Persamaan STR G5653

Persamaan STR G5653 Untuk Pengganti Yang Sesuai

Posted on

Finoo.id – Persamaan STR G5653 Untuk Pengganti Yang Sesuai. Sirkuit transistor regulator (STR) merupakan salah satu komponen penting dalam rangkaian elektronik. Karena peranannya yang vital, ketika STR mengalami kerusakan atau kebocoran, perbaikan segera diperlukan.

Namun, sayangnya memperbaiki STR yang rusak atau kebocoran sangatlah sulit bahkan hampir tidak mungkin. Oleh karena itu, ketika STR mengalami kerusakan, orang cenderung memilih untuk menggantinya dengan STR yang baru.

Pilihan terbaik sebagai pengganti STR adalah STR dengan model serupa atau model lain yang memiliki spesifikasi yang sama. Banyak orang lebih memilih mencari pengganti STR daripada mencari STR asli, karena mendapatkan STR asli cukup sulit.

Salah satu STR yang sering dicari penggantinya adalah G5653. Jadi, bagi kalian yang sedang mencari pengganti STR G5653, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahuinya. Informasinya akan disajikan dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu STR G5653 ?

G5653 adalah sebuah IC hybrid yang menggabungkan MOSFET daya dan IC pengontrol. IC ini dirancang khusus untuk aplikasi konverter fly-back dengan jenis SMPS (Switching Mode Power Supply) yang menggunakan feedback tidak langsung, termasuk RRC frekuensi rendah.

Keunggulan dari IC G5653 adalah efisiensi tinggi, noise yang rendah, desain yang kompak, dan sistem catu daya yang stkalianr. Hal ini mengurangi jumlah komponen eksternal yang diperlukan dan mempermudah desain sirkuit.

Selain itu, IC G5653 juga dilengkapi dengan fitur menarik seperti osilator yang terintegrasi dalam kontrol monolitik dengan teknologi On-Chip Trimming. Karakteristik suhu yang bervariasi dapat diminimalkan dengan menggunakan komparator untuk mengkompensasi suhu pada bagian kontrol. IC ini juga memiliki arus start-up yang rendah (maksimum 100uA) dan filter Low-Pass Aktif yang terpasang secara internal untuk menjaga stabilitas operasi saat terjadi beban cahaya.

IC G5653 juga memiliki MOSFET daya yang terintegrasi sehingga menyederhanakan rangkaian perlindungan terhadap lonjakan energi, karena MOSFET ini dapat menangani energi yang dilepaskan saat terjadi pemadaman. Selain itu, penurunan rating VDSS tidak diperlukan. IC ini juga memiliki umpan balik tidak langsung melalui penguat kesalahan yang terintegrasi pada terminal Vin dan sirkuit penggerak tegangan konstan yang terpasang secara internal. IC ini juga memiliki sirkuit penggerak langkah dan mode RRC frekuensi rendah yang sudah terpasang (≒20kHz).

Baca Juga :   Pengertian Multitester: Fungsi, Bagian & Cara Menggunakanya

IC G5653 dilengkapi dengan berbagai fungsi perlindungan, termasuk Proteksi Arus Lebih Pulsa-demi-pulsa (OCP), Perlindungan Tegangan Lebih dengan mode kait (OVP), dan Termal Shutdown dengan mode kait (TSD). Semua fitur dan fungsi ini menjadikan IC G5653 sebagai pilihan yang sangat baik untuk digunakan dalam aplikasi konverter fly-back jenis SMPS.

Datasheet STR G5653

G5653 merupakan IC hybrid yang menggabungkan MOSFET daya dan IC pengontrol. IC ini dirancang khusus untuk aplikasi konverter fly-back dengan jenis SMPS (Switching Mode Power Supply) yang menggunakan umpan balik tidak langsung, termasuk RRC frekuensi rendah.

IC G5653 ini memiliki keunggulan berupa efisiensi tinggi, kebisingan rendah, desain yang kompak, dan stkalianrisasi sistem catu daya. Hal ini meminimalkan kebutuhan akan komponen eksternal dan menyederhanakan desain rangkaian. Berikut ini adalah datasheet lengkap mengenai IC G5653.

Fitur G5653

Berikut beberapa fitur yang ditawarkan oleh IC G5653:

  1. Osilator terintegrasi dalam kontrol monolitik dengan teknologi On-Chip Trimming.
  2. Variasi karakteristik suhu yang rendah dengan menggunakan komparator untuk mengkompensasi suhu pada bagian kontrol.
  3. Arus rangkaian start-up yang rendah (maksimum 100uA).
  4. Filter Low-Pass Aktif terpasang secara internal untuk menjaga stabilitas operasi saat terjadi beban cahaya.
  5. MOSFET dengan VDSS tinggi yang menjamin energi longsoran dan menyederhanakan sirkuit penyerapan lonjakan.
  6. Tidak diperlukan penurunan rating VDSS.
  7. Umpan balik tidak langsung melalui penguat kesalahan terintegrasi pada terminal Vin.
  8. Sirkuit penggerak tegangan konstan terpasang secara internal.
  9. Sirkuit penggerak langkah terpasang secara internal.
  10. Mode RRC frekuensi rendah terpasang secara internal (sekitar 20kHz).
  11. Berbagai macam fungsi perlindungan.
  12. Proteksi Arus Lebih Pulsa-demi-pulsa (OCP).
  13. Perlindungan Tegangan Lebih dengan mode kait (OVP).
  14. Termal Shutdown dengan mode kait (TSD).
Baca Juga :   Cara Cek Frekuensi Jaringan Dengan Cara Simpel

Diagram Blok

Data PIN G5653

Terima kasih atas minat kalian terhadap datasheet STR G5653. Untuk mendapatkan datasheet yang lebih lengkap, kalian dapat mengunduhnya secara gratis dalam format PDF. Datasheet STR G5653 PDF dapat diunduh melalui tautan Google Drive berikut ini:

PINSymbolDescriptionFunctions
1DDrain TerminalMOS FET DRAIN
2SSource TerminalMOS FET SOURCE
3GNDGround TerminaGROUND
4VINPower supply TerminalInput of power supply for control circuit
5O.C.P / F.Bover current / Feedback terminalInput of over current detection signal and constant voltage control signals

Unduh Datasheet STR G5653 PDF

Dengan mengunduh melalui tautan tersebut, kalian akan memperoleh datasheet STR G5653 yang lebih lengkap, sangat berguna dalam penggantian STR atau mencari persamaan STR yang paling cocok. Jadi, jangan lupa untuk mengunduh datasheet-nya.

Persamaan STR G5653

Setelah mempelajari datasheet STR G5653, langkah selanjutnya adalah mencari persamaan untuk STR ini. Meskipun tidak terlalu banyak pilihan pengganti terbaik untuk STR G5653, berikut ini adalah persamaan yang paling sesuai.

STR G5653 sering ditemukan pada TV Sharp. Namun, persamaan pengganti yang digunakan berbeda dengan persamaan STR W5453A, meskipun keduanya digunakan dalam mesin TV tabung merek Sharp.

Harap diingat bahwa setiap STR memiliki persamaan yang unik. Artinya, jika STR berbeda, persamaannya pun berbeda, meskipun merek TV-nya sama. Namun, tidak jarang juga ditemui STR yang berbeda tetapi memiliki persamaan yang sama.

Berikut ini adalah beberapa jenis STR yang dapat digunakan sebagai persamaan untuk STR G5653, dan semuanya telah teruji tidak menimbulkan efek negatif yang signifikan, sehingga cocok digunakan sebagai pengganti:

  • G6653
  • G5653
  • F6654
  • F6653

Itulah beberapa persamaan STR G5653 yang dapat menjadi pengganti yang baik. Persamaan STR di atas umumnya tersedia di toko elektronik baik offline maupun online, sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam mencarinya.

Selain itu, harga STR juga terjangkau dengan kisaran sekitar Rp. 15.000 – Rp. 18.000 (tergantung dari toko dan lokasi pembelian).

Baca Juga :   Cara Membuat Rangkaian Charger Aki Otomatis Paling Mudah

Fungsi dan Contoh Penggunaan Persamaan STR G5653

Persamaan STR G5653 digunakan sebagai pengganti IC hybrid yang terdiri dari MOSFET daya dan IC pengontrol dalam aplikasi konverter fly-back jenis SMPS (Switching Mode Power Supply) dengan feedback tidak langsung, termasuk RRC frekuensi rendah.

Persamaan ini memiliki kemampuan menghasilkan efisiensi tinggi, kebisingan rendah, desain yang kompak, dan stkalianrisasi sistem catu daya. Persamaan STR G5653 juga membantu mengurangi jumlah komponen eksternal yang dibutuhkan dan memudahkan dalam desain sirkuit.

Sebagai contoh, persamaan STR G5653 dapat digunakan sebagai pengganti IC pada televisi Sharp yang menggunakan IC STR G5653. Jika IC STR G5653 tidak tersedia, persamaan seperti G6653, F6654, atau F6653 dapat digunakan sebagai penggantinya.

Persamaan ini juga dapat diterapkan pada perangkat elektronik lain yang memerlukan fungsi yang serupa dengan IC STR G5653. Namun, dalam penggunaannya, penting untuk memilih STR G5653 dengan hati-hati dan memastikan persamaan tersebut memenuhi spesifikasi teknis yang dibutuhkan oleh sistem.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel finoo.id ini, kita telah menjelajahi persamaan STR G5653 yang menarik dan relevan. Persamaan ini telah menjadi topik diskusi yang menarik di kalangan ahli matematika dan peneliti.

Dengan menggali lebih dalam tentang persamaan ini, kita dapat melihat kompleksitas dan keunikan yang terkandung di dalamnya.

Dalam penutup, persamaan STR G5653 adalah salah satu dari banyak misteri matematika yang menunggu untuk dipecahkan. Dengan terus mengeksplorasi dan meneliti, kita dapat mengungkap rahasia di balik persamaan ini dan mendorong kemajuan dalam ilmu matematika.

Semoga upaya kolektif kita dapat menghasilkan terobosan yang luar biasa dan membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *