Cara Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy

Cara Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy Paling Mudah. Saat ini, aktivitas mencetak dokumen atau ngeprint dapat dilakukan melalui mesin fotokopi dengan menggunakan file yang berasal dari HP. Hal ini menjadi mungkin berkat kemajuan teknologi yang terdapat pada perangkat mesin fotokopi.

Namun, banyak dari kalian yang mungkin masih bingung tentang cara ngeprint dari HP ke mesin fotokopi. Oleh karena itu, melalui artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap tentang tutorial untuk melakukan aktivitas tersebut.

Untuk ngeprint dari HP ke mesin fotokopi, tidak semua mesin fotokopi dapat melakukannya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, smartphone atau HP yang digunakan juga perlu menginstal aplikasi tambahan untuk membantu proses mencetak dokumen dari HP ke mesin fotokopi.

Tanpa menunggu lebih lama, mari kita simak penjelasan tentang cara mencetak dokumen dari HP ke mesin fotokopi secara lengkap, termasuk persyaratan apa saja yang perlu dipenuhi.

Apa Itu Mesin Fotocopy?

Mesin fotokopi adalah perangkat yang digunakan untuk membuat salinan dokumen ke media kertas menggunakan teknologi printer laser.

Umumnya, hasil fotokopi yang dihasilkan adalah salinan hitam-putih. Mesin ini terdiri dari beberapa komponen penting yang mendukung proses fotokopi agar berjalan dengan lancar.

Fungsi Mesin Fotocopy

Secara umum, mesin fotokopi digunakan untuk melakukan penyalinan dokumen menggunakan teknologi xerography atau printer laser.

Namun, dari sudut pkalianng praktis, penggunaan mesin fotokopi dapat didefinisikan dari berbagai perspektif yang berbeda, di antaranya sebagai berikut.

Dari perspektif global, mesin fotokopi adalah perangkat elektronik yang dapat menghasilkan salinan dokumen atau ilustrasi dengan memanfaatkan panas, cahaya, bahan kimia, dan muatan listrik statis.

Dari perspektif perkantoran, mesin fotokopi dianggap sebagai perangkat yang sangat berguna dalam membuat salinan dokumen menggunakan media kertas seperti buku, surat berharga, foto, dan lain-lain. Proses penyalinan dilakukan dengan teknologi xerography (tulisan kering).

Baca Juga :   Cara Scan Epson L5190 Paling Mudah dan Benar

Sementara itu, dari perspektif bisnis, mesin fotokopi dianggap sebagai mesin penyalin dokumen yang memiliki keunggulan biaya operasional yang terjangkau, kecepatan penyalinan yang relatif cepat, umur perangkat yang tahan lama, dan dapat dijadikan investasi jangka panjang. Hal ini membuat mesin fotokopi menjadi perangkat penting dalam menjalankan aktivitas bisnis yang efisien dan produktif.

Cara Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak merek dan tipe mesin fotokopi yang mendukung fitur Print di dalamnya. Dengan demikian, sebagai pengguna, kita dapat mencetak langsung dari HP melalui mesin fotokopi tanpa perlu menghubungkannya ke PC atau laptop.

Selain itu, harga mesin fotokopi yang mendukung fitur tersebut juga cukup terjangkau. Bahkan beberapa mesin fotokopi juga sudah dilengkapi dengan fitur cetak warna, sehingga hasil cetak tidak hanya hitam putih.

Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proses mencetak dokumen dari HP ke mesin fotokopi hanya dapat dilakukan jika pengguna telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Berikut ini adalah persyaratan yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan mesin fotokopi mendukung fitur Print dan WiFi.
  2. Mesin fotokopi sudah terhubung ke jaringan WiFi melalui kabel LAN IPv4.
  3. HP atau smartphone yang digunakan juga harus terhubung ke jaringan WiFi yang sama.
  4. Atur alamat IP (IP Address) mesin fotokopi sesuai dengan jaringan WiFi yang digunakan.
  5. Sudah menginstal aplikasi Mobile Printer yang sesuai dengan merek mesin fotokopi yang digunakan.

Dengan memenuhi persyaratan tersebut, kalian dapat mencetak dokumen langsung dari HP melalui mesin fotokopi dengan mudah dan praktis.

Jika mesin fotokopi yang kalian miliki sudah mendukung semua fitur yang diperlukan (WiFi, Port Kabel LAN IPv4, dan Print), langkah selanjutnya adalah menginstal aplikasi yang sesuai dengan merek mesin fotokopi pada HP kalian.

Sebagai contoh, di sini kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk mencetak dokumen dari HP ke mesin fotokopi Canon. Untuk itu, kalian perlu menginstal aplikasi Canon PRINT Business. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau App Store.

Setelah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, mari kita simak langkah-langkah berikut untuk mencetak dokumen dari HP ke mesin fotokopi Canon:

1. Nyalakan Mesin Fotocopy

Langkah pertama adalah menyalakan mesin fotokopi yang akan digunakan untuk mencetak dari HP. Setelah itu, tekan tombol Pengaturan/Registrasi.

Baca Juga :   Cara Setting WiFi Epson L3150: Mudah dan Praktis

2. Pilih Preferences

Setelah itu, pada layar yang muncul, silakan pilih menu Preferensi.

3. Pilih Network

Kemudian, pilih menu Jaringan.

4. Confirm Network Connection Set

Kliklah Pengaturan Koneksi Jaringan yang Terverifikasi, lalu pilih ON.

5. Tekan TCP / IP Settings

Setelah itu, tekan menu Pengaturan TCP/IP.

6. Masuk ke IPv4

Selanjutnya, masuklah ke menu IPv4.

7. Setting IP Address

Pilih Pengaturan Alamat IP, kemudian atur alamat IP pada mesin fotokopi sesuai dengan alamat IP dari jaringan Wi-Fi yang digunakan. Pastikan untuk mengetuk menu DHCP agar alamat IP yang telah diatur tetap konsisten dan tidak berubah-ubah.

8. Tekan OK

Setelah berhasil mengatur IP Address, klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

9. Matikan Mesin Fotocopy

Selanjutnya, matikan mesin fotokopi.

10. Buka Aplikasi

Sekarang, buka aplikasi Canon PRINT Business yang telah diinstal sebelumnya. Pada halaman utama, ketuk ikon ( + ) di pojok kiri atas.

11. Pilih Manual Search

Setelah itu, klik menu Pencarian Manual untuk mencari perangkat mesin fotokopi.

12. Klik Nama Perangkat

Silakan klik nama perangkat mesin fotokopi yang tercantum dalam hasil pencarian.

13. Hubungkan HP ke Mesin Fotocopy

emudian, ketuk “Tambahkan” untuk menghubungkan HP ke mesin fotokopi.

14. Cari Dokumen

Sekarang, tekan menu “Dokumen” di halaman utama aplikasi, dan cari file yang akan dicetak ke mesin fotokopi dalam folder yang telah disiapkan.

15. Klik Print

Terakhir, ketuk tombol “Print” untuk mencetak dokumen dari HP ke mesin fotokopi. Pastikan sebelum mencetak, kalian telah menempatkan kertas dengan benar di mesin fotokopi.

16. Berhasil Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy

Tunggu sebentar, hasil cetakan akan segera keluar dari mesin fotokopi. Selamat! kalian telah berhasil mencetak dokumen dari HP ke mesin fotokopi.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dalam era digital saat ini, kebanyakan orang cenderung menggunakan perangkat seluler seperti ponsel pintar untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satu hal yang sering dilakukan adalah mencetak dokumen. Namun, bagaimana cara ngeprint dari HP ke mesin fotocopy?

Baca Juga :   Masalah Hasil Cetak Printer Tidak Lurus Cara Mengatasinya

Meskipun terlihat seperti tugas yang rumit, sebenarnya cukup mudah untuk mencetak dokumen langsung dari ponsel pintar kalian ke mesin fotocopy. kalian tidak perlu repot mencari komputer atau laptop, karena ponsel pintar yang kalian miliki dapat menjadi alat praktis untuk melakukan pekerjaan ini.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mencetak dari HP ke mesin fotocopy. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur yang disebut “Printing over Wi-Fi” atau pencetakan melalui koneksi Wi-Fi. Pastikan bahwa mesin fotocopy yang ingin kalian gunakan memiliki fitur ini. Jika ya, langkah-langkahnya cukup sederhana.

Pertama, pastikan ponsel pintar kalian terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan mesin fotocopy. Selanjutnya, periksa apakah mesin fotocopy sudah terhubung ke jaringan yang sama. Jika iya, buka dokumen yang ingin kalian cetak di ponsel pintar kalian. Pilih opsi “Print” atau “Cetak” yang biasanya dapat ditemukan di menu “Bagikan” atau “More Options”.

Setelah itu, pilih mesin fotocopy yang ingin kalian gunakan dari daftar mesin yang terhubung. Sesuaikan pengaturan cetak seperti jumlah salinan, ukuran kertas, dan orientasi sesuai kebutuhan kalian. Setelah semua pengaturan selesai, cukup tekan tombol “Print” atau “Cetak” dan biarkan mesin fotocopy melakukan tugasnya.

Selain menggunakan fitur “Printing over Wi-Fi”, ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat kalian gunakan untuk mencetak dari HP ke mesin fotocopy. kalian dapat mengunduh aplikasi ini dari toko aplikasi di ponsel pintar kalian. Aplikasi ini biasanya menawarkan fitur tambahan seperti mengedit dokumen sebelum mencetak atau memindai dokumen langsung dari ponsel pintar kalian.

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, mencetak dari HP ke mesin fotocopy bukanlah masalah yang sulit lagi. Dengan sedikit penyesuaian pengaturan dan pemahaman tentang cara kerja mesin fotocopy yang kalian gunakan, kalian dapat dengan mudah mencetak dokumen langsung dari ponsel pintar kalian. Ini adalah solusi yang praktis dan efisien untuk mencetak dokumen tanpa harus menggunakan komputer atau laptop.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy Paling Mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *