Harga Borongan Gudang Per M2

√ Harga Borongan Gudang Per M2: Material & Tenaga

Posted on

Finoo.id – √ Harga Borongan Gudang Per M2: Material & Tenaga. Seperti yang diketahui, peran gudang dalam sistem logistik tidak dapat diabaikan. Dengan perkembangan industri di Indonesia, gudang memainkan peran yang sangat penting dalam kelancaran aktivitas bisnis, terutama dalam penyimpanan barang, baik itu bahan mentah, dalam proses, maupun yang siap didistribusikan.

Fungsi gudang tidak hanya terbatas pada penyimpanan atau penyetokan barang. Di dalam sistem logistik dan rantai pasokan, gudang menjadi fasilitas infrastruktur yang esensial dalam suatu perusahaan atau pabrik, baik sebagai tempat terminal konsolidasi maupun pusat distribusi.

Ketika berbicara tentang gudang, saat ini di seluruh Indonesia telah tersedia berbagai kontraktor dan pemborong yang menyediakan layanan pembuatan gudang. Umumnya, kontraktor atau pemborong menetapkan biaya pembuatan gudang per meter persegi.

Jika Anda berencana untuk membangun gudang dengan menggunakan sistem borongan, penting untuk mengetahui besaran harga terlebih dahulu. Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan besaran harga borongan pembangunan gudang per meter persegi untuk semua jenis, beserta cara menghitungnya.

Komponen Pembuatan Gudang

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai besaran harga borongan gudang per meter persegi, sebaiknya kita pahami beberapa komponen yang akan memengaruhi harga tersebut. Ada beberapa komponen kunci yang akan berpengaruh pada besaran harga borongan, antara lain sebagai berikut.

Jenis Bahan Material

Faktor pertama yang umumnya memengaruhi besaran harga borongan pembuatan gudang adalah jenis atau tipe bahan material yang digunakan. Seperti yang kita ketahui, terdapat berbagai jenis bahan material yang dapat digunakan untuk membangun sebuah gudang.

Semakin tinggi kualitas dan daya tahan bahan material bangunan, semakin tinggi pula biaya pembangunannya. Meskipun demikian, hal tersebut sebanding dengan investasi yang dikeluarkan. Karena umumnya, daya tahan bangunan gudang yang lebih tinggi akan meningkatkan usia ekonomis bangunan tersebut.

Baca Juga :   Biaya Pembuatan Greenhouse Baja Ringan Terbaru Paling Lengkap

Tingkat Kerumitan Desain Gudang

Tingkat kompleksitas desain gudang juga dapat memengaruhi besaran harga borongan pengerjaannya. Semakin rumit desain bangunan gudang, semakin tinggi pula biaya yang diperlukan, terutama untuk biaya bahan, upah tukang borongan, dan kontraktor yang membangun bangunan.

Kerataan Lahan

Faktor terakhir yang memengaruhi besaran harga borongan pembangunan gudang per meter persegi adalah tingkat kerataan tanah. Seperti yang kita ketahui, secara umum, gudang biasanya dibangun di atas tanah yang rata. Kondisi kerataan tanah ini menjadi suatu keharusan dan dapat memengaruhi biaya pengerjaan secara keseluruhan.

Analisa Harga Satuan Bangun Gudang

Pada saat ini, umumnya pembangunan gudang menggunakan konstruksi baja WF dengan rangka atap berbahan baja ringan (truss). Sebelumnya, telah dijelaskan tentang besaran harga borongan konstruksi baja WF, baik per kilogram maupun per meter.

Secara keseluruhan, analisis harga satuan pembangunan gudang ditentukan oleh spesifikasinya, terutama untuk gudang yang menggunakan konstruksi baja WF. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan analisis harga satuan pembangunan gudang di bawah ini.

NoPekerjaanSatuanHarga SatuanKeterangan
ADAFTAR HARGA KONSTRUKSI BAJA WF DI BAWAH 10 TON
Konstruksi Baja WFkgRp8,000Tenaga
Konstruksi Baja WFkgRp10,000Tenaga + Alat
Konstruksi Baja WFkgRp30,000Tenaga + Alat + Bahan
Pekerjaan Atap Zincalume (Spandek)mRp110,000Tenaga + Alat + Bahan
BDAFTAR HARGA KONSTRUKSI BAJA WF DI ATAS 10 TON
Konstruksi Baja WFkgRp7,000Tenaga
Konstruksi Baja WFkgRp9,000Tenaga + Alat
Konstruksi Baja WFkgRp28,500Tenaga + Alat + Bahan
Pekerjaan Atap Zincalume (Spandek)mRp100,000Tenaga + Alat + Bahan
CDAFTAR HARGA KONSTRUKSI ATAP BAJA RINGAN (TRUSS) DI BAWAH 100 M2
Konstruksi Baja WFm2Rp65,000Tenaga
Konstruksi Baja WFm2Rp240,000Tenaga + Bahan Canal C (Tidak Termasuk Genteng)
DDAFTAR HARGA KONSTRUKSI ATAP BAJA RINGAN (TRUSS) DI ATAS 100 M2
Konstruksi Baja WFm2Rp55,000Tenaga
Konstruksi Baja WFm2Rp185,000Tenaga + Bahan Canal C (Tidak Termasuk Genteng)
Baca Juga :   √ Apa Itu Soffit? Manfaat, Kelebihan dan Kekuranganya

Harga Borongan Gudang Per M2

Setelah memahami beberapa komponen kunci dan menganalisis harga satuan pembangunan gudang, langkah selanjutnya adalah mencari tahu besaran harga borongan per meter persegi. Seperti halnya pada umumnya, besaran ongkos jasa pembangunan gudang per meter persegi dapat bervariasi di berbagai wilayah Indonesia.

Estimasi kisaran harga borongan pembangunan gudang saat ini berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.800.000 per meter persegi. Dalam besaran harga borongan gudang per meter persegi tersebut, umumnya sudah termasuk beberapa pekerjaan seperti pondasi pedestal, konstruksi baja, atap seng, dan cladding sopi kecil baja.

Namun, pekerjaan seperti dinding, lantai kerja, dan pekerjaan sipil lainnya yang terkait dengan pembangunan gudang biasanya tidak termasuk dalam biaya borongan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk menggunakan pekerja borongan dalam proses pembangunan gudang.

Cara Menghitung Borongan Gudang Per M2

Di atas telah dijelaskan secara rinci mengenai kebutuhan komponen, analisis harga satuan, hingga harga borongan pembangunan gudang per meter persegi. Nah, di bawah ini kami juga akan memberikan panduan mengenai tata cara menghitung biaya pekerja borongan dalam pembuatan gudang dengan menggunakan estimasi angka-angka di atas.

Secara umum, tata cara menghitung biaya borongan gudang per meter persegi hampir serupa dengan saat menghitung biaya pembangunan rumah per meter. Sebagai contoh, jika Anda akan membangun gudang untuk distribusi barang dagangan dengan ukuran panjang 12 meter dan lebar 6 meter, berikut adalah cara menghitungnya.

Ukuran Gudang

  • Luas gudang = Panjang x Lebar.
  • Luas gudang = 12 m x 6 m.
  • Luas gudang = 72 m2.

Biaya Pembangunan Gudang

  • Biaya bangun gudang = Luas gudang x Harga borongan.
  • Biaya bangun gudang = 72 m2 x Rp 1.000.000 – Rp 1.800.000 per m2.
  • Biaya bangun gudang = Rp 72.000.000 – Rp 129.600.000.
Baca Juga :   √ Tips Renovasi Rumah Yang Perlu Dipahami, Berikut Ulasanya!

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk membangun gudang dengan ukuran 12 m x 6 m, diperlukan anggaran dana sekitar Rp 72.000.000 hingga Rp 129.000.000, bergantung pada spesifikasi bahan material yang diinginkan.

Baca Juga :

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penentuan harga borongan gudang per meter persegi melibatkan beberapa faktor kunci, termasuk jenis bahan material, tingkat kerumitan desain, dan kondisi tanah.

Analisis harga satuan pembangunan gudang menjadi panduan yang penting untuk memahami besaran biaya yang dibutuhkan.

Melihat estimasi harga borongan gudang per meter persegi, berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.800.000, menjadi referensi bagi mereka yang merencanakan pembangunan gudang.

Namun, perlu diperhatikan bahwa angka ini bersifat perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada spesifikasi proyek dan lokasi geografis.

Dalam membuat keputusan, sebaiknya pertimbangkan dengan matang kebutuhan proyek dan alokasi anggaran yang tersedia.

Harga borongan gudang per meter persegi menjadi bagian penting dalam menyusun rencana pembangunan, memastikan kelancaran proses konstruksi dan kualitas bangunan yang dihasilkan.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Harga Borongan Gudang Per M2: Material & Tenaga. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *