Kode Remot TV Toshiba

Kode Remot TV Toshiba Tabung & LED Yang Paling Tepat

Posted on

Finoo.id – Kode Remot TV Toshiba Tabung & LED Yang Paling Tepat. Jika Anda pernah mengganti remote TV bawaan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kode remote. Memasukkan kode remote TV pada remote baru akan membuatnya dapat berfungsi dengan baik.

Biasanya, dalam mengganti remote tersebut, kita harus menggunakan remote multifungsi. Untuk mendapatkannya sangat mudah karena toko elektronik di sekitar tempat tinggal Anda sudah banyak yang menjualnya dengan harga mulai dari 20 hingga 150 ribu rupiah.

Setiap merk TV memiliki kode remote sendiri-sendiri, sehingga kode remote TV Toshiba tidak sama dengan KODE REMOT TV SHARP maupun kode remote TV merk lainnya.

Meskipun hanya memiliki tiga digit angka, jika kode remote dimasukkan dengan salah, maka remote tersebut tidak akan berfungsi. Berikut adalah kode remote untuk televisi merk Toshiba yang dapat Anda temukan di hargaalat.id.

Sekilas Tentang Toshiba

Sebagai perusahaan yang beroperasi di dunia elektronik, Toshiba menghasilkan berbagai macam produk yang sangat berguna bagi masyarakat, mulai dari peralatan komputer, peralatan rumah tangga, hingga peralatan medis utama. Selain itu, Toshiba juga meraih predikat sebagai pembuat chip terbesar di dunia, sebuah prestasi yang membanggakan.

Nama Toshiba sendiri merupakan gabungan dari Tokyo Shibaura, Shibaura, dan Tokyo Denki. Pada tahun 1978, namanya resmi diubah menjadi Toshiba Corporation. Salah satu produk terbaiknya adalah televisi.

Tentunya, keberadaan televisi tidak lepas dari perangkat remote control atau yang lebih dikenal sebagai remote. Remote ini memiliki kode khusus dengan fungsi untuk mengatur televisi. Kode ini biasanya diperuntukkan bagi teknisi televisi.

Baca Juga :   Cara Setting Smart TV Coocaa Mudah & Simpel

Pengaturan ini harus dilakukan agar remote dapat berfungsi dengan baik. Bahkan, pengaturan jadwal televisi juga penting untuk menghasilkan gambar yang tajam dan jernih sehingga pengalaman menonton menjadi luar biasa.

Meski pengaturan ini mudah dilakukan, namun kode remote saat ini tidak tercantum dalam buku petunjuk televisi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut jika pengguna salah mengatur televisinya. Sebagai pengembang, perusahaan akan merugi jika masyarakat mengatur televisinya sendiri dan mengalami kerusakan.

Kode Remot TV Toshiba Terlengkap & Terbaru

Terkadang banyak orang yang belum mengetahui kode remote TV merk Toshiba dan banyak yang bertanya-tanya. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan tentang kode dan cara memasukkan kode remote TV tersebut.

Kode Remot TV Toshiba

Televisi Toshiba memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu televisi tabung dan televisi LED/LCD. Kode-kode remote untuk kedua jenis televisi tersebut tentu berbeda, oleh karena itu perhatikan perbedaan kode tersebut dan jangan sampai salah memasukkan, karena jika salah, maka remote tidak akan berfungsi dengan baik.

TV Toshiba Tabung

027,053,128,089,090,014,016

TV Toshiba LED & LCD

Berbeda dengan kode remote TV tabung, untuk kode remote TV Toshiba yang LED dan LCD hanya terdapat dua kode saja, yaitu 089 dan 128.

Cara Memasukkan Kode Remot TV Toshiba

Memasukkan kode remote tersebut sangat mudah dilakukan, Anda dapat memilih antara dua pilihan cara, yaitu memasukkan kode secara otomatis atau secara manual. Langkah-langkahnya sama mudahnya untuk dilakukan.

Otomatis

Berikut adalah cara memasukkan kode remote TV Toshiba secara otomatis:

  1. Pastikan TV Toshiba dalam keadaan menyala.
  2. Arahkan remot ke TV Toshiba.
  3. Tekan dan tahan tombol SET pada remot hingga lampu indikator menyala, biasanya berwarna merah.
  4. Saat lampu indikator menyala, tekan tombol Volume + berulang-ulang sampai volume pada TV bertambah secara otomatis.
  5. Setelah itu, tekan tombol Volume – berulang-ulang sampai volume pada TV berkurang secara otomatis.
  6. Terakhir, tekan dan tahan tombol SET hingga lampu indikator mati.
Baca Juga :   Skema SMPS Gacun : Cara Membuat dan Daftar Komponennya

Manual

Berikut adalah cara memasukkan kode remote TV Toshiba secara manual:

  1. Tekan dan tahan tombol SET pada remote TV hingga lampu indikator menyala.
  2. Saat lampu indikator menyala, masukkan 3 digit angka atau kode sesuai dengan jenis TV Toshiba-nya.
  3. Setelah memasukkan kode remote TV tersebut, lampu indikator biasanya akan mati secara otomatis.
    Namun jika lampu masih menyala, berarti Anda salah memasukkan kode remote TV-nya.
  4. Ulangi langkah-langkah dalam memasukkan kode remote TV-nya hingga lampu indikator benar-benar mati.
  5. Terakhir, coba remote TV untuk memastikan bahwa kode yang dimasukkan berhasil.

Penyebab Remot TV Tidak Berfungsi

Dalam beberapa kasus, terkadang TV Toshiba tidak merespon remot universal meskipun kode remot yang sesuai sudah dimasukkan sebelumnya. Untuk mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah pembahasan yang bisa disimak:

1. Kode Remot Tidak Cocok

Seperti yang diketahui, TV Toshiba memiliki banyak variasi kode remot, kemungkinan besar remot universal yang tidak berfungsi disebabkan karena kode yang dipilih tidak cocok untuk TV Toshiba Anda.

Untuk itu, kami sarankan untuk mencoba memasukkan kode lainnya sampai remote benar-benar berfungsi dengan normal. Jika Anda perlu mengganti kode remot, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebelumnya mengenai cara setting remot multi Toshiba di atas.

2. Baterai Remot Lemah

Kapan terakhir kali Anda mengganti baterai remot? Mungkin ini bisa menjadi penyebab mengapa remot tidak berfungsi meskipun semua kode sudah dicoba. Oleh karena itu, pastikan bahwa baterai remot masih berfungsi dengan baik.

Untuk memastikannya, Anda dapat melihat apakah lampu indikator pada remot universal menyala setiap kali tombol ditekan. Jika lampu indikator pada remot redup atau bahkan tidak menyala sama sekali, berarti baterai sudah lemah dan harus diganti.

3. Kerusakan Pada Remot TV

Jika kedua cara di atas masih belum berhasil, mungkin saja remot universal Anda memang sudah rusak sehingga tidak akan berfungsi. Namun sebelum itu, periksalah tempat baterai remot. Jika terlihat karat pada peer atau besi penghubung baterai, segera bersihkan menggunakan cairan tiner atau cutter.

Baca Juga :   Cara Menyambungkan HP Ke TV Toshiba Paling Mudah

Cara Mengetahui Remot TV Toshiba Universal atau Bukan

Membedakan antara remot universal dan non-universal tidak membutuhkan waktu lama. Anda hanya perlu memperhatikan bagian tombol pada remot. Jika terdapat tombol (SET), itu berarti remot adalah universal atau multifungsi.

Selain itu, remot universal juga biasanya ditandai dengan adanya lampu indikator yang menyala ketika salah satu tombol pada remot ditekan. Lampu indikator ini berfungsi sebagai tanda untuk mengetahui apakah mode setting kode remot sedang aktif atau tidak.

Baca Juga :

Penutup

Kode remot TV Toshiba tabung dan LED dapat menjadi hal yang penting untuk diketahui bagi pemilik TV Toshiba. Dengan mengetahui kode remot yang sesuai, Anda bisa mengakses berbagai fitur dan fungsi pada TV tersebut dengan mudah.

Namun, mencari kode remot yang tepat bisa menjadi tugas yang sulit. Ada berbagai kode remot yang tersedia, tergantung pada model TV Toshiba yang Anda miliki. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencarian dengan cermat untuk menemukan kode yang tepat.

Meskipun mencari kode remot bisa menjadi sedikit merepotkan, namun hasilnya akan terbayar dengan kemudahan penggunaan dan akses ke berbagai fitur pada TV Toshiba Anda. Semoga artikel finoo.id ini membantu Anda menemukan kode remot yang tepat untuk TV Toshiba tabung atau LED Anda. Terima kasih telah membaca!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *