Cara Pasang Gacun 3 4 Dan 5 Kabel

Cara Pasang Gacun 3, 4, Dan 5 Kabel Pada TV LED Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Pasang Gacun 3, 4, Dan 5 Kabel Pada TV LED Yang Tepat. TV LED merupakan salah satu barang elektronik yang sering ditemukan di rumah sebagai media hiburan atau pun untuk menampilkan presentasi atau informasi. Namun, jika ingin memasang gacun di TV LED agar mudah ditempatkan di dinding atau posisi yang lebih tinggi, dibutuhkan beberapa tahap dan peralatan yang tepat untuk memastikan pemasangan yang aman dan tepat.

Pada pertemuan sebelumnya telah diulas mengenai skema SMPS gacun, dan pada kesempatan ini akan dijelaskan secara lengkap tentang cara memasang gacun di TV LED. Berikut ini adalah panduan praktis lengkap tentang cara memasang gacun di TV LED.

Mengenal Sekilas Tentang Gacun

Gacun adalah sebuah kit elektronik yang ukurannya sangat kecil, bahkan tidak lebih besar dari bungkus korek api. Namun, jangan remehkan kemampuannya karena alat ini sangat ampuh dalam memperbaiki kerusakan pada regulator daya atau power supply.

Gacun dibuat berdasarkan rangkaian PWM dan dianggap sebagai alternatif pengganti regulator konvensional. Alat ini juga dikenal dengan sebutan switching karena memiliki bentuk model switching.

Gacun sering dipasangkan pada perangkat elektronik seperti TV tabung, TV LED, dan berbagai barang elektronik lainnya. Dengan ukuran yang super kecil, alat ini sangat praktis dan efektif dalam memperbaiki kerusakan pada perangkat elektronik tersebut.

Cara Pasang Gacun Di TV LED Terbaru

Terdapat beberapa jenis gacun yang dapat dilihat dari jumlah kabelnya, yaitu gacun 3 kabel, gacun 4 kabel, dan gacun 5 kabel. Gacun, yang juga dikenal sebagai modul power supply universal, merupakan rangkaian tiga kabel dengan koneksi sederhana yang dapat menghasilkan anti gangguan serta memberikan perlindungan atas tegangan, tegangan berlebih, koneksi singkat, dan kesalahan.

Baca Juga :   Cara Membuat Kabel HDMI To RCA Sendiri Paling Simpel

Selain itu, manfaat lain dari gacun termasuk rangkaian yang sederhana, instalasi yang cepat, kinerja yang stabil, dan dapat dikalianlkan. Gacun sangat cocok digunakan untuk memperbaiki serta menghasilkan power supply switching pada televisi, monitor, VCD, DVD, DVB, dan lain-lain. Berikut ini adalah Cara Pasang Gacun 3 Kabel Pada TV LED:

Langkah 1

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas Transistor/FET utama, kemudian memasang modul gacun dan isolator di dalam heatsink (pendingin).

Langkah 2

Kemudian, sambungkan kabel merah ke pad solder pada pin C pada transistor switching (untuk FET pada pin D, transistor pada pin C).

Langkah 3

Selanjutnya, sambungkan kabel hitam ke Ground utama pada televisi atau solder pada pin transistor switching (untuk transistor pada pin E, FET pada pin S). Pin E negatif dari kapasitor filter 300 volt.

Langkah 4

Cabut beban horizontal dan hubungkan bola lampu 100 watt, kemudian nyalakan televisi. Ini akan menyesuaikan volume pada modul untuk memperoleh tegangan output yang dibutuhkan dan keluaran lainnya secara otomatis akan mencapai nilai yang diinginkan. Di pabrik pembuatannya, modul sudah diatur untuk tegangan minimum yang berbeda-beda untuk setiap televisi. Sementara itu, jika ingin melepas beban horizontal dan menghubungkan bola lampu 100 watt, kemudian menyalakan televisi, ini akan menyelaraskan volume pada modul untuk mendapatkan tegangan output yang dibutuhkan dan keluaran gulungan lainnya secara otomatis akan mencapai nilai permintaan.

Langkah 5

Selanjutnya, untuk kabel biru, ini adalah kabel off remote control yang akan mematikan output jika dihubungkan ke hot ground. Jika televisi menggunakan optocoupler, kabel biru akan dihubungkan ke pin C optocoupler dan pin E optocoupler dihubungkan ke ground. Untuk semua koneksi lainnya, pada pin C optocoupler harus diputuskan, namun unit kontrol harus tetap dalam keadaan mati. Sementara itu, pada TV yang menggunakan dua optocoupler, pin C dan pin E optocoupler harus dihubungkan secara paralel. Jika modul power supply memiliki koneksi seri dengan transistor standby untuk mematikan televisi, kabel biru harus dihubungkan ke pin C transistor standby dan komponen lainnya harus terputus dari pin C.

Baca Juga :   Penyebab TV Mati Hidup Sendiri & Cara Mengatasinya

Langkah 6

Selain itu, kabel biru juga berfungsi sebagai kawat tegangan penyelaras.

Langkah 7

Jika setelah menginstal modul terjadi gangguan, putuskan komponen lain pada pin C dari transistor switching dan sirkuit parallel terhubung dengan R1 (22 ohm – 47 ohm / 3 – 5 watt) dan (470 pf – 1000 pf / 1 kv – 2 kv) pada sisi primer transformator switching.

Langkah 8

Jika ternyata modul tidak berfungsi, lakukan pemeriksaan pada dioda penyearah primer dan sekunder serta kapasitor filter.

Langkah 9

Jika televisi dilengkapi dengan rangkaian seperti STR6309 dan tegangan utama turun ketika ditutup dan memasok tegangan ke CPU, maka perlu dilakukan setup sirkuit listrik tambahan untuk pasokan ke CPU. Sementara itu, jika televisi dilengkapi dengan power supply khusus dan tidak cocok untuk menginstal modul ini secara langsung, maka modul ini dapat diinstal pada produk listrik lainnya dan kemudian dipasang ke televisi. Namun, perlu diperhatikan bahwa modul harus disesuaikan dengan tegangan terendah sebelum instalasi untuk menghindari kerusakan pada komponen tegangan tinggi.

Langkah 10

Jika setelah dimatikan, televisi tidak dapat dihidupkan, lakukan pemeriksaan pada rangkaian power off untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik. Jika ternyata berfungsi dengan baik, sambungkan salah satu resistor dengan nilai 4,7k / 10 watt – 8,2k / 5 watt antara B+ dan ground.

Alasan Mengganti SMPS Dengan Gacun

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa gacun digunakan sebagai pengganti SMPS bawaan trafo switching:

1. Nomor Komponen Dihapus

Biasanya pada trafo switching, terutama komponen yang berasal dari China, nomor atau labelnya tidak ada atau sudah dihapus. Hal ini membuat sulit mencari solusi jika terjadi masalah pada peralatan yang menggunakan trafo switching tersebut.

2. Komponen Tidak Tersedia Dipasaran

Beberapa komponen sulit ditemukan di pasaran lokal, maka pemasangan gacun menjadi alternatif terbaik.

3. Jalur Pada Papan PCB rusak

Komponen yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan parah pada papan PCB, bahkan dapat membuatnya gosong atau bahkan terbakar.

4. Solusi Perbaikan Tidak Ditemukan

Jika semua komponen sudah diganti, namun masalah masih terjadi.

Apa Saja Kegunaan Gacun?

Jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya gacun hanya merupakan sebuah rangkaian inverter sederhana yang menggunakan IC 3842 sebagai driver osilator dan FET sebagai power. Ketika tegangan melewati lilitan, maka akan selalu menghasilkan induksi yang diteruskan ke kaki kolektor FET, sehingga gacun bisa disebut sebagai inverter.

Baca Juga :   Cara Mereset TV Samsung Paling Mudah Pasti Berhasil

Meskipun demikian, gacun memiliki banyak manfaat dan kegunaan lain yang sangat bermanfaat. Dengan menggunakan gacun, Kalian dapat memperbaiki dan menghasilkan power supply switching pada berbagai perangkat elektronik, seperti televisi, monitor, VCD, DVD, dan DVB.

Selain itu, gacun juga memiliki manfaat seperti rangkaian yang sederhana, instalasi yang cepat, dan kinerja yang stabil. Oleh karena itu, meskipun gacun pada dasarnya hanya merupakan rangkaian inverter sederhana, namun memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang sangat berguna dalam dunia elektronik.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam memasang kabel gacun pada TV LED, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar koneksi bisa berjalan dengan baik. Pertama, pastikan kabel yang digunakan sesuai dengan jenis port pada TV LED, baik itu 3, 4, atau 5 kabel.

Kedua, pasang kabel dengan benar dan sesuai dengan warna masing-masing ujung kabel ke port yang sesuai. Ketiga, pastikan kabel terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, maka koneksi antara TV LED dan perangkat lain seperti DVD player, game console, atau sound system akan terjalin dengan baik dan kualitas gambar serta suara yang dihasilkan pun akan optimal.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Pasang Gacun 3, 4, Dan 5 Kabel Pada TV LED Yang Tepat Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *