lantai

Selanjutnya, perlu juga menghitung biaya pembangunan ruko 2 lantai untuk akuisisi bahan material bangunan serta ongkos bagi para tukang atau pekerja. Harap diperhatikan bahwa terdapat dua opsi jenis tukang bangunan yang dapat dipilih, baik itu sistem harian maupun sistem borongan.

a. Sistem Harian

Sistem harian umumnya menetapkan tarif berkisar antara Rp 80.000 hingga Rp 100.000. Namun, apabila memilih sistem pekerja harian, kalian perlu menyiapkan bahan material bangunan sendiri, termasuk bata merah, pasir, semen, batu pondasi, dan berbagai material lainnya.

b. Sistem Borongan

Sementara untuk sistem borongan, biasanya tarif borongan berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 2.500.000. Keunggulan dari sistem borongan ini adalah kalian tidak perlu lagi khawatir mengurus bahan bangunan karena semuanya sudah diatur oleh pemborong atau kontraktor.

Jika kalian memilih menggunakan pekerja dengan sistem borongan, perhitungannya akan sebagai berikut:

Luas bangunan x Harga borongan per meter persegi = 120 m2 x Rp 2.500.000 = Rp 300.000.000.

Dengan demikian, total biaya pembangunan ruko 2 lantai, mulai dari pembelian lahan hingga biaya konstruksi, adalah Rp 144.000.000 + Rp 300.000.000 = Rp 444.000.000. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut belum termasuk ongkos desain rumah tokonya.

Baca Juga :   √ Biaya Bangun Toko Kecil Semua Ukuran: Harian & Borongan

Tips Bangun Ruko 2 Lantai

Setelah mengetahui estimasi total biaya untuk membangun ruko 2 lantai, penting juga untuk mempertimbangkan beberapa tips agar proses pembangunan berjalan sesuai harapan. Berikut adalah beberapa saran yang bisa dipertimbangkan:

  1. Perhatikan Letak Lokasi Pembangunan Rumah Toko:
    Pastikan untuk memperhatikan letak lokasi pembangunan rumah toko. Pilihlah lokasi yang strategis dan sesuai dengan tujuan bisnis yang akan dijalankan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti aksesibilitas, potensi pelanggan, dan perkembangan lingkungan sekitar.
  2. Perhatikan Konstruksi Bangunan Ruko 2 Lantai:
    Pilihlah desain dan konstruksi bangunan ruko 2 lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya arsitektur yang diinginkan. Pastikan bahwa konstruksi bangunan memenuhi stkalianr keamanan dan ketahanan yang diperlukan.
  3. Buat Permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Ruko:
    Sebelum memulai konstruksi, pastikan untuk membuat permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ruko. Proses ini penting untuk memastikan bahwa pembangunan berada dalam batas-batas hukum dan peraturan setempat.
  4. Buat Jarak Antara Ruko dengan Jalan Raya Minimal 5 Meter:
    Sesuaikan jarak antara ruko dengan jalan raya minimal 5 meter, sesuai dengan regulasi setempat. Hal ini tidak hanya mematuhi peraturan, tetapi juga dapat memastikan akses yang baik dan meningkatkan daya tarik toko.
  5. Pilihlah Pemborong atau Kontraktor Berpengalaman serta Bisa Dipercaya:
    Saat memilih pemborong atau kontraktor, pastikan untuk memilih yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik. Tinjau referensi proyek sebelumnya dan pastikan bahwa mereka dapat dikalianlkan dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu dan anggaran yang telah ditetapkan.
  6. Gunakan Bahan Material Berkualitas:
    Investasikan dalam bahan material berkualitas untuk memastikan keberlanjutan dan keamanan bangunan. Bahan yang berkualitas juga dapat mengurangi risiko perawatan dan perbaikan yang seringkali diperlukan.
  7. Gunakanlah Rolling Door agar Lebih Memudahkan:
    Pertimbangkan untuk menggunakan rolling door sebagai pintu masuk toko. Rolling door tidak hanya memberikan keamanan tambahan, tetapi juga memudahkan proses membuka dan menutup toko, memberikan kenyamanan bagi pemilik dan pelanggan.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Konstruksi

Selain luas bangunan dan harga per meter persegi, terdapat beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi biaya konstruksi ruko atau bangunan lainnya. Faktor-faktor ini perlu diperhatikan untuk mendapatkan estimasi biaya bangun ruko 2 lantai yang lebih akurat.

  1. Lokasi:
    Lokasi proyek konstruksi memiliki pengaruh besar pada harga bahan bangunan, tenaga kerja, dan izin-izin yang dibutuhkan. Lokasi yang sulit diakses atau berjarak jauh dari pusat kota dapat meningkatkan biaya transportasi bahan bangunan dan peralatan.
  2. Tingkat Kesulitan:
    Jika proyek konstruksi melibatkan desain yang rumit atau teknik konstruksi khusus, biaya konstruksi dapat menjadi lebih tinggi. Contohnya, proyek dengan bentuk bangunan yang tidak lazim atau teknologi canggih akan memerlukan biaya tambahan.
  3. Kualitas Bahan Bangunan:
    Penggunaan material berkualitas tinggi akan meningkatkan biaya konstruksi. Pilihan material seperti bahan bangunan ramah lingkungan atau material tahan lama juga dapat mempengaruhi harga.
  4. Pekerjaan Tambahan:
    Selain struktur utama, ada juga pekerjaan tambahan seperti pemasangan listrik, instalasi pipa air, dan pekerjaan interior. Semakin banyak pekerjaan tambahan yang dilakukan, semakin tinggi biaya konstruksinya.
  5. Harga Tenaga Kerja:
    Biaya tenaga kerja dapat bervariasi tergantung pada lokasi, permintaan tenaga kerja pada waktu tertentu, serta tingkat keahlian yang diperlukan. Ketersediaan tenaga kerja yang terampil atau pekerja dengan spesialisasi tertentu dapat mempengaruhi biaya tenaga kerja.
  6. Lisensi dan Izin:
    Proses mendapatkan izin konstruksi dari pemerintah setempat dapat menimbulkan biaya tambahan. Pemilik proyek juga mungkin perlu membayar biaya inspeksi dan pemeriksaan selama dan setelah konstruksi.
Baca Juga :   √ Daftar Harga Borongan Meja Dapur Cor Per Meter Terbaru

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, pemilik proyek dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap dan akurat tentang berapa biaya yang akan diperlukan untuk membangun ruko 2 lantai sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang diinginkan.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menghadapi proyek pembangunan ruko 2 lantai, pemahaman terhadap biaya adalah kunci untuk merencanakan secara efektif dan menghindari kejutan yang tidak diinginkan.

Dari perhitungan pembelian lahan hingga biaya konstruksi dan faktor-faktor lain yang memengaruhinya, memahami seluruh konteks keuangan sangat penting. Semakin detail perencanaan biaya, semakin terjamin kelancaran dan keberhasilan proyek.

Dengan memahami dan mengelola biaya bangun ruko 2 lantai secara cermat, diharapkan proyek konstruksi dapat berjalan dengan efisien dan menghasilkan bangunan yang berkualitas tinggi.

Kesuksesan proyek tidak hanya tercermin dalam bentuk fisik bangunan, tetapi juga dalam manajemen keuangan yang bijaksana dan terencana.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Biaya Bangun Ruko 2 Lantai Per Meter: Harian & Borongan. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimkasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *