Cara Menggunakan Mesin Fotocopy

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy : Tombol & Fungsi

Posted on

Finoo.id – Cara Menggunakan Mesin Fotocopy : Tombol & Fungsi. Siapa yang tidak mengenal mesin fotokopi? Tentu saja, sebagian besar orang sudah pernah mendengar atau bahkan menggunakan mesin tersebut.

Mesin fotokopi, yang berfungsi untuk menyalin dokumen ke kertas lain, sangat mudah ditemukan. Bahkan mesin fotokopi dengan harga terjangkau, termasuk mesin fotokopi mini, juga tersedia.

Apakah kalian pernah memikirkan cara menggunakan atau mengoperasikan mesin fotokopi itu sendiri? Tentu saja, bagi pemula yang ingin membuka usaha fotokopi, penting untuk mengetahui cara pengoperasiannya.

Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan cara mudah menggunakan mesin fotokopi bagi pemula. Dengan demikian, ketika ingin membuka usaha, kalian akan paham bagaimana mengoperasikannya.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih rinci cara menggunakan mesin fotokopi ini, berikut adalah langkah-langkah penggunaannya secara jelas.

Tombol yang Ada & Fungsi

Namun, sebelum kita membahas cara penggunaan mesin fotokopi, sangat penting bagi para pemula untuk mengetahui tombol-tombol yang ada dan fungsinya. Hal ini akan memudahkan saat menggunakan mesin tersebut.

On/Off

Pasti sudah tidak asing dengan tombol ini, bukan? kalian pasti tahu betul fungsi dari tombol tersebut. Ya, ini adalah tombol untuk menghidupkan dan mematikan mesin fotokopi.

Reset

Bagaimana dengan tombol reset? Apakah kalian mengetahui fungsi dari tombol ini? Tombol ini digunakan untuk mengembalikan pengaturan mesin ke kondisi awal. Selain itu, tombol reset juga berguna untuk menghapus program yang telah diatur sebelumnya.

Check Counter

Untuk mesin fotokopi yang sudah menggunakan teknologi digital dan memiliki tingkat kecanggihan yang tinggi, terdapat fitur pengecekan kertas yang terdapat di dalam kotak mesin fotokopi. Fitur ini disebut sebagai check counter. Dengan fitur ini, kalian dapat mengetahui jumlah kertas yang tersisa di setiap kotak dengan mudah.

Baca Juga :   Persamaan Transistor BC547 SMD Yang Lebih Tepat

Angka

kalian dapat melakukan penyalinan dokumen dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan kalian. kalian juga dapat menentukan jumlah salinan yang kalian butuhkan. Hal ini dapat kalian atur melalui tombol angka.

Stop

Tombol stop memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol On/Off. Tombol stop digunakan untuk menghentikan proses penyalinan dokumen. Jika terjadi kesalahan atau kalian ingin menghentikan proses penyalinan, kalian dapat melakukannya dengan menekan tombol stop.

Option

Ini adalah tombol yang berfungsi untuk mengatur mesin fotokopi sesuai dengan kebutuhan kalian.

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy

Setelah mengetahui fungsi tombol-tombol yang ada, kalian sekarang dapat memulai menggunakan mesin fotokopi tersebut. Berikut adalah beberapa langkah-langkah penggunaan mesin fotokopi:

1. Nyalakan Unit Mesin Fotocopy

Tekan tombol ON untuk menghidupkan mesin fotokopi. Biasanya tombol ON ini terletak di sudut kanan atas. Namun, posisi tombol tersebut dapat bervariasi tergantung pada merek mesin fotokopi yang kalian gunakan.

2. Silakan Letakkan Media

Selanjutnya, buka bagian atas mesin fotokopi dengan mengangkatnya. Setelah itu, letakkan media yang akan kalian fotokopi di atas kaca yang merupakan area fotokopi. Biasanya, kaca tersebut berada di bawah pemindai (scanner).

3. Atur Posisi Media

Jangan lupa untuk mengatur posisi media yang akan di fotokopi dengan hati-hati agar hasil fotokopi menjadi rapi dan memuaskan. Caranya adalah dengan memastikan bahwa tepi atas dan samping kertas berada di posisi tengah. Setelah itu, tutup kembali mesin fotokopi.

4. Atur Ukuran Kertas

Selanjutnya, tekan tombol “Paper Select” dan mulailah mengatur ukuran kertas yang ingin digunakan. Apakah kalian akan menggunakan kertas A4, F4, atau ukuran lainnya. Selain itu, kalian juga dapat mengatur apakah kertas akan diletakkan dalam posisi memanjang atau tidak.

5. Pilih Berapa Lembar yang Akan di Copy

Selanjutnya, tekan tombol angka untuk mengatur jumlah salinan yang akan dibuat. Misalnya, jika kalian ingin mencetak 25 salinan, kalian cukup menekan tombol angka 2 dan 5 secara berurutan.

6. Tekan Tombol Start

Setelah itu, lanjutkan dengan menekan tombol “Start” dan tunggu beberapa saat hingga mesin fotokopi selesai memprosesnya.

Baca Juga :   Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET Yang Tepat

7. Selesai & Berhasil

Setelah selesai, matikan mesin dengan menekan tombol OFF.

Catatan: Sebelum kalian memulai penggunaan mesin fotokopi, pastikan untuk memeriksa persediaan kertas di dalam mesin fotokopi. Jika kertas kosong, kalian perlu mengisinya terlebih dahulu sebelum menggunakan mesin.

Fitur Mesin Fotocopy

Untuk mempermudah proses fotokopi, terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur Automatic Document Feeder (ADF).

ADF adalah fitur yang ada pada mesin fotokopi yang berfungsi untuk melakukan pemindaian secara otomatis, sehingga kalian dapat melakukan fotokopi berbagai dokumen tanpa perlu satu per satu.

Biasanya fitur ini sangat berguna bagi para penyedia jasa fotokopi karena dapat menghemat waktu dan tenaga. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan fitur ADF:

  1. Letakkan kertas atau dokumen yang akan difotokopi di tepi penampung kertas yang telah disediakan, pastikan posisi kertas menghadap ke atas.
  2. Tunggu hingga indikator mesin di samping ADF menyala, indikator ini menunjukkan ketersediaan kertas di dalam ADF.
  3. Pilih ukuran kertas yang akan digunakan sebagai hasil fotokopi, sesuaikan dengan ukuran kertas yang ada di penampung agar hasilnya sesuai.
  4. Tekan tombol angka pada layar monitor untuk memilih jumlah salinan yang akan dibuat.
  5. Setelah semua diatur, tekan tombol “ENTER” untuk memulai proses fotokopi.

Bagaimana jika kalian ingin melakukan fotokopi dokumen dengan metode bolak-balik? Misalnya, fotokopi KTP. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk melakukan fotokopi dokumen bolak-balik:

  1. Aktifkan terlebih dahulu opsi “two sided” (2-2 sided) pada menu mesin fotokopi.
  2. Letakkan dokumen di pojok kiri atas kaca mesin fotokopi.
  3. Pilih ukuran kertas output, misalnya A4.
  4. Tekan tombol “ENTER” untuk memulai proses.
  5. Setelah selesai, pindahkan posisi KTP ke pojok dekat dengan tulisan A4, kemudian tutup penutup mesin fotokopi.
  6. Tekan tombol “ENTER” sekali lagi untuk melanjutkan proses fotokopi.

Hal yang Perlu Dihindari agar Mesin Fotocopy Tidak Cepat Rusak

Sekarang, kalian sudah mengetahui tombol-tombol dan cara mengoperasikan mesin fotokopi. Saatnya kalian memperhatikan hal-hal yang sering dilakukan dan dapat membuat mesin fotokopi rentan rusak.

1. Membiarkan Fotocopy Hidup Seharian Penuh

Apabila mesin fotokopi tidak sedang digunakan, disarankan untuk mematikannya. Jangan biarkan mesin tetap dalam keadaan menyala, terutama pada malam hari ketika mesin tidak digunakan selama waktu yang lama.

Baca Juga :   √ Apa Itu Kolase? Jenis dan Cara Membuatnya Lengkap

2. Memaksa Mesin Bekerja Terlalu Keras

Mesin fotokopi juga membutuhkan waktu istirahat, seperti halnya mesin elektronik lainnya. Jika dipaksa untuk bekerja terus-menerus, mesin dapat mengalami peningkatan suhu yang berlebihan dan berpotensi menyebabkan kesalahan atau kerusakan.

Oleh karena itu, salah satu cara penggunaan yang sangat disarankan untuk mesin fotokopi adalah dengan mematikannya setelah digunakan selama beberapa jam. Biarkan mesin mengalami pendinginan sebelum dihidupkan kembali.

3. Menggunakan Kertas Sembarangan

Tidak hanya mesinnya, bagian lain dari mesin fotokopi juga rentan terhadap kerusakan. Misalnya, bagian rol yang berfungsi untuk menarik kertas. Jika kalian menggunakan kertas yang kasar atau berkualitas rendah, bagian tersebut dapat dengan mudah mengalami kerusakan.

Lebih baik jika kalian menggunakan kertas berkualitas yang sesuai. Disarankan untuk menggunakan kertas merek SiDU yang terkenal dengan kualitasnya yang baik. Terdapat berbagai pilihan kertas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian, seperti kertas F4, kertas HVS SiDU A4, kertas sampul (cover), dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menggunakan mesin fotocopy, penting juga untuk menjaga kebersihan dan merawat mesin secara rutin. Pastikan untuk membersihkan kaca mesin fotocopy secara teratur agar hasil fotokopi tetap jernih dan bebas dari noda atau goresan.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kalian dapat menggunakan mesin fotocopy dengan mudah dan efektif. Semoga informasi yang telah dibagikan dalam artikel ini dapat membantu kalian dalam mengoptimalkan penggunaan mesin fotocopy di tempat kerja atau perkantoran kalian.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menggunakan Mesin Fotocopy : Tombol & Fungsi. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *