Cara Melepas dan Memindahkan AC Rumah

Cara Melepas dan Memindahkan AC Rumah Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Melepas dan Memindahkan AC Rumah Yang Tepat. Mengeluarkan AC rumah sebenarnya dapat dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Alasan mengeluarkan AC di rumah biasanya adalah untuk memindahkannya ke tempat lain. Namun, banyak orang awam yang menggunakan jasa untuk mengeluarkan dan memindahkan AC. Tentu saja, biaya untuk mengeluarkan AC harus dikeluarkan. Bagaimana jika kita melakukannya sendiri?

Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Menangani AC

Saat akan melakukan bongkar pasang AC, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:

1. Unit Outdoor

Saat melakukan bongkar pasang AC pada unit outdoor komponen AC split, perlu dilakukan dengan hati-hati. Hal ini disebabkan karena unit outdoor AC ini memiliki beberapa kisi aluminium tipis yang berfungsi untuk mempercepat proses pelepasan panas dari freon ke udara bebas. Penting untuk diingat bahwa kisi-kisi aluminium tersebut mudah rusak jika terbentur benda keras.

2. Freon

Pastikan tidak membuang freon langsung ke udara ketika membongkar AC. Freon harus dibuang dengan cara mengalirkannya melalui media air, seperti botol minuman yang diisi air. Selang pembuangan freon harus dimasukkan ke dalam air dan jangan diangkat saat pembuangan freon masih berlangsung. Freon memiliki sifat yang sangat korosif saat bersentuhan dengan lapisan ozon, jadi penting untuk tidak membuang freon langsung ke udara bebas.

3. Pipa AC Split

Setelah membongkar AC, pastikan untuk menutup lubang pada pipa dengan menggunakan kain atau plastik bersih. Hal ini bertujuan agar bagian dalam pipa tidak terkontaminasi oleh kotoran atau debu. Dengan cara ini, saat AC dipasang kembali, sistem kerjanya tidak akan terganggu karena adanya kotoran yang masuk ke dalam pipa.

Baca Juga :   Cara Mematikan Timer AC Gree Paling Mudah dan Simpel

4. Unit Kelistrikan

Harus berhati-hati terhadap sengatan listrik atau korsleting saat membongkar AC. Biasanya, bagian kapasitor merupakan penyimpan terbesar muatan listrik dan akan melepaskan muatan tersebut jika disentuh. Oleh karena itu, jangan menyentuh kapasitor secara sembarangan.

Setelah memahami komponen-komponen yang perlu diperhatikan saat membongkar AC, sekarang bisa mulai membongkar AC dengan benar.

Cara Membongkar AC Tanpa Buang Freon ke Udara

Berikut adalah beberapa panduan tentang cara membongkar AC tanpa membuang freon ke udara, mulai dari persiapan hingga proses pembongkaran:

1. Persiapan Diri

Langkah pertama sangatlah penting, karena perlu memastikan apakah memiliki pengalaman dalam melakukan bongkar pasang AC. Banyak orang yang lebih memilih untuk membongkar dan memasang AC sendiri, padahal sebenarnya mereka belum berpengalaman melakukannya.

Mereka hanya bermodalkan niat saja, namun pada akhirnya kesulitan untuk memulai prosesnya. Tidak sedikit orang yang dapat membongkar unit AC dengan benar, tetapi justru kesulitan saat memasangnya kembali.

Oleh karena itu, sebelum melakukan bongkar pasang AC, pastikan sudah memiliki pengalaman yang cukup. Jika tidak, sebaiknya percayakan pada ahlinya dengan menghubungi jasa servis AC. Hal ini tentu saja lebih aman dibandingkan harus melakukannya sendiri.

2. Mempersiapkan Alat

Jika sudah memiliki pengalaman dalam melakukan bongkar pasang AC, maka bisa melanjutkan proses dengan mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa meskipun terkesan sederhana, tahapan persiapan alat sangatlah penting. Jika hanya mengkalianlkan alat-alat yang seadanya, dapat membuat bongkar pasang AC tidak maksimal.

Beberapa peralatan yang wajib dipersiapkan untuk bongkar pasang AC antara lain:

  • Drill set
  • Palu atau martil
  • Bor listrik
  • Obeng dalam dengan berbagai ukuran
  • Paku beton
  • Cutter pipa tembaga
  • Perak las tembaga
  • Manifold high and low set
  • Flaring tool set
  • Tang ampere
  • Kunci inggris 10 inchi dan 12 inchi
  • Kunci L
  • Tangga lipat aluminium.
Baca Juga :   Penyebab AC Tidak Bisa Dimatikan Dengan Remote Paling Mudah

Jika perlu, tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman dalam membongkar AC. Sebaiknya tanyakan alat-alat apa saja yang masih harus dipersiapkan. Hal ini sangat penting agar proses pembongkaran dan pemasangan AC dapat berjalan dengan lancar.

3. Tahap Pump Down Freon Dalam Sistem AC

Untuk tahapan ini, Kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Nyalakan unit AC terlebih dahulu dan biarkan menyala selama beberapa menit untuk menjaga kestabilan sirkulasi freon.
  • Lanjut ke unit outdoor AC, buka tutup pada kabel kiriman, dan tutup kran pipa refrigerant (jika ada).
  • Buka tutup kran pada pipa pengisian freon, lalu pasangkan selang berwarna biru manifold ke dalam kran pengisian.
  • Buka tutup atau baut kran pada pipa besar dan kecil menggunakan kunci inggris.
  • Tutup kran pada pipa kecil lebih dulu dengan menggunakan kunci L.
  • Periksa jarum manifold, biasanya akan turun secara perlahan dan pastikan sampai angkanya menunjukkan 0.
  • Segera tutup kran pipa besar dengan kunci L, kemudian matikan AC. Kamu juga bisa memotong kabel kiriman menggunakan tang potong atau meminta bantuan orang lain untuk mematikan AC menggunakan remot.

Dari sini, Kamu sudah berhasil menyimpan freon ke mesin kompresor. Selanjutnya, Kamu bisa membongkar AC pada bagian outdoor atau indoor.

4. Membongkar Unit Indoor Pada AC

Langkah selanjutnya dalam cara membongkar AC adalah membongkar unit indoor terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut:

  • Pastikan untuk memutus kabel power AC terlebih dahulu.
  • Lepas bagian selang water drain atau pembuangan.
  • Lepaskan bagian sambungan nepel penghubung unit indoor AC dan pipa instalasi menggunakan dua kunci inggris.
  • Turunkan atau lepaskan unit indoor AC dari bracket.
  • Lepaskan bracket indoor. Jika bracket tersebut dipaku langsung ke dinding, Kamu bisa mencongkelnya menggunakan pahat atau obeng. Namun, jika dibaut, Kamu bisa melepaskannya dengan mudah menggunakan obeng.
Baca Juga :   AC Aqua 1 Pk Berapa Watt dan Cara Memilihnya

5. Membongkar Unit Outdoor AC

Langkah selanjutnya dalam cara membongkar AC adalah membongkar unit outdoor dengan tahapan sebagai berikut:

  • Lepaskan bagian kabel power kiriman pada unit indoor.
  • Lepaskan nepel penghubung unit outdoor pada pipa instalasi.
  • Jika unit outdoor terpasang pada bracket, lepaskan baut pengikat unit outdoor pada bracket dan turunkan unit outdoor dari bracket.
  • Setelah itu, lepaskan bracket dari dinding menggunakan kunci inggris atau kunci pas.
  • Namun, jika unit outdoor AC tidak terpasang pada bracket, Kamu bisa mengabaikan langkah ketiga dan keempat.

Artikel Terkait :

Penutup

Mungkin ada kalanya kalian perlu melepas AC rumah kalian, entah untuk membersihkan atau memindahkannya ke tempat lain. Namun, melepas AC bisa menjadi tugas yang membingungkan dan memakan waktu jika tidak dilakukan dengan benar.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melepas AC rumah, seperti mematikan listrik terlebih dahulu dan melepaskan pipa AC dengan hati-hati. Pastikan juga untuk tidak memaksakan diri jika sulit melepas bagian AC yang cukup berat.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, melepas AC rumah seharusnya tidaklah sulit. Namun, jika kalian merasa ragu atau tidak yakin, lebih baik meminta bantuan dari teknisi AC terpercaya agar melepas AC bisa dilakukan dengan aman dan tanpa merusak komponen AC tersebut.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Melepas dan Memindahkan AC Rumah Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *