Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MP237

Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MP237 Terlengkap

Posted on

Finoo.id – Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MP237 Terlengkap. Ketika dipasangkan dengan mesin cetak, operasional komputer terasa lebih lengkap dan membantu mendukung kegiatan pendidikan serta pekerjaan sehari-hari.

Saat ini, harga printer semakin terjangkau dengan adanya perkembangan teknologi. Ada beberapa seri produk printer dengan harga di bawah satu juta rupiah yang patut dipertimbangkan.

Salah satu produk printer yang terkenal dengan harga murah dan fitur yang berkualitas adalah Canon MP237. Printer ini telah menjadi pilihan banyak orang sejak beberapa tahun yang lalu.

Kami telah merangkum informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan printer Canon MP237 sehingga calon pelanggan dapat menemukan perangkat yang baik dan tahan lama.

Review Printer Canon PIXMA MP237

Canon telah merilis produk terbaru mereka, yaitu Pixma MP237, sebagai pengganti dari seri sebelumnya yang bernama Pixma MP287. Printer ini dirancang untuk pengguna dengan kebutuhan cetak low-end, dan memiliki kemasan yang sangat compact dengan warna hitam glossy.

Meskipun performa cetak mononya hanya sebesar 7 ppm dan cetak warnanya sebesar 4,8 ppm, spesifikasi dan harga printer Canon MP237 terbaru terlihat cukup sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kemampuan copy-nya masih terbatas pada 20 lembar saja, namun dengan harga yang terjangkau di bawah 1 juta rupiah, performa tersebut sudah cukup baik untuk mendukung pengguna yang memiliki kebutuhan sederhana.

Seperti printer kalianlan lainnya dari Canon, Pixma MP237 menggunakan teknologi FINE pada head print-nya, dan cartridge hybrid dengan dua macam tinta yang memungkinkan hasil cetakan lebih detail dengan resistivitas tinggi. Printer ini juga dapat menghasilkan cetakan foto yang cukup baik.

Namun, Pixma MP237 tidak dilengkapi dengan fitur konektivitas, namun pengguna masih dapat menggunakan port USB 2.0 untuk transfer data. Selain itu, printer ini juga dilengkapi dengan aplikasi My Image Garden yang dapat membantu meningkatkan kreativitas pengguna.

Baca Juga :   Cara Instal Epson L565 Mudah & Praktis

Untuk kebutuhan scan, printer Canon MP237 menggunakan tipe scanner alas datar dengan metode scan menggunakan metode CIS (Contact Image Sensor), resolusi optik 600 x 1200 dpi, dan resolusi yang dapat dipilih 25-19200 dpi. Sedangkan untuk kebutuhan copy, printer ini kompatibel dengan kertas berukuran A4/LTR/4×6″ dengan tipe plain paper dan dapat melakukan fotokopi maksimal 20 halaman.

Operation panel Pixma MP237 dapat digunakan pada Windows 7, Windows 8, Windows Xp, dan Window Vista dengan konektivitas USB 2.0 Hi Speed. Printer Canon MP237 juga didukung oleh sistem operasi Microsoft XP SP2, SP3, Mac OS 10.4.11-10.6, dan Vista SP2, SP3,7.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Canon MP237 Yang Perlu Kalian Ketahui

Bagi kalian yang tertarik untuk memiliki printer Canon seri MP237, kami akan memberikan review mengenai kelebihan dan kekurangannya dalam ulasan kali ini. Yuk, simak bersama-sama!

Kelebihan Printer Canon MP237

Canon telah lama dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi mesin cetak dokumen dan memiliki beberapa varian printer yang mampu memimpin pangsa pasar di dalam negeri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan printer Canon MP237 yang perlu kalian ketahui:

1. Harga Murah

Printer dengan harga kurang dari 1 juta rupiah masih diminati oleh banyak orang, terutama pelaku usaha kecil dan pelajar. Oleh karena itu, Printer Canon MP237 menjadi salah satu model yang layak untuk diperhatikan dengan baik. Perangkat ini hkalianl untuk mendukung berbagai aktivitas cetak dokumen berwarna.

2. Fitur Lengkap

Meskipun memiliki harga yang terjangkau, Canon MP237 sudah dilengkapi dengan beberapa fitur dasar yang lengkap. Produk ini mampu mencetak foto tanpa bingkai, memindai dokumen, dan melakukan fotokopi pada halaman berwarna.

Selain itu, printer ini dapat terhubung melalui USB high speed dengan driver yang mudah terdeteksi oleh komputer. Kecepatan mencetak dokumen berwarna dan monokrom juga terbilang cukup cepat.

3. Operasional Irit

Printer Canon MP237 membutuhkan daya listrik yang hemat sekitar 10 watt saat digunakan dan hanya 0,6 watt saat berada dalam mode siaga. Hal ini berarti kalian tidak perlu khawatir dengan biaya tagihan listrik bulanan meskipun printer ini sering digunakan.

Baca Juga :   Cara Reset Printer Canon G2010 Paling Mudah & Simpel

Selain itu, printer ini juga dapat melakukan fotokopi dokumen hingga 20 halaman sekaligus. Kombinasi antara konsumsi daya yang hemat dan fitur yang melimpah semakin memperkuat eksistensi produk ini.

4. Printer Awet

Sebelum membeli printer, salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah daya tahan produk tersebut. Jangan sampai membeli barang yang mudah rusak meskipun hanya digunakan untuk tugas ringan.

Namun, Canon MP237 dikenal memiliki daya tahan yang tinggi meskipun digunakan secara rutin. Namun, hal ini tetap tergantung pada kebiasaan pemilik dalam menggunakan unit sesuai dengan ketentuan pabrik.

Kekurangan Printer Canon MP237

Namun, tidak peduli seberapa canggihnya sebuah alat elektronik, pasti ada beberapa kekurangan yang akan dirasakan oleh beberapa orang. Hal ini juga berlaku untuk printer Canon, yang perlu dipertimbangkan dengan hati-hati.

Berikut adalah beberapa kekurangan dari printer Canon MP237 yang perlu kalian perhatikan:

1. Masih Memakai Catridge

Salah satu kekurangan dari printer Canon MP237 adalah bahwa printer ini termasuk dalam seri produk lama yang masih menggunakan teknologi cartridge. Sehingga kapasitas tinta sangat minim dan mudah habis setelah mencetak beberapa dokumen saja.

Namun, kekurangan ini dapat diatasi dengan melakukan modifikasi pada bagian sistem saluran tinta. Banyak orang melakukan pemasangan infus eksternal untuk mendukung proses mencetak dokumen dalam jumlah banyak.

2. Catridge Cepat Rusak

Secara keseluruhan, printer Canon MP237 memang dapat bertahan dalam jangka waktu beberapa tahun. Namun, komponen cartridge sangat rentan mengalami kerusakan setelah digunakan secara rutin.

Selain itu, harga pembelian cartridge baru cukup mahal, di atas 200.000 rupiah untuk cartridge hitam dan berwarna. Aspek ini menjadi kelemahan tersendiri yang membuat orang berpikir dua kali sebelum membeli printer Canon MP237.

3. Fitur Konektivitas Terbatas

Ketika membicarakan konektivitas di era digital, WiFi pasti akan langsung terlintas dalam pikiran kalian, bukan? Sayangnya, produk entry-level dari Canon ini masih belum didukung oleh konektivitas WiFi. Saat ini, tipe MP237 masih menggunakan port USB 2.0, yang berarti kalian perlu menggunakan kabel data untuk menghubungkan printer ke komputer.

Baca Juga :   Kelebihan dan Kekurangan Epson L5190: Review Lengkap

Namun, kalian tidak perlu terlalu khawatir karena kecepatan koneksi USB printer ini cukup tinggi dan dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja produk.

4. Speed Cetak Terbilang Rendah

Secara umum, printer ini memiliki kecepatan mencetak sekitar 7 halaman per menit untuk cetak hitam-putih dan 4,8 halaman per menit untuk cetak warna. Sedangkan, kecepatan mencetak foto tanpa bingkai ukuran 4 x 6 dapat memakan waktu sekitar 43 detik.

Sayangnya, angka-angka tersebut tergolong rendah jika dibandingkan dengan printer lain di kelasnya.

Baca Juga :

Penutup

Dalam menggunakan printer Canon MP237, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Kelebihan dari printer ini antara lain adalah ukurannya yang compact, sehingga mudah ditempatkan di meja kerja atau di sudut ruangan yang sempit.

Selain itu, printer ini juga dilengkapi dengan fitur print, scan, dan copy yang dapat digunakan dengan mudah. Hasil cetakan yang dihasilkan juga cukup bagus dengan tingkat resolusi yang cukup tinggi.

Namun, di sisi lain terdapat juga kekurangan dari printer ini. Salah satu kekurangan utama adalah kecepatan cetak yang cukup lambat dibandingkan dengan printer lain di kelasnya. Selain itu, biaya perawatan dan penggantian ink cartridge cukup tinggi sehingga bisa menjadi beban bagi pengguna dalam jangka panjang.

Secara keseluruhan, printer Canon MP237 merupakan pilihan yang baik untuk keperluan cetak, scan, dan copy untuk penggunaan pribadi atau di kantor. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli printer ini, sebaiknya pertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan yang ada untuk menentukan apakah printer ini cocok dengan kebutuhan kalian atau tidak.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MP237 Terlengkap. Semog artikel kami dapat bermanfaat, Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *