Biaya Bangun Ruko 1 Lantai

√ Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana: Harian & Borongan

Posted on

Finoo.id – √ Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana: Harian & Borongan. Membangun sebuah ruko atau rumah toko dapat dijadikan alternatif pilihan sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal. Namun, terdapat beberapa ruko yang tetap kosong bahkan bertahun-tahun karena tidak menarik minat pembeli.

Penyebabnya mungkin karena harga sewa atau jual yang tinggi, sehingga kurang diminati. Selain itu, desain atau konsep ruko yang kurang menarik juga dapat menjadi alasan mengapa ruko tersebut tidak diminati.

Oleh karena itu, pembangunan ruko harus dipertimbangkan dengan matang, termasuk perencanaan desain, pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan aspek lainnya. RAB menjadi elemen penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai pembangunan ruko.

Jika kalian berencana membangun ruko sederhana satu lantai, sebaiknya hitung terlebih dahulu estimasi biaya pembangunan. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pembangunan ruko satu lantai yang sederhana, mencakup bahan material dan biaya pekerjaan.

Denah Ruko 1 Lantai Sederhana

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya pembangunan ruko satu lantai yang sederhana, penting untuk memahami denah ideal bangunan tersebut. Umumnya, banyak orang membangun ruko satu lantai dengan ukuran 6 meter x 10 meter.

Ruko satu lantai sederhana ini biasanya terdiri dari 1 kamar tidur, dapur, dan kamar mandi berukuran sederhana. Sisa ruangan seringkali digunakan sebagai toko atau kios untuk keperluan usaha pemiliknya.

Memang benar bahwa ruko jarang memiliki ruang keluarga karena tujuan utamanya adalah sebagai tempat usaha. Selain itu, hal ini memungkinkan penghematan biaya pembangunan karena ruangannya tidak terlalu banyak.

Bahan Bangun Ruko

Sebelum kita memahami contoh sederhana mengenai perhitungan biaya pembangunan ruko, penting untuk mengetahui bahan bangunan yang dibutuhkan. Material yang umumnya digunakan untuk membangun ruko dua lantai meliputi pondasi, dinding, atap, dan plafon.

Pondasi biasanya menggunakan batu kali untuk membuat pondasi cakar ayam yang terkenal kokoh. Selain itu, beton bertulang digunakan dengan besi berukuran 13, 10, 8, dan 6.

Baca Juga :   √ Spesifikasi Talang Air PVC Untuk Rumah Dan Bangunan

Atap dapat dibuat menggunakan rangka baja ringan yang memiliki ketahanan yang dapat dikalianlkan. Plafon atau langit-langit menggunakan gypsum dengan rangka hollow. Bahan untuk dinding dapat terdiri dari bata ringan yang dilapisi dengan acian dan dicat.

Lantai sebaiknya menggunakan keramik berukuran 60 x 60 cm untuk lantai umum dan 20 x 20 cm untuk kamar mandi. Cat dinding dapat menggunakan cat anti air, sementara cat kayu dapat menggunakan cat duco atau melamin.

Pastikan juga untuk menyediakan bahan listrik seperti kabel dan bahan ventilasi, seperti aluminium dan triplek untuk pintu dan bahan kusen.

Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana

Seperti yang diketahui, biaya pembangunan ruko satu lantai sederhana tentu akan lebih ekonomis dibandingkan dengan pembangunan ruko dua lantai. Selain itu, proses pembangunannya juga dapat diselesaikan lebih cepat, yang pada akhirnya dapat mengurangi pengeluaran biaya.

Ketika akan membangun ruko satu lantai yang sederhana, ada beberapa elemen penting yang perlu diperhatikan. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah rincian perhitungan biaya pembangunan ruko satu lantai yang sederhana.

Biaya Pembelian Lahan

Elemen penting pertama dalam pembangunan ruko satu lantai yang sederhana adalah biaya perolehan lahan. Ruko dengan ukuran 6 x 10 meter umumnya dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 72 meter persegi.

Sebagai contoh, apabila harga tanah saat ini adalah Rp 2.000.000 per meter persegi, maka perhitungan biaya perolehan tanah dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Biaya perolehan tanah: Luas tanah x harga tanah per m2.
  • Biaya perolehan tanah: 75 m2 x Rp 2.000.000 = Rp 144.000.000.

Harap diingat bahwa harga tanah dapat bervariasi di berbagai daerah, tergantung pada lokasi dan keadaan tempat tersebut. Semakin strategis lokasi tanah, semakin tinggi kemungkinan harganya menjadi lebih mahal.

Total Luas Bangunan

Selanjutnya, perlu dihitung total luas bangunan ruko satu lantai sederhana terlebih dahulu. Jika ruko satu lantai sederhana dibangun dengan ukuran 6 x 10 meter, perhitungan luas total bangunannya dapat dijelaskan sebagai berikut:

Baca Juga :   √ Biaya Bangun Ruko 2 Lantai Per Meter: Harian & Borongan

  • Luas bangunan: Lebar x panjang bangunan
  • Luas bangunan: 6 m x 10 m = 60 m2.

Dengan demikian, total luas bangunan untuk ruko satu lantai sederhana berukuran 6 x 10 meter adalah sekitar 60 meter persegi.

Ongkos Pekerja

Elemen penting selanjutnya yaitu menghitung ongkos pekerja atau tukang bangunannya. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis pekerja bangunan, yaitu pekerja dengan sistem harian serta pekerja sistem borongan atau kontraktor.

Pekerja Harian

Biasanya, pekerja harian menetapkan harga atau tarif sekitar Rp 80.000 hingga Rp 120.000 per hari. Jika kalian memutuskan untuk menggunakan jasa pekerja harian, kalian perlu menyiapkan biaya untuk pembelian bahan material pembangunan.

Pekerja Borongan

Sementara itu, bagi pemilik ruko yang memilih pekerja borongan, tidak perlu lagi mencari sendiri bahan material bangunan. Semua material pembangunan akan ditangani oleh kontraktor, mengurangi kesulitan bagi pemilik ruko.

Saat ini, harga borongan bangunan di beberapa daerah bervariasi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, secara umum, mereka biasanya menetapkan harga berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 2.500.000.

Jika kalian memilih menggunakan jasa borongan, perhitungan biaya termasuk ongkos tukang dan bahan material dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Ongkos borongan plus material: Luas ruko x harga borongan.
  • Ongkos borongan plus material: 60 m2 x Rp 2.000.000 = Rp 120.000.000.

Biaya Lainnya

Harap diingat, perlu juga mempersiapkan biaya tambahan untuk mengantisipasi kemungkinan hal-hal yang tidak terduga selama proses pembangunan berlangsung. kalian dapat mengalokasikan biaya tambahan sekitar 10% dari total biaya pembangunan ruko satu lantai sederhana.

Jika dihitung dari pembelian material hingga ongkos pekerja, total biaya pembangunan ruko satu lantai sederhana menjadi sekitar Rp 144.000.000 + Rp 120.000.000 = Rp 264.000.000.

Tips Membangun Ruko 1 Lantai Sederhana

Telah kami jelaskan secara mendalam mengenai rincian biaya pembangunan ruko satu lantai yang sederhana. Agar proses pembangunan berjalan lancar, berikut beberapa tips yang sebaiknya diikuti:

  1. Pilih Lokasi Strategis:
    Pilihlah lokasi pembangunan ruko dengan bijak. Pilihlah lokasi yang strategis agar usaha kalian dapat dilihat dan dijangkau oleh banyak orang.
  2. Gunakan Material Lokal Berkualitas:
    Gunakan material bahan bangunan lokal yang berkualitas baik. Hal ini tidak hanya mendukung ekonomi lokal tetapi juga dapat memastikan keberlanjutan bangunan dalam jangka panjang.
  3. Cari Tukang Bangunan Berpengalaman:
    Pilihlah tukang bangunan yang berpengalaman dan dapat dipercaya. Pengalaman mereka dapat memengaruhi kualitas pekerjaan dan menjamin bahwa proses pembangunan berjalan dengan baik.
  4. Bangun Secara Bertahap Jika Anggaran Terbatas:
    Jika anggaran terbatas, pertimbangkan untuk membangun ruko secara bertahap. Fokus pada bagian-bagian yang paling penting terlebih dahulu dan tingkatkan secara progresif sesuai dengan ketersediaan dana.
  5. Diskusikan Desain dengan Arsitek:
    Sebelum memulai pembangunan, diskusikan desain ruko satu lantai sederhana dengan seorang arsitek. Mereka dapat memberikan saran berharga dan membantu mewujudkan konsep yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kalian.
Baca Juga :   √ Harga Borongan Pasang Atap Asbes Per Meter Terbaru

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, pemahaman yang mendalam terhadap biaya bangun ruko satu lantai menjadi kunci keberhasilan setiap proyek pembangunan.

Dari perencanaan awal, pemilihan lokasi yang strategis, hingga pemilihan material dan tukang bangunan yang berkualitas, semuanya memainkan peran penting dalam menentukan efisiensi dan keberlanjutan proyek.

Seiring dengan perkembangan dan dinamika pasar, pemahaman mengenai biaya bangun ruko satu lantai menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Dengan perencanaan yang matang dan pengambilan keputusan yang bijak, diharapkan setiap proyek pembangunan dapat memberikan hasil yang optimal dan memberikan nilai tambah bagi pemiliknya.

Demi kesuksesan proyek-proyek mendatang, mari terus memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan dan mengelola biaya bangun ruko satu lantai.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang √ Biaya Bangun Ruko 1 Lantai Sederhana: Harian & Borongan. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *