Cara Scan Epson L220

Cara Scan Epson L220 Agar Hasil Memuaskan & Maksimal

Posted on

Finoo.id –Cara Scan Epson L220 Agar Hasil Memuaskan & Maksimal.Unit pencetak canggih biasanya memiliki banyak fitur yang menarik dan multifungsi. Selain mencetak dokumen dengan baik, mereka juga mampu melakukan tugas pemindaian dan penyalinan.

Epson L220 adalah salah satu printer multifungsi yang sangat populer dan terjangkau. Banyak orang memilih merek ini karena layanan purna jual dan lokasi servis yang tersebar di berbagai tempat.

Namun, banyak pengguna yang masih belum memahami cara menggunakan printer Epson seri L220 dengan benar, terutama dalam proses pemindaian dokumen karena memerlukan beberapa pengaturan parameter khusus.

Kami telah menyusun panduan singkat tentang cara memindai dengan Epson L220 dengan mudah agar menghasilkan hasil yang optimal. Dengan panduan ini, pemula dapat menggunakan unit pencetak dengan benar sesuai dengan prosedur resmi yang terdapat dalam buku manual.

Sekilas Tentang Printer epson L220

Printer Epson L220 merupakan salah satu printer terbaru dari Epson. Printer ini merupakan pembaruan dari tipe sebelumnya, yaitu Epson L210. Sebagai printer multifungsi, Epson L220 dilengkapi dengan fitur cetak, scan, dan fotocopy.

Printer jenis inkjet ini dijual dengan harga sekitar 2 jutaan dan dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu Ink Tank, di mana terdapat tabung tinta original berkapasitas besar di bagian kiri printer. Teknologi ini mirip dengan infus yang sering dilakukan oleh pengguna printer di Indonesia, di mana printer yang awalnya asli dimodifikasi menjadi menggunakan tipe infus.

Baca Juga :   Penyebab Printer Tidak Mau Menyala & Cara Mengatasinya

Epson L220 dilengkapi dengan selang tinta yang terhubung ke cartridge yang terpasang secara satu kesatuan dari pabrik. Dengan teknologi ini, jumlah pencetakan dapat dioptimalkan dan menghasilkan kualitas cetak yang baik.

Mengenal tоmbоl-tоmbоl уаng аdа раdа Printer Epson L220

Gambar di bawah ini menunjukkan letak dan fungsi tombol-tombol bantu pada printer Epson L220 beserta keterangan singkat tentang fungsi masing-masing tombol.

Tombol - tombol pada printer Epson L220

Pada gambar perangkat printer scanner Epson L220 di atas, terdapat 4 tombol bantu, yaitu sebagai berikut:

  1. Tombol Power: berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan komputer.
  2. Tombol Scan berwarna Hitam: berfungsi untuk melakukan perintah scan dokumen secara manual dengan hasil scanner berwarna hitam putih atau grayscale.
  3. Tombol Scan berwarna Hijau: berfungsi untuk melakukan perintah scan dokumen secara manual dengan hasil scanner berwarna-warni atau color sesuai warna dokumen aslinya.
  4. Tombol Resume: berfungsi untuk melakukan perintah resume printing ketika printing dokumen terhenti karena sebab tertentu, misalnya kertas jammed.

Driver Scanner Epson L220

Sebelum melakukan proses pemindaian dokumen, perangkat komputer memerlukan driver untuk mengenali printer Epson. Driver merupakan perangkat lunak yang dirancang oleh produsen khusus untuk bagian hardware.

Melalui driver, komputer dapat memahami perintah yang diberikan oleh sensor pemindai pada printer Epson. Dengan demikian, proses pemindaian dokumen dapat berlangsung dengan lancar tanpa mengalami kendala.

Setiap pelanggan Epson akan menerima driver pemindai printer secara gratis saat membeli produk tertentu. Umumnya, driver disertakan dalam bentuk hardcopy berupa CD beserta kelengkapan paket lain seperti kartu garansi.

Untuk printer Epson L220, tersedia software driver pemindai versi terbaru yang dapat diunduh melalui link berikut: Driver Scanner Epson L220.

Epson juga menyediakan dua opsi untuk memperoleh file driver, yaitu melalui Compact Disc atau unduh langsung dari website mereka. Hal ini dilakukan untuk memudahkan setiap konsumen.

Baca Juga :   Cara Instal Epson L220 Termudah & Simpel

Berikut adalah cara mengunduh driver scanner Epson L220 versi terbaru:

  • Hidupkan komputer dengan menekan tombol power.
  • Buka browser favorit, contohnya Opera.
  • Kunjungi website resmi Epson seperti yang tertera pada tabel di atas.
  • Pilih sistem operasi Windows dan pilih driver scanner Epson L220.
  • Tekan tombol download dan simpan di folder tertentu.
  • Tunggu hingga proses unduh selesai dan mencapai 100%.

Cara Scan Epson L220

Sebelum melakukan pemindaian pada printer Epson L220, pastikan bahwa unit printer telah terhubung dengan komputer. Selain itu, pastikan driver sudah terpasang dengan benar agar fitur pemindai dapat beroperasi dengan optimal dan hasil pemindaian menjadi jernih.

Berikut adalah dua cara untuk melakukan pemindaian pada printer Epson L220:

1. Cara Scan Epson L220 Melalui Tombol

Setiap unit printer memiliki tombol manual tertentu untuk memudahkan pengoperasian produk. Oleh karena itu, penting untuk memahami arti simbol pada papan kontrol yang terdapat di permukaan bodi printer Epson L220.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemindaian dokumen pada printer Epson L220:

  • Pasang driver scanner Epson L220 terlebih dahulu.
  • Pastikan Epson Scan dan Epson Event Manager sudah terpasang.
  • Hidupkan komputer dan printer, lalu tunggu sampai lampu siap.
  • Siapkan halaman dokumen yang ingin kamu scan dan letakkan pada scanner.
  • Lihat permukaan bodi printer Epson L220 yang terdapat beberapa tombol.
  • Tekan tombol start monochrome dan start color secara bersamaan.
  • Printer akan mulai melakukan pemindaian dokumen dan proses selesai.

2. Cara Scan Epson L220 Dari Komputer

Proses pemindaian dokumen melalui komputer memiliki keunggulan dibandingkan dengan menggunakan tombol pada printer. Pasalnya, kamu dapat melakukan konfigurasi parameter file seperti ukuran, nama, dan resolusi optik.

Baca Juga :   √ Download Resetter Canon IP2770 dan Cara Reset 100% Sukses

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemindaian dokumen melalui komputer menggunakan printer Epson L220:

  • Pastikan driver scanner Epson L220 sudah terinstal di komputer kamu.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan printer dan komputer.
  • Masukkan lembaran dokumen ke dalam sensor scanner pada printer.
  • Buka aplikasi Epson Scan pada komputer kamu.
  • Akan muncul jendela pengaturan konfigurasi pemindaian dokumen.
  • Pilih mode home dan atur parameter sesuai dengan keinginan kamu.
  • Tekan tombol scan dan biarkan printer melakukan pemindaian dokumen hingga selesai.

Baca juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang cara melakukan scan menggunakan printer Epson L220. Dengan menggunakan panduan di atas, kalian dapat dengan mudah melakukan scan dokumen atau gambar sesuai dengan kebutuhan kalian. Pastikan kalian mengikuti setiap langkah dengan cermat dan hati-hati untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan.

Dengan menggunakan printer Epson L220, kalian dapat dengan mudah mencetak dan menscan dokumen dengan hasil yang jelas dan tajam. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat bagi kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *