Cara Print Bolak Balik Epson L220

Cara Print Bolak Balik Epson L220 Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Print Bolak Balik Epson L220 Paling Mudah. Bagi sebagian orang, seperti karyawan, pelajar, dan pelaku bisnis, mesin printer adalah suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kehadiran printer sangat membantu untuk mendukung produktivitas kerja.

Di tengah situasi ekonomi yang sulit, banyak orang yang berusaha untuk menghemat pengeluaran. Salah satu cara untuk mengurangi beban operasional printer adalah dengan melakukan pencetakan bolak-balik pada satu halaman.

Epson Indonesia menyediakan printer yang mampu mencetak bolak-balik pada satu dokumen. Printer tipe L220 menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan ini karena dapat mengurangi biaya rutin yang harus dikeluarkan.

Kami telah menyusun panduan yang mudah dipahami tentang cara mencetak bolak-balik menggunakan printer Epson L360. Dengan panduan ini, diharapkan pengguna dapat memahami seluruh fitur dan cara mengoperasikan printer dengan benar dan efektif.

Tips Print Bolak Balik Epson

Meskipun sebenarnya cukup mudah, masih banyak orang yang belum mengetahui cara mencetak bolak-balik pada printer Epson. Padahal, panduan lengkap sudah tersedia di buku manual resmi maupun website resmi secara menyeluruh.

Jika kamu mencetak bolak-balik secara manual, pasti akan sangat melelahkan dan membutuhkan banyak tenaga. Karena kamu harus memeriksa satu per satu lembaran dokumen yang sudah dan belum dicetak.

Selain itu, kamu harus memasukkan kertas kembali ke dalam roller dan menekan tombol print berulang kali. Untuk menghindari kesulitan ini, sebaiknya pilih produk yang sudah mendukung fitur duplex seperti Epson L220.

Baca Juga :   Cara Scan Printer HP Ink Tank 415 Paling Mudah

Dengan fitur duplex ini, kebutuhan mencetak dokumen bolak-balik akan ditangani oleh printer secara otomatis. Hal ini akan menghemat tenaga dan meningkatkan produktivitas kerja secara bersamaan.

Untuk mengetahui apakah printer Epson sudah mendukung fitur duplex atau belum, kamu bisa melakukan pengujian sendiri dengan mengakses pengaturan perangkat. Perhatikan apakah terdapat opsi “Print On Both Sides”. Jika ada, maka printer kamu sudah bisa mencetak dokumen secara bolak-balik secara otomatis.

Selain lebih hemat, cara ini juga berdampak pada pengurangan limbah kertas dan melestarikan pohon sebagai bahan baku.

Cara Print Bolak Balik Epson L220

Jangan ragu untuk mencoba berbagai fitur yang tersedia pada printer, meskipun kamu masih pemula. Dengan mencoba, kamu bisa meningkatkan keterampilan dalam menggunakan perangkat tersebut hingga lancar tanpa menemui kendala.

Epson L220 adalah produk yang sangat populer dan multifungsi dengan kemampuan mencetak, memindai, dan menyalin. Selain itu, printer ini terbukti memiliki kualitas yang baik dan harganya terjangkau bagi kalangan entry level.

Berikut adalah cara mencetak bolak-balik pada printer Epson L220:

  • Tekan tombol power untuk menghidupkan printer dan komputer.
  • Tunggu beberapa saat sampai status indikator lampu printer menunjukkan ready.
  • Buka salah satu dokumen pada komputer dan tekan tombol print.
  • Akan muncul tampilan terpadu untuk mengatur parameter printing.
  • Tekan opsi properties dan pilih manual pada pencetakan dua sisi.
  • Tekan tombol OK untuk mencetak halaman ganjil saja.
  • Setelah selesai, muncul notifikasi untuk membalikkan kertas.
  • Balik halaman kertas dan masukkan kembali ke dalam roller.
  • Printer akan mencetak halaman genap saja hingga selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mencetak dokumen bolak-balik dengan mudah menggunakan printer Epson L220. Pastikan untuk memeriksa kertas dan memasukkannya dengan benar ke dalam roller untuk menghindari masalah saat mencetak.

Baca Juga :   Cara Setting WiFi Epson L3150: Mudah dan Praktis

Ketika mencetak bolak-balik, pastikan kamu menggunakan kertas yang memiliki berat gramasi minimal 70 gram. Hal ini penting untuk menjaga kualitas cetakan yang terbaik dan tahan lama dari kerusakan.

Jika kamu menggunakan kertas yang terlalu tipis, hasil cetak dokumen kamu akan menurun kualitasnya. Selain itu, cairan tinta dari printer dapat merembes dan berpotensi menyebabkan paper jam di bagian roller.

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menggunakan kertas yang cocok untuk mencetak dokumen bolak-balik pada printer Epson L220. Hal ini akan membantu memastikan hasil cetak yang terbaik dan mencegah kerusakan pada printer.

Kelebihan dan Keunggulan Printer Epson L220

Dengan harga sekitar 2 jutaan, Printer Epson L220 memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan yang perlu diketahui. Berikut adalah beberapa keunggulan dari printer Epson L220:

  • Multifungsi, memiliki 3 fungsi dalam satu printer yaitu print, scan, dan copy.
  • Metode cetak yang digunakan adalah inkjet.
  • Mendukung berbagai ukuran kertas seperti A4, A5, A6, B5, Letter, Legal, Half Letter, dan Folio.
  • Resolusi maksimal mencapai 5760 x 1440 dpi (horizontal dan vertikal).
  • Kecepatan cetak hitam putih mencapai 15 ppm.
  • Kecepatan cetak warna mencapai sekitar 7.0/3.5 ipm.
  • Kecepatan copy mencapai 12/6 cpm.
  • Resolusi scan mencapai 600 x 1200 dpi.
  • Mendukung koneksi USB (standar).
  • Mendukung sistem operasi Windows XP/7/8/10 dan Mac OSX.
  • Dengan kelebihan dan keunggulan seperti itu, Epson L220 menjadi pilihan printer yang baik dan layak dipertimbangkan bagi siapa saja yang membutuhkan printer dengan fungsi multifungsi dan performa yang baik.

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas cara print bolak-balik menggunakan printer Epson L220. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mencetak dokumen dengan mudah dan efisien tanpa khawatir terjadi kesalahan atau masalah teknis.

Baca Juga :   Cara Reset Printer Canon G2010 Paling Mudah & Simpel

Pastikan untuk memeriksa kertas dan tinta yang digunakan, serta mengikuti petunjuk dengan seksama. Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan Epson jika Anda mengalami masalah atau kesulitan dalam menggunakan printer Epson L220 Anda.

Sekian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda mencetak dokumen dengan mudah dan nyaman. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *