Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET

Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET Yang Tepat

Posted on

Finoo.id – Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET Yang Tepat. Tombol-tombol pada remote TV seringkali tidak semua digunakan dalam setiap kesempatan. Namun, pernahkah kalian menemui remote TV yang tidak memiliki tombol SET atau Setting?

Tentu saja, hal tersebut pernah terjadi dan kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya untuk memasukkan kode remote dalam hal ini. Seperti yang kalian ketahui, tombol SET adalah tombol yang biasanya digunakan untuk memasukkan kode remote pada televisi.

Dalam hal ini, bagi pemilik TV yang menghadapi situasi di mana tidak ada tombol SET, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Kami di kami akan menjelaskan cara-cara tersebut untuk kalian.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa ada dua jenis remote TV, yaitu remote universal dan remote non-universal. Remote ini biasanya disertakan saat pembelian unit TV, tetapi juga dapat dibeli secara terpisah di pasaran.

Lalu, bagaimana cara melakukan pengaturan remote jika tidak ada tombol SET? Untuk kalian yang penasaran dan belum mengetahui caranya, berikut ini kami akan menjelaskannya secara lengkap dan jelas. Mari simak langkah-langkah pengaturan ini sampai selesai.

Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat dua jenis remote TV, yaitu universal dan non-universal. Kedua jenis ini memiliki perbedaan dalam cara pengaturan. Berikut ini adalah perbedaan dan cara pengaturan untuk masing-masing jenis remote TV:

1. Remote TV Universal

Pertama-tama, mari kita bahas cara pengaturan pada remote TV universal. Secara umum, banyak orang lebih memilih menggunakan remote universal karena penggunaannya yang lebih sederhana, simpel, dan praktis.

Salah satu keunggulan remote universal adalah kemampuannya untuk digunakan pada semua merek TV. Namun, perlu diperhatikan bahwa pengaturan remote ini harus disesuaikan dengan merek TV dan cara memasukkan kode remote yang sesuai.

Sebagian besar remote universal sudah dilengkapi dengan tombol SET (setting). Tombol ini memiliki fungsi untuk memasukkan kode remote dari berbagai merek TV.

Baca Juga :   Persamaan Flyback TV Sharp Paling Tepat & Lengkap

Umumnya, tombol SET ini terletak di bagian atas pojok kanan remote. Namun, ada juga remote universal yang memiliki tombol SET di bagian bawah. Biasanya, perbedaan merek remote universal menentukan letak tombol SET tersebut.

2. Remote TV Non Universal

Jika sebelumnya kita membahas remote TV universal, sekarang mari kita bahas cara pengaturan untuk remote TV non-universal. Remote TV non-universal hanya dapat digunakan untuk satu merek TV saja.

Remote ini juga dikenal sebagai remote TV bawaan yang biasanya diberikan saat pembelian TV. Misalnya, saat kalian membeli TV merek Polytron, Samsung, atau Sharp, kalian akan mendapatkan remote yang tidak memiliki tombol SET.

Dengan demikian, remote TV non-universal ini tidak dapat digunakan untuk mengatur kode remote lebih dari satu merek TV. Karena tidak ada tombol SET atau pengaturan yang tersedia. Oleh karena itu, jika remote non-universal kalian rusak, kalian harus membeli remote yang sesuai dengan merek TV kalian.

Pada remote TV ini, tidak perlu melakukan pengaturan kode remote karena remote tersebut secara otomatis dapat digunakan dengan unit TV yang sesuai.

Rekomendasi & Harga Remote TV Universal

Jika kalian mengalami kerusakan pada remote TV atau bahkan kehilangannya, satu cara yang efektif dan banyak dilakukan orang adalah dengan mengganti remote tersebut dengan remote universal atau multi fungsi.

Bagi kalian yang ingin membeli remote TV, penting untuk mengetahui beberapa merek remote TV universal yang berkualitas dan sering digunakan. Beberapa merek yang umumnya digunakan adalah Chunghop dan Joker. Biasanya, daftar kode remote TV akan disertakan dalam selembar kertas yang menyertainya.

kalian dapat membeli remote TV universal ini di toko elektronik terdekat atau melalui toko online. Harganya bervariasi, mulai dari sekitar Rp 15.000 hingga Rp 150.000. Umumnya, semakin tinggi harganya, kualitas remote universal tersebut juga semakin baik. Harga remote TV non-universal biasanya sedikit lebih mahal.

Dengan menggunakan remote TV universal, kalian dapat mengontrol berbagai merek TV dengan satu remote saja, yang membuatnya menjadi pilihan yang praktis dan efisien.

Kelebihan remote TV universal

Remote TV universal menjadi pilihan alternatif ketika remote TV bawaan mengalami kerusakan. Selain mudah ditemukan di pasaran, remote TV universal juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan remote TV universal:

Baca Juga :   √ Apa Itu Obeng? Jenis Beserta Fungsinya Lengkap

  1. Kompatibilitas dengan berbagai merek televisi: Seperti namanya, remote TV universal umumnya dapat digunakan dengan berbagai merek televisi. Namun, kalian perlu mengetahui kode yang sesuai untuk merek televisi kalian guna menggunakannya. Kode tersebut berfungsi sebagai penghubung antara remote TV universal dan televisi.
  2. Pengaturan yang mudah: Berbeda dengan remote TV bawaan, remote TV universal memiliki pengaturan yang lebih mudah. Setelah melakukan pengaturan awal, remote dapat langsung digunakan untuk berbagai fungsi yang terkait dengan televisi.
  3. Kemudahan dalam pengoperasian: Remote TV universal umumnya memiliki jumlah tombol yang lebih sedikit dibandingkan dengan remote TV bawaan. Selain itu, tombol-tombolnya juga lebih sederhana. Hal ini membuat pengoperasian menjadi lebih mudah dan intuitif.

Cara memilih remote TV universal

Meskipun remote TV universal dapat digunakan untuk berbagai merek televisi, kalian tetap perlu selektif dalam memilihnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih remote TV universal:

1. Ketahui kode remote TV universal yang cocok dengan merek televisi

Remote TV universal memang dapat kompatibel dengan berbagai merek televisi. Namun, penting bagi kalian untuk memeriksa merek dan tahun pembuatan televisi guna memastikannya. Hal ini dikarenakan sinyal yang disimpan dalam remote mungkin tidak sesuai dengan merek dan tahun pembuatan televisi. kalian perlu mengacu pada buku panduan penggunaan yang terkait untuk mengetahui merek dan tahun pembuatan yang cocok dengan remote TV universal.

Selain itu, kalian juga perlu mengetahui kode remote TV yang sesuai dengan merek televisi. Kode remote TV universal ini berupa angka yang digunakan sebagai “password” untuk menghubungkan remote dengan televisi. Setiap merek televisi memiliki kode yang berbeda-beda.

2. Kenali fungsi setiap tombolnya

Remote TV universal umumnya memiliki jumlah tombol yang terbatas. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengenali fungsi masing-masing tombol pada remote TV universal. Dengan memahami fungsi tombol-tombol tersebut, kalian akan lebih mudah dalam melakukan pengaturan dan pengoperasian.

Berikut adalah beberapa fungsi tombol pada remote TV universal:

  • Tombol SET: Tombol ini digunakan untuk melakukan pengaturan awal remote saat pertama kali digunakan.
  • Tombol Power: Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan televisi.
  • Tombol (+) dan (-): Tombol (+) digunakan untuk meningkatkan volume suara, sedangkan tombol (-) digunakan untuk mengurangi volume suara.
  • Tombol (˄) dan (˅): Kedua tombol ini digunakan untuk mengubah channel televisi. Tombol (˄) digunakan untuk melompat ke channel berikutnya dalam urutan peningkatan, sedangkan tombol (˅) digunakan untuk melompat ke channel sebelumnya dalam urutan penurunan.
Baca Juga :   Pengertian Hukum Kirchhoff, Bunyi, Rumus & Contoh Soal

3. Pertimbangkan yang bisa dioperasikan untuk perangkat AV

Untuk memperluas fungsionalitasnya, pertimbangkanlah menggunakan remote TV universal yang juga dapat mengoperasikan perangkat AV. Perangkat AV merujuk pada perangkat elektronik yang memiliki komponen audio (suara) dan/atau visual. Contoh perangkat AV yang terkait dengan televisi adalah CD player, speaker, dan proyektor LCD.

Dengan memilih remote TV universal yang kompatibel dengan perangkat AV, kalian dapat menghemat pengeluaran. kalian tidak perlu membeli banyak remote yang berbeda untuk setiap perangkat. Namun, pastikan bahwa penggunaannya tetap mudah. Hal ini karena remote TV universal untuk perangkat AV biasanya memiliki tombol yang lebih kompleks.

Sebelum membeli remote TV universal yang kompatibel dengan perangkat AV, pastikan untuk memeriksa daftar perangkat yang didukung oleh remote tersebut. Selain itu, pastikan kalian memahami dan menguasai fungsi tombol-tombol yang berkaitan dengan pengoperasian perangkat AV. Dengan demikian, kalian dapat dengan mudah mengontrol berbagai perangkat AV dengan menggunakan satu remote saja.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas metode untuk mengatur remote TV saat tombol “SET” tidak tersedia. Meskipun tidak ada tombol “SET” pada remote kalian, kalian masih dapat melakukan pengaturan yang diperlukan dengan langkah-langkah yang mudah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian seharusnya dapat mengatur remote TV kalian meskipun tidak ada tombol “SET” yang tersedia.

Namun, perlu diingat bahwa antarmuka dan opsi-opsi pengaturan pada setiap merek dan model TV dapat berbeda, jadi pastikan untuk merujuk pada panduan pengguna yang disediakan oleh produsen TV kalian jika kalian menghadapi kesulitan yang spesifik.

Demikianlah artikel finoo.id yang membahas tentang Cara Setting Remote TV Tidak Ada Tombol SET Yang Tepat. Semoga artikel kami dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *