Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Cara Menghubungkan Perangkat HP ke Televisi Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Menghubungkan Perangkat HP ke Televisi Paling Mudah. Menghubungkan HP ke TV merupakan keinginan banyak orang karena dengan cara ini, tampilan HP dapat ditampilkan di layar TV dengan ukuran yang lebih besar. Ada cara mudah untuk melakukan hal ini, yaitu dengan membeli kabel RCA yang mendukung smartphone.

Namun sayangnya, harga kabel tersebut cukup mahal sehingga banyak orang mencari cara untuk membuat kabel TV out untuk HP Android sendiri melalui internet.

Dengan membuat kabel TV out sendiri, kalian bisa mendapatkan alat hubung TV dan HP yang lebih terjangkau. Bagaimana cara membuatnya? Berikut adalah informasi lengkapnya.

Persiapan Cara Pasang HP ke TV

Sebelum memulai pembuatan kabel, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan. Secara keseluruhan, bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit dan bisa menggunakan bahan-bahan bekas yang ada. Berikut beberapa peralatan yang perlu disiapkan:

  • Kabel RCA 3 warna (merah, putih, kuning). kalian dapat menggunakan kabel ini dari barang elektronik bekas seperti PlayStation atau Sega.
  • Headset yang sesuai dengan jenis HP.
  • Solder.
  • Plester isolasi.

Saat mencari kabel RCA, pastikan kabel masih berfungsi dengan baik. Untuk menghindari kerusakan, disarankan untuk membeli RCA langsung di toko elektronik. Selain itu, pastikan juga headset yang digunakan masih dalam kondisi baik dan tidak rusak. Hal ini penting karena kerusakan pada headset dapat mempengaruhi keberhasilan dalam menyambungkan kabel.

Langkah Pembuatan TV Out Cable

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah berikutnya adalah membuat kabelnya. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

Baca Juga :   Kumpulan Firmware TV LED Samsung & Cara Upgradenya

  • Pertama, potong kabel RCA hingga terlihat kabel dalam berwarna emas.
  • Selanjutnya, pada bagian headset terdapat bulatan tombol mic. Buka tombol tersebut.
  • Terakhir, hubungkan komponen pada RCA ke headset.

Proses penyambungan kabel selesai dengan langkah-langkah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk menghubungkan jaringan kabel berwarna merah, putih, biru, dan emas, kalian dapat mengikuti penjelasan di bawah ini:

  • Kabel RCA merah/right disambungkan ke headset emas/right.
  • Kabel RCA biru/video dihubungkan ke headset berwarna merah/mic.
  • Kabel RCA putih/left dihubungkan ke headset hijau/left.
  • Kabel RCA serabut/ground disambungkan ke headset biru/ground.

Pastikan untuk melakukan proses penyambungan kabel dengan hati-hati dan memastikan semua kabel tersambung dengan baik. Selain itu, hindari kesalahan saat menyambungkan RCA ke bagian headset. Kesalahan dalam penyambungan bisa mengakibatkan kabel TV out tidak berfungsi dengan baik atau bahkan gagal terhubung sama sekali.

Cara Menghubungkan HP Ke TV Dengan Kabel Data TV Out

Setelah berhasil membuat TV out cable, langkah selanjutnya adalah mencoba menghubungkannya ke televisi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungkan HP dan televisi:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Buka menu “Settings” -> Phone -> Accessories -> TV out.
  • Selanjutnya, pilih tipe video yang sesuai dengan NTSC dan TV.
  • Kabel sudah siap untuk dihubungkan ke televisi kalian.

Setelah melakukan pengaturan tersebut, langkah selanjutnya adalah menyambungkan kabel ke televisi. Jika berhasil, maka tampilan layar HP akan ditampilkan pada menu AV pada televisi.

Cara Menghubungkan HP Ke TV Melalui Screen Miroring

Untuk menghubungkan HP ke TV secara nirkabel, kalian dapat menggunakan fitur Miracast atau Wireless Mirroring yang tersedia di Smart TV. Namun, HP kalian juga harus mendukung fitur Mirroring. Saat terhubung, HP dan TV akan terhubung melalui jaringan WiFi yang sama.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan WiFi Di TV LG Paling Mudah

Berikut adalah cara menyambungkan HP ke TV dengan Screen Mirroring:

  • Pilih menu Input pada TV kalian.
  • Pilih menu Miracast atau Screen Mirroring.
  • TV akan memindai HP yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.
  • Jika Miracast sudah aktif di HP, maka tampilan layar akan berubah.

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Kabel USB

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan kabel microSD USB to HDMI atau micro HDMI to HDMI. Pastikan memiliki kabel HDMI yang kompatibel dengan smartphone dan TV.

Berikut cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data:

  • Matikan TV yang akan disambungkan dengan HP.
  • Hubungkan HP Android ke TV menggunakan kabel HDMI.
  • Nyalakan kembali TV.
  • Pindahkan saluran ke opsi HDMI.
  • Aktifkan menu HDMI Connection di HP dengan memberi tkalian ceklis pada opsi tersebut.
  • HP sudah berhasil disambungkan ke TV.

Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel dengan DLNA

DLNA atau Digital Living Network Alliance dapat digunakan sebagai cara untuk menyambungkan HP ke TV Android.

DLNA adalah fitur yang memungkinkan akses ke berbagai dokumen multimedia seperti musik, video, film, dan gambar yang disimpan di satu perangkat melalui perangkat lain dengan koneksi WiFi atau router.

Tidak hanya melihat saja, kamu juga bisa bertukar konten antar perangkat, termasuk dari smartphone ke TV. Sebagian besar smart TV yang terhubung ke internet sudah mendukung DLNA, sehingga tidak sulit untuk mencobanya.

DLNA dapat dijalankan dengan menggunakan UPnP atau Universal Plug and Play. Namun, pastikan perangkat yang ingin dihubungkan sudah terhubung ke jaringan yang sama.

Manfaat Menyambungkan HP ke TV

Setelah memahami cara menyambungkan HP ke TV, baik itu brand HP apa pun, mari kita bahas manfaatnya. Menyambungkan HP ke TV LCD atau jenis lainnya dapat memberikan manfaat, antara lain membuat aktivitas yang dilakukan di HP menjadi lebih nyaman karena dapat dilakukan pada layar TV yang lebih lebar.

Baca Juga :   Cara Update Firmware TV LED Polytron Paling Mudah Dilakukan

Aktivitas seperti bermain game atau menonton film bersama dengan teman dan keluarga pasti akan lebih menyenangkan jika dilakukan pada layar TV, terutama jika TV memiliki kualitas layar HD atau lebih tinggi.

Artikel Terkait :

Penutup

Dalam era digital seperti sekarang ini, menghubungkan perangkat HP ke televisi menjadi semakin penting dan populer. Dengan begitu, kalian dapat menikmati konten favorit kalian dengan layar yang lebih besar dan suara yang lebih baik.

Ada berbagai cara untuk menghubungkan perangkat HP ke televisi, seperti menggunakan kabel HDMI, kabel USB-C, kabel MHL, atau bahkan nirkabel melalui teknologi seperti Miracast atau Chromecast.

Namun, sebelum kalian mulai menghubungkan perangkat kalian, pastikan untuk memeriksa panduan pengguna perangkat HP dan televisi kalian untuk memastikan bahwa keduanya mendukung opsi penghubung yang kalian pilih.

Dengan cara yang tepat, menghubungkan perangkat HP ke televisi dapat menjadi cara yang mudah dan efektif untuk menikmati konten digital kalian di layar yang lebih besar dan suara yang lebih baik. Jadi, cobalah cara yang paling cocok untuk kalian dan nikmati pengalaman menonton yang lebih seru!

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Menghubungkan Perangkat HP ke Televisi Paling Mudah. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *