Cara Mengatasi inSCEk Pada Meteran Listrik

Cara Mengatasi inSCEk Pada Meteran Listrik Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Mengatasi inSCEk Pada Meteran Listrik Yang Tepat. Saat ini, masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih menggunakan meteran listrik prabayar daripada meteran pascabayar. Hal ini disebabkan oleh keunggulan pengendalian pemakaian listrik yang lebih baik dengan meteran listrik prabayar, sehingga pengguna dapat menggunakan listrik sesuai dengan anggaran belanja mereka.

Meskipun meteran listrik prabayar dianggap lebih praktis oleh pengguna, terkadang terjadi kebingungan ketika meteran ini menghasilkan kode, simbol, atau tulisan tertentu. Salah satu tulisan dan simbol yang sering membingungkan pengguna adalah “inSCEk” atau simbol tangan.

Sebenarnya, “inSCEk” adalah fitur baru yang disematkan oleh PLN pada meteran listrik prabayar untuk menunjukkan adanya kesalahan pemasangan pada instalasi listrik. Tulisan “inSCEk” hanya akan muncul pada meteran listrik pulsa atau token dengan tipe model SPLN D3.009-1:2010 Dual Sensing versi ke-2.

Kehadiran tulisan “inSCEk” atau “gndCEk” pada meteran listrik ini tidak akan menghentikan pengguna untuk memasukkan token listrik. Namun, apa penyebab munculnya tulisan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Temukan informasi selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Meteran Listrik Muncul inSCEk

Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan prabayar sejak diperkenalkannya KWH meter prabayar, PLN telah menghadirkan fitur baru pada meteran pulsa yang disebut inSCEk atau gndCEk. Meskipun awalnya menimbulkan kebingungan bagi pelanggan, ternyata fitur ini sangat membantu baik bagi pelanggan maupun teknisi listrik.

Dengan adanya fitur ini, pelanggan dan teknisi listrik dapat mengetahui apakah instalasi telah dipasang dengan benar. Lalu, apa penyebab munculnya tulisan dan simbol inSCEk atau gndCEk pada meteran listrik pulsa?

Penyebab gndCEk

Tulisan “gndCEk” muncul karena adanya penggabungan Grounding dengan Netral Instalasi, yang mengakibatkan arus yang mengalir di sisi Fasa (Ip) lebih kecil daripada arus yang mengalir di sisi Netral (In), atau dengan kata lain, Ip < In.

Penyebab inSCEk

Penyebab munculnya tulisan “inSCEk” adalah kebalikan dari “gndCEk”. Hal ini terjadi ketika Grounding bergabung dengan Netral Instalasi dan terdapat arus yang mengalir di sisi Fasa (Ip) lebih besar daripada arus yang mengalir di sisi Netral (In), atau dengan kata lain, Ip > In.

Untuk mengetahui nilai arus Fasa dan Netral, kalian dapat menggunakan kode berikut:

Baca Juga :   Pengertian Baterai Li-Po: Kelebihan & Kekurangan Serta Fungsinya

  • Ip = Arus Fasa (45 Enter)
  • In = Arus Netral (46 Enter)

Baik “inSCEk” maupun “gndCEk” tidak akan menyebabkan munculnya pesan PERIKSA dan pelanggan masih dapat memasukkan token pulsa. Namun, kondisi ini sebaiknya diatasi.

Cara Mengatasi inSCEk Pada Meteran Listrik

Mengatasi inSCEk dan gndCEk pada dasarnya cukup sederhana dan mudah dilakukan. kalian hanya perlu memisahkan Grounding yang bergabung dengan Netral Instalasi pada meteran listrik prabayar di rumah kalian.

Namun, jika kalian tidak memiliki pemahaman yang cukup atau tidak memiliki pengetahuan tentang instalasi listrik, disarankan untuk meminta bantuan dari petugas PLN atau teknisi listrik terdekat untuk melakukan pemisahan Grounding dengan Netral.

Perbaikan instalasi ini bisa menjadi rumit jika kalian tidak memiliki pemahaman yang cukup. Oleh karena itu, lebih baik serahkan tugas perbaikan instalasi ini kepada ahlinya.

Sebenarnya, cara mengatasi inSCEk pada meteran listrik dapat dilakukan dengan memeriksa kotak MCB. Kenali terlebih dahulu terminal netral dan ground.

Pastikan kabel lampu indikator pada kotak MCB terpasang dari fasa ke lampu indikator dan kemudian ke terminal netral. Periksa semua kabel yang terhubung ke ground. Jika ada, matikan semua kabel instalasi yang terhubung dengan ground.

Setelah itu, periksa apakah masih ada perbedaan arus Fasa dan Netral di meteran. Jika tidak ada perbedaan, pindahkan kabel yang sebelumnya dimatikan ke terminal netral. Dengan demikian, inSCEk akan segera hilang.

Namun, jika kalian masih bingung dalam mengatasi inSCEk, disarankan untuk meminta bantuan dari teknisi listrik. Mereka memiliki pengetahuan dan keahlian yang lebih mendalam tentang teori instalasi listrik di rumah kalian.

Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Pesan PERIKSA pada token listrik yang muncul pada meteran listrik di rumah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa penyebab dan alasan mengapa hal ini bisa terjadi pada meteran listrik di rumah kita:

1. Tombol Temper Terbuka atau Nyala

Tombol temper pada meteran listrik memiliki fungsi sebagai pengaman dari gangguan eksternal, seperti upaya yang tidak sah dari orang yang tidak berwenang untuk mengakses meteran listrik. Ketika penutup atau cover meteran listrik dibuka, tombol temper akan aktif dan menampilkan tulisan “periksa” pada layar meteran.

Tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi, karena ini adalah hal yang normal. Jika kalian mengalami hal ini, cukup tutup kembali cover meteran dan hindari untuk mengganggu atau memanipulasinya kembali agar tulisan “periksa” tidak muncul lagi pada layar meteran.

2. Meteran Rusak

Meteran listrik, seperti perangkat kelistrikan lainnya, dapat mengalami kerusakan. Salah satu tkalian kerusakan yang dapat terlihat adalah adanya tulisan “periksa” pada meteran listrik.

Baca Juga :   Persamaan Flyback BSC27-T1051N Paling Sesuai

Jika kalian menemukan tkalian-tkalian kerusakan pada meteran listrik, sangat disarankan untuk segera melaporkannya kepada pihak PLN agar dapat diperbaiki.

Kerusakan pada meteran listrik memiliki potensi dampak yang serius, seperti lonjakan tagihan listrik yang tidak terduga atau bahkan risiko korsleting. Hal ini berlaku juga untuk berbagai perumahan, termasuk Perumahan Orchad Village Bekasi dan wilayah lainnya.

3. Terjadi Kebocoran pada Arus Listrik

Salah satu faktor penyebab meteran listrik menampilkan tulisan “periksa” adalah adanya kebocoran arus listrik. Kebocoran ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi kabel listrik yang tidak baik.

Kondisi ini perlu segera ditangani karena jika dibiarkan, kabel yang mengalami kebocoran arus dapat menyebabkan percikan api dan berpotensi menyebabkan kebakaran, terutama jika lapisan pelindung kabel mengelupas. Untuk mencegah hal tersebut, penting untuk secara rutin memeriksa kondisi kabel dan segera mengganti kabel yang mengalami kerusakan atau mengelupas.

Pilihlah kabel listrik berkualitas untuk mengurangi risiko kebocoran arus listrik dan memastikan keselamatan di rumah kalian.

4. Instalasi Kabel yang Buruk atau Tidak Sesuai

Selain kebocoran arus listrik akibat kabel yang terkelupas, ada bahaya lain yang perlu diwaspadai. Instalasi kabel yang buruk juga dapat menyebabkan adanya perbedaan arus listrik yang masuk dan keluar, yang pada akhirnya menyebabkan meteran listrik menampilkan tulisan “periksa”.

Perbedaan arus listrik ini dianggap sebagai masalah oleh meteran listrik sehingga secara otomatis tulisan “periksa” muncul. Untuk mengatasi dan mencegah hal ini, disarankan untuk menghubungi petugas PLN agar dapat melakukan pengecekan pada instalasi kabel.

Dengan melakukan pengecekan, kita dapat memastikan bahwa instalasi kabel berfungsi dengan baik dan menghindari terjadinya bahaya di masa depan.

5. Grounding yang Keliru atau Salah

Selain kabel yang terkelupas dan instalasi yang buruk, salah satu penyebab meteran listrik menampilkan tulisan “periksa” adalah grounding yang kurang tepat.

Grounding merupakan jalur kabel yang terpasang pada instalasi listrik dan berhubungan dengan titik pertanahan secara terpisah dari kabel-kabel lainnya. Pemasangan grounding yang benar sangat penting dan sebaiknya dilakukan oleh ahli atau profesional.

Namun, terkadang kesalahan terjadi pada pemasangan grounding yang menyebabkan ketidaksesuaian pada instalasi listrik dan mengakibatkan meteran listrik menampilkan tulisan “periksa”.

Jika kalian mengalami hal seperti ini, segera hubungi petugas PLN untuk memperbaiki dan memastikan grounding terpasang dengan tepat agar instalasi listrik dapat berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Hingga saat ini, tidak ada cara yang lebih aman untuk mengatasi meteran listrik yang menampilkan tulisan “periksa” selain dengan memanggil petugas PLN untuk melakukan pengecekan.

Baca Juga :   Penyebab Mesin Jet Pump Nyala Tapi Tidak Keluar Air & Solusinya

Meskipun mungkin kalian ingin mencoba memperbaikinya sendiri, lebih baik untuk memanggil petugas PLN karena alasan keamanan dan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Dengan memanggil petugas PLN, kalian dapat memastikan bahwa masalah pada meteran listrik diatasi dengan benar dan aman. Selalu perhatikan keselamatan dan kesehatan saat berurusan dengan listrik.

Berikut adalah langkah-langkah yang tepat untuk menghubungi petugas PLN agar mereka datang ke rumah kalian:

  1. Lakukan panggilan melalui call center PLN di nomor 123. Pastikan untuk memasukkan kode area tempat tinggal kalian agar petugas dapat memproses laporan dengan cepat.
  2. Setelah tersambung, pilih layanan pengaduan, gangguan, dan keluhan pelanggan. Tunggu sampai kalian terhubung langsung dengan operator PLN.
  3. Catat nomor ID pelanggan yang terdapat pada meteran listrik. Petugas PLN biasanya akan meminta nomor tersebut untuk melakukan pengecekan dan memproses laporan kalian.
  4. Operator akan memberikan nomor laporan pengaduan sebagai bukti bahwa keluhan kalian telah tercatat dalam database PLN.
  5. Setelah mendapatkan nomor pengaduan, kalian akan diminta untuk menunggu. Operator PLN akan memberikan kode reset untuk meteran listrik kalian.
  6. Catat kode reset yang diberikan oleh petugas PLN untuk mengatasi tulisan “periksa” pada meteran listrik.
  7. Masukkan kode reset tersebut, seperti saat memasukkan token listrik saat isi ulang pulsa. Tekan OK, dan tunggu hingga muncul tulisan “berhasil”. Selesai.
  8. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kalian dapat mengatasi masalah “periksa” pada meteran listrik dengan bantuan petugas PLN.

Baca Juga :

Penutup

Dalam mengatasi inscek pada meteran listrik, penting untuk tetap tenang dan tidak mencoba memperbaikinya sendiri jika kalian tidak memiliki pengetahuan atau keterampilan yang memadai. Lebih baik serahkan pada ahlinya untuk menghindari risiko yang lebih besar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat mengatasi masalah inscek pada meteran listrik dengan efektif. Dengan meteran yang berfungsi dengan baik, kalian dapat memantau penggunaan listrik dengan akurat dan menghindari masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Mengatasi inSCEk Pada Meteran Listrik Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimaksih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *