Cara Menyambungkan HP Ke TV TCL

Cara Menyambungkan HP Ke TV TCL Paling Mudah

Posted on

Finoo.id – Cara Menyambungkan HP Ke TV TCL Paling Mudah. Saat ini, teknologi mengalami kemajuan pesat dan beberapa perangkat elektronik dapat saling terhubung, memudahkan aktivitas kehidupan sehari-hari manusia.

Untuk memproyeksikan visual video, kini tidak lagi memerlukan media flashdrive karena ponsel dapat terhubung ke unit televisi. Ini berarti, kita dapat menikmati beragam konten mobile secara langsung pada layar yang lebih besar.

TV LED TCL mendukung kompatibilitas tinggi terhadap sambungan eksternal baik melalui media kabel maupun nirkabel. Namun, bagi pemula cenderung belum mengetahui fitur-fitur yang tersedia sehingga bingung dalam mengoperasikan produk.

Oleh karena itu, kami telah membuat panduan tentang cara menyambungkan HP ke TV TCL melalui dua metode mudah. Jika kamu baru pertama kali membeli produk ini, sebaiknya simak ulasan berikut agar semakin profesional.

Mengenal TV TCL

Sebelum menilai kebaikan TV TCL, penting untuk memahami definisinya terlebih dahulu. TV TCL smart adalah jenis televisi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet, sehingga memudahkan akses ke berbagai layanan terkait internet.

Tidak semua jenis televisi dapat melakukan hal ini. Dengan TV TCL, pengguna dapat menonton acara sesuai dengan preferensi masing-masing, seperti olahraga atau musik. Bahkan, pengguna dapat mengakses berbagai layanan film seperti Netflix melalui smart TV TCL ini.

Tidak mengherankan bahwa TV TCL sangat diminati, karena dengan TV ini pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai layanan yang tidak bisa diakses dengan menggunakan jenis TV biasa. Hal ini semakin membuat TV TCL semakin populer.

Baca Juga :   Cara Menghidupkan TV Aqua Tanpa Remote: Mudah & Praktis

Apa Itu Miracast?

Miracast adalah teknologi koneksi nirkabel yang dapat menghubungkan dua layar tanpa menggunakan kabel. Biasanya, kita memerlukan kabel HDMI atau VGA untuk menyambungkan layar perangkat lain seperti TV. Namun, dengan teknologi ini, kita dapat melakukannya tanpa kabel HDMI. Layar yang dimaksudkan di sini adalah layar dari berbagai jenis perangkat, mulai dari gadget hingga TV.

Ketika menikmati tayangan seperti Netflix melalui smartphone, tentu tidak puas menonton di layar kecil, bukan? Biasanya, jika ingin memindahkan tayangan tersebut ke layar yang lebih besar, kita memerlukan kabel untuk menyambungkan kedua layar.

Dengan adanya teknologi ini, kita dapat langsung menghubungkan dua layar melalui jaringan WiFi atau internet saja. Kita dapat melakukan screen mirroring antara aktivitas yang dilakukan pada smartphone ke TV.

Cara Menyambungkan HP ke TV TCL Tanpa Kabel

Sambungan nirkabel hanya didukung oleh smart TV TCL yang telah dilengkapi dengan komponen miracast. Sedangkan unit TV LED biasa harus membeli perangkat tambahan berupa Anycast Dongle yang harganya relatif terjangkau.

1. Cek Fitur HP

Smartphone modern yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS umumnya mendukung fungsi berbagi layar. Fungsi ini memanfaatkan sinyal WiFi lokal sebagai media perantara untuk mentransmisikan data ke unit smart TV TCL.

Untuk menggunakan fungsi ini, hidupkan HP kamu dan masuk ke menu pengaturan. Selanjutnya, aktifkan fitur wireless display untuk memulai proses penyambungan. Nama fungsi ini mungkin saja berbeda-beda tergantung pada tampilan antarmuka.

2. Koneksi Nirkabel

Untuk memulai sambungan nirkabel pada smart TV TCL, cukup mengaktifkan miracast atau fungsi WiFi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hidupkan Smart TV TCL dengan menekan tombol on pada remote kontrol.
  • Tekan tombol home pada remote untuk masuk ke tampilan dashboard.
  • Pilih App dan tekan fitur T-Cast untuk menampilkan beberapa opsi.
  • Pilih Wireless Display dan tekan Start untuk memulai pemindaian.
  • Siapkan HP dan aktifkan fitur Wireless Display.
  • Device Smart TV TCL akan muncul di ponsel kamu.
  • Tekan saja untuk menghubungkan kedua perangkat.
  • Selesai.
Baca Juga :   Penyebab TV Mati Hidup Sendiri & Cara Mengatasinya

Jika TV TCL kamu adalah jenis LED biasa, kamu bisa menggunakan alat bernama Anycast Dongle untuk menyambungkannya secara nirkabel.

3. Koneksi dengan Kabel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah HP Android kamu dilengkapi dengan fitur MHL. Selanjutnya, siapkan kabel HDMI dan kabel MHL Adapter beserta TV LED TCL yang dilengkapi dengan port HDMI.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Hidupkan TV LED TCL menggunakan remote atau tombol power pada TV.
  • Pilih Pilihan Sumber > HDMI pada layar TV TCL.
  • Sambungkan kabel HDMI ke port HDMI yang ada pada TV LED TCL.
  • Tancapkan bagian ujung kabel HDMI ke MHL Adapter.
  • Pastikan MHL Adapter mendapatkan daya yang cukup.
  • Hubungkan HP Android ke MHL Adapter tersebut.
  • Nantinya akan muncul notifikasi bahwa HP Android telah tersambung ke TV TCL.

4. Menonton Secara Wireless

Setelah berhasil menghubungkan HP ke TV TCL, kamu bisa mencoba menjelajahi semua konten mobile. Tampilan dari HP akan muncul secara otomatis pada layar televisi yang lebih besar dan luas.

Kamu dapat menonton video streaming, browsing, bahkan bermain game online sehingga memberikan pengalaman yang berbeda. Kecepatan koneksi tergantung pada lingkungan WiFi dan kartu provider yang digunakan.

Cara Menyambungkan HP ke TV TCL Dengan Kabel

Pengguna TV LED TCL biasa tidak perlu kecewa karena masih dapat terhubung dengan HP melalui kabel. Kamu hanya perlu membeli alat tambahan berupa HDMI MHL yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan.

1. Persiapan Peralatan

Untuk melakukan koneksi, langkah pertama adalah menyiapkan beberapa peralatan penting seperti kabel HDMI, MHL Adapter, smartphone, dan TV LED merek TCL. Pastikan semua peralatan tersebut tersedia sebelum memulai proses selanjutnya.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan TV TCL Yang Wajib Diketahui

Terdapat beberapa jenis MHL Adapter yang dapat kamu beli secara online di aplikasi e-commerce populer.

2. Proses Sambungan

Proses menyambungkan HP ke TV TCL melalui kabel cukup mudah, kamu hanya perlu menancapkan semua peralatan ke port yang tersedia. Berikut adalah penjelasannya:

  • Pastikan TV LED TCL sudah dalam keadaan menyala.
  • Sambungkan kabel HDMI ke port HDMI pada TV TCL.
  • Tancapkan ujung kabel HDMI ke MHL Adapter.
  • Jika MHL Adapter membutuhkan daya, sambungkan kabel data juga.
  • Sambungkan HP ke MHL Adapter tersebut.
  • Akan muncul notifikasi pada ponsel, tekan OK.
  • Selesai.

3. Menikmati Konten

Meskipun mobilitas pada metode ini terbatas dan tergantung pada panjang kabel HDMI, namun mempunyai keuntungan yaitu zero lag. Artinya, transmisi data menjadi sangat lancar dan meningkatkan kenyamanan operasional.

Akhirnya, kamu dapat menikmati konten mobile pada layar TV LED TCL yang lebih luas.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyambungkan HP ke TV TCL.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kini Anda dapat menikmati tayangan yang lebih luas dan jernih langsung dari layar TV.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu memudahkan koneksi antara HP dan TV TCL Anda. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *